Karakter Performa CBR250RR Seperti Satria 150Fi

Honda-CBR250RR-Prototype

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tertarik dengan bocoran yang dipablis seorang blogger, bahwa menurut pengamatan fisik bentuk mesinnya, diprediksi powernya mantab, baik di putaran bawah sampai putaran atas. Karakter ini mirip motor honda lainnya seperti ncb150r (k56) dan ancbr150r (k45g). Akan tetapi karena konstruksi engine overbore, maka secara keseluruhan konfigurasi engine dan performanya (grafik power) nya lebih mirip satria 150 fi.

Seperti yang motogokil pernah bahas di artikel sebelumnya [1, 2] bahwa, satria 150 fi sejatinya memiliki karakter peak power di rpm atas, karena overbore. Akan tetapi karena strokenya pendek, dan demi efisiensi maka ve dan saluran pembuangan dibatasi. Diameter header knalpot yang lebih kecil dibandingkan satria fu karbu, menjadi salah satu pilihan agar torsi di putaran bawah lebih nendang, sehingga fc bisa lebih irit.

Lihat konstruksi bore x stroke cbr250rr dan komparasinya dibandingkan ninja250fi dan r25

bocoran cbr250rr by motorplus

Jadi kalau hanya mengandalkan ve yang lebih besar dibandingkan r25, maka masih kurang nendang di rpm bawah, karena stroke cbr250rr lebih pendek dibandingkan r25. Untuk mengatasinya maka torsi putaran bawah harus ditingkatkan. Salah satu caranya adalah dengan memperkecil diameter pipa knalpotnya (exhaust header). Dan ini mencocoki bocoran, yang mana diameter exhaust header cbr250rr hanya sekitar 28 mm. Bandingkan dengan diameter exhaust header r25 yang dan ninja250fi mencapai 32 mm  dan 30 mm.

Kalau leher knalpotnya dibuat kecil, lalu bagaimana dengan cara memperoleh power puncak yang lebih besar dari rival, yang katanya mencapai 45hp ? Salah satu caranya adalah dengan memperbesar ve (efisiensi volumetrik). Dan bocoran menunjukkan bahwa intake port hampir tegak ke atas (seperti moge), alias downdraft dan posisi peak power di puataran mesin (rpm) yang lebih tinggi.

Dan trik seperti ini telah diterapkan oleh suzuki pada satria 150 fi -nya. Ganas di putaran rendah maupun tinggi. Untuk dijadikan perbandingan, performa ncb150r dan satria 150 bisa berbanding 18.5/16.9.

  • Jika r25 memiliki power 35.5 ps, maka power cbr250rr sekitar 35.5 ps x 18.5/16.9 = 38.86 ps untuk versi lownya.
  • Sedangkan untuk versi high nya (mungkin konstruksi knalpot dan intake runnernya beda, air flow-nya lebih plong (versi racing, nggak mikir irit)), sehingga perbandingannya menjadi 35.5 ps x 22 (prediksi power motor sport suzuki) /16.9 = 46.2 ps (atau sekitar 45 hp).

Jadi wajar jika versi low dari cbr250rr tidak mengaplikasikan ride by wire, karena memang diseting performa agak rendah. Dan versi high-nya terdapat fitur ride by wire, karena powernya sudah tinggi. Jadi saat posisi race, itu adalah posisi normalnya. Sedangkan posisi cruiser atau rain, ecu tinggal mengatur bukaan throttle dan debit bbm nya saja (dikecilkan). Itulah cara motogokil menerjemahkan bocoran dari blognya om leopold.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

18 Komentar

  1. motor buosok buatan ind#mobil disama2in sm cbr250rrrrrr….

    g level bingit!!!
    wkwkkkkk……
    sotoy lou…blom jg launching..blom jg test ride…
    wkwkkkkkkkkk……,
    sotoy…

    • NSR SP untuk mncapai speed sgitu butuh waktu brapa detik atau bahkan mnit, klu cb500x butuh waktu brp dtik/mnit jg??
      Dah dah terbukti NSR bukan lawannya

  2. Mana mungkin pabrikan menjual 250cc fairing dengan membuat buat dua opsi power yang jauh 38,8HP dan 46 HP terlalu riskan dan high cost, paling cuma beda fitur-fitur yang low end dan yang high end agar terlihat menambah value. ( Sesama pabrikan jepang ya podowae mau nanti naked bikenya juga tetap mesin sama maksimal cuma beda mapping ecu dan gear ratio melirik contoh kasus NCBR150, NCB 150, Sonic dan GTR).

    Pengen CBR250RR 2 silinder produk massal high endnya powernya 46 HP judulnya mimpi

    • mungkin saja, buktinya ada part resmi untuk r25 seperti knalpot dan ecu daytona
      kalau pabrikan bikin langsung versi racing dengan part tersebut sangat mungkin

    • sebenernya kalau opsinya adalah naikin power mungkin susah
      tapi kalau opsinya nurunin power, akan jauh lebih mudah
      mirip seperti kita bawa motor, kalau 10000 rpm powernya 18hp
      tapi kalau opsi rain, ecu mencekik rpm hanya sampai 9000 rpm tentunya powernya akan turun
      apalagi ecu motor premium, banyak yg bisa dikerjakan

  3. Torik pada 22/07/2016 pukul 8:41 am

    NSR SP untuk mncapai speed sgitu butuh waktu brapa detik atau bahkan mnit, klu cb500x butuh waktu brp dtik/mnit jg??
    Dah dah terbukti NSR bukan lawannya

    ga ada semenit bro udah di tes di Aussie Speedweek klo g salah, dan pemegang rekor top speed 150cc in the world(cmiiw).
    tapi y ttp kalah torsi

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan