Wajar Sonic150r dan Mx King Takut dengan Satria Fi 150 Fi…..Inilah Salah Satu Penyebabnya…

Diposting pada

 

00 Satria fu 150 fi ditakuti

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tergelitk dengan kejadian batalnya balapan bebek super 150 cc karena “takut”, dan juga besarnya potensi terpendam yang masih disimpan satria fu 150 fi, motogokil coba sedikit jelaskan mengapa sonic150r dan mxking sangat takut dengan satria fu 150 fi. Sebelumnya pernah motogokil bahas jika ajang balap motor bebek super mengandalkan part standart, maka bisa dipastikan satria fu 150 fi akan sering menang [artikel]. Dan ternyata saat ajang balap digelar di Jawa Timur, hal ini terbukai [artikel].

Pembuktian di ajang balap, pembuktian spesifikasi brosur, test drag se Indonesia sudah cukup membuat sonic150r dan mx king minder. Apalagi setelah dilakukan pembuktian pembongkaran engine satria fu 150 fi (pasca balapan), yang ternyata “benar-benar” standar, maka mereka yakin bahwa mereka tidak akan menang dalam balapan. Ketimbang malu karena kalah telak, mending mundur dan batal ikut balapan.

Beberapa artikel sebelumnya motogokil telah membahas, bagaimana suzuki menahan power satria fu 150 fi agar tidak terlalu besar. Mulai dari luas filter yang sempit [artikel], diameter knalpot yang kecil [artikel] dan intake runner yang panjang [artikel]. Nah sekarang motogokil akan sampaikan bahwa suzuki benar-benar mencekik power satria fu 150 fi pada spesifikasi engine yang diproduksi masal, yang jika bagian ini di-oprek, power nya akan naik signifikan.

Seperti artikel sebelumnya, hanya oprek sedikit tanpa korek mesin seperti melepas filter udara, power satria fu 150 naik hampir 0.5 dk. Kemudian dengan hanya mengganti knalpot racing, power satria fu 150 fi sudah setara dengan satria fu 150 karbu spek balap SIC [artikel]. Dan yang terahir hari ini motogokil baca dari blog nya bro madev, bahwa dengan sedikit korek pada bagian head (porting saluran intake), power satria fu 150 fi melonjak menjadi 19.1 dk on wheel, sadis sekali. Pantas saja jika sonic150r dan mxking takut berhadapan dengan satria fu 150 fi dalam keadaan standar.

Dalam artikel ini motogokil akan coba menceritakan, satu lagi keunggulan satria fu 150 fi yang masih terpendam. Yang merupakan inti dari korekan balap standar, yaitu optimasi saluran intake. Optimasi saluran intake terdiri dari optimasi pada bagian-bagian ini :

  1. Diameter throttle body
  2. Port
  3. Camshaft
  4. Diameter klep-in (valeve-in)
  5. Seating klep dan lain-lain

Sekarang kita perhatikan perbandingan regulasi yang ditetapkan dengan apa yang sudah dimiliki oleh satria fu 150 fi

00-regulasi-balap-motorprix-1-150

Sedangkan untuk IP150 hampir sama dengan MP1. Nah sekarang kita perhatikan diametar valve-in maksimum adalah 26 mm. Dan satria fu 150 fi sudah paling besar yaitu 24 mm, (mungkin) masih bisa ditingkatkan menjadi 26 mm. Akan tetapi sonic150r dan mxking jelas akan kesulitan mengikuti, karena diameter bore-nya yang jauh lebih kecil.

Kemudian mari kita fokus ke bagian port intake satria fu 150 fi, perhatikan ukuran port standart nya, kira-kira berapa diamaternya.

Head-Cylinder-Kosongan-Suzuki-Satria-FU150-FI

Dengan diameter valve-in 24 mm dengan jumlah 2 buah, apakah diameter intake port ini sudah optimum ? Karena belum pernah bongkar head satria fu 150 fi, maka mari kita perkirakan diameter intake port, dengan membandingkannya dengan diameter lubang baut.

00 port intake satria fu 150 fi

Menurut pengukuran dengan menggunanakan jangka sorong, diameter lubang baut 8 adalah 5.25 mm. Sedangkan diameter (maks) intake portnya adalah 4,5 x diameter lubang baut. Atau sekitar 23.625 mm, kok kecil ya ?

Menurut ilmu korek intake port, ukuran porting mengikuti gambar ini

porting

Jadi ukuran intake port di head yang optimum seharusnya 0.85 dari diameter klep-in nya. nah sekarang jika 2 klep-in dengan diameter 24 mm kita setarakan dengan 1 buah klep in, dengan luas area yang sama, diperoleh diameter satu klep in adalah 33.94 mm, dibulatkan menjadi 34 mm. Sehingga diameter port yang optimum adalah 0.85 x 34 mm = 28.9 mm (dibulatkan menjadi 29 mm).

Jadi jelas sekali suzuki sengaja manghambat jalur masuknya udara dengan membuat porting berdiameter hanya 23.625 mm. Bahkan menurut ane area lebih kecil lagi, karena port berbentuk oval. Oleh karena itu, wajar saja jika intake port dioptimalkan (porting and polish), tenaga langsung melonjak drastis. Berikut ini tampilan pengukuran dyno power satria fu 150 fi yang standart dan yang sudah di-porting, naik 2.5 dk.

00 hasil-dyno-satria-f150-injeksi

Peningkatan ini baru dengan porting saja. Apalagi jika dilakukan optimasi pada filter udara, profil camshaft, diameter klep-in, seating klep dan lain-lain, akan jauh lebih dahsyat lagi. Makanya jika balapan pakai regulasi standart-an, ya pasti keok semua.

Semoga bermanfaat, lebih kurang mohon maaf, wassalamu’alaikum wr wb.

58 thoughts on “Wajar Sonic150r dan Mx King Takut dengan Satria Fi 150 Fi…..Inilah Salah Satu Penyebabnya…

  1. fbh gak usah ayan tenang aja tahun depan sonic di facelift kok Ganti engine baru lgi siapain aja duit yg banyak buat bolak balik ke bengkel ckckck

  2. Dgn keluarnya satria FU FI 150cc dgn power yg superior dan fasilitas lainnya sepertinya kompotitor terutama mesinnya menjadi motor ecek2 yg jadul dipoles kembali.

  3. makanya, lapak dagang orang itu jangan di ganggu,

    udah tau satria itu sumber makan para sales suzuki, ee malah di ganggu,,

    ya gini kan jadinya,, sakit hati tuh sijuki

  4. Nah kan nambah lagi, soalnya memang spek segitu (lebih + dari kompetitor) dan bobot segitu, kurang sreg aja topspeed cuma segitu wkwkwk

    Mungkin bentuk sportnya, pengebiriannya dihilangkan, tapi dengan bobot yg makin berat, mungkin power torsi on the crank sama, tapi topspeed dan aksel bisa juga sama, ya karena kebiriannya hilang tadi bisa ngimbangin bobot versi sport

    Dan entah kenapa ane yakin, versi sportnya juga bakal punya bobot ringan

  5. yang membuat kelas standart ini fufi menang adalah lawannya harus standart. Hahaha

    Gila apa standartnya fufi udah spek balap dilawanin sama standart spek harian. Ya sido mringis.

    Beda lagi klo udah full oprek. Dana dan riset yang menang.

  6. Tanya pak Dosen, apa bisa dengan apa yang ada pada MX King dan Sonic dengan ubahan dari pabrik masing-masing akan mampu mendekati atau melebihi “kekuatan” Satria FI?

      1. Om Max power fufi kalo oprek maksimum kira2 berapa HP. Apakah sama dengan mesin Cbr yang overbore. Karena kan strokenya sama sama pendek.

      2. kalau mau tetep perang, solusinya harus ganti mesin deh. Yamaha dan Honda baiknya ngalah aja lah, biar segmen ini jadi rejekinya Suzuki, wkwkwk.. Toh kalau mau ganti mesin belum tentu nyucuk.

  7. Om,,,,
    Kalau kelas standar apa ecu juga standar dan tdk boleh diutak atik….
    Padahal standar pabrik utk batasan RPM antar merk beda2,,,,staria fi 13rb rpm, sonic 10rb rpm, mx king 9rb rpm,,,,,
    Sekedar usul kelas apapun seandainya ada batasan rpm malah bisa hemat biaya,,,,
    Moto GP kelas Moto 3 aja ada batasan rpm max 13.5rb rpm.

    1. Ya kan liat spek mesin juga bro si pabrikan ngasih batasan rpm nya…jd klu mau balapan si owner club sama pembalap ya yg milih spek apa…balik ke overbore overstroke jg kan…

  8. Waduhh sayange aku wis tuwek isin karo anak putu, nembe eneng motor murah kenceng lulus uji emisi good tenannn

  9. makanya utk balapan tu minimalnya mesin dpt berkitir 13rbuan rpm mskpun std..kl nntn balapan trus raungan engine cm 9rbu-10rbu rpm,ga ada sensasi ‘balap’ nya.adrenalin rider & penonton pun gimana,gtu.cmiiw

  10. Klo pabrikan lain mengikuti suzuki.produk masal spek balap.. sungguh mengerikan klo dijalanan…apalagi ditangan alay. Pabrikan lain mudah untuk bikin spek mesin seperti suzuki,tapiii safety masih dipikirkan.
    Tpiii entahlah skr suzuki sudah menulai…apakah yamaha dan honda ngikut

  11. Sonic dan Satria fu fi jika sama2 dimaksimalkan performanya ya 11-12 dong.
    pada lebay ah….. xixixixixixixi

    1. belum tentu om, kesulitan di diameter piston dan kubah sempit, jadi mesti pinter-pinter ubah sudut dan posisi biar klep besar 26mm bisa ngepas. ubahannya banyak nanti CMIIW.

    2. kalau kelas mp5 piston standar sonic bisa brojol karena casting bukan forging kalau mau naikin limit diatas 11rb rpm 😀 wew, tp kalai mp1 nah ini yang menarik. dengar2 ada temen di bengkel di daerah jawa (pekalongan) ada yg lagi riset mp1 sonic,

    3. semua tergantung pemahaman ilmu tunningnya bro…
      parameternya apa yang dipakai?
      1, power dan torsi atau
      2, akselerasi dan topspeed

    4. Lah itu Sonic speck udah dioprek sana sini dikejurnas150 ngak bisa ngikutin MX KING. Berarti MX KING kalau dioprek performa 13 dong

      terakhir di Motoprix seri 1 2016 podium diborong MX KING 4 dan 5 baru sonic..komen jangan lebay ah

    1. Bisa buktinya yamaha dengan mesin SOHC 5 speed bisa juara nasional 2015 dan di motoprix seri 1 2016 sapu bersih podium dan sonic kebagian ampazz lagi

  12. @bdt bisa om. tp udah ga mau kyknya..taulah ahm ky apa… pernah inget sejarah honda cbr 1100xx super blackbird? bisa bikin motor kenceng tp buat apa? itu statmentnya dr honda sendiri.

  13. Berapa persen sih dari kita yang speed maniak? Bagi saya dan mungkin kebanyakan dari kita kan pinginnya motor yang enak dilihat, nyaman dipakai, irit relatif, dan tidak rewel, speed 80 kpj aja dah cukup kalau di jalanan umum. Memang agak lain Satria FI ini, ibaratnya dah bawa senjata dari lahir.

  14. kalu suzuki kencang, mestinya di wsbk tuh bisa jurdun waktu msh akftif, khan standardnya dah kenceng,

    kawak kencang 2 thn ini aja, sebelumnya suzuki ke mana?

    1. Suzuki gak pernah kencang om bdt di kancah balap. tp meskipun gak kencang power selalu kalah ama Honda n Yamaha 5-10hp tp yg Honda n Yamaha selalu kerepotan melayani mesin2 Suzuki di era GP 500.

      :v

      1. motor balapnya yg kencang atau motor produksi masalnya yg kencang? atau penjualanya yang kencang bisa mensuport pembalapnya supaya kencang sehingga penjualannya ikut kencang?

        ndak usah difikir kencang-kencang

  15. @broom | 23/03/2016 pukul 3:17 am
    yang membuat kelas standart ini fufi menang adalah lawannya harus standart. Hahaha

    Gila apa standartnya fufi udah spek balap dilawanin sama standart spek harian. Ya sido mringis.

    Beda lagi klo udah full oprek. Dana dan riset yang menang.

    Klo ini yg menang SOHC Overstroke Yamaha

    :v

  16. Std aja spec satria fufi sudah diatas mx king ma sonic, alias fufi std sama dg sonic n mx king oprek, jk sama2 std dg spec seimbang blm tentu fufi lbh kncang dr sonic ataupun mx king.

  17. dari sononya emg udh diersiapkan buat balap nih motor.. mangkanya kilik dikit pasti ngacir.. walau dibeberapa tes dyno powernya kalah sm sonic.. tp memang powerband yg luas sm limiter yg tinggi membuat fu fi tetep jadi rajanya.. mngkanya yg lain pada mundur.. org 10k rpm an udh kecekik.. sedangkan fu masih rileks2nya.. versi sportnya pasti bakal juuoozz niihh..

    1. seharusnya gak sih klo sama2 std, justru potensi sonic menang itu tinggi karena powerloss nya sedikit. Fu Fi meskipun power sampai 26hp, sampe keroda belakang paling 20hp. Sonic 27hp smp ke roda belakang bisa 22-23hp. lebih tinggi 2-3hp dr Fu Fi. belum lg torsinya. on cranck misalnya 20Nm di roda belakang bisa 20,5-21NM.

      :v

  18. roy@ kalau udh maen oprekan udh beda lagi om yg jadi patokan power :v yg jadi patokan power kalau udh korekan bukannya malah power on whell ?? dan disini kalau mengikuti peraturan regulasi power on whell fu lbh enak didongkrak dibanding sonic.. walau powernya on whell kalah tp lihat powerband yg diciptain dari limiter tingginya om.. fu fi powerbandnya luas banget lo.. jauh dibanding sonic atau king.. potensi enginenya emg gede euy si fu fi ini.. juoozz banget dah enginering suzuki..

  19. Yg paling hebat itu produk ahm bro… ( ahm ya bkn global)
    Contoh nya sonic150 klaim ahm on crank torsi 13,5nm di tes dyno mplus 13,77nm on whell hebat bukan???
    Klo satria mxking tes dyno torsi cendrung turun dri on crank
    Ane yg geblek apa mplus yg geblek yak?

  20. B lmp@ emg paling enak kita ngetes dyno sendiri om :v hasilnya pada bikin pusing :v beda2 semua cuuyyy.. yg jelas ane dulu ngetes si fu fi ini emg nih motor power gedr, nafas panjang2.. itu aja yg jadi patokan ane :v kalau soal head to head sm sonic sayangnya ane blm pernah ngadu secara real sm sonic.. yg jelas secara power dan nafas engine seteleah ane cobak sendiri fu fi berada diatas level2 motor lain, bahkan cbr150 fi series sekalipun..

  21. maaf pak dosen..
    jika jenengan terlalu sering mengungkapkan keunggulan satria menurut analisis bapak.. bukankah informasi seperti ini malah akan dimanfaatkan kompetitor

    1. lho yang berkompetisi kan pabrikan dan para sales ???
      kita mah sekedar sharing, supaya semakin pintar saja.
      motogokil.com akan mencoba menjadikan semuanya sebagai keuntungan bagi semua pembaca

    2. tenang aja vroh, kalau kompetitior mau bikin spek semacam satria, mereka juga harus mau menyediakan material berkualitas semacam satria.
      untungnya kompetitor (khususnya h) termasuk pelit kalo urusan material (ini rahasia umum lho), jadi hampir mustahil kalo mereka bisa bikin motor semacam satria

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan