ganti-oli-bloger

Kekuatan Tawar GSX R150 Melawan All New CBR150R dan R15

Diposting pada

gsxr150-vs-cbr150-vs-r15-small

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bocoran harga oth suzuki gsx r150 dan gsx s150 sudah dirilis oleh adira finance. Untuk tipe full fairing gsx r150 dibandrol 29 juta sedangkan tipe naked gsx s150 dibandrol 25.9 juta [artikel]. Dan jelas sekali harga yang diberikan suzuki untuk gsx r150 jauh lebih rendah dibandingkan all new cbr150r (32.55 juta sampai dengan 33.35 juta). Bahkan juga lebih rendah dibandingkan motor sport yamaha r15 (31.05 juta sampai dengan 31.65 juta). Artinya gsx r150 lebih murah dari rival-rivalnya 2.05 juta untuk tipe motor sport reguler (r15 speed grey), dan 4.35 juta untuk sport special edition (cbr150r repsol).

Tentunya untuk memilih sebuah motor idaman bukan hanya karena faktor harga yang lebih murah, tapi sering kali juga ditentukan oleh faktor lainnya. Namun demikian dengan harga yang lebih rendah dari kompetitor, paling tidak memberikan faktor “eh”, yang membuat calon konsumen mau berpaling untuk melihat gsx r150. Baru kemudian setelah diteliti, gsx r150 menunjukkan kelebihan lainnya, diantaranya yaitu :

Spesifikasi performanya yang memang paling top diantara rival-rivalnya. Silahkan dilihat tabel komparasi terhadap cbr150 dan r15

gsx-r150-vs-cbr150r-vs-yzfr15-spec

Tentunya semua pembaca sudah tahu bahwa power gsx r150 adalah yang terbesar. Selain itu bobotnya juga paling ringan, sehingga pwr nya menjadi yang terkuat dibandingkan cbr150 dan r15. Sehingga menjadikan paling gesit dan memberikan “pride” bagi ridernya saat melaju kencang di jalan antar kota.

Kelebihan lainnya adalah dimensi yang menyenagkan bagi kebanyakan rider di Indonesia, yaitu seat height (tinggi jog rider) paling pendek, menjadikan rider lebih pd saat di lampu merah. Juga wheelbase yang yang paling pendek, dengan kombinasi bobot ringan dan power besar, menjadikan gsx r150 lebih mudah meliuk-liuk di kemacetan. Kelebihan ini menjadikan rider tidak cepat lelah menembus kepadata lalulintas kota besar.

Dan kelebihan yang terakhir (menurut motogokil) di sektor performa engine adalah fc-nya (konsumsi bensin) yang paling irit. Menurut klaim suzuki dengan konsumsi bensinnya bisa mencapai 49 km/l. Dan prestasi ini jauh lebih tinggi dibandingkan klaim honda sekalipun, karena menurut honda engine k56 (cb150r) memiliki fc 37.87 km/l (euro 3). Alpalagi jika dibandiingkan dengan r15, karena menurut otomotif, perbandingan fc antara all new cbr150r : r15 adalah 42.4 km/l : 38.2 km/l. Jadi gsx r150 mampu memberikan kecepatan bagi speedlover, juga memberikan efisiensi yang tinggi bagi rider yang ingin santai.

Inilah yang akan menjadi kekuatan tawar gsx r150, yaitu lebih murah, lebih powerfull, lebih gesit, lebih ringan, lebih kecil dan lebih irit.

Dan tentunya tiada gading yang tak retak. Disisi lain, gsx r150 juga memperlihatkan beberapa kekurangan. Meskipun menurut motogokil tidak terlalu penting, akan tetapi bagi calon pembeli lainnya mungkin dianggap (paling) penting. Kekurangan utamanya di sektor penampilannya, yaitu pada bagian lampu depan rada aneh, lampu belakang terkesan biasa, roda depan kurang gede, swing arm kurang gagah, footstep boncenger kurang eksklusiv, dan jog belakang yang terlalu kecil/imut.

Secara keseluruhan, penampakan gsx r150 memang kalah dibandingkan all new cbr150r, apalagi dibandingkan (katanya) r15 versi 2017. Akan tetapi dengan selisih harga yang cukup banyak, barangkali bisa digunakan untuk meng-upgrade penampilan gsx r15 menjadi lebih cakep. Dan meng-upgrade style seringkali lebih mudah/sederhana (bahkan bisa DIY) jika dibandingkan meng-upgrade performa engine. Untuk mengimbangi performa gsx r150, rival-rivalnya perlu naik sampai 2 hp, butuh dana berapa ?

Sementara sampai di sini dulu ulasan singkat motogokil mengani kans gsx r150 merebut hati calon konsumen motor sport 150cc full fairing. Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.