[DIY] Upgrade Ergonomi Satria Fu 150 Fi : Modifikasi Jog

00 titan-black-RedCW

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Saat test ride, terkadang ergonomi motor terasa sudah cukup pas dan memuaskan. Akan tetapi ketika motor digunakan dalam waktu lama (touring) dengan jarak ratusan kilometer, barulah terasa ketidak nyamanannya, termasuk juga satria fu 150 fi (saifufi) ini. Maklum saja, karena motor didesain dengan kondisi rider yang dianggap umum, sehingga kadang tidak memuaskan bagi sebagian rider.

Dan bagi rider seperti ane (tb: 165 cm), masih agak membungkuk karena setang agak rendah. Dan jika ingin agak nyaman, maka duduk harus maju sedikit. Ternyata gerakan duduk agak maju, agar ergonomi menjadi lebih nyaman, ada konsekuensinya, yaitu posisi bokong akan berada pada jog yang lebih sempit dan dengan lapisan busa yang lebih tipis. Alhasil bokong akan lebih cepat panas dan tidak nyaman, lalu bagaimana mengatasinya ???

Untuk menjadikan jog/sadel sesuai dengan kenyamanan duduk yang kita harapakan, maka kita harus berkunjung ke pengerajin/tukang jog motor. Terkadang ada tukang jog yang ahli, yang tahu apa yang kita inginkan, kemudian mereka memodifikasi bentuk jog sesuai keinginan kita. Kemudian kita diperintahkan untuk mencoba, untuk mengetahui bagian mana yang masih kurang nyaman (fitting). Baru kemudian dilakukan finishing.

Tapi banyak juga hasil modifikasi tukang masih belum memuaskan kita, mungkin karena fitting yang kurang optimal, terburu-buru (banyak antrian) dan skill tukang jog yang kurang. Sehingga ketika kita pulang, bahkan ketika masih di perjalanan, sudah terasa pada bagian mana dari jog yang kurang nyaman. Dan suatu saat jika ada waktu, bisa jadi kita berkeinginan untuk mereparasi ulang ke tukang jog yang lebih ahli.

Itulah yang pernah motogokil alami, dan mungkin juga dialami oleh banyak rider. Lalu bagaimana dengan rider-rider yang ingin memodifikasi jog motornya, sementara tidak ada tukang jog yang dekat dengan tempat tinggal nya ? Berikut ini beberapa tip dan trik untuk memodofikasi jog, agar lebih sesuai dengan posisi duduk kita.

Sediakan alat-alatnya, yang terdiri dari :

  1. Kunci pas ukuran 10 untuk membuka baut jog, agar jog lepas dari body/engsel
  2. Obeng minus sedang, kalau bisa yang agak tajam, untuk membuka/mencongkel staples
  3. Tang kecil untuk mencabut staples
  4. Gergaji besi yang tajam
  5. Cutter
  6. Serutan busa jok. Alat 3-4-5 digunakan untuk memodifikasi bentuk busa jog agar sesuai dengan keinginan.

Buka 2 mur 10, untuk melepas jog dari engselnya. Kemudian gunakan obeng minus untuk mencongkel staples dan selanjutnya gunakan tang untuk mencabut staples tersebut.

buka jog dan staples

Lepas lapisan pembungkus jog, sehingga terlihat jelas busanya.

buka lapisan jog dan alat

Selanjutnya silahkan potong sesuai dengan kenyamanan yang diinginkan. Bila perlu digambar terlebih dahulu, baru kemudian dipotong. Lakukan fitting, dengan cara letakkan jog di atas motor, duduki dan rasakan sudah pas apa belum. Jika belum, lanjutkan pemotongan busa, jika sudah lakukan penghalusan dengan menggunakan parutan kelapa, atau parutan buatan (seng dilubangi kecil-kecil kemudian diberi pemegang kayu).

Jika ada yang perlu ditambah, maka harus dilem dengan menggunakan lem sepatu (sejenis aibon). Ratakan lem, di kedua sisi yang ingin direkatkan, tunggu 5-10 menit, rekatkan dengan kuat. Kemudian lakukan modifikasi ulang sampai sesuai dengan keinginan.Setelah itu tutup kembali dengan lapisan dan disteples ulang.

pasang lapisan jog dan stepler

Dan berikut ini hasil dari modifikasi jog hasil karya diy motogokil

jog hasil modif

Bandingkan dengan kondisi orisinalnya

Jpeg

Yang jelas sekarang jog saifufi red bullet jauh lebih nyaman dibandingkan sebelumnya. Baik ketika sedikit maju ke depan, maupun ketika mundur agak ke belakang. Boncenger juga mendapatkan jog yang lebih nyaman karena busanya dipertebal. Tapi kok terasa stang masih terlalu pendek ya, berarti harus dilakukan langkah modifikasi di sektor stang agar tambah nyaman lagi. Sepertinya stang minta ditinggiin sedikit, mungkin dengan menggunakan sambungan (artikel menyusul).

Itulah yang bisa motogokil sampaikan dari pengalaman memodifikasi jog motor secara diy di rumah agar lebih nyaman. Semoga bermanfaat bagi yang ingin memodifikasi jog sendiri di rumah. Lebih dan kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

Advertisements

$where = 0;

4 responses to “[DIY] Upgrade Ergonomi Satria Fu 150 Fi : Modifikasi Jog

  1. Kirain bisa buat prosotan

    Maverick Vinales ke yamaha dan ganti sponsor https://t.co/dzA4uR6OAd

  2. rapi… jok motorku sekalian pak guru… wkwkwk…

    Suzuki Satria FU injeksi emang cakep: http://wp.me/p1eQhG-1Je

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan