All New R15 V3 Menang Telak Adu Drag Lawan All New CBR150R Facelift. Yaa Wajar Karena…

ganti-oli-bloger

[sumber]

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru saja dapat info dari blog nya bang kobay, bahwa telah dilakukan pengujian drag, antara all cbr50r facelift dan all new r15 v3. Dari gambar adu drag tersebut, terlihat bahwa all new r15 berhasil meninggalkan all new cbr150r cukup jauh. Tentunya hasil pengujian ini memberikan gambaran/profil yang menguntungkan bagi all new r15, dan sebaliknya merugikan bagi all new cbr150r.

Dan hasil pengujian ini juga memberikan gambaran kasar tentang komparasi kinerja engine dari kedua produk tersebut. Dan karena sudah muncul ke permukaan, dan dipablis secara umum, maka bisa berefek pada penjualan. Dan inilah yang tentunya diinginkan, sounding info ini bisa dikatakan sebagai salah satu langkah untuk mencoba merebut market share sport full fairing 150 cc dari all new cbr150r facelift.

Barangkali ada yang bertanya,

” Mengapa tidak/belum diuji dengan suzuki gsx r15 yang performanya seimbang ?

Menurut motogokil, yang terpenting bagi yamaha adalah merebut pasar sport full fairing 150cc. Sekarang all cbr150r sabagai penguasa dan harus direbut/ditumbangkan. Sedangkan suzuki masih baru masuk, market share belum dianggap penting untuk dijadikan sebagai rival yang berbahaya.

Untuk sementara kita kesampingkan urusan market share, sekarang mari kita bahas masalah teknis. Pengujian dua motor ini (all new cbr dan r15), adalah pengujian yang cukup lucu (menurut motogokil). Karena secara spesifikasi teknis, power all new r15 jauh lebih unggul dibandingkan all cbr1505, r15 : cbr150r = 19.3 ps : 17.1 ps. Jadi dengan selisih 2.2 ps dan dengan bobot yang hampir sama, dipastikan all new r15 akan menang melawan all new cbr150r.

Yamaha all new r15 v3 dipastikan memeliki performa yang lebih unggul dibandingkan all new cbr150r, karena :

  1. Kapasitasnya lebih besar
  2. Rasio kompresinya lebih besar
  3. Putaran engine saat power maksimum lebih tinggi

Jadi dari 3 variabel penentu power motor sudah terlihat bahwa cbr150r tidak akan menang melawan all new r15.

Lalu apa gunanya dilakukan pengujian kalau sudah bisa dipastikan akan menang ?

Menurut motogokil, pengujian ini dilakukan semata-mata untuk membuktikan bahwa r15 “memang” menang dibandingkan cbr150. Sebagai pembuktian bagi yang belum yakin alias ragu akan performa all new r15.

Pertanyaannya kembali lagi,

” Kalau adu drag lawan suzuki gsx r150, apakah all new r15 v3 akan menang ?”

Secara spesifikasi teknis yamaha all new r15 akan kalah jika adu drag dengan suzuki gsx r150, karena beberapa varibel berikut :

  1. Power r15 hanya lebih besar 0.13 ps, sedangkan bobotnya r15 lebih berat 5 kg. Berarti secara pwr all new r15 sudah kalah dari gsx r150.
  2. Putaran engine gsx r150 saat power maksimum lebih tinggi dan terus bertahan, tidak mengalami penurunan yang berarti sampai menyentuh limiter.
  3. Limiter gsx r150 lebih tinggi, power r15 drop di 11200 rpm, sedangkan gsx r150 terus bertahan sampai 12400 rpm (on dyno) [artikel]

Silahkan disimpulkan sendiri, tentang adu drag tersebut di atas. Dan tidak masalah adu drag sebanyak-banyaknya, asalkan di tempat yang aman, sangat bagus kalau di sentul. Jangan di jalan umum, bahaya buat ridernya juga buat orang lain.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

$where = 0;

76 responses to “All New R15 V3 Menang Telak Adu Drag Lawan All New CBR150R Facelift. Yaa Wajar Karena…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan