Trik Kawasaki Meningkatkan Power Ninja 250 FI 2018

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pada artikel sebelumnya, motogokil paparkan beberapa variabel yang bisa di upgrade oleh kawasaki guna meningkatkan power ninja 250 fi dari 32 ps menjadi 39 ps. Salah satunya adalah dengan meningkatkan pasokan volume udara yang masuk ke ruang bakar, yaitu efisiensi volumetrik (VE).

Jika VE meningkat, maka kuantitas volume udara yang masuk ke dalam ruang bakar (yang akan dibakar) meningkat. Dengan campuran bensin yang memadai, pembakaran campuran ini juga menghasilkan energi yang lebih besar. Dan dengan energi yang lebih besar, menghasilkan daya dorong piston memutar cranshaft juga tambah besar, powerpun naik.

Beberapa teknik bisa dilakukan, dan salah satu yang paling signifikan pengaruhnya adalah dengan mengubah orting intake menjadi model downdraft.┬áIntake port dengan model downdraft membutuhkan ruang yang besar di bagian atas. Oleh karena itu kawasaki memindahkan box filter dari posisi sebeumnya (di bawah jog rider) menjadi di bawah tangki bensi seperti layaknya moge (superbike). Perubahan ini memiliki keuntungan lain yaitu pasokan udara dapat lebih plong dan bisa diatur agar bertekanan (air ram), karena arahnya ke depan, sehingga ve dapat lebih tinggi lagi saat kecepatan tinggi. Perhatikan posisi filter pada ninja 250 fi 2018…

Menurut kang iwb, ninja 250 fi dan ninja 400 fi disainnya identik. Perbedaannya hanya pada kubikasi silinder nya saja. Dan memang jika ingin meningkatkan ve dengan desan standar, desain seperti inilah yang harus dilakukan. Dan desain intake port serta air filter seperti ini sudah diterapkan di honda cbr 250rr.

Pantas saja performa ninja 250 fi 2018 beda tipis dengan cbr 250rr. Lha wong bentuknya intake port dan arah masuknya udara sama, Begitu pula dengan konfigurasi bore x stroke nya hampir sama, cuma beda panjang stroke (cbr 250rr lebih panjang 0.2 mm), makanya penempatan power maksimumnya juga hampir sama.

Sementara itu dulu mas bro, mohon maaf jika ada salah dan kurangya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Advertisements

$where = 0;

One response to “Trik Kawasaki Meningkatkan Power Ninja 250 FI 2018

  1. Tinggal riding-nya nih enakan mana

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan