CB150R Semi Race, CBR250 Komuter, Ada yang Salah ?

cbr250vsR25 like NVL vsCB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam artikel sebelumnya, ane mengklasifikasikan bahwa cb150r mengusung engine semi-race karena strokenya 47.2 mm sedangkan cbr250 mengusung engine komuter karena strokenya 55 mm. Beberapa komentator setia motogokil rupanya nggak terima dengan klasifikasi ini. Mereka maunya mesin 150cc (cb150r) komuter dan mesin 250 cc (cbr250) semirace, tapi mereka mungkin lupa masalah peruntukan motor itu dibuat terserah pabriknya, nggak tergantung cc-nya.

Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar ini…

Potongan dari iklan cb150r

iklan cb150r

Potongan iklan cbr150 dengan mesin yang identik dengan cb150r

iklan cbr150

Dua iklan di atas ingin memperlihatkan bahwa engine 150cc overbore-dohc adalah engine untuk motor kencang (balap) tapi masih enak buat harian (semi-race). Sedangkan untuk cbr250 perhatikan hambar ini

iklan cbr250

CBR250 adalah motor harian yang nyaman buat goncengan, bahkan buat nggonceng istri tercinta (wanita). Jadi klasifikasi yang ane berikan kira-kira nggak jauh dari apa yang diinginkan oleh honda, cb150/cbr150 semirace dan cbr250 komuter.

Yang menjadi pertanyaan, kenapa ninja 250 yang masuk dalam kelas semi-race masih belum bisa menaklukkan cbr250 yang cuma motor komuter di sentul ???

Terkait dengan kedatangan yzf r25 sebagai calon kompetitor baru di IRS sentul, oprekan full-race nya masih kalah dengan ninja250fi [artikel]. Bagaimana nanti ketika menghadapi cbr250 di sentul ?

Jika klasifikasi tentang kedua motor sport honda di atas tetep dianggap salah, maka perhatikan potongan iklan ini

iklan nvl

Kenyataannya NVL ini adalah motor yang sangat nikmat kalo buat harian di sela-sela kemacetan. Torsi besar sangat membantu untuk stop-n-go, dan dapat dicapai dalam rpm yang relatif rendah, sehingga lebih irit, wajar karena stroke panjang (58.7 mm). Pokoknya top dah kalo buat di perkotaan dengan lalulintas yang padat (komuter).

Lalu mengapa dalam iklan dikesankan seakan-akan NVL adalah motor balap (semi-race) ??

Mari kita pikirkan dan silahkan beropini…

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

$where = 0;

0 responses to “CB150R Semi Race, CBR250 Komuter, Ada yang Salah ?

  1. tidak ada yang salah

    • Btul bro,g ada y salah,cm jk dpermasalahkan y it tanda ada penyakit hati,dengki plus hasat. Kalo boleh minjem istilah ayan sendiri. Oktober 07 ane uda make vixie,paling awal it toh q g mrasa drendahkan dngn tulisan ini,justru pencerahan.d straight vixie ane dsalip cs1 adem2 aja,toh unggul di keiritan,pas nanjak agak macet gantian cs1 ane libas,kalo tau potensi motor enak bro,salam brotherhood,ane bikers y slama ini silent reader 🙂

  2. sesuai peruntukanya, yang salah dipenjara

  3. cbr tombo ati

    cbr yg elegance tapi menebar toror…

  4. melihat fungsi atau penggolongan motor jangan hanya spek mesin bore strokes aja bro….namun desain secara keseluruhan… contohnya Mt-09 (78 x 59) itu kurang overbore gimana? tapi mereka kaga pernah nyebut itu motor sport atau semi race…. cukup dengan motor standard atau kommuter

    http://78deka.wordpress.com/2014/06/09/ingin-up-grade-motor-dari-karburator-ke-injeksi-cara-gampang-pake-produk-ini/

  5. Dele regane larang

    Senengane emang memaksakan sing ora sesuai kanggone. matic wae go balap,,,

  6. Yang salah yang membela mati matian.
    Padahal ga dibawa mati

  7. Dele regane larang

    Bro Kudo78pk@ saya suka komentar anda,,,,

  8. point of view yg berbeda
    analisis iklan dalam menentukan fungsi kendaraan 😀

  9. Dele regane larang

    Pak Gokil,,,trus stroke yg paling ideal untuk motor harian n balap tu kira2 berapa? misal stroke yg cocok untuk 150 n 250 cc untuk balap n harian alias komuter.

  10. jadi simpang siur (mana komuter mana semi race) jadi patokannya kompresinya, faringnya, strokenya, jenis rangkanya atau apa lah terserah……

    kalo saya mengkategorikan mesin Hi performance untuk kompresi tinggi.

    • cbr tombo ati

      hahahah…patokannya kan udah di tunjukan di iklan tipi? untuk apa di brojolkan? hahahaha…ane juga jadi gagal memahami yak…

      • Yap betul,iklan tv kyk gmn? Maka sharing dr blog ini bgz,kasian y g mudeng teknik otomotif,apa iklan sudah sesuai peruntukan?

      • hahaha….
        dan berdasarkan pengamatan saya, mio sporty itu iklannya bergaya free style…, jadi mio itu motor free style.

        behahahaha…..

  11. Yang bener itu cb150r memang semi race tapi dikelas 150cc. Nah kalo cbr250r itu komuter di kelas 250cc. Kenapa ? Karena terbukti ada yg lebih kuenceng yaitu r25. Cuma saja karena blom terbukti kekuatan si r25 maka cbr250r masih superior saat ini dikelas 250cc. Bukan begitu pak motogokil. .?

    • Betul bro,blm ketahuan mana y bkl juara ninja mono vs r25 vs cbr250. Pembuktian kekuatan d balapan 1 hari bs mcerminkan kekuatan bertahun2 saat dpakai harian

  12. buat yg udah tuek mending overstroke,.,
    Bagi yg yg masih seger, overbore…

  13. Dele regane larang

    Kan masih banyak faktor motor itu disebut komuter ato semi race. tak hanya dari stroke aja. megapro lawas kan jg overbore tp komuter. begitu jg tornado n rx king untuk yg 2 tak. maaf kalo salah,,,

    • Tornado GS itu Stroke nya 48mm, Bore nya 54mm.
      jadi emang race oriented alias semi race. bensin boros gpp tapi cukup buat ngemplangin motor laki ngalay.

      😉

    • Vixion stroke panjang kompresi lumayan tinggi maka pake radiator,jd vixion komuter y canggih djamannya
      megapro lawas overbore tp low kompresi peruntukan touring jd semi race jadul dijamannya
      Y perlu digaris bawahi dr artikel diatas,iklan new vixion racy,sementara megapro lawas iklan naiknya kalem aja

      • gak usah aneh, karena dari dulu yamaha kalau buat iklan selalu berlebihan dan tidak sesuai dengan kenyataanya. Coba kalau yg betul motor sport seperti R25, TZM150R tidak pernah di iklankan. Kalau NVL dan old Vixion adalah mesin Fazer150i yg dibuat utk kelas komuter.

        • Sekedar meluruskan, fz150i cma nama/kode sebutan motor bukan mesin dan sangat berbeda dengan fazer, sedangkan nvl n old vixion sebenernya pake mesin buatan motori minarelli dgn kode M/C 125 (WR) yg bukan hanya dipakai oleh yamaha, tapi oleh banyak pabrikan besar eropa n jepang, bahkan honda aja pernah pake mesin ini, ga percaya? Monggo tanya simbah google heheh…

          • hmm jadi yg d pake yamaha itu buatan motori minarelli,
            disini cmn jualan,
            wah padahal selaku FBy uda bangga itu mesin dari yamaha sungguhan,
            makelar atau rebranding atau gimana?
            maklum gk bgut ngrti urusan manajemen dan marketing

          • ARMORED RIDER GAIM

            cie2 si tictac yg pura2 ga tau minarelli pdhl nunggu buat nyerang yamaha ciee

  14. kesuwen antri

    Ya intinya suka suka pabrikanlah..
    emg borexstroke mnentukan,tp lbh jauh pabrikan bs ngeset ini cenderung buat komuter apa race,bisa jg liat iklanx cenderung apa yg diunggulkan dr produk tsb..
    Contoh vario 125 nurut iklanx buat riding quality
    xeon rc nurut iklanx buat kejar performa
    iMhO

  15. jadi motor bebek tua saya pasti semi race karena stroke nya adalah 48mm. meskipun bebek tapi race oriented.

    hmmmm

    • Mega pro ane juga semi race.. stroke 49mm.. hmmm… padahal ga ada enak2nya tuh motor

      • cbr tombo ati

        sering sering di tune-up mas, biar performa tetap OK, oli mesin n oli rante jangan telat, sebetulnya bagus lho mega pro itu, apa lagi yg naek primus….wkwkwkwkw….

      • megapro, nmp atau mesin gl series torsinya besar dirpm rendah, stroke pendek, basisnya bagus om buat jadi mesin hi performance, ganti silinder+blok headnya sama punya cbsf, pasang radiator. reduksi di perberat, performanya boleh diadu sama cbsf atau vixion series.

    • dan cbr1000rr stroke nya 55mm juga, yang berarti motor komuter kah?

  16. Jika saya perhatikan artikel bang admin, semirace dilihat dari panjang stroke.
    dan stroke kurang dari 50mm bisa dikatakan semi race krn msh jauh dari batas piston speed (21m/s) => jika stroke kurang dari 50mm kita bisa tahu ukuran bore nya (volume=luas lingkaran/bore*stroke). shg apabila mesin tsb di oprek sampai mendekati piston speed maka rpm bisa digeser lebih tinggi. akibatnya power (ps) meningkat dari standarnya. apalagi diimbangi CR dinaikkan maka power bertambah lagi. dari 2 ubahan ini tentu harus didukung kualitas part yang baik (lbh dari standar).
    Sehingga semakin pendek stroke maka batas piston speed akan semakin jauh sehingga potensi menaikkan rpm sampai batas piston speed semakin banyak shg power (ps) akan bertambah besar. dan tentu hal ini perlu diimbangi part yg berkualitas agar tahan dalam putaran tinggi.
    Dan sebaliknya stroke diatas 50mm bisa dikatakan mendekati batas piston speed. sehingga jika dioprek sampai batas piston speed maka rpm hanya menambah sedikit (tdk sebanyak jika stroke dibawah 50mm) shg kenaikan power (ps) tdk terlalu banyak.
    Kira2 begitu menurut pemahaman saya (dari warung ini) 🙂

  17. Dele regane larang

    Lha motorku masuk kategori opo ki? 52 x 52 ki,,,,

  18. Dele regane larang

    Tapi ada angka keramat di kelas gp 2 tak dulu. hampir semua pabrikan menggunakan stroke 54,5 mm baik dikelas 125 atopun 250 cc.

  19. kesuwen antri

    Jk dpikir2 aneh jg ya?
    ngesothace tp ergonomi racy (R15)
    dongohace tp ergonomi touring (cbr150)

  20. susah juga sih mau bilang kategori apa. Tp emang desain awal keseluruhan motor sebagai patokan., contoh P200NS juga mesin langkah pendek. Tapi desain buat motor touring sport atau streetfighter. Jadi selain desain spek mesin juga desain keseluruhan motor.dari ergonomi dll., Pastinya pihak ATPM keluarin produk pasti ada sasaran market konsumen yang mau dituju. Yang penting Jaga Kualitas sudah enak bagi konsumen dan bagaimana konsumen nyaman dengan pilihannya. CMIIW

  21. cbr 250 u know what u want

  22. tetap saja inti dari artikel ini terkandung makna yang tersirat yaitu CB 150R & CBR250R adalah yang paling unggul(benar) dibanding yang lain, kenapa saya bilang demikian, cluenya ada di kalimat2 paragraf akhir. terserah yg punya warung mau mengelak atau menuduh saya, karna itu hak anda. terima kasih:))

    • Kalo memang menurut y pnx warung lbh unggul honda sah sah aja kalo memang menurut dia gt,kalo anda sukanx apa silahkan share. Kalo saya nangkep tulisan ini,menurut om gokil vixion lbh unggul buat komuter.sdng cb150 lbh unggul wat jalan y panjang misal pas touring.cm y beliau herankan kok iklanx vixi buat kebut2an agak krg pas,kalo cb150 cocok jd jngn heran cb jg lbh boros.ane pnx vixi gnerasi awal bgt,bli wkt blm ada iklan dtv,wkt it mau bli rxking tp g jd. Uda 7thn pke vixie aja q g mrasa drendahkan.fakta smw hrz dsesuaikan,ada plus ada minus.blog ini bgz wat pencerahan

    • untuk sementara itu kenyataannya bro, ente punya alasan untuk ngelak ?
      mungkin lain waktu cb150r dan cbr250 akan tumbang juga,
      biasa bro dunia selalu berputar, kadang menang kadang kalah

  23. Emang bener tuh,buat harian kalo g pake beat 2011y vixion 07,buat touring cb250 2011,ninja buat pajangan,asek 😀

  24. ARMORED RIDER GAIM

    berarti market ahm aneh dong ya

    cc kecil dijdiin semi race

    tujuan pmbuatan cc kecil apa sih kalo bukan krena irit? klo jdi semi race bukanny ngelanggar tujuan itu sendiri?

    hemm

    • ya terserah ahm,
      mungkin mereka punya strategi jangka pendek dan jangka panjang yang kita nggak tahu

      • ARMORED RIDER GAIM

        iya emang

        tapi biasany strategi ahm kbnyakan jangka pendek

        maruk n ngerugiin konsumen yg udah beli pula (kasus cbr 150 n 250)

      • nah, itulah jawaban atas pertanyaan om gokil >”mengapa nvl yg komuter iklan nya dibuat kyk motor semi race” jawabannya >” yah terserah yimm lah, secara org jualan mau iklan gimana, toh gak ngerugiin org lain. karna untuk segmen motor sport 150cc merupakan segmen market yg paling gemuk, jadi wajar iklan nya dibuat agak lebay”

        tapi kalo disuruh jawab mana yg race oriented ( gak pake semi) atau komuter saya pilih jawab semua motor produksi masal termasuk komuter walaupun itu moge superbike.. contoh banyak. kalo motor yg termasuk race kyk nsf250 dijual emang dari pabrikan diset buat race. kalo bisa di bikin untuk race( semi race) semuanya juga bisa tergantung modifikasi. contohnya tuh motor bebek motoprix n indoprix, emang bebek bukan komuter????

        • mak jleeeb….

          hahahaha….
          terserah pabrikan mau iklan kayak gimana…
          sama dengan kata motogokil “terserah pabrikan mau peruntukan motornya untuk apa”

    • Kalo 150 semirace aja udah ngeri buat dipakai djalan,apalagi 250? Ini jg soal karakter. Karakter racy150 aja udah mahal apalagi y 250? Maka dl cbr150 dngn 250 beda tipis,you get it

  25. Kalau IQ tinggi nggak mungkin fanatik buta dan gagal paham.

  26. opini pribadi aja ya..
    klu saya sih yg namanya racing tulen (khusus sirkuit) 4t ya. bore = stroke X 1,5 (brkisar sgitu bahkan lbh)..tp buat apa produksi motor full race buat harian?? mau bunuh para rider x ya??
    klu saya sih suka yg overstroke krn dah males bawa motor kencang ntar mau mampir warung nasi bebek kelewatan lagi.
    intinya mereka itu jualan bro??? trgantung market yg disasar jg kan?

  27. Asyik komen saya yg dulu dibahas.
    Oke setahu saya soal iklan setiap atpm tdk turun lgsg tp menyerahkannya ke biro iklan. Pihak atpm tinggal bilang produknya ingin ada dlm mindset konsumen sprti apa? Mau terkesan kenceng? Irit? Nyaman?
    Nah disini tinggal pinter2nya biro iklan gmna mengejawantahkan keinginan atpm. So klo vixi terkesan semirace dlm iklan mgkn krn biro iklannya berkreasi trlalu lebar.

  28. O y soal nama, c150; cb disini nukannya singkatan dri city bike atau commuter bike?
    Sdgkan cbr singkatan dri city bike racing??
    Dari nama aja udh bsa dilihat

  29. Opini saya, yimm ingin vixi di mindset konsumen itu canggih (pke ds+fp sprti motogp), irit (slma ini mindset msyrkt y boros h irit), akselerasi kilat (mkanya tampil brsma cheetah yg trkenal akselerasinya) tapi bkn motor alay (makanya ngebut di gurun bkn jalanan). Dgn iklan ini jg yimm ingin menghilangkn persepsi motor y itu alay dan suka ugal ugalan. Cmiiw

    • Mungkin kyk gt bro lemir,intix kalo di jalan panjang pake vixion dsalip cs1 ya tetep cool aja,kalo make ninja dikota macet disalib mio y tetep adem aja lawong motor ganteng pelan aja biar keliatan gantengnya wkwkwk

      • Yah intinya Smw hrz disikapi dngn akal sehat n hati sehat. Y ayan kalo g budak penyembah merek y sales bc dngn cr kotor,para silent reader jg pzti uda pd cerdas. Mau jd silent reader lg aja ah 😀
        Keep posting om goki

  30. ARMORED RIDER GAIM

    nih artikel motor2 yg stroke ny lewat dr 50mm

    http://www.flamesonmytank.co.za/Articles/torque.htm

    kalo stroke ny lewat dr 50mm itu motor komuter = orang aneh

    komuter itu stroke nya lbih pnjang drpd bore nya n bisa juga stroke n bore nya sama panjang

    cth: Honda CB 250 nighthawk

    • ya diliat cc-nya bro
      yang diartikel kan dinyatakan cbr250, 250 cc, stroke 55 mm pantesnya ya motor komuter
      karena motor komuter pasti keinginannya adalah torqi di rpm rendah, irit dan “enak” buat kota dengan lalulintas padat
      lha yang di artikel yang ente link, motor boros semua dan jelas nggak enak dipake di kemacetan lalulintas
      tanya mbah dukun

      • ARMORED RIDER GAIM

        ya berarti sebutan motor komuter itu bnyak faktor kan om selaen panjang stroke?

        • iya, tapi karakter dasarnya ada di konfigurasi engine yang paling utama, yaitu panjang stroke-nya
          yang lainnya tambahan sesuai pasar yang ingin di sasar, misalnya
          – remaja yang seneng speed : kompresi ditinggikan + radiator, geser power max ke rpm tinggi
          – orang mapan doyan turing : cc ditambah, silinder ditambah, cukup air-cooled
          – buat kerja angkut2 : geser power-max ke rpm rendah, dll
          mau kenceng pake yang stroke pendek, power max di (minimal ) 10000 rpm

          • ARMORED RIDER GAIM

            nah mka dr itu maka nya motor di bagi2 genre

            n harus ny ente juga beberin bbrapa pndukung biar motor itu dikatakan sbg “motor komuter” bukan krena faktor stroke yg panjang lbih dr 50mm

            kalo kyak org2 ga pham mesin ky ane kan cm manggut2 aj ntar nya

            hahahaha

            😀 😀 😀

          • maksud hati menulis artikel santai, tapi banyak yang semangat menanggapi
            makasih ya komentator2
            mungkin artikel ini bisa sedikit membantu https://motogokil.com/2013/11/15/new-vixion-lightning-cb150r-street-fire-memang-diciptakan-untuk-keperluan-yang-berbeda/

          • ARMORED RIDER GAIM

            iya om ane tau tapi kalimat om yg ini

            “Mereka maunya mesin 150cc (cb150r) komuter dan mesin 250 cc (cbr250) semirace, tapi mereka mungkin lupa masalah peruntukan motor itu dibuat terserah pabriknya, NGGAK TERGANTUNG CC NYA.”

            nah itu yg menurut ane bikin orang jd debat, eh terus td ente bilang liat cc

            mkanya ane tmbah bingung

            😀 😀

          • iya juga ya, tapi maksud ane ya cc disekitar itu 150-250

          • ARMORED RIDER GAIM

            nah udah tau kan salah nya dimana

            ane bkn fb lho yee

            jrang2 kan ane debat gkgkgkg

            oy ente rajin bgt lho om bles komen, sangkyuu

            😀 😀

      • ngeles ah…

        kayak bajai……

  31. klo yamaha kebanyakan iklannya ngebut semua,,jadi semi race semua kali jajaran motornya

  32. CB150sf topspeed 151 km/jam,,,bantere rek

  33. Bukannya cbr250 pas awal keluar iklannya dipake balap sama stoner? Jadi komuter atau semi race pak?

    • itu di skip….
      bloggernya pura2 gak tahu…..

      jadi menurut motogokil, motor honda itu dikategorikan menurut iklannya..

      jadi….

      itu tuh, bebek beled juga semi race, iklannya marquez kw 2 di sepang…..

      behahahaha….

      • honda juga kadang berlebihan kalo bikin iklan
        apalagi yamaha, jupiterz penghancur jembatan, inget nob ?

        • terus ngapain motogokil bawa2 iklan sebagai salah satu patokan untuk mengkategorikan sebuah motor race atau komuter..?

          • iklan adalah keinginan produsen untuk mensasar market tertentu
            harusnya sesuai dengan karakter motornya, kalau tidak maka akan terjadi pembohongan publik

          • ARMORED RIDER GAIM

            honda blade kena banget tuh

            udah iklanny di sirkuit pake acara blg “motor juara” pula

            juara harapan terakhir iya (orang aslinya di kepretin jupiter z molo)

            n pmbalapny marques kw2

            😀 😀 😀

          • @ motogokil

            pertanyaan saya “kenapa iklan anda jadikan patokan untuk mengkategorikan sebuah motor”, padahal anda tahu iklan itu lebay?

          • ada yang lebay, ada yang wajar
            tentunya ente taulah mana yang wajar mana yang lebay

          • @ pak dosen….

            pertanyaan saya bukan mana iklan yang lebay dan mana yang wajar….!!
            lho….
            👿

      • Ane jadi bingung brow nob hehe
        Jadi dikategorikannya dari bore stroke atau dari iklan atau genre motornya yah hikz
        Apakah ane gagal paham atau bagaimana yah wekekekek

        • ARMORED RIDER GAIM

          sama bro gue juga bingung

          awalnya kan bhas motor komuter itu diliat dari pnjang stroke nya

          eh terus pindah ke iklan

          n skrg pndah lg ke cc

          gkgkgkgk
          😀 😀 😀

        • @ java36

          sama, gua juga…hahaha..
          menurut saya sih, harusnya yang dilihat itu desain motor utuh secara keseluruhan…,
          motor naked lebih pada street bike atau road bike, dan full fairing untuk sport bike.

          jadi …..
          kalau anda bingung dan gagal paham…, berarti otak anda masih normal….

          hahahaha….

  34. ko skarang makin sering artikel kontroversiny sih om….ga ush tergiring komentator lah..masih bnyk kok silent reader yg butuh ilmu sbagai masukan,ga nyari debat kosong

    • sebenernya ada ilmu dibalik artikel itu, hanya saja kadang jelas kadang tersamar
      kalau dibaca dengan pikiran netral/bebas pasti dapet ilmunya
      kalo belum apa2 sudah suudzon dapetnya kontroversi dan debat kosong
      keinginan ane sih, bro semua jangan buru2 berkomentar, baca dulu dengan santai dan hati lapang

      • Sanghyangasmara

        Udh phm ane, Pak.. Y emg tu, trserah org blg pa tp aq suka CBR 250 ny y gr2 Komuterny tu.
        Bhkn yg CBR 600 msh da unsur Komuterny, dah bnyak yg ngakuin nampol riding ny.. D bnding motor skelasny.

  35. Tumben mas Dharmo “Billy” Nggak kelihatan hehehe

  36. Aku membayangkan betapa bahayanya motor 1000 cc yang dijual masal berkonfigurasi semi atau ful race seperti tuntutan komentator di atas.

    • Sanghyangasmara

      Sprtinya sbntar lg Honda Jepang rilis motor Race massal mirip Fireblade, tp aq lupa konfigurasi msinny… Yg psti ‘agk’ edan!

  37. menurut ane udah benar nvl sponsor identik chetah..!
    hewan ini sangat cepat dari posisi diam ke bergerak, kayak pelari sprint..!
    jarak pendek dia juaranya..!
    jarak panjang dia mati kutu..!

  38. silent reader

    kopetttt!!!! ya uda buat lawan ninja 250fi ma r25 pake aja cb 150 yg semi race. ngapain cbr 250 motor komuter buat balapan?

  39. Melihat dari artikel ke artikel bapak dosen nyaris selalu kena bully dri komentator terutama efbeye sprti sayah, sayah jdi terketuk hatinya. Yudh sya berhenti komen disini dan kmbali jd silent reader. Maaf atas semua komen yg tdk berkenan di hati smuanya trutama hati pak dosen. Trima kasih udh menampung komen2 sya yg lumayan nylekit. Trmksh udh memberi sya sdkit ksenangan dan mnyalurkn sdkit kemarahan 😉 BigThx, pak dosen

  40. Maaf pak gokil mgkin selisih paham sama bapak. Saya kurang sreg di poin iklan, saya sering sekali liat iklan cbsf. Yg saya tangkap dari iklan tersebut adalah honda ingin menancapkan imej kencang di cbsf, tapi kenyataannya tetap saja buat komuter. Kemuadian pas iklan cbr250r diiklankan oleh pembalap motogp di sirkuit, komuter?
    Menurut saya poin desain keseluruhan dan spek mesin sudah memperlihatkan bagaimana peruntukan motor tersebut.
    Maaf pak dosen kalo ada salah kata 🙂

  41. ah ini artikel pembenaran atas kadung mencla mencle nya statemen admin kalo kelas 150 harus ngebut dan 250 harus elegan dan irit. semua jg tau anda blunder demi membela merk sembahan.
    ingat min, klan cbr=city bike racing! adalah klan elite semi racing keluarga honda yg setara dg klan gsxr,yzf,ninja dll. ngapain juga klan cbr( yg 250 cc lg) buat komuter? udahlah malah tambah bikin malu dan ngga punya kredibilitas aja loe kalo masih ngeyel.

    • nggak mencla-mencle.
      ya memang itu pemahaman ane, kalo ente nggak setuju ya nggak masalah toh
      masalah kredibilitas biar orang banyak yg menilai, bukn cuma ente
      ente malah sama sekali nggak kredibel, lha nggak keliatan karyanya….mana karya ente ?
      ente nggak usah menilai orang kredible atau tidak, kalau ente aja sama sekali nggak kredible

      • ARMORED RIDER GAIM

        mungkin mksd agan yg di atas gini om

        ente kan blang motor komuter itu yg stroke ny lbih dr 50mm

        nah pas bnyak yg blg stroke ny panjangny lbih dr 50mm kyak r1 cz ente mlah bilang liat cc nya. padahal ente di artikel bilang “NGGAK TERGANTUNG CC nya”

        nah terus ente jg nyangkut paut in iklan

        nah disitu semua jd bingung

        termasuk ane 😀 😀

        ahh udah ah ane mw liat debat capres dlu

        😀 😀

        • soalnya ada penggiringan keluar dari batasan artikel, jadinya pada bingung
          yg sedang dibicarkan motor kecil 150cc dan 250cc, kenapa jadi mengarah ke moge ?

          • Armored Rider Gaim

            Cz ente bilang Engga Tergantung Cc nya

            Y jd jelas jd ngarah ke moge lah om

      • ngoahaha…. lucu ente. kesentil banget ya?
        ngoahahaha .. tuh kan dugaan ane benar ..
        makasih hiburannya gan,
        ngoahahaha

      • maap nih pak gokil…..

        kalau anda ada waktu luang, coba baca2 lagi semua artikel anda kembali, serta semua komentar2 counter anda atas komentar dari pengunjung.

        saya dari kapan hari udah katakan kalau anda cenderung mencla mencle, artikel dan counter comen anda cenderung saling bertolak belakang antara artikel /komen yang satu dengan artikel/komen yang lain.

        kalau anda levelnya komentator apalagi fansboy, itu sangat dimaklumi, tapi anda ini blogger, blogger bagi semua pengunjung, fbh naupun non fbh.

        mang ap nih pak gokil….
        behahahaha….

        note: * berita baiknya, saya cukup senang komentar diartikel2 kontroversial anda, karena sasaran tembaknya jelas….
        hahahahaha…..

        • iya nggak apa2 bro nob, terimakasih sarannya
          santai saja, bisa saja ane dianggap mencla-mencle dengan beberpa sebab :
          1. memeang demikian, mohon dimaklumi, namanya juga manusia bisa salah dan lupa. atau
          2. yang baca (ente) salah faham, karena komentator mencoba membawa maksud artikel ke luar dari batasan yg ada di artikel. Sehingga jawaban ane jadi berbeda ke luar dari batas artikel. Jika jawaban ane tadi dibandingkan dengan jawaban sebelumnya (sesuai dgn batasan artikel), maka akan tampak kontradiktif.

          ane kasih contoh biar gampang:
          jika ane katakan : “Berbohong itu dosa besar”, untuk batasan tertentu ente pasti setuju
          jika ente bawa pada suatu kasus khusus maka jawaban ane, “Berbohong itu berpahala”. Apa ane termasuk orang yang mencla-mencle ?

          Bagi orang tertentu, iya, ane dianggap mencla mencle. Tapi bagi orang yang lain bisa tidak, karena mereka tahu bahwa berbohong untuk mendamaikan orang yang sedang bertengkar adalah perbuatan yang baik.

    • itu point of view ane gan, ane harap admin lebih bijak dan objektif ke depannya, sehingga dapat menjaga kredibilitas,
      contoh ketika NVL kalah judulnya “keok”, pas CBSF kalah judulnya NVL “unggul” plus ada “tapi” nya lagi. kentara banget gan, dan itu ngga baik buat imej seorang blogger. eman2 banyak ilmu tapi klo setiap artikel nya udah banyak yg meragukan ke objektifannya. itu sekedar sumbang sih ane aja. semoga makin rame warungnya. wassalam. ciaaooo

      • itu karena ente terlalu cinta sama yamaha dan terlalu benci sama honda, jadinya terlalu sensitif

        • sepertinya dia cuma ngetes aja. intinya bro gokil sebagai bloger jgn gampang sensitif itu aja.
          dibc anak kemaren sore jawab dengan ilmu, orang lain akan menilai tambah respec dan segan. semakin bertambah ilmu dan wawasan semakin kuat memegang prinsip. inferior bilang inferior, superior bilang superior.

      • Si kwoaplak emang fansboy ok makanya ayan baca artikel bro motogokil..

  42. iklan yg paling ngawur menurut saya itu iklan NVL,
    namanya new vixion LIGHTNING, iklannya panas panasan di GURUN, + ada CHEETAH nyakar nyakar ga jelas.

    ga ada korelasinya 1 sama lain,
    kalo mau harusnya iklannya mengandung kilat kilat, atau nama motornya yg di ganti jadi new vixion cheetah atau apalah yg pantes.

  43. Ya benul mas dari cb klo pengin kencang ya ke r25 klo nvl ya harus ke cbr 250 aja itu sejalur

  44. pancet ae ujung2 nya sentul..

    *salam barbel pengembiri…

  45. Motogokil antek2nya honda, jadi wajar kalau tidak netral

  46. Coba klo vixion mesin’y 250cc SOHC operstruk pasti’y CBR 250 ga akan tuh bangga2in irit. . .akakak

    Honda dilawan. .??

    Yo iso lah coy !!. . .:D

  47. iklan bilang “new vixion yg paling cool kini semakin hot” maksudnya karena versi iklan sebelumnya berada di salju(dingin), sementara nvl di gurun(panas)
    itu tdk menunjukan motor kencang/race, tp motor garuk salju&pasir(torsi di rpm rendah) 🙂

    sementara iklan pertama (vixion 07) emang balapan dg preman, tp yg dimaksud balapan teknologi (sport 150cc indonesia (lokal) pertama dg monoshock, fi & radiator), terlihat saat menembus kaca (kaca melambangkan pembatas ke era perkembangan teknologi modern) si preman gak bisa menembusnya dg motor jadulnya yg boros.

    sesuatu kadang2 memiliki makna tersirat & gak semua orang bisa menggali makna itu, seperti lagu st12 “Saat terakhir” mungkin orang anggap menceritakan seseorang yg ditinggal mati kekasihnya, tapi sebenarnya menceritakan personil st12 yg sedih ditinggal mati salah 1 personilnya.

  48. Judul: cb150r semi race, cbr250r komuter
    Atas: perbandingan stroke+iklan motor tersebut
    Tengah: perform full upgrade r25 dibawah ninja250fi, tapi ninja kalah dg cbr, (makna tersirat= ninja aja kalah, r25?)
    tp ente inget ini?: “kita lihat aja kualitas part2nya” (katanya ninja kalah karna klep lemah)
    Akhir: protes halus iklan nvl

    gak usah bilang ane terlalu sensitif/berpikiran terlalu ke luar, jujur aja pasti dibenak pikiran ente(motogokil) ada seperti yg ane tulis diatas, kalau gak, mengapa ente singgung n250 & r25?
    wajar dong kalau komentator bawa2 moge 🙂

    honda dilawan, ora iso coy…

    • dari jauh sebelum ini orang udah tahu (maaf, kecuali penjilat tentunya) apa yang tersirat dan apa yang ingin selalu disampaikan motogokil, bahwa honda itu lebih superior segalanya.
      makanya dari dulu orang udah komentar “apapun artikelnya, hasil akhirnya honda lah yang menang”

      hahahaha….

  49. Ah,dulu blog ini bagus banget banyak ilmunya buat saya yang lagi belajar mesin.Sampe ane bookmark lho blog ente.
    Tapi kok makin lama makin ga nggenah,ga tau pengaruh fanatisme merk atau ngejar hits ya.Ane bukan FBH atau FBY lho,ane cuma pengen belajar mesin.,eman banget..

    • santai saja bro
      ini cuma artikel ringan, sepertinya ente kok sangat berat menerima artikel ini ?
      apa ente bener2 nggak terima NVL dibilang motor komuter dan cb150r adalah motor semirace ?
      jika benar demikian, sebenernya ente tergolong fby kelas berat

  50. @ pak gokil.

    bagaimana pun cara anda berusaha memberi kesan bahwa cb150 itu motor dohc superior semi race, tetap aja itu adalah motor komuter.
    motor naked road bike, bagaimanapun spesifikasi mesinnya serta tinggi rpm-nya tetap saja powernya memble pas-pasan , ban-nya kurus, bentuknya naked, ergonominya harian…dll, sama dengan nvl.
    itulah DEFAULT cb150 dari pabrikan honda.

    jangan memaksakan kesan cbsf superior “semi race” dengan pemikiran bahwa mesinnya bisa diubah kencang untuk race, karena bebek bahkan matic pun bisa di ubah/dibikin jadi kencang untuk balapan, seperti bebek2 indoprix yang celakanya saat ini malah lebih kencang dari pada cbsf balap.
    itu bebek loh…..
    anda tidak mungkin mengatakan bebek atau metic itu motor semi race kan…?

    sekali lagi, itulah bentuk default cb150 dari pabriknya.

    untuk cbr250, itu tetap saja kelasnya satu kelas dengan ninja, dan r25, kelas dari clan ninja, clan cbr dan clan yzf, sama juga untuk level kecil macam cbr125 atau yzf r125.
    pabrikan honda mengetahui dan sadar dengan itu.

    • sebenernya mudah sekali memahami artikel ini
      tinggal dilihat saja dimana posisi power maksimumnya, jika masih dibawah 10000 rpm, maka motornya cocok dimasukkan dalam katagori komuter.
      dan batasan ini sangat terkait dengan psiton speed dan panjang strokenya. hal ini dikarenakan karakter yang diinginkan dari motor kemuter adalah irit, torsi besar di rpm rendah, sesuai dengan lalulintas padat perkotaan.
      yang masih sulit memahami, mungkin sedang bermasalah dengan opininya

    • mungkin disini sumber dari salah fahamnya
      ketika cb150r diklasifikasikan sebagai motor semi-race dan nvl motor komuter banyak fby yang nggak terima
      sebenernya dua jenis motor ini memiliki keunggulan dan kekurangan pada bgian tertentu, nggak ada yg unggul mutlak di semua bagian.
      cb150r semirace juga buka superior ada kelemahannya, lebih boros, torsi rendah di rpm rendah, kalo buat nanjak kurang kuat
      sedangkan nvl juga bukan inverior karena punya banyak kelebihan, bentuknya bagus, irit, torsi kuat di rpm rendah, dan enak buat nanjak

      • mat pagi pak dosen…, anda baik benar membalas komen saya pagi2 buta.

        hahaha….
        seperti kita ketahui bersama, bahwa bebek pun bisa sangat kencang jika diubah untuk digunakan race, bahkan saat ini masih lebih kencang dari sport 150 race, jadi abaikan dulu masalah ubahan2 supaya kencang untuk race.
        fokus pada cb150sf dan nvl default dari pabriknya. oke…!!!?

        untuk mengklasifikan motor race, semi race atau komuter, tentunya tidak hanya pada faktor bore yang lebih pendek, tapi harusnya melihat motor itu utuh secara keseluruhan.

        terkait cb150 dan nvl, saya kira tidak ada yang protes anda mengatakan nvl sebagai komuter, kenyataannya memang komuter dan bahkan petinggi pabriknya pun mengatakan demikian.
        yang banyak dikomentari orang adalah anggapan anda cb150 itu dohc superior, paling powerfull, dan sekarang semi race “bukan komuter”.

        buka mata anda, dan lihatlah kondisi kedua motor, defaultnya seperti apa…!!
        power sama, bahkan yang komuter sedikit lebih besar, torsinya setara, ergonomi sama, model sama2 naked, akselerasi serta topspeednya pun setara…

        Enginer honda udah cape2 bagaimana mendesain dan membuat cb150 agar menjadi sebuah motor komuter yang baik layaknya vixion, sampeyan koq malah ngeyel mengklasifikasikannya motor race….
        piye….!!

        • oke bro, sekarang definisi untuk semirace dan sport sebenernya dah ada, silahkan ente hitung gas speed nya, nanti akan ketemu
          klasifikasi ini bukan dari ane, tapi sudah berlaku internasional
          lagian ente kan juga tahu bahwa mesin cb150r merupakan mesin cbr150 yang “cekik” performanya, karena setau ane mesin cbr150 awalnya memiliki power 19hp

          • maaf bro motogokil
            istilahnya bukan dicekik, tapi disesuaikan
            engine cbr150 yang semirace itu disesuaikan agar torsi putaran bawah lebih nendang, sesuai peruntukannya sebagai komuter. efeknya, power turun. jadi power turun itu bukan kesengajaan ahm, hanya efek samping dari penyesuaian karakter engine itu.

            so, walaupun engine sama basisnya, semua saya rasa akan setuju kalau cbr150 itu semirace, dan cb150 itu komuter dalam kondisi default pabrik.

  51. CBR 600cc kalah ama R6 dg selisih 23 detik. Sptnya Yamaha mendesain motor firingnya memang dr lantai padock dan utk circuit shg mudah dikembangkan utk race, bkn malah sebaliknya. Masalah iklan itu kan cuma bahasa marketing saja. Sy bkn fanatik merk namun alangkah tidak bijaknya sbg penulis condong ke satu merk. Blog ini sy anggap bagus bagi sy seorang pemula shg sy bookmark. Namun akhirnya sy kecewa krn ternyata tdk fair lg.. maaf

  52. #rider_harian
    terserah dong, blog2 sendiri. Kalau suka baca, kalau gak suka pergi aja
    honda dilawan, ora iso coy
    #fansboy mode on

  53. temennyad@R-M0

    sory ye pak gokil…. ente itu penjilat honda :mrgreen:

  54. temennyad@R-M0

    saran ane jaga tuh netralitas bloger…. jangan sampe blog ente berakhir kayak blog nya p2r… dulu p2r juga bagi2 ilmu, tapi akhirnya dia condong ke satu pihak….

  55. temennyad@R-M0

    mbah darmo itu aslinya honda lover… motornya aja honda semua… tapi mbah darmo benci ama fbh… makanya klo mbah benci sama ente brarti ya fix ente fbh….

    • silahkan saja fby men-cap ane sebagai fbh ketika menulis artikel kayak gini
      tapi kok nggak yang men-cap ane sebagai fby ketika menulis kelebihan yamaha ?

      • Betul bro..tp koq mirip iklan teh botol ya?, apapun bahasannya HONDA lebih unggul.

        • Kenyataannya emang honda kebih unggul kok cong! Apalagi cuma lawan yamaho!

          liat moto gp, wsbk, wss, isle of men, IRS dan banyak lagi cong! Monggo bandingkan yamaho juara dmn? Cong,, ngoahahaha

          • ARMORED RIDER GAIM

            syangnya honda dimari aka ahm ksh produk downgrade semua

            ga ada kreatif2ny pula

            #miris

          • Ayan banget lu tong, nanggapi pernyataan teh botol..wkwkwk…tolong dibeli ya tong CBR 250. Jangan biarkan jadi penghuni abadi gudang. Ksian tong..

  56. udah ah

    kok malah berantem sih, suka2 nya yang punya blog ah. lha wong blog itu isinya opini dan asumsi kok.
    tinggal baca aja susah banget.

    • ngga apa bro, disini juga bebas komen, yang penting sopan dan santun, biar enak di baca
      lagian ane sebagai pengasuh blog juga manusia, bisa salah bisa bener
      semoga dengan menbaca diskusi ini semuanya menjadi “tercerahkan”

  57. om. om ..

    cbr250 aj keok lawan bebek..

    dibikin artikelnya donk…

    oy lupa… dsn pemenangnya selalu honda y..

  58. ikut mirsani

  59. #spiderman gw punya tiga motor honda, cuma gw gk fanatik merk.. haha

    Kasihan yg punya warung kalo loe usir2 pengunjung. Kan tulisan buat dibaca,, kalo yg baca pada kabor semua sapa yg rugi..

    Hahaha.. dasar o’on..

  60. tapi kan settingan cbr dan cb beda mas,power serta torsi cbr lebih tinggi.
    cb jadi mendekati gaya vixion meski tenaga vixion tetap tercapai di rpm lebih rendah

  61. CBR 250 dan 150 itu superior…tolong dibeli ya..

  62. apapun pembahasannya HONDA juaranya broo…….tapi disini doang kekekekeke piss

  63. fby kan korban iklan bin lebay kek bintang iklannya si komeng…

  64. Saya pemngunjung setia om cakil ini (baca motogokil), tapi makin lama ko berat sebelah ya. lama2 ini Blog bakal dihack juga. ga netral sih.

  65. Pingback: R25 dan CB150R Menjadi yang Terkencang (Tes Otomotifnet), Ada yang Protes ??? | motorgoodness

  66. beli motor yang sesuai kondisi lah, kalo lu sering manjat gunung dan bermacet ria beli lah motor bertorsi besar… kalo lu sering jalan di jalan lurus dan datar beli lah motor berpower besar… kalo lu orang banyak duit beli 4 motor aja, yang 1 buat jalan santai, yang 1 buat turing, yang 1 buat tarikan, dan 1 lagi buat manjat

  67. gkgk.bikin ngakak kalo ngerti artinya,

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan