Beberapa Pemahaman Tentang Mesin/Engine yang Perlu Diluruskan

spek penting r15

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Spek di atas adalah spek yzf r15 sebagai contoh, untuk membantu kita lebih memahami beberapa istilah yang sampai saat ini terkadang masih ada yang keliru. Beberapa kekeliruan yang pernah ane temukan dalam komentar2 visitor adalah

  1. mesin overbore selalu lebih kenceng dari overstroke, jawabannya belum tentu.
  2. mesin sohc selalu lebih lemot dari dohc, jawabannya belum tentu juga
  3. mesin dengan cc lebih besar tenaganya lebih besar, jawabannya juga belum tentu

Untuk lebih memahami besarnya power yang dihasilkan mesin, dan kencangnya (top speed) motor kita, mari kita sama diskusikan beberapa hal berikut :Power

Power motor yang dikeluarkan oleh sebuah engine (pada sumbu crankshaft) tergantung dari beberapa faktor utama, yaitu :

  1. volume engine (cc) – nya
  2. efisiensi volumetrik (VE) nya
  3. rasio bensin-udara (AFR) -nya
  4. rasio kompresinya (CR) -nya

Baik kita mulai perlahan2, volume engine akan menentukan banyaknya udara yang akan dihisap, akan tetapi saat dihisap terkadang udara yang masuk belum sampai 100%, klep-in keburu tertutup. Sehingga udara yang masuk lebih sedikit dari pada yang semestinya, inilah yg disebut efisiensi volumetrik (VE).

Semakin besar VE, semakin besar volume udara yang berhasil masuk silinder, kemudaian udara tersebut dicampur dengan bensin dengan perbandingan tertentu. Perbandingan ini disebut air-fuel ratio (AFR), AFR yang ideal disebut AFT stoichiometrik dengan nilai 14.7 udara : 1 bensin. Pada nilai ini bensin akan terbakar habis. Akan tetapi power maksimum diperoleh pada AFR = 12.6 : 1.

Besarnya energi panas yang dihasilkan dari pembakaran bensin-udara tersebut yang merupakan sumber tenaga. Sebelum sampai ke crankshaft/bandul, energi panas tersebut mengalami kerugian, sehingga tidak semua menghasilkan energi dorong pada piston. Besarnya kerugian tersebut adalah rugi2 termis, sehingga munculah parameter efisiensi termis, yang besarnya ditentuan oleh rasio kompresi (CR). Semakin besar CR semakin besar efisiensi termis-nya, energi yang digunakan untuk mendorong piston juga semakin besar.

Katika piston mulai turun dan memberikan torsi momen puntir ke bandul (crankshaft), maka mulai muncullah rugi2 mekanis yang disebabkan oleh gaya gesek piston, bearing crankshaft, gearbox dll, sehingga kemampuan/torsi semakin berkurang. Dan torsi sisa inilah yang ditransfer melalui rantai ke roda belakang.

Mengenai power, power adalah banyaknya kerja yang dilakukan perdetik. Jadi besarnya power ditentukan oleh banyaknya kerja, dalam hal ini adalah proses pembakaran pada saat power-stroke, perdetik. Dengan kata lain power adalah perkalian antara torsi (gaya dorong hasil pembakaran) dan rpm. Jadi semakin tinggi rpm maka “kemungkinan” menggapai power maksimum semakin besar.

Oleh karena itu pada saat motogp beralih dari 1000 cc ke 800 cc, energi yang dihasilkan  per silinder lebih kecil, sehingga untuk mendapatkan power yang setara dengan engine 1000 cc, maka putaran engine harus ditingkatkan. Jadi putaran engine 800cc harus lebih besar dari 1000 cc untuk mendapatkan power yang sama. Alhasil balapan menjadi semakin mahal terkait dengan tingginya putaran mesin (rpm). Perhitungan besarnya power ada di artikel ini.

Jadi jika cc engine sama, tetapi powernya beda, maka pasti ada parameter lain yang berbeda. Mungkin VE, CR, AFR atau rpm nya. Sedangkan faktor pendukung lainnya adalah, waktu pengapian, swirl dalam ruang bakar, kehomogenan campuran dll.

Top Speed

Besarnya top speed dipengaruhi faktor uatama yaitu :

  1. rpm dari engine, semakin tinggi semakin kencang
  2. reduksi total yang terdiri dari reduksi primer, reduksi gigi/gear dan reduksi sekunder/akhir, semakin kecil reduksi nya semakin kencang. Semakin besar reduksinya torsi ban ke jalan semakin besar.
  3. lingkar luar ban, semakin besar lingkar ban semakin kencang, tetapi membutuhkan torsi yang semakin besar.
  4. perbandingan power dan berat total (power to weight ratio/PWR), semakin besar pwr, semakin besar torsi yang diberikan ban ke aspal sehingga semakin mudah menggerakkan kendaraan. Besarnya pwr juga menentukan besarnya akselerasi, dan besarnya akselerasi menentukan apakah topspeed setiap rpm-gir bisa tercapai atau tidak.
  5. Koefisien drag, semakin streamline, semakin kecil hambatan angin, akselerasi semakin tinggi.

Penggunaan sohc dan dohc terkait pada usaha2 pencapaian VE pada tingkat tertentu pada rpm tertentu.Umumnya dohc digunakan untuk menggapai VE yangoptimum di rpm tinggi. Sebaliknya sohc cenderung digunakan untuk mendapatkan VE optimum di rpm rendah [artikel terkait 1]

Karakter overbore dan overstroke juga demikian, yaitu terkait dengan mau diletakkan dimana power maksimumnya, biasanya overbore power max ada di rpm tinggi. Sedangkan overstroke sebaliknya, power max cenderung diletakkan pada rpm rendah [artikel terkait 1,2,3]

Sedangkan jumlah gigi tergantung dari seberapa lebar rpm kerja dari engine nya. Jika rpm lebar, dan ingin perpindahan gigi berlangsung close, maka gigi-nya diperbanyak. Keuntungan close ratio adalah dalam perpindahan gigi penurunan rpm tidak terlalu besar, sehingga penurunan akselerasi bisa sekecil mungkin [artikel terkait menyusul].

Jadi untuk jarak yang sangat jauh, gigi banyak maupun sedikit akan mencapai topspeed yang sama asalkan reduksi total gigi terakhirnya sama. Dan untuk jarak dekat, penggunaan close ratio akan memberikan akselerasi yang lebih cepat, karena kerugian akibat penurunan rpm saat pindah gigi semakin kecil.

Demikianlah yang bisa ane sampaikan, lebih kurangnya mohon maaf. Bagi suhu2 yang lebih kompeten, mohon koreksi dan masukannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

94 Komentar

  1. Biarin aja om,kaum fby (bagi yg mendem semir) ga ush diladeni,cm mancing2 emosi aja..
    Btw om scr cs1 ma cibi kn overbore,jd otomatis klep in ex bs lbh lebar dr pd overstroke..
    Trs mslh durasi klep open close nya sama ga om?
    Ada data ga om mslh durasi klep open close buat cs1 ma cibi?
    Kalo ada data buat nvl jg..
    Cz ane pgn tahu apakh durasi standar pabrikn sm atau ngga buat mesin overbore dgn overstroke?
    Hadeuh kpanjangan tanyanya..

  2. Kayaknya ada yang kurang : Pemakaian oktan bahan bakar. Karena (bahkan) dimesin yang sama klo oktan bahan bakarnya beda ya outputnya beda.
    Dimesin bensin ada banyak pilihan oktan bbm.
    Dimesin diesel juga ada banyak pilihan oktan bbm.

    tapi klo dimobil buggati veyron 1000hp++ yang ponten poinnya dari 1-5 lebih bagus dibanding nissan gtr (600-800hp tergantung tipe) hasilnya kalah lho hehehe

    • kalau dcari kurangnya mngenai setting engine ya ttp kurang bro,, yg tingkat dasar aja pada bingung gmn jk bahas tingkat dewa??? cb jadul pemangsa ninja jg ada.

  3. Kayaknya ada yang kurang : Pemakaian oktan bahan bakar. Karena (bahkan) dimesin yang sama klo oktan bahan bakarnya beda ya outputnya beda.
    Dimesin bensin ada banyak pilihan oktan bbm.
    Dimesin diesel juga ada banyak pilihan oktan bbm.

    tapi klo dimobil buggati veyron 1000hp++ yang ponten poinnya dari 1-5 lebih bagus dibanding nissan gtr (600-800hp tergantung tipe) hasilnya kalah lho hehehehehehe

  4. yg penting superior engine. liquid colled dohc six speed, ntah kualitasnya bala2 ataupun bolo2. Potensinya lbh besar buat ditingkatkan, asal jgn sampe rompal.

  5. kang bro, ane msh bingung ttg hub antara power n speed. Bgini, power 2x lebih besar tapi kok gak bs 2x speednya, sbg contoh vixi n ninja150, bobotnya hampir sama, power ninja spek std 2x power vixi, jd PWR ninja150 kr2 2x PWR vixi, namun nyatanya top speed n150 std gak pernah 2x top speed vixi, harusnya ninja bs sampe 250an km/h . Knp? Asumsinya koefsien hambatan udara keduanya sama lho, coz sm2 non fairing

    • Udah kebukti mas teori Motocakil aka pak bro kagak ada yang bener . . .Ngeluarin Teori DOHC 32 hp tapi di jedotin sama Muka sincan di majalah R2 . . .

    • setau ane, drag coefficient (koefisien gesek) itu pake rumus kuadrat, bukan linear. jadi agar top speed bisa dua kali lipat, itu dibutuhkan PWR empat kali lipat, bukan dua kali lipat. kalo PWR dua kali lipat, top speed akan bertambah maksimal 1,4 kali lipat.

      drag coefficient itu juga bukan hanya hambatan udara, tapi juga hambatan gesek roda dengan aspal. jadi dengan PWR 4 kali lipat, agar topspeed 2 kali lipat itu, selain aerodinamika sama, berat motor dan ukuran roda harus sama

      buat perbandingan, er6 yang powernya 4 kali vixy, kalo beratnya setara vixy, dan pake ban vixy, maka topspeednya mungkin bisa 2 kali lpat vixy

  6. Tapi bagaimana pertanggung jawban ente dengan resep dohc potensi 32 hp overbore di kepret sohc opersetruk di sentul ?

    Silahkan tuang bensin di warung ini , nanti saya yamg bakar !

  7. Ane ngakak banyak FBH yg bilang kalo CS 1 lebh kenceng dari Old vixi , lah CB aja di kepret mesin vixi di sentul sampe 6 detik . . yang notabenya adalah mesin empu nya cs 1 . . . Ngerasa aneh ga ?

  8. Lanjutkan BC mu pak bro . . . jangankan Dohc 32 hp , itu truk tangki bensin yang powernya 100 hp lebh aja di kepret sama nvl wkwkwk

  9. sebenerny blog ini bagus banget lowh…bisa nambah banyak wawasan buat yang baca n bener-bener memahami

    tapi saran buat empunya blog…cobalah mulai sekarang kalau ada yang comment jelek2 ga usah ditanggapin… dan dibalesin dengan emosi… itu terkadang malah bikin kesan yang punya kurang dewasa…

    orang emosi dimana-mana diliat ga bakal keren bro….lebih keren orang yang cool :mrgreen:

  10. Artikel yang di benci FBH . . . pokonya dohc itu lebih kenceng dr sohc . . udah paten kok qiqiqi Dohc itu paling kenceng dunia akherat pokonya ! tanya ajah ke fbh

    ya meski pada akirnya di jedotin Nvl

  11. Pemahaman mengenai SPORT yg perlu diluruskan :

    SPORT ASLI itu nyentul/ pasar senggol/ drag
    (tentunya dalam official event, bukan balap liar)

    KOMUTER MENGKLAIM SPORT ya cuma nonton di parkiran Sentul

    😆
    😆

    • omong kosong klw vixi gk nyentul, ente klw komen harus ada bukti, klw gak ada ente tukang ngibul

      justru vixi sdh nyentul terlebih dahulu dri omr cbsf

      -Omr vixion : sesama vixion

      -D’event vs 4 tak 150 yg lain (cbr dn fu) smua oprekan yg penting masih 150 cc, event lain selain irs

      klw ngomong jgn berdasar asumsi atw opini doang tnpa bukti, sma aja “ente tong kosong nyaring bunyinya”

      tambahin http : //m

      youtube.com/watch?v=861ediMyAME

      youtube.com/watch?v=xf9JRyY2Y9Y

        • bukanya sohc 4klep itu lbh baik dari dohc 4klep ya klo dari segi desain dan friction loss?? scara kan rocker arm nya udh pake bearing jd hambatan geseknya hampir nol, beda ama dohc yg mana noken as nya langsung gesek klep?? belum lg ribetnya hrs bubut 2 noken sekaligus utk 1 head, ukuran head yg “bengkak” krn hrs muat 2 noken as, dsb.. mnding vixi lah, coba stroke nya dikurangi (geser pin big end ke tengah) n bore nya dibesarin (bore up) , kali aja max powernya bisa geser ke 12000rpm dgn cc yg masih 150..

  12. sebenerny blog ini bagus banget lowh…bisa nambah banyak wawasan buat yang baca n bener-bener memahami
    tapi saran buat empunya blog…cobalah mulai sekarang kalau ada yang comment jelek2 ga usah ditanggapin… dan dibalesin dengan emosi… itu terkadang malah bikin kesan yang punya kurang dewasa…
    orang emosi dimana-mana diliat ga bakal keren bro….lebih keren orang yang cool
    Bypororoon 21/01/2014 at 9:35 pm

    setahu saya yg punya warung sudah kelewat sabar… di hujat dg hujatan dahsyat dari yg kontra samapengunjung warung beliau tetep adem ga pakai emosi. sampean itu nyleneh, orang yg sudah kelewat sabar gitu masih di kesan kan kurang dewasa lagi.

  13. om motogo mending jgn sering koment. tuh FBY udah pada kop uteknya. kyak motor yamaha paling perfek aja. Malah keliatan Dongnya. Tukang hujat. Woles ae om.

  14. Kalian tau knp FBY disini begitu beringas

    Krn KERAzaan mazapait udah mau runtuh

    Mereka disana cuma jd jongos juragan

    Ngoahahahaa

    Yg merasa jongos silahkan nyolot

  15. salam 6 detik??? masa r15 upgrade mw dibandingkan cbr downgrade.
    1. rider r 15 asean lawan rider cb150 pemula.
    2. r15 upgrade extreme racing lawan cb150 downgrade little upgrade
    3. r15 fairing lawan cb150 naked.
    tetap dinanti nvl yersus cb150 full racing di sentul
    1. sama-sama rider pemula
    2. tingkatan dan kualitikasi oprekannya sama.
    3. sama-sama “telanjang” hehehe…

    FBY smart pasti mendorong NVL menjajal sentul… stidaknya apapun hasilnya bisa ngaruh ke mindset konsumen, “NVL dah nyentul” mantap tohhh.. hehehe…

  16. Klw ente tahu mesin,

    cbsf diuntungkan dngn beda klep dan throtle body lebih besar (TB), bedanya lumayan besar apalagi dngn dohc nya, bensin masuk lebih banyak dan lebih deras dengan dua cam nya..

    Perbandingan cbsf vs nvl, stndart sbnarny gak berimbang satu grojokan bensin lebih gede (cbsf diuntungkan) dri satunya (nvl).. performa beda tpis..

    Ukuran lubang klep & throtle

    Lubang klep standart (perhatikan
    klep in, klep out)

    CBSF/CBR150
    Panjang :——
    Diameter as : 3,5mm
    Diameter klep in : 24mm
    Diameter klep ex : 21mm

    MX/Vixion/NVL/R15
    Panjang : —–
    Diameter as : 4,5mm
    Diameter klep in : 19mm
    Diameter klep ex : 17mm

    R15 OMR
    Diameter klep in : 22mm
    Diameter klep ex : 19mm

    CB150 OMR
    Diameter klep in : 24mm
    Diameter klep out : 21mm

    sumber

    tmbahin http ://

    infobalapliarjakarta.blogspot.com/2012/07/ukuran-kleep-motor-standar.html?m=1

    motogokil.com/2013/12/02/bocoran-informasi-spek-racing-yzf-r15-bandingkan-dengan-hasil-analisis/

    motogokil.com/2013/12/03/biarkan-mesin-cb150r-standart-pada-omr

    Throtle Body (TB)

    throtle R15/Vixion standart : 28 mm
    throtle cbr150/cbsf standart : 30 mm

    throtle R15 OMR : 30,4 mm
    tbrotle cbsf OMR : 30 mm

    sumber :
    http://pertamax7.com/2013/01/19/yamaha-new-vixion-unggul-diatas-dynotest-namun-honda-cb150r-unggul-dijalan-raya-performa-mirip-silakan-galau

    Nah siapa yang diuntungkan yg d lawan sohc pula dihadapin dngan “dohc lubang klep yg beda jauh dan TB yg lebih besar”, cbsf lebih besar klep (big klep) bandingkan dngn nvl, vixi atw r15, TB atw throtle body lebih besar cbsf ini smua spek standart

    Apakah pada bangga dengan spek standart ini yg sbenarny timpang?

    • Kenyataannya motor q dikamplengin tiap hari sama cb150 om. aq tiap hari kerja dg jarak tempuh 40km skali jalan jd 80km pergi pulang n kbetulan kami pengguna vixi old/NVL n cb150 jd sering uji speed saat jln lengang tetep aja motor q kalah mulu kdg sakit hati jg, bahkan kami sering diasepin cb jadul, gk usah menghibur diri atau ngibul lagi lah. vixi menang tampang itu kami akui, makanya pilih vixi tp nyesek jg

      • Lebih pas klw komen ente baca dulu jeroan vixi klepny lebih besar cbsf, sma throtle nya beda lebih besar cbsf

        Lagian peak power kedua motor beda lumayan
        Power Vixi di 8500 rpm sedang cbsf d 10500 rpm satuny tipe aksel satuny top speed, KLW STOCK ATW STANDART ya jelas diuntungkan cbsf KLEB CBSF LEBIH BESAR, TB (Throtle Body) CBSF LEBIH BESAR klw fair harus sma dong, sma peak power, itu baru adil

        Spya bsa brjaban d race perlu powerband lebih luas, dngan pke klep noken durasi lbih tinggi, peak power vixi bisa dset >10rb-an, dpasang ecu unlimiter,

        lewati redline bisa saja dlm race, silinder msih tahan krna diasil nh klw klep biasany kurang kuat mkanya dkerasin (harder)

        Nh ada tip klw mau race ya upgrade, krna sirkuit itu kejam

        “Gk pndang dohc pun bisa rontok mesin d geber tanpa bekal mumpuni”

        http://padangguci.wordpress.com/

        • tidak usah gegeran. saya tdk bela satu sama lain. cuma pelurusan pengertian throtle body aja atau besaran klep juga ya??? untuk itu tdk bisa langsung motor A lbh di untungkan krn diameter lbh gde. jd cara hitungnya itu dg perbandingan, baik throtle body juga klep dibagi besarnya piston. dah tau kan skarang??? coba dihitung sendiri mana yg lbh gde percentagenya itu hrsnya yg dbilang lbh besar throtle body ato klepnya. smoga smua tbh smart

      • Terus bukti ente pemilik vixi apa?

        setiap orang gampang ngaku, dan gw kasih tahu, orang yg suka bohong dapat balesan, ntah d dunia atw akhirat

        Gw klw komen sering kasih bukti kok gak asal

        • ckcckkckck..
          santai aja kali… ente sales aja gak usah emosi gitu…
          tenang motor sembahan ente masih paling laku kok…paling hebat….
          puas…???

          kwek kwek kek

          • ooh ente dokter..
            tapi kalau ngomong soal yahomo,ente seperti sales…
            maju di garda paling depan,…apa yahomo ini berpengaruh dalam kehidupan ente??

            kwek kwek kwek

          • pret lu, trus klw gw seneng motor ini itu, itu emang urusan ente, seneng bukan berarti sales, pikiran lu nya aja sempit, klw mnurut lu smua yg beda beda pendapat sma lu dbilang sales, lu itu yg pikirnh sempit

      • trek pendek jelas nvl, trek panjang cbsf, cmn klw sma 2 dbikin peak power 10000 rpm, trgantung rider, krn peak power kdua motor beda, satuny 8500 rpm satunya 10500 rpm,dn dohc gak mngkin se irit sohc dlm keadaan stock atw stndart

        dn sohc utk tenaga maks dlm sesama korekan msih mngkin brjaban dohc, nmun mnjadi boros sama sprti dohc

        • HRS | 23/01/2014 at 4:48 am

          tidak usah gegeran. saya tdk bela satu sama lain. cuma pelurusan pengertian throtle body aja atau besaran klep juga ya??? untuk itu tdk bisa langsung motor A lbh di untungkan krn diameter lbh gde. jd cara hitungnya itu dg perbandingan, baik throtle body juga klep dibagi besarnya piston. dah tau kan skarang??? coba dihitung sendiri mana yg lbh gde percentagenya itu hrsnya yg dbilang lbh besar throtle body ato klepnya. smoga smua tbh smart

          Throtle body n klep gede mana ya????
          kalau loe mmg ahli otomotif tuh diatas suhunya otomotif gk pernah koment kayak loe.
          COba telaah bener gak itu ilmu gan HRS???
          itu hitung gde mana???
          klu gk tahu engine gk usah ngaku2 neko2 sok2an…
          loe pingin bukti gue penyemplak vixi????
          Atau loe kira gue bohong, gk da guna pamer motor murah, malu ma pengunjung lain????
          Sales ya sales, kelihattan bgt emosian gk terima vixi dikalahkan, meski aq sering dikepretin tp gk emosi kyk loe.
          Dokter gadungan pa dokter sales!

    • memangnya ada apa bro??? kq saya vs P dokter??? ada masalah apa??? gk usah adu domba bro??? saya orgnya biasa aja kq, gk gmpang kbakaran. tidak ada yg lebih dr kt semua kcuali amal baik.

    • bro gk usah dtindak lanjuti percuma, dsini baiknya buat belajar. apalagi sampean ini dokter, intelektualitas gk dragukan jd yg jaga intelektualnya. buat apa tanggapin hal yg tdk bermutu n tiada guna, ya gk? ttp utamakan keselamatan n kesehatan brkendara. salam blarrr…blarrr…blarrr

      • cma ngetes kok om HRS, dibilang sya sales, pdahal gak, sya cma meluruskan aja siapa sya, dn perlu diprhatikan kesukaan trhadap suatu motor trtentu kok dbilang sales, berarti sungguh pikir sempit orng demikian, klw dia mikir begitu setiap orng bisa dibilang sales sma dia, entah ortunya saudaranya, tetangga atw temannya, orang lain di jalan… nah loo…

        • memang ada yg salah ya sama sales…?
          buat gw profesi sales bukan kriminal…halal kok..
          kenapa ente sewot ya dibilang sales…..atau dimata ente sales adalah profesi paling hina ya..??
          nyante aja dok…ente mgkin bisa nyembuhin pasien…tp ente nggak bisa nyembuhin emosi diri sendiri,gara2 alasan motor yang merknya yahomo…!!!

          maaf ane emang pikirannya sempit,..tapi hati ane luas..

          kwek kwek kwek

          • @motoralay

            Ketawa sja lihat komen ente

            Kyaknya ada yg tersungging kna omongan sendiri, lihat komen ente sendiri di atas!

            Emng saya ada omongan menghina sales? Hati2 klw ngomong, lihat komen2 di atas siapa yg menghina sales!

          • hehehe..ane sales?
            coba liat komen ane,ada gak nulis motor merk itu nomor satu,motor merk itu gak mgkin kalah…
            malah komen ente lebih banyak kecapnya yg no 1..

            tp terserah lah…gak ngaruh dalam kehidupan gw…

            sak karepmu lah..

            oke pak dokter ??

            kwek kwek kwek

          • wis sak karepmu dok…
            ane mgkin nggak sekolah kedokteran,jadi gak bisa mencerna tulisan dokter…
            yang jelas semua itu gak ngaruh dalam kehidupan gw…

            kwek kwek kwek

  17. busyet ini blog ataw tempat hujat menghujat,

    kadang ada onum yang bikin keruh,
    ada apa dengan FB seh???? yang penting jangan saling ******** nikmati motor sendiri,kalo kebetulan motor kita yang bagus,seneng,tapi pas motor kita banyak trouble harusnya blog adalah tempat sharing ilmu.

    menurut saya ga ada yang salah dengan menjadi fb,karna itu dari hati. jadi saya suka dengan satu merk,hak saya dong sapa yang protes
    emang saya merasa yang punya warung suka dengan karakter satu mesin,walaupun tunggangannya beda,wajar lah ga usah rame rame menyudutkan

    salam satu hati tuk semakin terdepan

  18. bgni aja bro,,, biar adem ya ???? sbaiknya yg gila mngalah..he..he..he..he..
    ingat bro…ucapan,tulisan,tingkahlaku/perbuatan itu cermin dari hatinya alias karakternya… mngenai sohc/dohc itu biasanya diaplikasikan k motor dg karakter brbeda.. contoh ya??? nih honda VFR yg canggih itu jg SOHC 4V dg konfigurasi bore stroke (81 X 60) tp yg gk kuat bbm nya bro… dwit 12rb cuma untuk skitar 10km aja, sberapa mmpu kt ngasih bensinya n itu blm perawatannya..haduhhh gk kbayang jk tiap hari muter2

      • he.he.he..gkpp gila ibadah lbh baik drpd gila harta…masa iya bahas ginian aja hrs pd ngeyel…setting engine tdk semudah yg kt pikirkan..saya sering modif dg motor type sama tp hasil ttp brbeda satu sama lain pdhl semua yg saya terapkan sama plek smua sesuai dg catatan yg saya punya dr hasil research..ya prlu dimaklumi hal tsb krn byk part mesinnya mgkn kondisinya brbeda baik wiring ato part engine yg lain.tp ridernya gk bisa mmbedakannya krn gk pernah coba yg lainnya, taunya motornya dah jauh dr std jd ya enak aja…yg merasakan bedanya ya saya sendiri..keep health and safety riding..

        • Nah itu dia p haji,namanya produk masal,blm tentu semua outputnya sama,pasti ada yg bagus ada juga yg kurang,jd kalau kompare di jalan gak bisa jd patokan,insya allah aneh mau gila ibadah,asal jangan gila harta,gila titel apalagi gila nerk ….
          Kwek kwek kwek

  19. udah intinya gini aja bro,
    kita kopdar rame2 yg punya cbsf ama yg punya NVL kita test secara independent,
    scrut2an bole. ntar pasangin kamera di setiap 200 meter, gmn…?
    biar fair tanpa ada cocot kurang nunduk lah, kurang apalah,
    ane ada trek nih kurang lbh 1,2km di sekitaran ujung menteng harapan indah

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.