ganti-oli-bloger

Satu Lagi Kekurangan Suzuki Satria Fu 150 Fi

Diposting pada

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Tiada gading yang tak retak, begitulah peribahasa mengatakan. Sebagus-bagusnya barang, pasti ada bagian jeleknya. Begitu juga yang terjadi pada satria fu 150 fi, ada juga kekurangan, dan menurut motogokil termasuk fatal.

Sementara yamaha memperbaiki kelemahan sejenis pada nvl, sehingga tidak terjadi pada nva, suzuki malah memberikan kelemahan tersebut. Kalau pada ncb150r kelemahan tersebut tidak terjadi. Apa sih kelemahan yang dimaksud ?

Kelemahannya adalah ecu dan engine serta semua komponen kelistrikan mati jika aki (accu) mati. Yaa sama dong dengan nvl…ya begitulah, harus diakali dengan capacitor bank (cap bank) supaya bisa tetep nyala saat aki mati (bisa dislah/kick starter). Berikut ini percobaan ane nyalain satria fu 150 fi dan new cb150r tanpa aki

Satria fu 150 fi

Jpeg
Jika aki mati, engine satria fu 150 fi tidak bisa dihidupkan

Langkah percobaannya adalah, copot kutub negatif aki, kontak posisikan “on”. Selanjutnya coba motor dihidupkan dengan kick starter. Setelah beberpakali mencoba, yakin sudah bahwa engine satria fu 150 fi tidak bisa dihidupkan jika aki mati/dilepas.

New cb150r

Dengan langkah yang sama, dilakukan pada new cb150r dan ternyata bisa nyala, hanya sekali-duakali slah.

Jpeg
Engine new cb150r bisa hidup, meskipun tanpa aki

Sementara itu dulu, review kelistrikan dari satria fu 150 fi, semoga menjadi maklum. Tapi jangan khawatir, yang seperti ini masalah sepele. Siapkan saja cap-bank, insya Allah masalah ini teratasi. Dan kemampuan satria fu 150 fi akan sama dengan new cb150r. Yaitu tetap bisa hidup walaupun aki soak atau mati.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.