SOHC 150 cc Bore Up, Mesin Alternatif CS1 Reborn

engine cut away CS1

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Bocoran dari kang iwb dituliskan bahwa target penjualan CS1 reborn 175 000 /tahun atau 14.583  /bulan. Memang target yang mungkin ke “pd”-an, mengingat sebelum diskontinyu, pasaran cs1 lumayan ancur. Memang agak sulit diwujudkan baik ditimbang dalam kelas dimana cs1 150cc akan ditempatkan maupun dalam pricing strategy agar tidak terlalu banyak memakan market share sodara sendiri (cb150r, nmp fi dan verza). Itu jika cs1 reborn bermesin dohc 150 cc, tapi jika mesin yang digunakan adalah “hanya” versi bore-up bagaimana ?

Untuk membuat kasta cs1 tidak terlalu tinggi sehingga bisa memakan market share cb150r, bisa saja ahm memproduksi cs1 150 cc sohc, versi boreup dari mesin lama. Dan hal ini sangat  mudah dan “murah”, karena ubahan2nya adalah :

  1. Silinder tampak luar bisa sama persis, tapi boring harus berdiameter 63.5 mm. Ahm tinggal bilang ke vendornya, bikin bore 63.5 mm, perkuat dengan nikasil.
  2. Piston bisa mengadopsi piston cbr150, tiger, megapro. Hanya saja minta dibuatkan lubang pin 13 mm
  3. Head bisa saja tidak diubah. CR bisa tetap 10.8 atau 11, bisa ditentukan dengan desain permukaan pistonnya.
  4. Diameter klep bisa tetap, jika tenaganya dibatasi 15-16 hp. Jika ingin diatas itu maka bisa mengaplikasikan klep tiger.
  5. Harus injeksi, karena 125 cc karbu aja sdh boros, apalagi 150cc.
  6. Gigi 5 aja sdh cukup, nvl aja cuma 5 nggak masalah.

Wacana ini sesungguhnya telah muncul di tahun 2011, sebelum lahirnya cb150r. Dan bagi mekanik lokal pun mem-boreup cs1 jadi 150cc dengan teknik seperti di atas sangatlah mudah, apalagi ahm.

Jadi kalau ahm ingin cs1 reborn laku, maka harus murah (lebih murah dari fu), harus powerfull (lebih kencang dari fu) dan tidak boleh memakan market cb150r (kasta harus lebih rendah). Maka kemungkinan besar cs1 reborn adalah

“New CS1 Supersonic SOHC 150 cc, 5-speed ”

Dengan harga 18-19jt, fu a saja bisa di atas 20 ribu / bulan, maka cs1 reborn 14 ribu-an / bulan adalah sangat mungkin. Lebih murah, lebih irit (fi) dan lebih kencang (mungkin lho).

Sekian, wassalamu’alaikum wR wB

93 responses to “SOHC 150 cc Bore Up, Mesin Alternatif CS1 Reborn

  1. Kalau menurut ay kasta dengan CB bukan masalah karena keduanya berbeda jenis…. jadi kalau harga mau di atas FU asal spek dan desain oke, orang akan lari kesana, banyak yang beli FU karena tidak ada pilihan lain. Dengan adanya CS1 juga, “kasta” ayam jago akan naik kelas karena harga yang lebih tinggi dengan desain dan spek lebih pedas dari FU.

    just my 2 sickles

    http://kobayogas.com/2014/01/20/jadwal-penggantian-oli-mesin-baiknya-setiap-berapa-km/

  2. Bandot berubah jadi blekok

  3. Wah sohc ni….ane mampir….tpi sayang ga pertamax….kurang nunduk si…hehehe

  4. kalo sdh ngomongin ahm gak bisa ber-kata2. semua segmen dimasuki dengan produknya yg bejibum. salut!!!
    mungkin tahun ini jg bakalan ada bebek super 110cc utk menjungkalkan z1 karna nggak fair kalo dilawan blade 125cc. atau bahkan mgkn kelas motor garuk tanah n supermoto utk hadang klx n gertakan utk y.
    the #1 n the most powerfull company of mass production.

  5. cs1 mesin tegak 150cc overbore sohc 4 valve high rpm. super hyper underbone city sport 1.

  6. om gokil ane mau tanya,ente sekarang berdomisili di mana?ane pengen maen2 ke bengkel ente soalnya

    • ente ada2 aja ane emang seneng bongkar motor, tapi bukan mekanik profesional yang punya bengkel pinggir jalan. Bengkel ane buat prabadi buat hoby aja.
      lagian bengkel ane dah nggak keurus, sibuk kerja yang lain bro.
      ane di Malang Jawa Timur, emangnya ente di mana ?
      kalo di jawa timur, bengkel profesional, bejibun, buanyak

  7. Cs1 bore up itu cuma angan angan tak mngkin ahm mau sesimpel gitu klo cuma gitu udah aja kasih ke tukang modif bengkel bore up beres jangan meremehkan gitu dong,ente kurang independen walaupun cuma andai tapi kelihatan gaya dalam artikel ini,sangat …. Keatpm yang lain harusnya independen

    • BUkan begitu bro, beberapa artikel yang lalu ane perneha nulis cs1 reborn bermesin dohc 150cc, masih inget kan?
      Nah mesin ini terbilang cukup mahal, dan berat dengan beberpa kelebihannya. Dan jika dipasang bulat2 maka sepertinya ahm musti mendesain ulang rangkanya, demi kestabilan dan handling. Nah jika menggunakan versi boreup, maka rangka lama masih bisa digunakan, karena bobot mesinnya hampir sama, tinggal ngggedein ban aja supaya lebih safaty. Part yang lain jelas ngikutin perubahan tsb, misalnya kampas+per kopling, radiator dll.
      Dan hasil boreup pabrik jelas nggak sama dengan mekanik pinggir jalan, tentunya lebih presisi. Dan jika memang demikian, pengguna old cs1 akan sangat beruntung, tinggal ganti piston dan silinder dah jadi cs1 150cc, nggak perlu modif crankcase seperti bila mengadosi blok cbr.
      Kira2 gitu bro…

    • Dimana letak ke tidak independenannya bang? Toh boleh aja toh menganalisa suatu produk dari merek apapun. Apa ada yg tersentil (klo sales mungkin iya). Baca dan nikmati aja artikelnya motogokil, jd g bikin panas dingin..hehehe

  8. ckckck…..
    benar2 dah blogger satu ini…..

  9. karena ini cs1 merk HONDA, maka :
    cukup sohc udah bisa lebih powerfull/lebih kencang dari fu yang dohc.
    cukup 5 speed udah lebih kencang dari satria fu 6 speed.

    jikalau sebelumnya motogokil selalu ngotot dohc 6 sepit pasti lebih powerfull dan lebih kencang dari sohc 5 speed, itu karena yang honda dohc 6 speed vs sohc 5 speed.

    karena yang dibahas kali ini adalah cs1 yang merknya HONDA, maka cukup sohc 5 speed udah bisa lebih powerfull dan lebih kencang dari Fu 150cc dohc 6 speed.

    • he he he
      ente emang ….
      cs1 pake dohc 150cc 6 speed tekut
      cs1 pake sohc 150cc 5 speed apalagi
      hadeeh….

    • bukankah Raider 125 itu DOHC bro??? tp knapa disemua event baik di roadrace, dragrace selalu dibully SONIC 125 yg SOHC. bahkan di negeri asalnya thailand raider slalu minder dg sonic. maka untuk mnumbabgkan sonic suzuki brojolin raider150 aka FU. dah prnah coba sensasi cs1 jk pakai blok kop cbr150??? kndisi blok kop std aja si FU terkencing2 jd motor lemot. cs1 ganti pengapian set, knalpot, carbu tp mesin std dah bisa ngamplengi motor tekno MotoGP koq

  10. kasta cs1 reborn dibawah honda cbsf dohc 6 speed.
    tapi harus lebih kencang dan lebih powerfull dari satria fu dohc 6 speed atau dengan kata lain kastanya lebih tinggi dari satria fu dohc 6speed..
    dan………
    tra…la…la….
    new cs1 supersonic sohc 5 speed…..

    gubbbraaakkkk….

  11. ya begitulah………………
    nama besar ahm memang cetar membahana
    mana mau ahm kalah penjualan. kalah penjualan lo, kalo kalah teknologi kayaknya nggak pa2 yang penting penjualan tinggi, hehehehehe………………..
    liat sj barisan produknya, wow semua segmen, dr low ampe high, tanpa kompromi, huebat……
    kuasai penjualan mumpung nama besar masih berkibar, kasih produk2 yg kelihatanya canggih, ntar kalo yg lain dah mati kasih deh produk biasa toh nama besar masih di genggaman, pasti tetep laris manis.

    edisi mata panas belum tidur

  12. harga emang ga pernah bohong,,, hehehehe,,, kalo menurut ane sih, tergantung cost yang di perlukan untuk gubahan mesinnya seperti apa kelak.
    jika pakai mesin cs1 yang di upgrade kira-kira berapa?
    jika pakai mesin cbr 150 berapa?
    sebenarnya mw mesin yang mana aja toh pasar sudah mengakui ketangguhan mesin-mesin itu,
    jika mengunakan mesin cbr, tentunya akan jadi lebih murah kelak karena akan menjadi mesin di beberapa segmen dan partnya dipasaran akan banyak tersedia dan murah…
    jika platform harga fu misalnya tidak lebih dari 20 juta, ya baiknya cs1 reborn di patok lebih murah di angka 18 jutaan, harga tentunya jadi faktor yang kuat mengaet konsumen.

  13. berdasarkan artikel ini, kasta mesin satria fu ternyata jauh dibawah honda cbsf dohc 6 speed..
    karena diantaranya masi ada new cs1 supersonic sohc 5 speed, baru kemudian satria fu dohc 6 speed.

    cbsf dohc 6speed > cs1 sohc 5 speed > satria fu dohc 6 speed..

    ckckck….

    • Kalo mesin vixon overstroke sohc 150 cc, bisa ngalahin cb150 overbore dohc. Berarti kasta nvl , waw…..hebat. Mau memuji nvl saja malu2.
      Gimana dgn mesin cs1, bolehkan dibikin 150 cc. Jika saat 125 cc saja sdh seperti skrg, gmn kalau 150 cc, dgn cr = 11 ????

      • klo kompresi 11, bisa2 sama kayak kasusnya sonic mas,
        ngasepin old vixion 😀
        serius nih,,

      • ckckck…..
        sampeyan mencla mencle ah….

        kalau yang dohc adalah merk honda, maka pasti lebih kencang dan powerfull dari sohc 5 speed merk lain..

        kalau yang sohc 5 speed adalah merk honda, maka akan berubah jadi lebih kencang dan lebih powerfull dari mrk lain, walaupun merk lain itu dohc 6 speed.
        wkwkwkwk……
        baru beberapa hari lalu motogokil ngotot dohc 6 speed mesin paling kencang powerfull, tapi sekarang berubah lagi, sohc 5 speed akan lebih powerfull dan lebih kencang (karena kali ini merknya honda) daripada dohc 6 speed satria fu (kebetulan bukan merk honda…)

        hahaha…., sayap…mana sayap….!!!?

    • Trus masalah buat abang? Di thailand sana nova sonic bisa ngalahin raider. Ga tertutup kemungkinan di kelas 150 jg bgtu.. Bukannya SOHC motojipi abang unggul 6 dtk dibanding DOHC abal2? Wkwkwkw….

  14. @ om motogokil
    udh om,biarin aja,yg santun2 aja,jgn trbawa arus dgn hati yg gelap..
    Tetep fresh ya om..
    Mkc bxk bwt artikelx..

  15. sangat setuju dan masuk akal sekali mbah.!

  16. klo jd sohc n msh 5 speed mnding bli cbr old ja…

  17. Klu ttp pake mesin cs1 bore up sohc, walaupun harga’a ditaruh dibwh fu sy rasa satria fu akan tetep menjadi primadona’a bebek super yaitu Dohc 150 6 speed.. Pasang Target segitu mgkn krn ahm yakin, desain’a kali ini akn lebih diterima khalayak, kt’a kolega iwb sih tampang’a kekar masbos. Liat perkembangan ntar lg aja deh. Pengen tau jg bentuk’a. Hoho

  18. Jangan ‘terbawa’ bro min…..woles ae…

  19. setuju motogokil…SOHC 150 cc Bore Up, Mesin Alternatif CS1 Reborn buat menghadang FU

  20. 150 sohc overstroke, kyny lebih ok om gokil, mslhny yg 125 overbore kurg nymn klo buat trek kota, secara gitu dikota cuma bisa mpe gigi 4 itupun kl rada lancar.

  21. Kalo dibikin jadi 150cc, harus pake bore 63,5 mm.
    Mau SOHC atau DOHC tetap powerfull.
    Yg terpenting adalah OVERBORE 😀

  22. perang barathayuda efisode ke 2 dah mulai.

    tandanya :

    jaos , nobita komentator angkatan 2008 dan pasukan barunya

    dari awal thn dah giat komen lagi di blog-blog.

    kita liat siap yg menang:

    fbh yg dongo-dongo apa fb smart yg pinter-pinter.

    nonton efisode peranganya sip lah

  23. besar kemungkinan CS1bore up

  24. hahahaeee…

    kalau dohc 6 sepit-nya merk honda, pemilik warung ngotot pasti lebih kencang dan lebih powerfull… dari sohc 5 speed merk lain…

    kalau gilirian sohc 5 sepit-nya merk honda…, pemilik warung berubah haluan…jadi lebih kencang dan powerfull dari dohc 6 speed merk lain….

    wkwkwkwk……..

    oh…yes….oh….no…

  25. Lo pada ga tahu ya padahal ini blognya fby ternyata fbh pada bener oon prediksinya lo mau aja disanjung bloger diangkat tinggi tinggi langsung digejretin coba bacanya sambil diresapi ini bloger fby sejati bisa bisanya gitu,tapi maaf aku suka artikelnya walau tak kelihatan memihak tapi aku tahu pikiran ente

  26. Sekilas memang sepertinya lebih murah jika ‘cuma’ meng-oversize bore CS1 menjadi 63,5 mm.
    Tapi apakah biaya produksinya lebih murah dibanding kalo pake mesin 150cc DOHC yg sudah ada wujud real-nya? (dipake CB).
    Solusi praktis utk menekan harga jual dg cara common part.
    Pake saja mesin CBSF. Tidak perlu riset lagi dr 0.
    Sudah ada blue print-nya, tinggal diproduksi.

    Sedangkan kalo merubah diameter bore, perlu riset total di daleman head silindernya. Banyak yg harus dirubah seperti diameter klep, lubang porting, sudut kemiringan klep, profil camshaft, dll.
    Lalu juga merubah diameter throttle bore.
    Semua ubahan tsb perlu riset yg mendetail karena ubahannya kompleks. Tentunya butuh biaya utk riset tsb.
    Ujung2nya menambah harga jual.
    Kalo begitu, target semula bisa aja gak tercapai.

    So,menurut ane lebih praktis jika AHM menggunakan mesin CBSF utk new CS1 nanti.

  27. Kesimpulan dari artikel Pak Bro:

    karena DOHC Superior CBSF ban cacing sering diasapi sama SOHC Overstroke NVL ban besar di trek 2,2km sampe2 ketinggalan 6 detik.

    Makanya AHM membuat mesin DOHC yang sama untuk ditaruh di bebek CS1 agar DOHC Superior nya menjadi terlihat kencang karena bobot motor CS1 akan lebih ringan ditambah ban bebek yang lebih kecil lagi dari CBSF.

    CS1 Reborn diharapkan dapat membalas dendam kekalahan kakaknya CBSF dari NVL ya dipencundangi sampe 6 detik di trek 2,2km full nunduk2.

    Salam One Heart

  28. sohc overbore 150cc… dengan mesin yg sudah ada tinggal di bore up aja.. ane setuju.. sip banget itu..
    secara dengan begitu terialan RPM bakalan bisa tinggi… dengan torsi yang lebih besar, power juga lebih besar..

    cs1 dengan mesin 125 nya aja dah bisa tinggi rpm nya, apalagi kalo di rubah ke 150 dengan spek tetep overbore.. melengking dah tarikan mesin.. plus bobot motor yg ringan…
    hati2 aja satria fu, meskipun dah dohc..
    justru kayaknya sohc nya cs1 lebih ringan kinerjanya.. jadi tenaga gak banyak kebuang.

  29. terus terang ane memang kurang suka dengan honda.. di karenakan kualitas kebanyakan motornya yang rendah..

    tapi jika melihat fakta di lapangan,
    sepertinya mesin honda cs1 jauh lebih teruji dan lebih awet dari pada mesin dohc nya honda cb150..

    jadi jika cs1 150cc menggunakan basic mesin cs1 125cc yang di bore up,, ane rasa justru jauh lebih meyakinkan,, dan gak akan menggerus pangsa pasar cb150 dan cbr150 lokal karena kabarnya cbr150 akan di lokalkan…

  30. Waduh geger aja ya??? bkn ngantuk?!!! pingin motor plg kencang??? beli aja motor produknya YEAR TO KILO (Y2K) cara mndekatkan diri kpd Tuhan yg salah jk modif motor brlebihan. untuk mndekatkan diri kpdNya mulai saja dg tingkat dasar dulu. Jaga lidah dan tangan untuk berucap n menulis hal2 yg benar.

  31. ingat sonic, yang basic mesinnya di pakai oleh cs1.. menjadi mesin 125cc yg paling superior di bandingkan mesin 125cc lainnya..
    dan jika mesin sohc overbore ini di bore up menjadi 150cc, dengan segala komponen roda gigi yang di sesuaikan dengan cc nya..
    kayaknya mesin 150cc dohc pun harus berfikir ulang untuk melawan mesin sohc 150cc over bore milik cs1 yang di bore up ini…

    walaupun mungkin honda juga berfikir panjang untuk mengikuti saran dari orang yg di anggap fby seperti ane,, tapi jika honda memang ahli mesin,, mereka tidak akan melihat siapakah si pemberi saran apakah fby atau fbh,, melainkan lebih melihat kepada kata2 nya..
    betul… hehehe

  32. mesin cs1 dengan spek sohc 150cc overbore, di bore up untuk cs1 150cc..
    adalah saran yang paling logis…

    ane setuju dengan saran yg pnya warung.

  33. wek, lomentar yg pnya warung dah emosian, kayak gini:

    tenaga segitu sdh cukup buat ngelawan fu std, apalgi kalo ukuran klep-nya sebesar klep tiger.
    kalo pake sohc aja bisa ngalahin dohc, ngapain pasang dohc, siapa yang bilang kayak gitu ??

    sohc nggak usah nunduk aja menang..

    gara2 cb dohc keok di trek 2,2 kilometer sama sohc lemot, kenapa ya kok kesannya berat banget nerima kekalahan cb.. dohc mgnkin emg lbh superior dari sohc, tapi tidak d kasusnya vixion vs cb150, karena cb nya downgrade, gitu kok repot pak…, sonic vs raider, dan bigbore tidak lebih powerfull dari longstroke pada kasus nvl vs cb 150…. sekali lagi karena cb nya downgrade… nah, nerima gak pak…

    • sudah ane terima, dari kamarin
      nggak masalah kan nvl (tunggangan ane) yang menang…
      yang heran ya ente2 itu, masa dibilang fotonya aneh, langsung geger, khawatir ya kalo hasilnya di anulir ?

      • lha kok bs d anulir, tmbah aneh itu namanya, kan dah dikasih bukti foto2 yang lain, kalo sampean itu bs blg gitu, itu artinya smpean tidak mengakui kredibilitas majalah yg ngadain test trsebut. saya prnah baca kolom komen kl smpean sbnernya bs maparin bukti2 bahwa tes itu tidak valid, so paparin dong, buat pencerdasan otomotif. nah, sohc sonic kan dah seringkali dberitakan membuat keok raider yang dohc, sama2 125 cc, sampean g khawatir hasil itu di anulir… nah, tolong dong dbahas juga, kenapa raider sampe harus naik cc jd 150 buat jabanin si sonic yg sohc, knp gak optimalkan aja dohc nya, kan katanya dohc adalah progress lbh lnjut dari sohc, harusnya pada cc yg sama, pada sifat enjin yg sama (overbore) raider tidak perlu nambah kubikasi untuk bejaban sama sonic… itu menurut teorinya sampean, lha menurut faktanya, raider smpe nambah cc tuh… terima kasih

        • yang pertama cr raider harus selalu lebih rendah (raider 10.4, sonic 11), karena beda sistem pendingin, disini dah nggak bisa dibantah eff termal sonic lebih tinggi.
          yang kedua, stroke sonic lebih pendek (sonic 47.2 raider 48.8), rpm sonic lebih tinggi
          Kalau nggak punya bukti konkrit namanya fitnah.
          tapi coba fikirkan, kalau 2-2nya dikasih minum premium, siapa yang menang ???

          • kl sama2 premium sapa ya yg menang… yg cr nya ndak lbh tinggi kayakna,.. trus dimana keunggulan raider yg dohc, harusnya kan bs di set VE yang lbh baik dari sonic, kmudian buka tutup klep jg lbh bisa diatur karena dah dohc…

        • @ mbudi

          itu semua tergantung merknya bro…

          kalau yang lebih unggul merknya bukan honda, pasti karena nganu…dan nganu dan nganu……ngeles…

          kalau yang unggul merknya honda, itu udah pasti karena honda itu superior….. dan gak ada alesan untuk merk lain….

  34. Kalo maksa konstruksi mesin sama dgn CS1 125, dan di bore up kayaknya kasihan mesinnya deh, malah potensi panasnya lebih tinggi, apalagi kompresi tetep di atas 10, di stroke up jg resikonya lumayan tinggi kalo limit RPM tetep diatas 10.000, saya yakin sih wacana SOHC bore/stroke up udh pasti terpikirkan AHM, cm banyak resiko yg harus di pikirkan..

    • harus ada penyesuaian dimensi radiatornya (mungkin diperbesar).

      • mungkin untuk motor race, dgn mesin bore up stroke up bisa aman “cuma” dengan tambahan ukuran radiator.. krn durasi pemakaiannya.. jd mungkin jika memang mau mengembangkan sohc-nya sonic/cs1, konstruksinya juga sedikit di ubah, gak cuma pelebaran silindernya aja, bgmnpn tebal dinding silinder sama luar ruang water jacketnya jg harus ikut di bore up, karna proses pemindahan panas pun musti dipercepat.. pun mesin CBR 150 itu juga pengembangan mesin SOHC Sonic,, ya itu sih menurut pendapat saya aja, CMIIW

  35. Sip jg nih surya..
    Apresiasi bwt ente yg brlapang dada..
    Gue fbh acungin jempol bwt ente..
    Bnr apa yg ente kata n yg punya warung..
    Gue jg punya rencana bwt modif nvl,lebar klep dsamain ma si cibi,biar bs lbh teriak dr pd cibi..
    Ya modif ringan2 ajalah,biar ga banyak ubahan dr standarnya..
    Bener ga itu bro bro skalian??
    Gue pgn mtr ganteng,irit tp jg bs teriak kyk cibi..

  36. Suwe rak komen !

    Wah tambah ke sini topiknya beda, malah bahas cibi vs nvl.

    Tp gpp penting slalu damai .. Hehehe

    Oiya kalo bahas cb vs nvl harus pake rumus ini : mau unggul di DYNOTEST atau unggul di JALAN.

    sorry pak bro numpang NGOMPOR mode ON.. Qiqiqiqiqi

  37. Bagaimana kalo yg dirubah strokenya tetep SOHC

  38. Bro gokil, ane mohon banget ente mau ngulas tentang Tormax. Soalnya ane owner Tormax.
    Tormax itu 3 klep SOHC dengan CR 11,3:1 lho! Di atas CBR dan sedikit dibawah Ninja250 :mrgreen:
    Walaupun spek di atas kertas burem jauh di bawah NVL dan CB150R (hanya 13,2 dk @ 6500 rpm dan 12,5 Nm @ 5500 rpm), tapi ga sombong, ane pernah adu langsung sama Old Vixion knalpot racing punya sohib ane, dari 5x percobaan di trek 200M, ane menang 4x dan kalah 1x (karena missed gear).
    Klo lawan NVL ane pernah beberapa kali, dan ane bisa menyalipnya di gear 4.
    Lawan KLX150 juga pernah sekali. KLX kalah di topspeed.
    Nah, untuk CB150R dan FU, sayangnya ga pernah ada yang seruntulan, jadi ane ga tau.
    apakah ini hoax? Silahkan gabung grup TVS TORMAX di FB buat baca testimoni2 owner Tormax bro. :mrgreen:
    Ditunggu ulasannya bro mengenai bebek super India ini. Terimakasih.

  39. KOMedi-pUTER cuma bengong di parkiran Sentul

    RESPECT buat hyper underbone –> FU dan CS1 150 cc reborn (kalo jadi brojol)

    kenapa?? FU langganan juara drag, berani adu balap di official event

    SPORT—-> BALAPAN RESMI

    *bukan balapan di foto, wakakakak 😆

  40. Minta Tutup Rata.. di kasih Tatakan Apem

    Ku tahu hatimu ada logo sayap ..xixixi Blog Muna

  41. buat pak bro, komentar orang gak jelas biarin saja. sudah dihitung kan, banyak mana yang respek sama yg cuma seruntulan?

  42. emosi yg punya warung msh labil dalam menanggapi para FB.. jd baca aja artikel nya ga usah ke bgn komentar… krn isi artikel jauh lbh berbobot dr pada tanggapan yg punya warung dalam berkomentar

  43. Pingback: Motor SOHC yang Ditakuti oleh All New CBR150…. | motorgoodness

Leave a Reply