Ninja 250 FI 2018 Power-nya 39 PS ? Nggak Heran, Biasa Saja Sudah Terprediksi


Assalamu, alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Berita hangat kelahiran ninja250 fi terbaru tersebr luas di jagad maya. Dan yang paling menarik dari info yang beredar terkait ninja terbaru ini adalah performanya yang naik signifikan baik power maupun torsinya. Wajar sih karena saat ini sudah ada rivel yang memiliki power yang terkuat, karnanya ninja 250 fi terbaru harus lebih kuat lagi, seperti yang pernah motogokil sampaikan sebelumnya di artikel ini.

Kehadiran CBR250RR Memaksa Rival-Rivalnya untuk Upgrade

Menurut informasi yang beredar, bersumber dari tokyo motor show, power ninja 250 fi yang akan dirilis tahun 2018 adalah 39 ps / 12500 rpm (naik 7 ps) dan torsinya 23.5 N.m / 10000 rpm (naik 2.5 N.m). Tentu saja kenaikan ini jika ditinjau dari ninja 250 fi versi sebelmnya cukup signifikan. Akan tetapi jika dikomparisikan dengan cbr250rr hanya selisih tipis sekali, power ninja lebih tinggi 0.3 ps, sedangkan torsinya lebih tinggi 0.2 N.m.

Dan untuk mencapai performa tersebut, (menurut motogokil) bagi kawasaki bukan hal sulit, remeh bin gampang. SepertiĀ yang dulu pernah motogokil ulas di artikel ini. Jadi menurut motogokil kawasaki telah melakukan improvement pada beberapa bagian, seperti :

  1. Port intake, untuk meningkatkan efisiensi volumetrik
  2. Kualitas material klep, beserta sudut antara klep in dan ex
  3. Rasio kompresi naik sedikit
  4. Posisi power dan torsi digeser sedikit naik ke putaran yang lebih tinggi.
Kalau Hanya untuk Melawan CBR250RR, Memang Kawasaki Tidak Perlu Engine 4 Silinder

Dan merubah varibel-variabel di atas sangat mudah bagi kawasaki. Apalagi riset balap kawasaki ninja 250fi sudah sangat matang. Sehingga tinggal adopsi saja beberapa bagian dari versi racing nya, upgrade yang dihasilkan cukup signifikan. Berikut ini prediksi variabel penentu performa ninja 250 fi stock

Dan prediksi variabel apa saja yang dirubah pada ninja 250 fi 2018, sehingga powernya naik jadi 39 ps.

Jadi apa yang dilakukan kawasaki tidak terlalu banyak untuk mendongrak power ninja 250 fi, dari 32 ps menjadi 39 ps. Kawasaki hanya perlu melakukan sedikit ubahan di :

  1. Porting intake, mungkin dengan mengubah arah masuknya menjadi downdraft.
  2. Penggeseran power puncak dari 11000 rpm ke 12500 rpm bisa dilakukan kawasaki dengan merevisi beberapa variabel, diantaranya :
    • Intake runner diperpendek
    • Overlap camshaft ditambah sedikit. Jika power band juga ingin semain luas, maka lift nya juga berlu ditambah sedikit (mungkin sekitar 0,5 mm)
    • Sudut klep dipersempit, material klep diperkuat, dan kekuatan pegas ditingkatkan untuk mencegah floating dan tabrakan payung klep, karena sekarang ninja 250 fi akan sering bermain di putaran yang lebih tinggi dari sebelumnya.
    • Ukuran header knalpot harus di desain ulang untuk mendukung ubahan tersebut.
    • ECU harus di mapping ulang untuk mengoptimalkan titik pengapian dan juga setting afr sesuai ubahan di atas.
  3. Dan peningkatan rasio kompresi statsis bisa dilakukan dengan memperkecil (sedikit saja) volume ruang bakar, atau dengan membuat piston versi 2018 lebih cembung sedikit.

Dan kemungkinan besar, dengan kenaikan power sebesar 7 ps, kawasaki akan merubah rasio akhir. Hal ini ditujukan untuk meningkatkan topspeednya. Tentunya semuanya akan dipertimbangkan agar akselerasinya tidak kedodoran, bahkan terasa lebih baik.

Jadi peningkatan performa pada kawasaki ninja 250 fi memang menjadi keharusan. Dan itu bukan suatu pekerjaan yang sulit bagi kawasaki. Kawasaki hanya menunggu waktu yang paling tepat untuk merilisnya.

Owner dan Indener R25 Bakalan Manyun, Ketika All New Ninja250 Keluar

Sampai di sini dulu sobat, mas bro sekalian. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

9 responses to “Ninja 250 FI 2018 Power-nya 39 PS ? Nggak Heran, Biasa Saja Sudah Terprediksi

  1. tapi fitur yg diberikan masih belum setara cbr um.. sepertinya terhalang harga, mungkin new r25 bisa kasih fitur lebih dibanding ninja.

  2. wah lengkap banget nih penjelasanya.. mantap

  3. Masih menunggu karakter keseluruhan saat turun dijalan/sirkuit

  4. Pertanyaanya Pak Dosen… Dgn ubahan seperti ini, bagaimana kans di dunia balap (IRS & AARC)? Kl emang nambahin power dan torsi mudah, kenapa kawasaki kesulitan?

    • rumornya KAGAK BISA BELOK…

    • Bener tuh kata si roy, makanya selain mesin di kilik juga ada perubahan sasis juga ninfi 2018 ini. Dan arrc khususnya kn pake spek stok tuh rata2 jd disinilah kunciannya, tuh diatas dibahas kalo ada perubahan di spek noken as sama kompresi. Ini kan haram hukumnya kalo dirubah di arrc, makanya ninfi kalo mau bertaji disini ya mau g mau hrs homologasi motor baru, ya spek 2018 ini jawabannya. Mudah2an ninfi ini makin berjaya g cuma mwnang nama saja, terlepas dr kontroversi opini mengenai bentuk fisik fairingnya byk yg bilang mirip ini itu (pdhl klo merujuk klan ninja ya ngikutin kakak2nya yg eksis duluan deh). Tp kalo blm liat aslinya kn gk afdol..

    • bukan kesulitan
      tapi tunggu waktu, karena produk masal sangat erat kaitannya dengan pendapatan (duit)
      selama masih laku (meskipun kalah di balapan), biasanya pabrikan tenag-tenang saja

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan