Jika AHM Mengeluarkan Super Sonic 150 DOHC, Apakah Power CB150R dan CBR150 Tetap 17 PS ???


ketika supersonic lahir

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Melanjutkan artikel sebelumnya, ada rumor (santer terdengar) ahm dan yimm akan menggelontorkan bebek super bermesin high performance 150 cc. Bagi konsumen ini jelas merupakan tawaran yang menggembirakan, apalagi konsumen berbadan kecil yang cinta kecepatan (speed lover) tentunya sekarang menjadi banyak pilihan, bukan cuma satria fu. Akan tetapi bagi pabrikan tentunya tidak demikian, pabrikan harus waspada terhadap efek jelek tehadap market share motor sport saudaranya dengan engine yang sama. Kasus matinya penjualan suzuki thunder yang berkebalikan dengan moncernya penjualan satria fu, sepertinya bisa menjadi gambaran bahwa jika ada motor kecil bertenaga besar, maka motor besar bertenaga kecil akan nggak laku.

Nah sekarang kembali ke pada perilisan motor bebek super 15o cc, khususnya super sonic dohc 150cc. Jika engine cb150r secara utuh ditancapkan dalam frame bebek CS1, maka bisa dipastikan performa supersonic akan mengungguli cb150r dan cbr150 lokal, jika performa kedua motor sport ini tetap 17 ps. Hal ini karena berat total supersonic akan jauh lebih ringan, mungkin bisa selisih 20-an kg, menjadikannya unggul dalam PWR, sehingga akselerasinya akan lebih nendang daripada saudara sportnya. Mari kita lihat perhitungannya kasarnya…Super sonic dengan frame cs1 dan engine cb150r, jika berat kosong sonic 125 sekitar 102kg, maka dengan penggantian engine cb150r akan bertambah sekitar 2-4 kg. Karena piston, silinder dan head engine 150cc dohc lebih besar daripada bagian yang sama pada sonic. Sehingga berat kosongnya menjadi 106 kg atau dibulatkan 110 kg (karena ada kemungkinan ban-nya lebih besar). Sehingga dengan power 17 ps maka PWR-nya = 17 ps / 110 kg = 0.155 ps/kg.

Sedangkan cb150r berbobot 131 kg dan dengan powernya sama (karena engine-nya sama) yaitu 17 ps akan memiliki PWR = 17 ps /131 kg = 0.13 ps/kg. Jika cb150r saja sudah kalah pwr-nya dibandingkan supersonic, apalagi cbr150 lokal dengan full-fairing yang lebih berat serta ban yang lebih besar. Perbedaan ini akan sangat mempengaruhi perolehan topspeed dan akselerasinya, dan bisa dipastikan supersonic akan dengan mudah mengasapi cb150r maupun cbr15 lokal (k45).

Jika demikian, maka pemilik/calon pembeli cbr150r, cb150r ataupun cbr150 lokal akan tidak happy (geram) dengan AHM, dan ini akan dihiindari oleh AHM agar tetap “Satu Hati”. Bisa jadi AHM akan mencekik power supersonic atau AHM akan meng-upgrade power cb150r maupun cbr150 lokal. Dan sinyalemen peningkatan power cb150r dan cbr150 lokal yang lebih kuat, sesuai dengan bocoran sebelumnya.

Dengan demikian semuanya akan senang, calon pembeli cb150r dan cbr150 lokal akan tetap PD karena motor “sport” -nya masih lebih superior dibandingkan supersonic. Sedangkan calon pembeli supersonic juga akan bangga karena bisa menandingi satria fu. AHM juga senang karena dipastikan supersonic tidak/sedikit menggerus MS dari cb150r, akan tetapi akan menggerus pasar satria fu dan jupiter mx.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

Advertisements

0 responses to “Jika AHM Mengeluarkan Super Sonic 150 DOHC, Apakah Power CB150R dan CBR150 Tetap 17 PS ???

  1. Lama g komen. Ngaji dulu 😀

  2. semoga saja bagus&tdk ada masalah.
    om iwan rumor AHM ngluarin V engine udah ada bocoran lg blm?
    msh penasaran nih.

    • kalau untuk yang 1000cc dah denger, gantinya cbr1000
      kalau yang v-twin 250cc masih ragu, karena bakalan bahal banget, bisa2 nggak laku

      • Lah kawak aja bakal brani brojolin 250cc 4silinder om…
        Dikelas ini konsumen gk peduli harga asal mesin pny prestige n pride
        Imho

        • kalau menurut ane nih bro, prinsip kawak dan honda beda bro.. kawak memproduksi motor yang plg penting bgi kawak yaitu sebuah kebanggaan karna motornya plg mahal, plg kenceng, dll. beda dngan honda yang lbih mementingkan fungsi dari motor itu sendiri, dan keterjangkauan untuk di beli konsumen. contoh kecil lihat aja cbr series, apakah di setiap dealer ada ?? pasti tidak.. karna honda memproduksi motor yang plg di utamakan yaitu keterjangkauan konsumen untuk membelinya, jd jika dirasa mampu memproduksi tp kalau harga bakal mahal dan konsumen tidak atau jarang yang bisa membeli, buat apa memproduksinya. cm menghabiskan dana..

  3. Saya tidak paham mengenai performa engine dsb, hanya sekedar beropini melalui kacamata seorang konsumen awam. Saat ini di masyarakat masih tertanam kuat akan mindset Satria 150 yg lebih superior ketimbang MX, Vixion, bahkan CB150SF sekalipun.
    Andai saja power Sonic 150 nanti mampu mengungguli Satria 150 dan sedikit “rela berkorban” membunuh image sport 150 saudaranya sendiri (mungkin tenaga yg batangan dan fairing akan diupgrade lagi), maka bisa dipastikan bahwa pamor MX 150 dan Vixion akan lebih inferior dibandingkan sport Suzuki dan Honda. Ini yg harus diwaspadai oleh YIMM karena bisa menghambat drastis laju penjualan produk 150cc mereka. Jangan langsung alihkan fokus ke segmen skutik karena sejatinya kelas 150cc lah tulang punggung mereka yg sangat berharga. LENGAH = KALAH!!!

  4. beda pangsa pasare Om Gokil….
    Secara awam berapa persen sich yang murni milih motor karena lebih kenceng ( saya yakin masih mayoritas orang beli bukan buat balap)….
    kalau pecinta sport paling ngedumel,…lha ko di asepin versi mopednya….xixixii,…tapi yo ga begitu saja terus pindah haluan ke moped.
    tapi kalo pertimbangannya lebih lincah dan lebih irit untuk menjalankan aktivitas sehari-hari (mengabakan maskulin look), bisa jadi sich….IMHO
    salam sejahtera,….semoga semakin maknyus knowladge sharing_nya.
    Keep writing…

  5. Semua senang semua menang

  6. Kalo nongol bebek 150 apa kata rider sport 150…. Beli pulsar 220ns aja yook… Hihihi….

  7. bekas raider jalanan medan

    wah kalau super sonic jd keluar enak dong jd cs1 ane ngak ribet nyari sparepartnya hehe blm tentu kanibal pak dosen kan pansa pasarnya beda bagi yg suka motor batangan tentu milih cb150r sedangkan yg berbadan kecil tentu milih sonic sebenarnya cs1 kurang laku bkn karena performa tetapi desainnya yg bagi orang indoneasia dia anggap aneh tetapi karena saya beli mesing bkn casing makanya beli cs1 dan saya suka durability honda sudah sangat teruji ngak bikin kantong jebol mau buat kenceng opreknya dikit aj yg standart aj kalau cuma ngasepin old viksi dan mx bentar aj kok hehe yg penting permintaan mesinnya do turutin pakai pertamax plus ngacir bro oj premium malah jd boros …..

  8. versa teteplah motor sport, satria fu tetaplah bebek.. laki tulen pasti pilih tangki di depan biarpun lemot.. (kebanyakan)laki nanggung, rata2 abg ababil cungkring pendek tapi mau keliatan jago ngebut pasti pilih fu..

    no offense buat pemilik fu, karna tidak semua. ada juga yg laki tulen emang hobi fu.

    tapi kalo cewek cabe2an pake fu mantep banget.

  9. Ni pak cakil berandai_andai aja kerjaannya 😀 ___ yg realita aja lah … Ujung2nya cuma OMDO praktikum » 0 ___ xixixixixixixixi..

  10. bekas raider jalanan medan

    yakin lo darmo cs1 lemot hehehe jgn mimpi di siang bolong deh kalau lawan mio pakai beat aj bro wkwkkwkkwkkwk

  11. Anak Cakep anti Alay

    simbah darmo lagi mabok mastin… 😆

  12. walah kelas 150 cc masih aja muluk muluk

    coba di oret2 juga jga satria fu injeksi dan jupiter MX 150 next generation

    sudahlah cs1 yg terkenal boros dan lemot cukup untuk membawa luka di hati …hhhehe
    bandingkan feel yg ditawarkan jupiter mx+ satria fu memberikan sesuatu yg lebih apa yg dimiliki cs1.. believe me …hhhehe

  13. kalau untuk cb150 mungkin peningkatan powernya mungkin cm sedikit di banding sekarang dan sedikit di atas supersonic, semisal 17,3 ps.. dan nggk mungkin honda akan mematok powernya si cb150 sama plek dg cbr, marna dengan harga yang jauh lebih murah di banding cbr, dengan spek mesin sama maka cbr nggk bakal laku..
    kalau cbr, kemungkinan powernya bakal di naikkan jauh di atas cb atau supersonic itu sendiri, misal 18 ps..karna bagaimanapun juga motor sport fairing harus lebih kencang di banding sport naked apalagi ayago.. dan juga tugas cbr disini juga sebagai flagship sport 150 cc nya honda. jd harus yang plg kenceng..

  14. darmo darmo

    cari pasukan baru dulu dah

    soneo ama jayen di ajak juga gih

  15. makanya milih motor jangan cuma lihat spek overbore=power lbh besar, limiter tinggi, percuma kalo kalah sama underbone lihat besaran torsi dan reduksinya bro…..

  16. katanya cbr 17 hp beneran no tipu tipu pasti di markeying jadi 18++ mungkin biasalah rekayasa dikit maybe

  17. kalo tebak2an awam ane sih Sonic DOHC bakal bernasib sama ama CBSF yg baru bisa jd bayang2 vixion.. palingan market sharenya msh di bawah FU.. setidaknya utk 2-3 tahun pertama (biasanya krn ada aja keluhan konsumen2 pembeli generasi pertama)

  18. Pendekar syair berdarah

    wow joss…

    😀

    semoga power cb/cbr yg diupgrade bukan power si sonic yg di cekik…

    😀

    alayer semakin cabe-cabean aja nih
    siapin tiker, nonton balap liar

  19. Saya kira bakal boming motor ayago msn cb ini cepatlah keluar semoga sebelum lebaran udah ready

  20. Afaik,.motor2 dari honda dalam versi standard x smacam ad hierarki/ tingkatan masing2 untuk tenaga berdasarkan harga.

    dari pabrikan lain mungkin bgtu juga sie,.
    ambil kasus revo ke supra 125, beat ke vario,
    verza ke NMP NMP ke cbsf,
    catat, dlm versi standard lho ya,
    125 supra vs 125 cs 1, knceng yg cs 1 kok cc sama lari nya supra gk prnh lbh dari 100 smpe 105 kpj tp klw cs1 bsa 115-125 kpj (klaim sbagian ridernya)?, lah liat harganya dong
    😀

  21. PWTR nya gedean tornado GS

    13dk/92kg=0.14

  22. penggemar speeds

    PWR gede??
    pake aja RX King, 18 PS, cuman 100kg loh….
    bensin jg cuman 11-13 sama cb150 yg 30-35km/ltr….

  23. Honda ultrasonic om

  24. Tapi aneh ya… Jaman dulu uda nongol tuh yamaha champ, honda nova/ sonic, suzuki RK cool dan tidak laku laku amat… Sekarang malah berebut…

  25. abal-abalan.. (kritik ane jika ane salah)

    honda sonic 150 fi tuh tenaganya sm kayak fu lah… tpi akselerasi ckup mendebarkan..
    (tenaga 16,7hp dan torsi 1,55kgfm)

    kmungkinan besar tenaga dan torsi cb150r dan cbr150r bisa ditambah bro..

    masalahnya krna si cb150 facelift pke ban gambot… dan mau-gak mau honda hrus naikin tenaganya… tapi.. tenaga cbr150 kan 17,1hp.. dan si cb150 lawas masi 17hp… masa tenaganya cb150r disamain kayak tenaga cbr150? jdi bkin malu rider cbr150 dong…? si cebong racing musti naik juga nih tenaganya..

    tapi kok pas bahas ini….

    kayak nyium bau cbr150r K45 bakal dinaikin tenaga mesinnya ..?

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting