All New R15 V3 Menang Telak Adu Drag Lawan All New CBR150R Facelift. Yaa Wajar Karena…


[sumber]

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Baru saja dapat info dari blog nya bang kobay, bahwa telah dilakukan pengujian drag, antara all cbr50r facelift dan all new r15 v3. Dari gambar adu drag tersebut, terlihat bahwa all new r15 berhasil meninggalkan all new cbr150r cukup jauh. Tentunya hasil pengujian ini memberikan gambaran/profil yang menguntungkan bagi all new r15, dan sebaliknya merugikan bagi all new cbr150r.

Dan hasil pengujian ini juga memberikan gambaran kasar tentang komparasi kinerja engine dari kedua produk tersebut. Dan karena sudah muncul ke permukaan, dan dipablis secara umum, maka bisa berefek pada penjualan. Dan inilah yang tentunya diinginkan, sounding info ini bisa dikatakan sebagai salah satu langkah untuk mencoba merebut market share sport full fairing 150 cc dari all new cbr150r facelift.

Barangkali ada yang bertanya,

” Mengapa tidak/belum diuji dengan suzuki gsx r15 yang performanya seimbang ?

Menurut motogokil, yang terpenting bagi yamaha adalah merebut pasar sport full fairing 150cc. Sekarang all cbr150r sabagai penguasa dan harus direbut/ditumbangkan. Sedangkan suzuki masih baru masuk, market share belum dianggap penting untuk dijadikan sebagai rival yang berbahaya.

Untuk sementara kita kesampingkan urusan market share, sekarang mari kita bahas masalah teknis. Pengujian dua motor ini (all new cbr dan r15), adalah pengujian yang cukup lucu (menurut motogokil). Karena secara spesifikasi teknis, power all new r15 jauh lebih unggul dibandingkan all cbr1505, r15 : cbr150r = 19.3 ps : 17.1 ps. Jadi dengan selisih 2.2 ps dan dengan bobot yang hampir sama, dipastikan all new r15 akan menang melawan all new cbr150r.

Yamaha all new r15 v3 dipastikan memeliki performa yang lebih unggul dibandingkan all new cbr150r, karena :

  1. Kapasitasnya lebih besar
  2. Rasio kompresinya lebih besar
  3. Putaran engine saat power maksimum lebih tinggi

Jadi dari 3 variabel penentu power motor sudah terlihat bahwa cbr150r tidak akan menang melawan all new r15.

Lalu apa gunanya dilakukan pengujian kalau sudah bisa dipastikan akan menang ?

Menurut motogokil, pengujian ini dilakukan semata-mata untuk membuktikan bahwa r15 “memang” menang dibandingkan cbr150. Sebagai pembuktian bagi yang belum yakin alias ragu akan performa all new r15.

Pertanyaannya kembali lagi,

” Kalau adu drag lawan suzuki gsx r150, apakah all new r15 v3 akan menang ?”

Secara spesifikasi teknis yamaha all new r15 akan kalah jika adu drag dengan suzuki gsx r150, karena beberapa varibel berikut :

  1. Power r15 hanya lebih besar 0.13 ps, sedangkan bobotnya r15 lebih berat 5 kg. Berarti secara pwr all new r15 sudah kalah dari gsx r150.
  2. Putaran engine gsx r150 saat power maksimum lebih tinggi dan terus bertahan, tidak mengalami penurunan yang berarti sampai menyentuh limiter.
  3. Limiter gsx r150 lebih tinggi, power r15 drop di 11200 rpm, sedangkan gsx r150 terus bertahan sampai 12400 rpm (on dyno) [artikel]

Silahkan disimpulkan sendiri, tentang adu drag tersebut di atas. Dan tidak masalah adu drag sebanyak-banyaknya, asalkan di tempat yang aman, sangat bagus kalau di sentul. Jangan di jalan umum, bahaya buat ridernya juga buat orang lain.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

76 responses to “All New R15 V3 Menang Telak Adu Drag Lawan All New CBR150R Facelift. Yaa Wajar Karena…

  1. Shogun 150 FI pakai basis mesin ini keknya manteb yee Om Gokil? Power samakan saja dg FU FI, tapi torsi besarin dikit.

    • iye
      tapi kayaknya akan jadi motor bebek yang paling sering ke spbu

    • gw sih pengen power diturunin main di 15-16hp aja, tp torsi naekin 4-5NM dr current FU Fi, torsi maen di 6500rpm dan power main di 8500rpm, limit taro di 10.500rpm. top speed taro di 130kph on speed (real 120kph on GPS msh OK lah) pake SCEM? pasti awet, tarikan dah pasti diatas FU Fi or even Sonic.

      wekekekekeke

  2. terbukti….bahwa GSX jauh lebih murah….

  3. klau di komparasi dr hasil test otomotifnet all new cbr150r dan gsx-r150 kalah akselerasi dr all new r15 di trek 0-100 meter, 0-201 meter, 0-402 meter, 0-60 km/j, 0-80 km/j dan 0-100 km/j…dan all new r15 paling irit bbm yaitu 44-50 km/lt tergantung cra berkendara dan kondisi lalu lintas.
    sumber:
    http://otomotif.grid.id/Ototv/Test-Ride-All-New-Yamaha-R15-Enak-Banget

  4. Lalu apa gunanya dilakukan pengujian kalau sudah bisa dipastikan akan menang ?

    Gunanya untuk membuktikan honhon tidak boleh kalah dari yamamex

  5. target utama sudah tercapai dengan SANGAT gampang….next dohc with vva target utama gsx ….

    • @hondaisme
      Lho pikir hebat ape produk lho vva DOHC..???
      Gak usah banyak bacot
      keluarin aja taon depan….!!!!
      Kami sudah siap dengan versi yg lebih tinggi speknya. Catet..!!!

  6. Adu drag r15 v3 sama gsxr kok ngeliat powernya doang pak ? Torsinya ga diperhatiin ?

  7. Ya sama dgn balapan ARRC.. Buat apa r 25 standar diadu dgn cbr 250rr standar, lha pasti kalah…

    • masa 100% standar ?

      • Anggap saja begitu
        ….sama sama ganti knalpot doang kan??..shock depan,sdh menang…

      • at joko
        arrc std?
        define dulu std nya, std engine atau kseluruhan std?

        ya kali turun track masih pake ban irc bawaan pas beli motor,
        belum lagi knyataan bahwa :
        fairing r 25 anupab dan honda 250 rr yamamoto yg berubah.
        dari aerodinamika saja jelas ga std. meski kmarin yg mnang back to back di johor si gerry pake 250 rr yg std look dari segi fairingnya

        ditambah variabel berupa fairing yg di redesign itu menggunakan bahan yg lbih ringan namun punya kekuatan lebih (klausul ini berlaku pada yg fairing nya uda pada ga std yah kaya r25 si anupab dan yamamoto.)

      • Sampai kpan pun cbr250 lbih unggul krna dia pke usd otomatis lawan akan susah, inget usd pnya kelebihan. saat cornering, bsok saat r25 dan minta udh Facelift pke usd bru imbang

        • shockbreaker arrc biarpun tampilan luar standar pabrik, tapi kan dalamannya udah full oprek, ngapain masih mempersalahkan usd?

          • Emang balapan cuma ngandelin daleman oprek doang, shock depan apa lagi usd pnya peran vital saat cornering. Atau bikin lbih enak di kecepatan. Tinggi… Kecuali. Balapan drag shock ga terlalu ngaruh krna dah lurus, ini beda, di sirkuit bnyk tiduran,, Komen ente kya ank bru. Tau mtr

          • Tikungan maksudnya

      • lucky andrian cahya

        bang ada wa mau tanya” tentang kenalpot nie ?

  8. ganti arm r15 pakai punya vixion yg lebih ringan, dan knalpot pakai standar euro 2, mungkin masih bisa imbang. mungkin loh ya..

  9. lah dari dulu juga yg old r15 ,emamg kok, dan ngak ada yg sangsi,

  10. emang,( menang)

  11. ini baru ARTIKEL JOZ. NETRAL!!
    terbukti R15 raja kipas2 dolar karena orang bule tau mana motor joz DNA motojipi joz dengan teknologi SOHC SUPERIOR OVERHEAT CHAINSET VVA variable vale akselerator plus oversize 5cc tiada banding semakin didepan joz jaz joz

  12. waalaikumsalam wr wb….
    gsx emang joss

  13. Ya kalau mau adu cepat ya ngeliat power lah, power = gaya dorong × kecepatan. P= F×v= massa × akselerasi× kecepatan. Torsi bisa dimanipulasi pakai gearbox yang memang berfungsi sebagai torque multiplier sedangkan power tidak mungkin dimanipulasi, yang ada pasti turun dari aslinya. Mau torsi gede tapi putaran rendah, ya powernya rendah, jadilah traktor. Dari kurva power bisa kok kita melakukan pendekatan untuk mengetahui akselerasi nya pakai rumus di atas.

    • Om pernah liat drag old cb sama nvl ga? Power gedean mana? Torsi gedean mana? Start awal menang siapa? Top menang siapa? Semoga dapat menyimpulkan

      • Coba dong post kurva powernya masing-masing. Soalnya aku gak bisa ketipu sama power puncak, sekalian sama bobot masing-masing.

        • Googling aja om kalo pengen kurva kurvaan mah, kalo pengen liat realnya buka youtube. Saya yakin ente bukan fakir kuota hehehe

          • old CB mah 17PS tipu2. spek brosurnya saja berubah dari 16.3 ps menjadi 17 ps ketika power nvl 16.59 PS.

          • Bukan masalah kuota, burden of proof nya ada di Anda yang mencoba mematahkan argumen saya tapi suruh saya cari sendiri, yah end of discussion, saya ngomong sama saya yang lain namanya. Hehehe. Kita sama-sama tunggu video nya GSX-R150 vs R155.

    • Situ bilangnya kalo adu cepat yang ngaruh cuma power, semua juga ngaruh dari torsi berat beban power delivery, konfigurasi mesin, ukuran bore stroke dan tek2 bengeknya. Saya kasih contoh nvl vs old cb, bila adu drag jarak 201 atau 401 nvl ngacir finish duluan, tapi diatas itu old cb bisa nyalip. Liat spek nvl sohc operstruk power lebih kecil dari old cb. old cb dia dohc ngoperbor bawah lemot tp atas masih ngisi kebantu gigi 6 juga. Jadi bkn cuma masalah power itu buktinya banyak di youtube drag nvl vs old cb. Nvl yg powernya lebih kecil bisa menang lawan old cb yg powernya lebih gede. Dan ingat skill rider juga ngaruh

  14. Dua motor overprice ekekekek

  15. Hasil tes 1 joki tim Tabloid Otomotif

    GSX R150
    0-60 km/j = 4.2 detik
    0-80 km/j = 6.8 detik
    0-100 km/j = 11.4 detik
    0-100 m = 7.3 detik (@82.5 km/j)
    0-201 m = 11.2 detik (@103 km/j)
    0-402 m = 18 detik (@115.5 km/j)
    Top speed on speedo = 148 km/j
    Top speed on racelogic = 137.5 km/j

    All New R15
    0-60 km/j = 4 detik
    0-80 km/j = 6.6 detik
    0-100 km/j = 10.4 detik
    0-100 m = 7.1 detik
    0-201 m = 11 detik
    0-402 m = 17.5 detik
    Top speed on speedo = 149 km/j
    Top speed on racelogic = 137.8 km/j

    yakin r15 kalah di straight? bisa dicek di video ini http://otomotif.grid.id/Ototv/Test-Ride-All-New-Yamaha-R15-Enak-Banget dan artikel ini http://otomotif.grid.id/Motor/Test/Komparasi-Akselerasi-Suzuki-Gsx-R150-Vs-Cbr150r-Dan-Yzf-R15-Siapa-Paling-Cepat

  16. Hussssttt…. jangan buka aib ah,,, malu dia… kita semua udah tau kok, beliau jongosnya siapa…

  17. Edisi sakit hati…. hahahaha…. ente memang jongos yang setia…

    • Fix_ @Edwin kamu Kaum Marjinal, Songong gag tau malu,,
      Fitnah yg punya warung gag ada bukti,,
      Tak doain kamu kena Karma Bero,, dari apa yg tlah kau ucapkan,,

      FBY kui ancen Kaum Marjinal tenan,,

  18. Wkwkwk knaapa bro emang

  19. Suzuki Kunai Ki

    Wajar, paling mahal kok, naaaghh kalo sampe new r15 kalah lak geger… Shock depan aja dah kalah kok, masa bayar lebih mahal dapat motor lemot…

  20. intinya CBR 150 G (Gepeng) kalah performance nya. kalah ya kalah. yang gak terima bisa di counter soal Market Share!

  21. in sya Allah berani
    tunggu gsx r150 ane dateng ya, supaya komplit review nya

    • Coba dong pak dosen diliat data akselerasi dari otomotif, kan pak dosen paling jago kalo bikin data ilmia. Itu ditest otomotif r15 menang dari segi aksel dan top speed loh. Kalo cuma berandai andai, jikalau, apabila dll mah percuma pak dosen

      • Ni Firmansyah spaming banget. Wartawan otomotif? apa sales yamaha?

      • coba ente bawa motor misalnya cbr150r 2014, kira-kira 400 meter gigi-berapa ?
        kalau motor overstroke (nvl, r15, all new r15) mah nafasnya pendek2, maklum torsinya pasti lebih besar. dalam jarak relatif lebih pendek, motor ini sudah sampai peak power gigi-6 rpm mentok (nggak bisa naik lagi)
        tapi lain dengan motor overbore, jarak 400mm kemungkinan baru gigi-5 dan napasnya masih panjang

        gimana kalau dragnya 800 meter ?

        yaa ditunggu saja adu drag versi tabloid lain, atau versi pengguna

      • Ga sekalian 10 km pak dosen? Wkwkw karean realnya dijalanan umum ga mungkin selama 800 meter itu dipanteng shifting di 11ribu rpm terus menerus kecuali emang jalannya lurus bgt kaya jalan tol dan sepi kendaraan. Lebih enak adu geber disirkuit deh, trek lurus paling panjang disentul berapa meter sih? Dari keluar tikukangan geber terus nyampe top speed mana yg lebih unggul, terus masuk keluar tikungan berikutnya mana yg lebih cepat antara new r15 sama gsx dengan kondisi full standar?
        Kan banyak bloger bilang kita beli motor tuh ya standar pabrik bkn standar balap. Bahkan knalpot sarp buat gsx aja meskipun dari pabrikan tetep aja resiko kenal tilang polisi. Bukan begitu pak dosen?

    • wuii pak motogokil inden gsx?
      mantabb

      jgn cuman jas jes jos jus duuaarr , tp ga beli.

  22. Honhon dilawan gak iso coy…

  23. heran gwe sam nicknme edwin ama firmansyah..
    knp malah nyinyirin yg punya warung..??
    ente berdua waras apa mabok equil??

  24. dari judul saja yg nulis artikel udah ngasi tau
    r15 menang
    anehnya para fby akut dari komentar2 nya terus saja ber argumen seoah bahwa jika orang jadi fbh dan suka dgn cbr, layaknya kanker yg harus dimusnahkan setuntas tuntasnya

    dan para fby akut ini barangkali lupa bahwa yang namanya keberpihakan, selera, rasa suka itu subjektif
    (setelah ini mreka akan sangat mungkin ngatain mata saya ketutupan sayap sengkleh)
    sementara di saat yg sama saya dapat secara independen berucap
    duit duit gue
    kok lu yg sewot
    wkwkwk

    dan argumen mereka yg konfrontatif bukan saja membuat fbh yg juga akut terus suka dgn honda nya
    melainkan disaat yg sama, antipati mereka terhadap merk yamaha menjadi berlipat ganda
    its all about self esteem,

  25. NINGRAT MAJAPAHIT

    Dear kanjeng pembaca sekalian..Seperti artikel ysng juragan rilis.Wajar saja . Cbr menang karena harga lebih mahal suaja dr r25 . Jd gak usah heboh lagh… tapi uban juragan makin buanyak saja. Secara pabrikan sesembahan juragan ngluarin R15 offset 5cc dan lebih mahal dr kompetitor.. bisa2 juragan diserang balik bila R15 juara terus balik dikomen “wajar lebihmahal” so taim well tell lagh. Ciao

  26. NINGRAT MAJAPAHIT

    Dear pembaca sekalian. juraganmakin mumet saja dengan pemberitaan bloger tentang AARC seri 2 saza… sudah cape2juragan menggiring opini bahwa cbr menang karena oprek regulasi menjadi standar; eh malah diberitakan gery salimdengab cbr regulasi noken standar laptimenya malah lebih cepat dari record r25 tahun lalu yang full oprek… apakah ini bikin uban juragan makin tambah? taim wil tel lagh. ciao

  27. Wajar, paling mahal kok, naaaghh kalo sampe new r15 kalah lak geger… Shock depan aja dah kalah kok, masa bayar lebih mahal dapat motor lemot…

  28. salam sakit hati ……ngah ngah ngah

  29. NINGRAT :

    Bro, ngomong langsung gih sama yg ente maksud itu, yg ente sindir itu, kok beraninya cuman ngata2in di blog lain. cemen ente…

  30. NINGRAT MAZAPAHIT

    muehehe,long long, sebelum komen dimarih udah komen diblog jendral fby , tp ya itu,komen cuma ditampilkan y pro. itulah contoh org netral ala mazapahit. muehehe

  31. lha ente komentarnya gimana mzbro? kalo bahasanya kasar bin brutal atau nyindir ya bisa saja kena moderasi. ngomong yg sewajarnya aja lah.

  32. NINGRAT MAJAPAHIT

    contoh. race 1 arrc dia bikin artikel r25 cuma kalah tipis laptimenya dengan cbr. dia compare dngb cbr gery. trus ane komen biasa. “maaf juragan. bestime dicetak oleh cbr danica bukan gery. dan gapnya jauh. silahkan dicek blog tmcblog.” eh g lolos moderasi. takut ketauan pembelaannya dngn yamaha. muehehe

  33. wek wek wek klo 150 cc sih soal speed ya segitu gitu aja, tapi klo yang doyan lengkingan suara mesin meraung merdu di RPM tinggi yang udah nyediain motor cuma AHM lewat K15A sama K45A dan sizuka lewat GSX-R150, YIMM mah zonk, ntar ngebrojolinnya nunggu harga motor 150 cc 38 juta 😀 😀 😀 😀

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting