R25 dan CB150R Menjadi yang Terkencang (Tes Otomotifnet), Ada yang Protes ???

cbr250vsR25 like NVL vsCB150r 2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru saja dirilis oleh otomotifnet.com rangkuman dari hasil pengetesan sebahagian besar motor sport 150-250cc. Dari pengetesan motor2 standar tersebut menunjukkan performa sekaligus ciri khusus utilitasnya. Pada tabel yang diberikan otomotifnet dijelaskan mengenai akselerasi dan capaian topspeed pada jarak tertentu, yang dengan data itu kita bisa membandingkan performa sekaligus menentukan pilihan motor yang kita inginkan, jika performa menjadi acuannya.

data-akselerasi-motor-sport-150-250cc[sumber]

Masing dari bro tentunya punya pendapat mengenai data ini. Dan inilah pendapat motogokil…Ada beberapa kesimpulan dari data dalam tabel tersebut yaitu :

  1. R25 menjadi motor terkencang, sekaligus cbr250 menjadi motor terlemot, dari motor 250cc full fairing
  2. CB150r menjadi motor terkencang, sekaligus nvl menjadi motor terlemot, di kleas 150 cc

Sesungguhnya tanpa pengetesan pun sudah dapat diketahui dari konfigurasi enginenya. Yang terkencang pasti punya stroke pendek dan power puncaknya di rpm tinggi. Sebaliknya yang terlemot power puncaknya di rpm yang lebih rendah, dan biasanya stroke nya lebih panjang, tapi punya kelebihan yaitu torsi-nya besar di rpm bawah. Sekarang sudah jelas mana motor yang pas buat balapan dan mana yang lebih cocok buat komuter.

Yang seharusnya buat komuter tetep bisa dipakai buat balapan dengan segala resiko yang harus ditanggungnya, yaitu :

  1. Piston speednya berada di rpm yang lebih rendah, karena besarnya gesekan di silinder
  2. Akselerasi pada rpm tinggi lebih rendah, karena beratnya bandul

Yang cocok buat balapan juga bisa dipakai untuk komuter dengan segala kelemahannya, yaitu

  1. Torsi yang rendah untuk penggunaan di jalan umum di rpm rendah
  2. Lebih boros
  3. Lelah naik-turun gigi berkopling di kemacetan

Sepertinya perbandingan yang pernah ane buat di artikel terdahulu tidaklah jauh dari hasil tes tersebut. Bahwa baik r25 maupun motor cb150r adalah motor jenis semi racing. Begitu pula dengan cbr250 dan nvl adalah motor yang sangat cocok buat komuter. Jadi bagi yang jiwa-nya cocok dengan NVL naik kelasnya ke cbr250, sedangkan yang jiwa-nya cocok dengan cb150r maka naik kelasnya ke r25.

Jadii ada benarnya, dulu waktu ane (bawa NVL) nge-drag bareng cb150r, kalah dalam sekitar 150m. Cocok dengan hasil tes otomotifnet. Dahulu banyak menghujat hasil tes ini, tapi sekarang menjadi jelas informasi mengenai kedua motor yang menjadi pendulang pasar di kelas sport masing2 ATPM.

Gimana bro semua, ada yang protes dengan hasil pengukuran otomotifnet ini ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

Advertisements

92 responses to “R25 dan CB150R Menjadi yang Terkencang (Tes Otomotifnet), Ada yang Protes ???

  1. Masif, Terstruktur dan Sistematis
    bawa ke MK
    :mrgreen:

  2. Tiger nggk termasuk di daftar ya om?
    Apa karna udah di diskontinyu, jdi nggk termasuk?

  3. tp di metrotv kok menang ninja 250 mas

  4. Artikel ini sangat teknis dan berusaha mengungkapkan sesuatu yang hanya bisa ditangkap bagi yang tau aja atau minimal yang udah punya referensi dan pernah gali-gali info sebelumnya …..

    Minimal jadi tau mana yang terkencang ngibulnya. Teori vs Actual potensi power dan durabilitas motor biasanya ga beda jauh karena udah terbaca dari spek.

    Semoga konsumen Indonesia semakin maju walaupun konsumtif, setidaknya tidak mudah dikibuli produsen dan belinya sesuai selera yang dipilih sesuai dg yang dijanjikan pabrikan.

  5. nyimak saja…xixixi


    Terimakasih SUN INDONESIA,atas hadiahnya yang keren. – http://wp.me/p3F1M1-uc

  6. Tapi apa mau FB* naik kelas jadi FB tetangga.

  7. Ane suka karakter cb sama r25 pak cakil, dari bawah dah kencang tapi nafas panjang 😀

  8. pada diem aja yg dulu protes 😛

  9. Ia kan dulu udah pernah dibahas ini jadi pembenaran untuk yang ngeyel dan meragukan tentang cb – ke r 25 dan nvl -ke cbr 250 itulah jurusan yang tepat

  10. whahaha joss
    tapi ane pernah test cb150 dgn mx …mx unggul tipis om namun dgn gen vixion malah sulit om …???

    btw yg dewasa ini dicari kelas 150 cc motor irit dan kencang ane megang vixion aja dah …wkwkwkw
    vixion juga anteng,kokoh dan mantab pas buat orang indo juga buat muter2/jarak jauh ..hhehe

  11. Itu sumbernya dari mana ? kapan ? Jam berapa ? Dimana ? Oleh siapa ? Trus itu motor siapa ? Siang/malem ? Ada2 aja ni pak cakil … Akui aja cebong itu emang lemot !! kenapa numpang eksis di samping R25 ..? Hadeeewwww !!

  12. loh kok bukan ninja250 yang lebih overbore dari R25?

    overbore udah dari sananya powernya besar, akselerasi tercepat tapi dengan catatan :

    setingan durasi kem rapet <260 derajat dengan sedikit atau tanpa overlap. hasilnya CR tetep stabil dan powernya besar.

    nah ini berbeda dengan durasi kem ninja 250fi
    in 272 = open 36 close 56
    ex 272 = open 60 close 32
    LSA nya 102 derajat
    overlap= 68 derajat

    http://cyber-ninja250r.darkbb.com/t5127-durasi-kem-ninja-250r

    jelas kawasaki galau dan langsung merefisi engine N250fi.
    liat aja nanti project AUSEKL N250Fi katanya power diatas R25

  13. bener juga,,
    nvl menang lwan cbsf kl cbsf lg bncengan.
    itu jarak pndek, tp kl jarak jauh sekitar 3 km nvl bs ksalip ma cbsf wlaupun cbsf brbncengan.

  14. Hoammmmm … Kalo gak ada gambarnya mana ada yg percaya ,,, ada2 aja kamu ini …

  15. mbah dah kenyang makan kfc kayanya nich

  16. * sales woles *

    itu r25 nya udah sunat blm….???

    ngoahahahaa

  17. kq didatane versi gps e kecepatane nvl lbh dukur drpa cbsf z?datae pertamax7

    • walah kang,,,di suramadu kami sering uji speed mmg untuk top speed klas 150 cbr150 jozzz. klu pendek cbsf jagonya jgnkan nvl, R15 aja dikamplengi cbsf disuramadu. skrg dah tahu smua tuh iklan ngibul smua ktnya akselerasi cheetah,stelah saya beli trus tk uji. pnyesalan seumur hidup,dpt 4bln jual aja krn oli sering brkurang..nvl plg kencang,prettttttt.

    • klo pake spido z250 & pigson gak bakal masuk motor2 terkencang coeg

  18. termasuk r25 bro leo versi konsumen yang disunat
    peak powernya di 10500rpm dan cuma dapet 27.63 HP dan torsi 18.67nm.
    kalo ada yg tau durasi kemnya pasti ketemu masalahnya.

  19. Kasihan bgt FBY

  20. ARMORED RIDER GAIM

    yang penting scorpio gue kentjaaaaanggggg

    tnp sunat apalagi rompal masallll

    ngoahahahaha

    • apa hebatnya scorpio?? ama cbr150 yg cuma 150cc aja udah ngesot ngesot, tarikan doang lumayan jln lapang dikepret 150cc. cc doang si pio ini guede, buorosnya minta ampun gk sesuai dg larinya

      • ARMORED RIDER GAIM

        oyaa? yakin banget 150cc ngalahin pio

        boros relatif masbro, ente udah make belom? klo nyoba doang mah jgn komen dah

        ckck

    • ngapain juga kencang kencang, klu saya ya cari motor mana yg nyaman jd rata2 motor spec touring aja gk gmpang capek dibadan.

  21. ” Jadi bagi yang jiwa nya cocok dengan NVL naik kelasnya ke cbr250,
    sedangkan yang jiwa-nya cocok dengan cb150r maka
    naik kelasnya ke r25 ”

    NVL lemot & buat bahan cacian dimata FBH, eh rujukan naik kelasnya ke CBR250. beda kelas & beda merk tp sama mendapatkan predikat ” Lemot ”
    Нå… =D. нå… =D. нå… =D нå….

    sedangkan FBH yg kegirangan motornya kenceng dikelasnya, giliran mau naek kelas rujukanya ke R25, ˘ºˇώκώЌώκ˚•☺•˚ώκώЌώκ˘º lucu… lucu… secara tk langsung, itu menyiratkan bahwa merk cap sayap adl motor lemot.. hadeh..

    semoga kedepanya konsumen lebih cerdas dlm memilih produk.. kagak buta merk..

    klo ane pribadi masih tetep vote Z250.

  22. He he he lha montor stadard yo kui, tp lek wis di jalan, ane sering ngasepi ninfi , simono, kemarin malah ngledek r25 masih culun gitu…sumpah ndase r25 koyo ndase reog,

  23. sebenernya top speed si cebong sm sinchan masih tinggi sinchan om.. tp ya itu sinchan lemot banget buat dpt top speed segitu, sedangkan cebong walau top speed kalah dari sinchan tp cebong lbh cepat menggapai top speednya di banding sinchan.. jd menurut ane wajar aja sih cebong jd yg terbaik, cebong lemot cm di gear 6 itupun nambah speednya nggk gede, tp buat gear2 di bawahnya cebong msh lbh nampol di banding sinchan.. memang buat jd motor kencang yg di butuhkan bukan tingginya top speed tp seberapa cepat motor itu menggapai top speednya.. dan itu terbukti.. dan sekaligus membuktikan kalau sinchan memang lbh lemot di banding cebong..
    yg menurut ane unik ada 2 om..
    1. koq motor 150 cc fairing pd lemot yak.. kan motor fairing terkenal kencang, lha ini ?? lemot semua.. bahkan kalah sm sinchan..
    2. cbr masih lbh bertaji di banding r15.. cbr cm kalah akselerasi di kec. 0-80 kpj doang sm r15.. lainnya mampu mengimbangi bahkan mengungguli.. unik banget yak DOHC overbore mampu mengimbangi bahkan mengungguli SOHC overstroke dalam hal akselerasi..
    #disinyalir lemotnya r15 karena fitur big head.. ngoahahaha

    • Blo’on ente! Mana ada mesin DOHC overbore kalah topspeed lawan mesin sohc operstruk cong!

      • @madrid
        monggo sampeyan lihat kasusnya cb150 sm nvl.. coba buka arsip2 blog yg sudah ada, ane di sini bicara top speed real bukan top speed on speedo.. ntar baru ketahuan siapa yg asal bicara tanpa fakta dan kelihatan blo’onnya.. monggo di cek..

  24. @ bro anak alay
    bilang anti alay tapi nickmame nya panjang kaya nama anak alay di facebook ..wkwkwkk
    bagaimanapun vixion motor bagus irit dan kencang, honda aja ngakuin kug bro butuh riset panjang bikin kaya vixion..hhaha

    oww ente nyindir motor honda blade kmaren yg ngebull di balapan indoprix sentul yaa bro ..hhahaha

    • Anak Cakep anti Alay

      kalo irit dan kencang kok gak berani turun balap di sentul???
      lucu banget deh dagelan lu… 😆

      mbalapnya doyan mbebek mulu, kapan majunya skill tong…

      tuh gak lihat sinchan, r15 di sentul ngebul, mesin overheat…
      namanya mesin komuter ya susah diajak mbalap, kalo dipaksa ya meledug ntar… 😆

      • ARMORED RIDER GAIM

        r15 indonesia mesin vixion upgrade yg smua org tau vixion emang itu motor komuter

        jadi lo nya aja norak

        ohh yamaha haters

        haters gonna hate

        ngoahahaha

        • Anak Cakep anti Alay

          kalo begitu cek di tvone…

          siapa tahu gue jadi fby… 😆

          • ARMORED RIDER GAIM

            ga butuh n ga penting

            intiya lo alay n norak !

          • @anti alay tapi dya alay …wkwkwk sudah disindir tapi tidak krasa …betul ternyata fbh itu muka tembok rai gedek ..ahahaha

            makanya jalan2 ke sentul R15, Vixion pada terjun balap ke sentul bro….sama motor balap honda jeblug dah biasa …hahaha
            mending urusin dulu cb150 yg ngempos n suara kasar, tangki bocor beserta mesin downgrade …hohooho

          • Anak Cakep anti Alay

            kalo bobrok ngapain orang pada beli ini motor???

            yang koplak itu elu apa konsumen ya???

            @gaim

            mending gue daripada si sohc mulut lebar sama si prabowo muka tembok… 😆

          • hahaha udah ahh skakmat terus nih
            betul bearti kata fby : fbh tukang kibul udah ngeles muka tembok rai gedek cari topik lain dll …wkwkwkwk

      • Ngoahahahahahaha…. Asal jangan kyk cbr aja rasa marques kecemplung remasol , cuma ngesot 127km/j !!! Jadi jangan heran nguber reog15 aja mencret_mencret !! Xixixixixixi..

  25. Nvl paling lemot di kelas 150cc blog ini emang gokil abies

    • iya bro ane jg gak terima mosok nvl yg notabene motor balap kok bisa kalah gitu sama cbsf.pokoknya ane jg gak trima gan.

  26. Pigson ganteng dan tampan tp loyo poll…… cebong kenceng tapi buruk rupa bin jelek
    #buakar

  27. NVL lemot tp irit dan ramah lingkungan berkat Sensor O2.. CB150R kencang tp boros tanpa Sensor O2.. Jd silahkan dipilih sesuai kebutuhan dan selera masing-masing… haha

  28. bekas raider jalanan medan

    aku rapopo yg penting 93 di depan 99 dan 46 untuk mereprensikan pabrikan masing2 wkwkwkwwk perahasaan yg naik nvl kalau ketemu dijalan gaya aj serem seperti paling kencang kepotong sama cs1 ane tiap pulang kerja mundur teratur dan sopan wkwkwkkw

  29. trus kapan om gokil naik R25?

  30. Padahal selisihnya sedikit, kalau diterapkan di jalanan kita sebenarnya nggak ngaruh 😀 . Tapi memang banyak yg protes 😀

    http://motohits.wordpress.com/2014/08/15/pojok-sotoshop-modif-grafis-r15-black-white-monster-energy/

  31. dulu pernah adu kebut ma nvl mofif fairing+knalpot racing, dan mudik kemarin adu kenceng ma cb150 modif fairing +knalpot racing,,.pulsar 135 ane selalu menang,ampe yg bawa lihatin aja motor butut ane.. .. tapi maklum p135 ane udh ga standar.. :mrgreen:

  32. Trus kalo jadi paling kencang kemudian sampe kantor/kampus/pasar/rumah paling duluan gitu? Be smart…enjoy the ride 🙂

  33. Dan perang komen pun terjadi #blaarrrr

  34. keepcalm&ridecb150r

    asik rek bacanya 😀
    mayan hiburan disaat setoran udah deadline

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan