Kurva Power All New CB150R Melengkapi Karakternya Sebagai Vixion Killer

all-new-cb150r vs nva

 

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah banyak bocoran all new cb150r yang bertebaran di dunia maya, mulai dari style, fitur dan spesifikasi, memang belum lengkap jika performanya belum dibandingkan dengan rivalnya. Siapa lagi rival cb150r kalau bukan vixion (nva). Nah kebetulan kemarin, baru saja wak haji Taufik men-share bocoran mengenai kurva power dan topspeed dari all new cb150r ini.

Menurut bocoran tersebut new cb150r nanti akan memiliki power sedikit di atas old cb150r dan juga rivalnya. Begitu pula dengan topspeednya lebih tinggi sedikit, sekitar 3 kpj dibandingkan old cb150r. Berikut bocoran dan topspeednya…

power-cb

Jika dilihat spesifikasi power antara old dan new cb150r, yang memiliki nilai sama yaitu 17 ps, maka bisa dipastikan grafik kurva power di atas bukan diukur di poros crankshaft. Karena jika diukur di poros crankshaft seharusnya tinggi puncaknya sama. Jadi kemungkina besar grafik ini merupakan hasil pengukuran di atas mesin dyno, versi ahm

Sedikit kejanggalannya adalah :

  1. Power old cb150r seharusnya tidak terlalu jauh (atau bisa dikatakan hampir sama, terukur di atas dyno) dengan power kompetitor, jika kompetitornya nvl. Tapi jika kompetitornya nva, nggak tahu juga, karena nva sedikit lebih berat dari nvl, akan memberikan twr dan pwr yang sedikit berbeda pada roller drum dyno. Kejanggalan yang lain adalah limiternya yang hampir sama dengan engine k15 (old cb150r), padahal stroke k56 lebih panjang dan redline yang tertera di speedometer all new cb150r lebih rendah.
  2. Begitu pula dengan grafik power all new cb150r, meskipun torsinya meningkat, akan tetapi masih dibawah nvl. Karena meskipun torsi maksimum all new cb150r muncul lebih dahulu 14 N.m / 7000 rpm akan tetapi torsi nvl masih lebih besar sedikit 14.5 N.m / 7500 rpm. Sehingga penggambaran grafiknya tidak terlalu jauh bedanya.
  3. Jika gambar grafik (khusus untuk all new cb150r) tersebut dianggap benar, maka gambar perbandingan antara kompetitor dan old cb150r harusnya seperti ini

Kurva NVL dan CB150R

Atau seperti ini

hasil-dynotest-power-nvl-vs-cb150r-mplus.jpg w=640

Jadi menurut ane gambaran kurva power yang adil adalah seperti ini

k56 nvl k15 power curve

Jadi nvl bisa mengimbangi old cb150r karena torsi yang lebih besar dan ban lebar, sedangkan all new cb150r bisa sedikit melebihi keduanya karena torsi yang lebih besar dari old cb150r, power yang lebih besar dari nvl dan ban yang lebih lebar dari keduanya. Dan pastinya limiter all new cb150r libih rendah dari old cb150r dan kemungkina besar lebih tinggi dari nvl (sekitar 500 rpm), karena stroke lebih pendek.

topspeed-cb1

Jika dilihat dari testimoni-testimoni rider cb150r, topspeed yang dituliskan ahm sangat rendah. Jadi kemungkinan besar  topspeed tersebut adalah versi gps, karena topspeed old cb150r pun hanya 122 kpj (versi ahm). Dan lebih tinggainya all new cb150r dibandingkan versi old, adalah karena torsi dan ban nya yang lebih besar dengan power puncak diraih pada rpm yang lebih rendah. Dan (menurut ane) konfigurasi rasionya akan lebih ringan di gigi-1 s/d 3 dan sama di gigi-4 s/d 6 dibandingkan old cb150. Atau mirip-mirip dengan r15 yang memiliki percepatan 6-speed.

Nah jika sudah seperti ini, tinggal kefanatikan merek saja yang akan dapat mempertahankan kedigjayaan klan vixion. Dan juga kefanatikan terhadap engine overbore saja yang menyebabkan konsumen urung meminang all new cb150r. Sisanya (calon konsumen yang mementingkan style, efisiensi-performa, brand) akan mengarahkan pilihannya ke all new cb150r. Dan jika yang menjadi “sisa” ini relatif besar, maka tumbangnya klan vixion tinggal menunggu waktu……kecuali

Kecuali yimm segera menelurkan all new vixion advance dohc overbore 18 ps. Dan seperti kejadian sebelumnya (awal rilisnya cb150r), maka all new cb150r akan layu sebelum berkembang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

99 Komentar

  1. Masalah topspeed, ketika rilis ahm selalu menampilkan topspeed real yang bisa dicapai dalam keadaan ‘ standar ‘
    Standar maksudnya motor dalam keadaan standar, rider juga standar, ga nunduk segala macam ( atau malah dalam boncengan, karena motor di desain untuk berdua )

    Seperti old cb topspeed 122, verza 110, vario 125 96 kpj, beat 93

    Dalam pengetesan topspeed pabrikan juga ga cuma sekali, tapi berkali2. Dan data yang diambil adalah data yang sering muncul, bukan data tertinggi yang bisa dicapai

    Itulah, kenapa dalam rilis kata2nya ‘BISA mencapai topspeed sekian’ , bukan ‘PERNAH mencapai topspeed sekian’

    Mengenai topspeed semakin bertumbuh, semua topspeed itu semakin bertumbuh, semua rekor itu selalu bertambah semakin baik
    Kenapa? Karena kalau semakin buruk, itu bukan rekor namanya

  2. killing sih enggak.. paling penjualannya nanti 60:40, tetep masih banyakan Vixion

    kecuali CBSF diset 2 juta lebih murah, baru bisa membabat habis sinchan

  3. lho,, sebenarnya kalo mau killing vixi mah gak perlu performa muluk” menurut ane. kenapa?
    ..
    speed old cb150 itu ws di atas nvl jelas terang dan gamblang tanpa ada keraguan sedikit pun!
    (sing gak trimo mrinio tak duduhi buktine! :D)
    ..
    ane jg punya Y punya H,, secara kualitas bungkus (eksterior) Y menang telak drpd H, lha bandingin aja old cb150 vs nvl, dijejerin.. gak perlu melek ws,, diraba aja udah pasti banyak yg pilih nvl. Itu makanya nvl masih di atas angin, liat buntut nya aja ws bikin EYEGASM! 😀
    ,,
    yg penting tampang dulu deh, performa udh menang telak kok dari lahir gak ush bingung”! wakakakkkkkk 😀
    ..
    (btw masa cuma 125kpj? kurang ahh (walopun vixi jg udh gak nympe segitu!) 😀

  4. memang fanatik buta yang gila merek yang gak mau terima cb lebih bagus mesinnya daripada nva. karena sohc itu dah maksimal.jadi jalan keluarnya ya harus dohc. sohc bisa tinggi tapi mau dikasihh harga berapa dengan pemakaian bahan yang lebih bagus juga. udah tau kan mesin vixion bnyak yang jebol dipaksa dirpm tinggi.blum lagi kualitas laiinnya seperti shock.

    • Bagi orang2 yg ngerti mesin, saya yakin gak ada satupun yg bilang dohc lebih baik dari sohc. Masing2 ada kelebihan dan kekurangan masing2 sama dengan overbore dan overstroke sama dengan daya kuda vs torsi. Setiap mesin diciptakan dengan range kerja masing2.. kecuali konteks pembicaraannya ttg mesin motor balap. Nah ini motor harian.. kalo kasus mesin vixion yg makan oli atau cb yg klotok2, itu murni kesalahan dari produsen, bukan desain dan type mesin. Sekarang siapa yg fanatik buta, gila merek dan termakan iklan tanpa mau belajar dan cari tau. Tinggal cari di google aja males..!!!

        • Orang seperti itu seperti memakan kotoran sendiri. Terus2an membodohi diri sendiri.. gak pernah mau cari yg benar, asal ikut arus yg dibenarkan banyak orang dia sudah percaya dan otaknya makin membenarkan apa yg di ikutinya itu, semakin bodoh lah dia.. itukan tujuan produsen jepang sekaligus santapan lezat mereka

      • Trs kenapa produsen bikin tipe mesin beda dong…kalo emang gak lebihbbaik dari tipe satunya…gak efisien dong..

        Pasti ada lebihnya…iya kan,kalo sama y mending pasang aja sohc semua…di balap motor dunia juga sohc aja…

      • Setuju sekali. Ane sih penasaran bagaimana seandainya mesin vixion dibikin overbore, ato square. Punya mesin yg efisien sayang harus bikin baru lagi.

  5. Beli motor ato apapun itu masalah selera. karena suka itu g bisa dipaksakan bukan masalah fanatik buta. sebagus apapun menurut loe bisa dibilang jelek oleh orang laen. barang bagus dijual murah kalo menurut yg g suka ttp aja dibilang mahal. barang jelek dijual mahal kalo menurut yg suka ttp aj dibilang murah.

    • yang di test ahm y?
      yang power on crank sama power on wheel gedean power on wheel?

      gimana caranya tuh?
      konsumen g bego x, bc kok g habis2nya

  6. soal power, vixion msh SOHC 4valve tp dibuat stroke 45 mm, yakin power tembus 20PS, gak usah DOHC, boros produksi n kurang efisien coz perlu muter 2 camshaft, mirip yaris vs jazz lah, jazz SOHC msh mampu jabanin yaris yg DOHC

    • Bandingin mesin honda yg udah i-vtec sm mesin motor,. Motormu masih pake kabel gas kan, lift klepmu masih kuno blm variable kan???

    • Ini bandingin mesin yaris ma jazz
      Dah beda level
      Kalo mau bandingin tu yang selevel
      Jazz terbaru itu di jepang ada 2 versi, SOHC dan DOHC
      Walaupun jazz sohc lebih baik dari dohc yaris, tapi jazz dohc lebih baik lagi

      Intinya, jazz sohc ga akan mampu menandingi jazz dohc

  7. barang blm di tangan jgn blg saingan dulu bang..ingat prinsip dasar jpg itu kerja sama sangat baik..jgn terkecohhhh mulu ahh..Ga akab ada model atau mesin yg mepet persis..antara itu 2..

  8. Menurut ane sih versi kali ini udh bisa kok jabanin penjualan vixi kok. Ane udh dapet keluhan stagnan dari temen” yg pake vixi, semua pada bilang cuma gitu” aja… malah ada kasus nvl klo aki tekor gak mau nyala dan ini BUKAN BUG menurut mekanik Y malah ini karakter ECU nya, tp kalo di NVL MESIN GOLD udah dibenahi (ni kata mekanik Y lho,, ane cuma ketik aja)
    ..
    Vixi udah dalam tahap jenuh, ya macam satria, tiger, mio, dll
    meraka sama” pernah jd raja,, tp klo rakyat udah jenuh ya mesti pemilu ulang. Nah kandidat baru yg ini kalo menurut ane fresh banget, mulai dari mesin sampe tampang.
    ..
    Sebnarnya kalo mau keokin vixi sampe njungkel kurang satu syarat :
    MESTINYA SPLIT SEAT!! 😀

  9. justru yg bikin ane bingung klo verza sdh sukses jd motor sport masyarakat (dibeli krn murni kebutuhan gak pake ngoceh keren gw & keren elo)… terus megapro masih diproduksi buat apa ya?
    segmen pasar nya sapa coba?! wakakakkkkkk 😀
    motor sport paling naggung yg pernah ane pake 😀
    kelebihan nya apa coba selain suara knalpot nya yg ngebas lembut? 😀

    • nga usah bingung om,

      itu khan produk cuma u/ bertahan dari gempuran yamaha aja pada saat itu,

      dimana mega pro dah ngak bisa berbuat apa-apa pada saat itu,

      dan dimana ahm lagi konsen penuh ke matic, belum urusin sport spt sekarang,

      cari jln pintas, ambil design dari india. u/ sekedar bertahan

      kalu ngak salah nmp karbu dah ngak diproduksi lagi,

      plg abisin stock

      yg fi juga khan ngak banyak om,

      emang sih , suaranya kalu tuh motor lagi dipanasin,

      merdu banget,

      coba tuh suara di pindah ke new cb, lebih bgaus kayanya

      • iya bener,, suara knalpot megi emg macho hahaha..
        ntah knp ahm akhir” ni bikin sport cempreng semua suara knalpot nya,, lebih” yg mampu berkitir di rpm tinggi makin cempreng dg lubang makin kecil, mungkin cari back presure nya kali ya, jd kerja hisapan klep gak berat” amat saat maen rpm tinggi 😀
        tp harusnya kan ada material ato konfigurasi knalpot yg lebih menghasilkan suara lebih merdu walopun lubang kecil 😀
        contoh :
        cbr thai vs cbr k45
        thai lebih pendek & padet,, sedang k45 lbh panjang.. ehhh suaranya jauuuhhh… cbr thai merdu, lebih dalem,, justru k45 cempreng pol! 😀
        ..
        so,, suara new cb bisa lebih ngebas klo menurut ane.. tp gak semerdu megi kayaknya… (jd inget klo nyanding megi waktu manasin, megi bleyer berasa nyanding moge 😀 )

        • yach kalu lubang kecil,

          khan otomatis udara yg keluar bertekanan lebih tinggi daripada yg berlubang besar,

          otomatis suara lebih cempreng dan memberi daya dorong lebih gede

  10. soal style deltabox lebih kece daripada teralis,,
    kalo mau all out harusnya frame cibi ganti dgn punyae nsr sp,,wkkkkk

  11. Sbenernya tinggal tentukan ingin sperti apa dipakai nya.misalkan lebih bnyk dalkot yg ramai lalu lintas, lampu merah dll. motor dg karakter torsi mulai ngangkat dri low ke mid range yg lebih tepat . dari pd motor yg torque band nya muncul di high rpm. Krena gak akan efektif utk city riding.

    Karakter sohc tepat utk menghasilkan torsi di low ke mid range. walaupun mesin sohc dg 4 klep jga bisa potensial mengeluarkan torsi di rpm tinggi. Karena valvetrain dan single camshaft membuat lebih ringan.bisa revving lebih tinggi dan cepat.

    Utk yg suka topspeed, nge dracg, mesin dohc bisa ideal VE nya di rpm tinggi. Hp dan torsi besar keluar di rpm atas. Hanya aja torsi rpm low – mid jdi lemot. Memang gak bisa pengen kedua nya.musti pilih salah satu sesuai kebutuhan. Kecuali pakai sistim variable timing seperti ducati multistrada. Torsi low dan high rpm nya dapat semua.

        • saya ngak ngerti mesin om

          cuma pernah komen gitu ke om madev, mantan dedengkot ymh

          ymh mesti buat mt 150 dgn dohc plus vva ,

          mesti beda ama dohc ahm, karena kalu sama,

          dianggap ikuti ahm dan juga bisa dianggap sohc nvl dan kalah,

          ngak bisa andelin jual desingan aja jaman sekarang

          • Ya mungkin itu kali pak variable vakve actuation.. Klau itu jdi bagus sekali. Krena belum ada di motor kapasitas kecil. Torsi mesin akan ada terus mulai dari liw sampai higj rpm.

            Krena akselerasi atau istilah jambakan itu dri besarnya torsi, bukan horsepower.

            Hp itu statik di tiap rpm. Hp besar di rpm tinggi efektif utk yg mau ngebut cari topspeed. Utk akselerasi cepat pilih yg paling besar torsinya

            Ducati aplikasi sistim tsb dg nama dynamic valve timing di motor multistrada 2015

      • Dohc utk marketing lebih menarik mungkin pak. Krena klau gak dohc gak high tech. Padahal mesin dohc itu sdh cukup lama di mobil dan motor. Di tahun 60 an mesin dohc udh diproduksi. Sebenernya utk mesin yg area torsi di rpm bawah dan tengah, mesin sohc efektif dg klep yg lebih kecil. Torsi bisa lebih kuat.

        Tapi kembali ke anggapan bnyk orang disini kalau mesin sohc itu kuno dll. Padahal tidak benar

        • Saya paling suka komentar2 anda. Kalo di baca itu gak serasa kayak sapi yg idungnya di colok.. iya2 aja apa kata orang. Pasti wawasan anda luas dan mau belajar dan cari tau sendiri.. gak kyk kebanyakan org yg dohc, variable valve, downdraft intake, dianggap kayak teknologi tercanggih, gak mau cari tau, paling bisa request dbikin artikel, kalo artikelnya bersambung, hanya bisa nunggu artikel sambungan selanjutnya, yah tipikal orang bodoh yg gampang dibodoh-bodohi pabrikan. Keep good comment bro. 2 thumb up

          • gini aja bro,, motor mana di Indonesia yg sudah pake dohc, rra, single lobe cam, elektromagnetic rotor, plain bearing crank, sudut valve 30 derajat, downdraft jd satu komposisi engine?!
            ..
            ane jg bukan fansboy,, jijik malah sama fansboy.. tp ane ngerti banget kalo gak cuman ane yg penasaran,, bahkan empu-empu enginee tuner jg penasaran sm komposisi mesin ini. Karena BELUM ADA YANG MAKE DI INDONESIA SAMPE SEKARANG!
            ..
            emg semua istilah di atas bukan hal yg baru dari dunia otomotif kalo lu bandinginya sama mobil ato moge. Kita ni bahas masalah motor 150cc bro, motor rakyat.. yg selama bertahun tahun banyak yg cuman ganti striping dan batok lampu WTF!!
            so,, itu bukan sesuatu yg baru menurut lu?
            akhirnya gw paham kenapa vixi itu sangat laris di sini, cocok banget sm segmen pasar nya! hahahaaaa… 😀

          • khan bapak ini komentator beneran om,

            bukan komentator bayaran,

            bisa diliat komen-komenya lah,

            ngak pernah BC, ngak nyerang invidivu,

            tapi kasih penjelasan secara keilmuan

        • yach pak dosen, saya paham, mesin dohc dah lama,

          sohc juga

          dan keduanya msg-msg punya kelebihan dan kkurangan

          dah itu aja pahamnya,

          karena saya ngertinya teknik industri,

          jadi secara general aja

          karena teknplogi permesinanan khusunya otomotif emang

          perkembangan teknolginya tdk secepat teknologi informasi

    • tp karakternya motor di indonesia sukanya jalan lurus om alias nge drag. jd incerannya topspeed, apalagi anak seukuran tanggung yg masih abg, berbeda kalau sudah usia matang. jd semua tergantung segmentasi tuh motor di produksi dan ditujukan ke pasar mana? yah pasti seru juga kalau sampai yamahan keluarin sport dengan VVA seperti punya NMAX, nanti honda juga keluarin hyper-VTEC, trus suzuki juga keluarin seperti dynamic variable timing punyanya ducati.

  12. Banyak cara ngakalin performa mesin standar.
    Dari camshalf & silincer juga bisa. Ngak musti bergantung dgn teknologi mahal.
    Yg penting speknya kasta tertinggi stroke 53,5mm-54,5mm, high kompresi plus radiator.

  13. DOHC ato SOHC
    Over stroke, square, ato overbore
    diaplikasikan k motor sudah disesuaikan
    klu SOHC lbh cocok k overstroke, square, overbore trgantung keperluan
    klu DOHC plg cocok untuk overbore maximum square, jg disesuaikan fungsinya
    cuma kelebihan dohc jk digunakan pd putaran tinggi dg lift noken as extrem akn lbh stabil dan awet drpd sohc jk diuji ketahanannya, biasanya penyakit sohc itu batang klep mlecor
    trus ada yg bilang vixi kencang, ya biasa aja, itu krn noken asnya punya durasi dan lift yg tinggi, klu honda umumnya rendah2

  14. Sohc dg 2 klep ideal utk hasilkan area torsi (torque band) di rpm bawah – tengah. Valve area yg kecil membuat flow lebih cepat ke ruang bakar. Pembakaran sempurna menghasilkan ledakan. menekan piston dan menyalurkan torsi ke ban blkng. Vo eficiency bisa maks. Tapi begitu rpm bertambah tinggi, flow udara/bbm gak bisa memenuhi lgi yg dibutuhkan di ruang bakar, maka torsi telah mencapai maks nya, dan drop.

    Supaya curva torsi tetap naik , mesin perlu flow yg lebih besar dan lebih cepat lgi. yaitu dg bukaan klep yg lebih tinggi dan durasi yg lebih lama. Utk itu harus ganti camshaft, ganti throttle body yg lebih besar dan size klep yg lebih besar atau pakai silinder head dg 3 atau 4 klep. Dan porting perbesar intake lgi. Semua sesuai dg ukurannya. Tapi dg perubahan ini akan mengorbankan VE di rpm bawah dan tengah. Torsinya jdi lemot.

    Mesin dohc juga bisa utk hasilkan torsi di rpm bawah dan tengah. Dulu mesin toyota 2T-G dohc 8 klep, menghasilkan torsi yg kuat di low dan mid rpm. Terus ada mesin toyota 4A-G dohc 16 klep yg torsi nya narik di rpm tengah sampai atas.

    Jdi tergantung design nya. Utk dapatkan torsi di low – mid rpm, yg sohc 2 klep lebih ideal. dan utk hasilkan hp dan torsi maks di rpm atas, dohc lebih ideal dg 4 klep.

    • Mesin honda D16 sohc 12 valve vtec bisa sama efisien dg mesin honda B16 dohc 16 klep di rpm 6000-7000. Di rpm low- mid, D16 torsinya lebih kuat krena valve area yg lebih kecil. Tpi di putaran 7000- 8000 keatas yg memerlukan flow yg besar supaya VE tercapai, mesin B16 dohc dg 16 klep menghasilkan hp dan torsi lebih optimal.

      Untk hasilkan torsi kuat dri rpm bawah dan tengah, bnyk mobil pakai mesin sohc. Sama halnya jga motor

      Cylinder press menciptakan torsi terjdi setelah ledakan. Mencapai maks nya sekitar 30 drajat stelah titik mati atas(ATDC) kemudian efektif mendorong crankshaft sampai sudut 90 derajat.

      Jdi bentuk mesin oversquare tetap bisa menghasilkan torsi di rpm bawah dan tengah. Asalkan VE tercapai dg seting yg seharusnya.

    • 4A-G yang 20 klep om ? lebih beringas tuh.. btw kalau mesin 2 klep jadi inget kubah HEMI, referensi kebanyakan di amerika yah om. krn surganya muscle car pakai 2 klep. bisa juga tuh adaptasi tuning kubah ruang bakar motor dengan konsep HEMI Engine.

      • bener pak…4A-GE 20 klep tipe cyl head blacktop. hasil riset toyota sama yamaha. klau gak salah cyl head 20 klep patetnt nya yamaha. mesin utk high revving, torsi nya di rpm atas

        hemispheric combustion chamber mesin old school. big & small block amerika. busi ditengah 2 klep dan pakai push-rod.

        mesin jadul toyota 2T-G DOHC 8 klep juga Hemi. dulu tahun 85 an bnyk yg pakai disini di mobil rally corolla GT.

        • Om @arena Sepeda Motor : corolla rally gt wuih barang jarang tuh di Indonesia ? apalagi ae86. Palingan ambil blacktop buat di taro di great corolla atau 4A-GTE (turbo) biasa di pakai starlet. Tapi baru tahu 2T-G ada DOHC 8Klep ? yang setahu saya ada mesin pakai direct SHIM driven 2 klep ya Fiat UNO II tuh di rumah punya kakak ngejogrok aja di garasi.

          Iya Hemi bisa di tiru modifikasi buat kebanyakan mesin motor cc kecil dengan teknik shrouding di bibir dudukan klep, trus desain kubah, pengubahan rocker arm untuk daya ungkit diperbesar rasionya. mantep deh rasa torsinya lebih berguna di jalanan stop n go atau tanjakan

          • di jakarta dulu mesin 2T-GE bnyk jga dipasang di corolla DX. jga ada yg di stroke-up pakai crankshaft mesin 3T dan piston 89mm. kubikasi naik dri 1600cc jdi 2000cc. walaupun udh EFI, tapi kebanyakan diganti dg karburator 4 barrel sperti merk Weber atau Del’orto size 42mm – 45m. hp nya lebih besar dri EFI. kompresi rasio statis 11.5 pakai piston high comp merk TOM’S. camshaft TRD intake 272, exhaust, overlap 68 untuk dapat torsi dri low ke mid rpm. pakai header, 4-2-1 freeflow. tpi jaman dulu gak ada tukang knalpot yg bisa bagus bikin lekukan headernya. jdi harus beli aftermarket jga merk TRD

            toyota levin AE86 mesin udh pakai 4A-GE 16 klep. kalau yg turbo lebih enak lagi, torsinya melimpah pak

            bener bentuk HEMI efisien pembakarannya. karena 2 klep bagus untk torsi di rpm rendah dan tengah.

          • Dulu blum ada alat piggyback sperti merk Dastek. Jdi EFI nya gak bisa di tune. Cara lain ganti dg karbu racing 4 barrel.

            Klau utk EFI motor skarang sperti merk dynojet power commander plus Autotune nya atau merk Bazzaz dll. EFI lebih mudah di tune AFR nya utk dpt kan power & torsi maks.

          • Aplikasi turbo sekarang mudah pak.bisa meracik sendiri komponennya. UNO non turbo bisa dijadikan turbo. Turbin, wastegate, blow-off valve yg seken sepertinya ada.intercooler nya jga. Klau boost nya gak tinggi, misalkan 5-6 psi, mesin bisa tetap dlm keadaan standard. Gak perlu turunkan kompresi statis nya.

  15. Pada mesin single silinder 4 tak. Ada 4 langkah. hisap,kompresi,pembakaran dan pembuangan.
    Inti penghasil Torsi pada mesin 4tak single silinder itu utamanya dihasilkan dari momen putar berat bandul crankshalf yg berputar sedangkan torsi yg dihasilkan dari ledakan combution chamber terlalu kecil. Kecuali pada mesin 4 silinder crossplane crankshalf tiap langkah piston akan terjadi ledakan combution chamber disalah satu silindernya. Jadi power dan torsinya selalu ngisi tiap rpm.
    Pada mesin mobil 4 silinder 4tak piston 1,4 bergerak bersamaan & bergantian dgn piston 2,3. Mirip mesin 2 silinder.hisap, kompresi, bakar, pembuangan. Jadi masih ada jeda jadi masih bergantung berat crackshalf sbg penghasil torsi utama.

  16. sepertinya utk mesin vixion SOHC masih punya 1 senjata yg bisa dimainkan buat mengcounter newCB, dan ini dah siap utk upgrade power tp ttap efisien, yaitu tekno VVA yg dah dipake NMAX, pake variable valve jelas torsi bawah kena, power atas juga dapet… tunggu aja tanggal mainnya….

  17. ahh para pembela sohc overcrutt sedang membela diri.jangan jilat ludah dan kotoran sendiri klo yamaha keluarkan dohc 150 cc juga.wkkkkeke

  18. di single silinder penghasil torsi juga dari ledakan pada saat proses langkah pembakaran (power stroke) . kemudian berat flywheel yang meneruskan torsi pada saat mesin melakukan proses langkah buang, hisap, kompresi. Flywheel juga fungsinya menghaluskan sentakan dari langkah pembakaran mesin 1 silinder, terutama di rpm rendah.

    semakin tercapai VE di ruang bakar pada rpm tertentu, semakin besar torsi yang dihasilkan dari ledakan atau power stroke. Torque band mengikuti efisiensi volume di ruang bakar yang tercapai di tiap rpm. ini tergantung dari profil camshaft nya. kemudian bentuk silinder head, intake-exhaust port. size throttle body dll.

    sebernaya torsi maks mesin yang paling berperan dari pada hp maks mesin utk pemakaian di jalan raya. karena torsi yang membuat akselerasi motor jdi cepat. Cuma sdh terlanjur horsepower lebih dikenal dari pada torsi. horsepower lebih menarik utk marketing.

    untuk pemakaian jalan raya yg bnyk stop n go, biasanya pada rpm 2500-7000 rpm. mesin yg torque band nya muncul di rpm tersebut yang paling tepat. motor bisa akselerasi dg baik karena torsi yang sudah tersedia.

    motor yg torque band nya muncul di 6000 rpm keatas misalnya, maka di rpm 2500 ke 6000 nya agak lambat karena mesin belum mencapai efisiensi nya. motor dg karakter ini mencapai torsi maks di rpm yg lebih tinggi lagi sekitar 10000 an.

    jdi tergantung kembali ke pilihan pemakaian masing2. mau mesin yg torque band nya muncul di rpm rendah dan tengah atau mesin yg torque band nya mulai narik pada rpm tengah ke atas.

  19. Dohc maupun sohc hampir sama saja mau mobil atau motor dilihat dari diameter klepnya, mesin tegak in=60-70%(d) diameter piston, sedangkan out 40-50%(d).
    Sudut klep menentukan kompresi statis mesin.
    Kelebihan DOHC lbh mudah merubah durasi camshalf tinggal geser2 dudukan gear kemnya dibandingkan SOHC musti dipapas/tambah daging camshalfnya.
    Durasi camshalf biasanya untuk mengolah power dan torsi mesin.
    jika torsinya kecil dirpm rendah atau pengen powernya besar dirpm tinggi krn overlapnya diperbesar maka langkah kompresi diperkecil = derajat in close diperbesar. Tujuannya agar pada saat torsinya sudah cukup besar crackshalfnya kuat mengkompresi ruang bakar yg semakin padat dirpm atas.
    Contoh cbsf dimana overlapnya 0° sedangkan in closenya 35° setelah TMB = langkah kompresi 145° sebelum TMA.
    Sedangkan NVL overlapnya 58° dan in closenya 59° setelah TMB= langkah kompresi 121° sebelum TMA.
    Langkah kompresi 145° sebenarnya lbh berat dibandingkan langkah kompresi 121°, namun krn cbsf overlapnya 0° kompresi dinamisnya konstan dirpm berapapun sedangkan NVL overlap 58° kompresi dinamisnya akan terus meningkat seiring tingginya rpm.
    Pengaturan backpressure sangat dipengaruhi sama turbulensi, volume sekat2, panjang pipa leher & pipa disekat silincernya.
    Untuk selanjutnya tinggal dikembangkan dgn logika masing2…. Xixixixixixixi

    • *kompresi statis kalau gak salah ditentukan dg volume cc di titik mati atas(TDC) berbanding volume cc di titik mati bawah (BDC)

      *mesin sohc mobil sperti honda d16 bisa di rubah cam timingnya jga dg pakai adjustable cam sprocket. misalkan mau di advance atau di retard. tapi gak tahu jga kalau di motor sohc?

      *kompresi dinamis bukannya tetap konstan juga pak? hanya aja lebih rendah dari kompresi statik nya. Kalau gak salah kompresi dinamis dihitung pas klep intake close setelah TMB pada langkah kompresi. Misalkan klep intake close di 35 derajat setelah TMB. Dimana piston sudah naik dari posisi TMB. swept volume di silinder nya sudah berkurang.

      kalau salah, mohon dibetulkan pak . tks 🙂

    • Mesin honda civic d16, Bore 75mm x stroke 91mm sepertinya mesin mobil keluarga yg didesain irit dibandingkan mesin sport high performa dgn spec overbore seperti fiat uno turbo.
      mesin d16 sudah dibekali VTEC (variable valve timing & lift electronic control)
      Biasanya sudah disetting lbh efisien dan powerfull di tiap rpm. Jadi saya rasa ngak perlu modifikasi kerenggangan klepnya.
      pada mesin inj cbsf dohc Bore 63,5 x stroke 47,2mm, ukuran klep in 2x24mm (75%d) biasanya throttle body 30mm lebih besar dari karbu biasa tujuannya agar bisa memasukan udara sebanyak2nya dalam waktu singkat ditambah double spring valve Shg lbh presisi menutup klep. Jd turunnya kompresi dinamis jika pun ada sangat kecil.

      • Kbetulan dulu sama teman2 suka modif mobil pak. Mesin honda d16 yg bukan vtec biasa cam sprocketnya diganti dg yg adjustable utk set advance atau retard. D16 sohc bnyk yg upgrade high performance di engine internal nya.

        Katanya kompresi dinamis tdk berubah. sama halnya dg kompresi statis. Yg berubah adalah cylinder pressure, mengikuti putaran mesin.mungkin sy salah dengar .

        Klau double spring tujuannya supaya klep intake/ exhaust gak floating yg bisa berakibat menabrak piston di rpm tinggi. Itu biasanya di aplikasi utk mesin spek balap yg durasi dan bukaan valve lift nya tinggi.

  20. Buat yg speedlover kayaknya gak bakaln standart lgi pak dosen. Paling gampang tinggal comot piston old cb.. (Inget tiger pake piston suzi carry)..

  21. all-new cbsf unggul hampir disemua aspek atas nva kalo sampe kaga bisa juga ngatasi penjualan sport yamaha berarti masih banyak orang2 bodoh nan fanatik buta aja

  22. Untuk matiin VN yang downgrade 5 speed sohc dujual 23 jt (gilaa untung nya gede bgtttt) ahh fby ini, cukup Kawak buat ninja 150 4 tak 6 speed dohc kasih 20 jt utk 1 tahun awal..Ga kan? GA akan spt ga ada itu thunder 150 atau gixer lah fxr reborn lah..dibodohin mulu laskar suzuki..kwkkkkkk…karena jika ada, ini saling mematikan antar pabrikan jpg YANG mana GA akan..

  23. Untuk matiin VN yang downgrade 5 speed sohc dujual 23 jt (gilaa untung nya gede bgtttt) ahh fby ini,. cukup Kawak buat ninja 150 4 tak 6 speed dohc kasih 20 jt utk 1 tahun awal..
    Ga akan ada kan? GA akan spt ga ada itu thunder 150 atau gixer lah fxr reborn lah..dibodohin mulu laskar suzuki..kwkkkkkkkkkkk…
    karena jika ada, ini saling mematikan antar pabrikan jpg YANG mana GA akan..

1 Trackback / Pingback

  1. Kebijakan Honda (AHM) Berubah Ketika Tak Kunjung Mampu Menumbangkan Vixion | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan