Yamaha All New Vixion dan R15 Merajai Pasar Motor Sport 150 CC Bulan Mei 2017, Inikah Saatnya Kebangkitan Yamaha ???


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Kontroversi terjadi mengenai data distribusi all new r15 yang hanya 52 unit, karena dianggap terlalu kecil. Akhirnya diklarifikasi bahwa angka 52 unit adalah untuk r15 versi lawas. Dan hasil akhir distribusi bulan mei secara valid menunjukkan bahwa all new r15 dan juga all new vixion merajai pasar motor sport 150 cc di tanah air di model full fairing dan naked.

Tentunya hasil ini, seperti biasanya, akan mengundang opini mengenai perkembangan yamaha, khusus nya penguasaan pasar motor sport 150 cc. Ada yang mengarah pada opini positif juga ada yang negatif, sebagai berikut 

  • (Positif) Bangkitnya kekuatan yamaha untuk kembali merebut tahta “raja motor sport 150 cc”
  • (Negatif) Hanya “spike” sesaat, wajar distribusi tinggi karena motor baru, apalagi mendekati lebaran, banyak orang ingin tampil keren dengan motor barunya.

Nah untuk menvalidasi dua opini tersebut di atas, barangkali bisa dibandingkan dengan capaian kedua motor ini di tahun sebelumnya. Khususnya untuk persaingan nva dan ancb di tahun 2016, yang cukup ketat [artikel]. Saat mendekati lebaran vixion (nva) distribusi di bulan mei terlihat naik drastis, jauh mengungguli rivalnya yaitu cb150r dan gsx s150.

Tapi jika melihat efek menunggu, karena sounding all new vixion ber-engine 155 cc vva telah terdengar beberapa bulan sebelumnya. Distribusi vixion di bulan feb-april anjlog dibandingkan distribusi bulan yang sama pada tahun 2016. Maka lebih masuk akal jika yang dibandingkan adalah total atau rata-ratanya (jan-mei). Dan ternyata keduanya baik cb150r maupun vixion sama-sama mengalami penurunan distribusi, tapi vixion terlihat lebih parah dibandingkan cb150r.

Begitu pula komparasi untuk sport full fairing cbr150 dan r15. Distribusi diawal pelencuran r15 vva, menunjukkan kenaikan cukup drastis, bahkan mengalahkan cbr150. Akan tetapi bulan-bulan sebelumnya, juga turun drastis (mungkin juga) akibat efek “menunggu” alias indent, produk yamaha yang lebih fresh. Berikut tabelnya

Hebat ya orang Indonesia, motor yang lebih mahal malah pangsa pasarnya naik. Baik untuk cbr150 maupun r15, semuanya mengalami kenaikan di tahun 2017 ini. Dan data menunjukkan bahwa untuk bulan jan-mei, rata-rata distribusi cbr150 dan r15 mengalami kenaikan. Dan sekali lagi yamaha r15 kalah dibandingkan honda cbr150. Honda cbr150 naik hampir 20% sedangkan yamaha r15 naik hanya hampir 2%. Sedangkan suzuki gsx r150 maupun gsx s150 bisa dianggap anak bawang, karena baru keluar di awal tahun 2017 ini.

Monggo dari data ini silahkan dicocokan mana opini yang paling sesuai. Apakah yamaha dengan produk all new nya, memang mulai menguasai, atau hanya sekedar spike saja (fenomena motor baru). Atau ada opini yang lain…wah ini yang paling menyenangkan untuk didiskusikan.

Mohon maaf, jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

9 responses to “Yamaha All New Vixion dan R15 Merajai Pasar Motor Sport 150 CC Bulan Mei 2017, Inikah Saatnya Kebangkitan Yamaha ???

  1. Kalau r15 naik, itu sudah seharusnya karena harganya ga jauh beda dengan cb dan lebih value.
    Kalo cbr naik, berarti orang indo yang tajir2.

  2. ngisi stok doanx karena bulsn2 sebelumnya ngabisin stok lama…

  3. maaf mlenceng all new vixion r 155 vva belum didistribukan k dealer2

  4. jika
    pemberitaan
    metro tv
    sibuk memojokkan islam

    blog sebelah 3in1
    dan semanhajnya
    malah sibuk
    mengkriminalisasi
    produk2 selain yamaha

    begitu mendewakan
    produk yamaha
    seperti metro tv
    yg begitu mengkultuskan
    jokowi dkk

    alhamdulillah
    blog ini masih
    berimbang dlm
    penulisan beritanya

    jurus penggiringan
    opini publik alias
    pencucian otak
    ala metro tivi
    semoga dijauhkan
    dari blog ini
    amiin

  5. Nunggu mbah prof ngepost gsx 150 podium 2 lawan 250 cc

  6. Mbah darmo gak berani muncul disini ya ??
    Ngoahahaha,

  7. Kalo r155 yakin akan laris om, beda halnya dgn vixion… Bentuk tangki aneh banget…
    Tapi sekali lagi fitur yamaha beyond expectation… 155cc vva asc usd banana arm

    Ane ngarep r25 updatenya melebihi kompetitor…mungkin usd tripledisk, asc, qs,tc,exup, dll.
    Kalo rbw & riding mode ga terlalu penting, krn karakter r25 rpm dibawah 7000 udah mewakili comfort mode, diatas 7000rpm mewakili sport+ mode…

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting