Suzuki Mengais Asa dengan Sport 150CC GSX-R150.

suzuki-gsx-r-125

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Suzuki telah berhasil membangun motor sport kecil gsx-r125. Motor ini memiliki kans yang sangat kuat untuk dijadikan basis membangun motor sport full fairing 150cc, yaitu gsx-r150. Bagaimana tidak gsx-r125 menggunakan engine satria fufi (k12) yang di-stroke down. Stroke nya diperpendek menjadi 41.2 mm, sedang versi satria fu fi 48.8 mm. Jadi membagun gsx r150 jauh lebih mudah, tinggal pakai saja engine satria fu fi.

Jika memang demikian, maka nantinya gsx-r150 akan memiliki beberapa keunggulan dibandingkan cbr150r (k45g) dan r15, yaitu ;

  1. Powernya paling besar, dengan langsung menggunakan engine satria fufi powernya sudah 18.5 ps. Jauh lebih tinggi jika dibandingkan rival-rival nya yang hanya sekitar 17 ps. Apalagi jika nantinya power di-upgrade di atas fufi.
  2. Rem depan by brembo
  3. Kunci kontak keyless, diganti dengan immobilizer
  4. Stang underyoke, lebih racy
  5. Ada opsi ABS

Tentunya jika mengacu pada tampilan gsx-r125, suzuki harus memperbaiki beberapa kekurangannyanya yaitu :

  1. Swing arm kurang kekar
  2. Ban kurang gambot
  3. Diameter tabung sok depan kurang kekar
  4. Tampilan headlamp dan stoplanp kurang sip, nggak enak dipandang dibandingkan rival2-nya.

Bagi motogokil aspek ya terpenting pada gsx-r150 nanti adalah peningkatan power dibandingkan satria fu fi. Masa motor bebek powernya sama dengan motor sport, pwr motor sport bisa kalah dong ? Seperti halnya honda dan yamaha power motor bebeknya 1 ps lebih rendah dibandingkan versi sport. Kiranya begitu pula dengan suzuki power motor sportnya lebih tinggi dibandingkan bebeknya.

Sekarang mari kita ber-andai-andai, jika komparasi power satria fufi:gsx r150 sebanding dengan komparasi power satria fu:fxr150, maka hasilnya power gsx-r150 akan mencapai…23.2 ps, mantab.

gsx-r150-power-prediction

Atau jika komparasi power gsx r125:gsx r150 sebanding dengan komparasi power raider 125:fxr150, maka power gsx r150 akan mencapai 22.4 ps

gsx-r150-power-prediction2

Jadi cukup membuat beberapa konsumen cbr150 dan r15 was-was, bagaimana jika memang power gsx-r150 diposisikan pada 22-23 ps. Benar-benar akan menggetarkan adrenalin rider yang menungganginya, karena selisih power nya semakin jauh jika dibandingkan rival-rivalnya. Dan hal tersebut mudah saja bagi suzuki, masih ingat artikel motogokil sebelumnya mengenai power satria fu fi ???

Menurut motogokil, jika suzuki mau maka power 22-23 mudah saja dicapai. Yaitu dengan beberapa langkah :

  1. Atur ulang profil camshaft untuk mengail power besar di rpm yang lebih tinggi
  2. Perbesar diameter header knalpot
  3. Perbesar penampang filter udara
  4. Perpendek intake runner
  5. Ada kemungkinan rasio kompresi dinamik berubah karena efisiensi volumetriknya naik. Sehingga untuk mengakomodir perubahan titik pengapian dan durasi injector, ECU gsx r150 tidak sama dengan ECU satria fufi.
  6. Pastinya bensin sedikit lebih boros dibandingkan satria fufi.

Lalu bagaimana dengan akselerasi dan topspeed-nya, jika powernya betul 22-23 ps ? Jika melihat bobot fxr150 yang hanya 118 kg, kemungkinan besar gsxr150 tidak jauh-jauh dari bobot tersebut. Dan dengan power yang paling besar serta bobot yang paling ringan, maka akselerasi gsx r150 akan paling kuat dengan topspeed yang paling tinggi. Apa bisa tembus 190 kpj ??? Mungkin saja.

Gimana bro, mau menunggu gsx r150 launching ???

Semoga bermanfaat, lebih dan kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

37 Komentar

  1. yg paling penting, konsep “most lightweight in its class” nya gsxr125 masih nemplok di gsxr150 🙂
    Selama ini motor2 sportnya suzuki tuh berat2, makanya pada lari ke fu, atau merk lain. Semoga gsxr jd motor yg lightweight tanpa mengabaikan kestabilan ala suzuki, ptwr bakal menang jauh kan kalo motornya enteng? hehe

  2. CALON MOTOR BOROS TP BANTERE POLL. TP PINGIN IRIT MLAKU ALON BISA. ehmm…. klo motor dah berfairing ya gengsi lah dikata gak ada larinya lbh gengsi lg klo masih ngomongin Keiritan.xixi… menggiurkan nih GSXR150. menarik nih

  3. Melihat poin-poin kekurangan calon GSXR150, karena mengejar bobot lebih enteng dibanding bobot rival-rivalnya. Perkiraan, bobot GSX150 akan lebih berat 5kg dari berat pendahulunya FXR150.

    Kalau saja berat GSX150 adalah ‘hanya’ 120kg saja, dengan power (berharap) 22hp, cukup untuk memuaskan dahaga para speedfreak.

    Dengan power 22hp saja, cukup mengganggu kelas diatasnya yakni KTM RC200, dengan catatan banderolnya tidak melebihi batas 30jt.

  4. Semoga bernasib seperti produk2 susuki lainya(*orapayu) biar admin& fbs fanspage susuki tetap jumawa,tetap ngejelekin produk ngondah,tetap mujamuji susuki siang malam,tetap suka memfitnah blogger lain….
    Adalah hal yang lucu jika semua itu terus2an dilakukan admin fp susuki tapi hasilnya tetap ZONK…..produk berlambang “es” tetap orapayu….
    Ngiahaha….

  5. Bro “pengamat” mana yah? Kayaknya dulu sempat kasih prtanyaan mslh kruk as all new cb150r yg dksh ganjel ring itu artinya apa
    kok smpe skrg blm ada keterangan? Ane penasaran loh
    emang ganjel ringnya tebal? Setebal apa?
    Aneh jg sih,oli mesin 1,2 liter masa cuma buat 17ps??
    Jika semisal ganjel ring dtiadakan atau dtipisin bisa jd kruk as tmbah lebar jd tmbah berat n cr dnaikkan lg g mslh semisal 11,5 jd power lbh dr 17ps buat upgrade power lawan vixion vva ataupun gsx r150
    atau mungkin bak mesin all new cb bisa jg buat versi 250cc??
    Ini mengingatkn ane pd cetakan bak mesin yg sama antara tiger n megapro 160 cuma beda lubang baut aja..
    Gimana dong bro pengamat? Tolong jwbannya..

    • Oh itu maksudnya crankshaftnya diperingan ngak full logam, crankshaft dicoak trus diganjel plat.

      Hampir semua mesin mulai dari vario, beat, verza, nmp, old cbsf/cbr150 lokal dan NCB/NCBR. Kecuali Cbr thai full logam.

      Pengaruhnya, kailan torsinya menjadi lbh kecil dibandingkan crankshaft full logam akibatnya kemampuan mesin menghasilkan power max jd berkurang.
      Kelebihannya deselerasinya jd lbh cepat.

  6. @pengamat
    maaf pke hp jadul jd g bs lgsg reply
    oooh jd kruk as lbh ringan dr kompetitor itu mrupakan salah satu pakem tuningnya honda ya? Bisa jd kailan torsi dr diam pd nvl lbh njengat itu tdk serta merta krn SOHCnya ya? tp krn kruk as yg lbh berat atau mungkin full logam,tp saat putaran atas brgetar luar biasa..
    Ane jd kepikiran buat ganti kruk as ancb dgn nvl xixixixixi..

    • Iya bukan krn SOHCnya, besaran kailan torsi tergantung:
      1, berat bandul crankshaft semakin berat semakin besar torsinya sesuai hukum newton II
      {F=Massa(berat bandul crank) x percepatan(rpm)}
      2, sudut kemiringan silinder 45° lebih besar torsinya dibandingkan silinder sudut 60°~90° ataupun silinder selonjoran.
      3, pakem tuningnya, overlap kecil, lsa lebar adalah pakem tuning dgn torsi memuncak, ini kebalikan dari pakem tuning yamaha&kawasaki oleh karena itu crankshaftnya rata² full logam.

      Modifikasi crankshaft dgn mesin motor lain biasanya agak sulit tp bisa juga, saran saya jgn mengunakan crankshaft NVL tapi crankshaft Byson fi krn strokenya sama 57,8mm NCB, 57,9mm Byson inj.
      lebih mudah memperberat crankshaft dgn las bebet 1/2 lingkaran bandul crankshaft.

      • Pantes pake sonic125 torsi nendang… Trus turun speednya jg lama ketimbang domba garut…
        Bisa nih tukeran punya sonic125 ke domba125..
        Hehee

      • Iya itu benar…
        sonic rc 125, old cbr150r import thai, crankshaftnya full logam, kailan torsi dan powernya bisa lbh besar.
        Efek sampingnya deselerasinya lambat.

  7. oh iya klo semisal tukang bubutnya g ngerti cara penambahan berat kruk as.. penambahan berat itu pd sisi yg sebelah mana? ini dlm kondisi kruk as standar (g dmodif stroke up ataupun penggantian stang) jd cuma semata mata nambah berat saja..

    • Persis di belakang big end, babet bekas coakan crankshaft, ngikutin tonjolan bandul crankshaft sebelah dalam yg berbentuk 1/2 lingkaran, hasil las babet tsb diratakan permukaannya, setelah dipasang kemudian dibalance.

1 Trackback / Pingback

  1. Dengan Power 19.17 PS, Klan GSX 150 Siap Menggebrak Pasar dan Jalan Raya Indonesia | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan