Komparasi Spesifikasi Aerox 155 VS Vario 150, dan Bagaimana Peluangnya ???

aerox-vs-vario

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah harga on the road (versi jakarta) untuk 3 tipe yamaha aerox keluar, maka layak kiranya kita bandingkan spesifikasi dan peluangnya dalam merebut hati calon konsumen di kelas 150 cc. Sebelumnya, vario 150 sering dikomparasikan dengan pendahulu aerox yaitu nmax, baik spesifikasi, harga dan pangsa pasarnya. Dan untuk sementara sampai saat ini, penjualan vario 150 masih jauh lebih tinggi dibandingkan nmax, sekitar 2 kalinya.

Tentunya yimm juga melihat bahwa cukup berat untuk menumbangkan vario 150 jika hanya mengandalkan nmax, melalui kelebihan dan kekurangannya [artikel]. Pangsa pasar dari januari-april 2016, vario 150 : nmax, 136.911 : 68.601, dan pada bulan oktober 2016 – 40.272 : 25.825. Meskipun demikian, masih terlihatĀ peluang besar dengan terus naiknya persentase penjualan motor matic gambotnya (nmax) ini. Januari-april pangsa pasar nmax 33.4%, selanjutnya pada bulan oktober saja komposisinya naik menjadi 39.1%.

Sepertinya yamaha (yimm) tidak menyia-nyiakan momentum tahun 2016 kemarin. Sehingga tahun ini yimm berusaha terus menggempur pasar matic gambot dengan varian dari engine vva 155 cc nya, yaitu aerox 155 vva. Dan dengan desain yang lebih sporty serta harga yang ditekan sedemikian rupa untuk mendekati vario 150, yamaha berusaha membenturkan secara langsung (head to head) aerox dengan vario 150.

Secara penampilan, aerox terlihat jauh lebih garang dan sporty. Terlihat jelas dari lekuk bodi yang agresif dan dimensi roda yang lebih besar. Selain itu aerox juga dibekali oleh engine yang lebih powerfull dibandingkan vario 150. Jadi sangat jelas bahwa yimm ingin memberikan pilihan lain bagi calon konsumen matic 150cc dengan model yang sangat berbeda dibandingkan vario 150 dan nmax. Berikut penampakan yang paling sip menurut motogokil.

aerox-red

Nah sekarang mari kita lihat komparasi antara aerox 155 vva dengan vario 150 esp.

aerox-vs-vario-compare-spec

Dari spesifikasi di atas terlihat (kotak merah) aerox memiliki banyak keunggulan dibandingkan vario 150. Sebahagian besar keunggulannya yang terpenting (menurut motogokil) adalah performa engine dan dimensi roda-nya. Sedangkan vario 150 memiliki keunggulan yang bersifat fungsional, yaitu dimensi yang lebih kecil, tangki bensin yang lebih besar serta efisiensi (maklum power nya lebih kecil). Dan mengenai dek rata, tentunya lebih fungsional karena bisa buat ngangkut 2 galon aqua, atau 4 tabung gas ijo (cocok buat ibu-ibu yang sering belanja).

Dan bagian yang lain yang bisa dibandingkan adalah harganya. Perhatikan komparasi harga berikut OTR jakarta. Harga aerox 3 tipe

aeroc-155-harga-jan-2017

Dan harga vario 2 tipe

vario-150-harga-jan-2017

Perbedaan harganya lumayan juga ya. Untuk versi terendah perbedaan harganya sekitar 1.35 juta sedang versi tertingginya sampai 5.5 juta.

Karena kemampuan merebut pasar merupakan kombinasi variabel-variabel di atas (style, performa, fitur dan harga), maka ada kemungkinan aerox tetap akan mampu memperbesar penguasaan market matic yamaha di kelas 150 cc. Akan tetapi (menurut motogokil) karena arah pengembangan aerox adalah matic sporty 150 cc, maka yang akan digerogoti adalah sebahagaian besar pasar sport 150 cc direntang harga yang mepet (cb150 dan vixion). Pasar lain yang akan digerogoti adalah sebahagian kecil nmax dan vario150.

Nah silahkan bagi para calon konsumen matic gambot 150cc memilih. Jika hati dan gaya berkendara agak agresif, maka aerox lebih cocok. Dengan konsekuensi dimensi lebih besar/berat, kemungkinan besar lebih boros. Sedangkan bagi rider yang lebih kalem, sepertinya lebih cocok vario 150, tentunya juga dengan konsekuensi tidak bisa sekencang aerox.

Kalau motogokil pilih aerox, karena lebih suka motor yang powerfull. Dan kombinasi roda yang lebih besar serta suspensi belakang ganda, memberikan kepercayaan yang lebih untuk bisa angkut-angkut barang/orang yang berat. Lebih mahal ? Iya, karena itu pilih yang paling murah.

Sementara itu dulu ulasan komparasi spesifikasi yamaha aerox 155 vva dan vario 150. Lebbih dan kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

38 responses to “Komparasi Spesifikasi Aerox 155 VS Vario 150, dan Bagaimana Peluangnya ???

  1. Mantap nih.josss. tpi gak pingin matic.

  2. tetap pilih vario dan nunggu pcx lokal

  3. Dek Vario gak bisa buat angkut galon pak, apalagi dua

  4. Motor matic arep digae banter model kepiye, 150cc sport karo cub, ayago wis akeh. Dalan soyo rame mending nyetir sing sedeng2 wae gak usah petakilan ng dalan

  5. Vario kalah telak, tapi tetep dipilih lebih ke buat angkut angkut.. kayaknya paling laku tipe standar.. yg S kejauhan

    http://kobayogas.com/2017/01/07/harga-resmi-dan-simulasi-cicilan-suzuki-gsx150-series/

  6. aerox jelaasss… saestu…

    Motor terbaik 2016: http://wp.me/p7LBn5-2lk

  7. Harga vario tempo dulu itu sam, silahkan dicek di web dealer aja jangan yang astra, kl ga salah di jkt vario spek tertinggi da 21 lebih..jadi hanya beda ratusan ribu aja sm yang aerox standar. Tp menurut ane pilih yang tipe S, fiturnya uda update 2 tahun ke depan

  8. Situs astra harga update terakhir bln agustus 2016 maren om .
    Otr skr vario, 21,45 selisihnya 400rb ama versi terendah aerox.

  9. Pak, apakah sok belakang ganda yg pakai tabung handlingnya jauh diatas yg tanpa tabung ? Atau lebih sedikit saja ? Mindset selama ini kalau pakai tabung lebih joss sih handlingnya

    Kalau begitu versi S “tertinggi” akan kalah handling dibanding versi R yg notabenenya varian pertengahan ? Ga malu tuh ?

  10. Beda 400rb aja sama vario bro..
    Harga blm update tuh

  11. Bagasi juga jadi nilai lebih buat Aeroxx 155..

  12. lama2 hilang motor harga dibawah 20,

  13. laku iya laris seperti vario?? enggak… market yg diherogoti paling besar adalah nmax.. 50% konsumen nmax akn pindah ke aerox ini

  14. masalahnya adalah, 50 % konsumen vario150 tu cewek
    atau dibeli untuk dipake cewek
    itupun dah banyak yang ngeluh seat height nya ketinggian
    lha aerox pake seat height 790mm, gak salah?
    yang beli aerox 80% pasti cowok, dan kalo cowok pasti saingan ama nmax, mx king, supra gtr, sonic, bahkan vixion dan cb

    kalo ganggu vario150 iya, tapi susah kalo mengalahkan secara konsumen vario masih didominasi perempuan

    • konsumen mbit rata2 malah laki2 yak… tetangga gw banyak yg pake mbit…

      “Sedangkan vario 150 memiliki keunggulan yang bersifat fungsional, yaitu dimensi yang lebih kecil, ”
      Alasan karena xeon gagal ini pak dosen, disain yg imut

  15. Itu gak salah kapasitas tangki aerox cuma 4,6 liter nmax kan 6,6 liter beda 2 literan donk sama nmax… mending stay di nmax aja lah tangki se uprit gak enak bentar” isi bensin kalo touring

  16. Aerox sepertinya senasib dengan Nuovo Z dan Hayate, entah kalau pasar sudah berubah… šŸ˜€

  17. liat bobotnya aja buat emak emak udah nggilani, lagi lagi yamaha ga bisa bikin produk yang apple to apple, padahal, katanya mo dibenturkan dengan produk pesaing yg sekelas, klo harganya iya, tapi spesifikasinya, jauh pisan..

    • Sampean kalo maen kurang jauh,,, di malang sini yg pake nmax ga cuman laki,,, mbak2, emak2 bawa bocah makenya nmax. Tau kan bobot nmax lbh berat drpd aerox155? Masih ngomongin berat motor? Tergantung duit yg bicara gan,,,, kalo ada uang lebih, saya jg pingin ngelego mxking koq, capek juga lama2 pake motor kopling apalagi punya bayi gini, repot kalo bawa2 perlengkapan, ga kayak jaman msh berdua doang sama istri

  18. Gak selalu gitu kang, sperti istri ane awalnya minta vario 150, begitu beli ternyata beti (beda tipis) ama vario 125 old ane. And skrg lebih demen pakai scoopy fi.

  19. om gokil blom nyoba kymco racing 150 sih….
    apalagi kalo kymco mau import racing king 180i… bubar matic jepang om…

  20. sepertinya honda menang empuk dan irit, dan menurut ane itu yg bikin konsumen nempel (selain brand, harga jual kembali, dll). kalo ngomongin akomodasi, dek rata cuma gimmick nya vario yang sebenernya sempit pake banget.

  21. Kalo gak salah itu yg di tulis di tabel kayaknya berat isi, ane hapal banget sama berat isi aerox type s (116), mungkin kalo sama2 berat kosong ya selisih beratnya vario dan aerox gak lebih dari 5kg

  22. Apakah aku harus ikut ikutan ?
    Ban lebar dan full digital ?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan