Akankah All New CB150R Facelift Mengkudeta Hati Calon Konsumen NVA ???

Diposting pada

all-new-cb150r vs nva

 

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Judul di atas bukan tanpa alasan, tetapi sangat beralasan. Alasannya adalah hasil komparasi total antara all new cb150r dan nva, seperti yang telah motogokil tulis di atikel sebelumnya. Dari komparasi tersebut, yang akan sangat menjadi pertimbangan utama bagi calon konsumen new vixion adalah masalah style, karena tampak jelas di depan mata. Sedangkan masalah performance, fitur, handling maupun potensi upgrade mungkin akan menjadi nilai plus dan minus yang akan “sedikit” dipertimbangkan.

Sering sekali tertulis dalam komentar di banyak forum, sebuah pernyataan yang memang sangat baik untuk diterapkan bagi seorang rider, yaitu :

“Buat apa kenceng-kenceng, nanti gantengnya (style) nggak kelihatan”

Dan sudah tahu toh siapa yang sering mengagung-agungkan style ?

Sementara fans boy rival mengagung-agungkan performa (topspeed), fitur dan potensi (6-speed, DOHC) serta handling.

Dan ketika new cb150r facelift datang dengan gabungan dari kelebihan-kelebihan 2 motor di atas, (tentunya juga disertai beberapa kekurangannya), maka kira-kira beginilah tanggapan dari masing-masing calon konsumen dari basis vixion dan cb150r :

  • Calon konsumen dari basis vixion : ” Wih !!! Dari bocoran, style new cb150r lebih mantab dibandingkan nva, speedo full digital, headlamp led, ban lebih gambot, spakbor belakang lebih racy dan lain-lain. Apalagi ditambah dengan engine yang sudah dohc dan 6-speed lagi. Jadi nggak perlu upgrade dari 5-speed ke 6-speed, mantab.”

new style new cb150r

  • Calon konsumen dari basis cb150r : “Yaah bocoran spek engine nya payah, sudah tidak overbore lagi, mana bobotnya tambah berat, sudah pasti akselerasinya kalah dibandingkan old cb150r.”

engine k15 vs k56 perf comp

Dari contoh 2 tanggapan ini maka kemungkinan yang akan terjadi adalah :

  • Akan banyak calon konsumen yang tadinya melirik nva, akan mencoba untuk menahan keinginannya membeli nva, menunggu hadirnya all new cb150r facelift. Jika ternyata ekapektasinya benar, maka akan banyak calon konsumen nva beralih ke new cb150r.
  • Sementara dari bagian fbh kalaupun ada yang tertarik untuk meminang all new cb150r, mereka akan memiliki peinsip yang sama yaitu style nomor 1, performa dan lain-lain berikutnya. Ada juga yang meminang new cb150r dengan setengah hati, dan berniat suatu saat performanya akan di-upgrade dengan menggunakan piston yang lebih besar.

Dari kondisi ini spertinya ahm akan menambah market share motor sport 150cc bukan dari basis peminat cb150r, akan tetapi lebih banyak dari basis peminat nva. Dalam artian ahm sengaja ingin mengerogoti pasar vixion.

Sekian artikel ringan ini, semoag bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

24 thoughts on “Akankah All New CB150R Facelift Mengkudeta Hati Calon Konsumen NVA ???

  1. Ngrikiti MS tonggone koyo tikus wae.
    Yg dilirik nih para pengunjung dikami krn;
    1. Tampilannya/style Ok ganteng
    2. Potensi untuk upgrade dg stroke 57,8 yg didukung dohc rra jelas lbh joz.
    3. Kasih tahu tuh ada passbeam ma engine killnya . Ada yg masa bodo, ada yg dtambah sendiri, ada yg mnyayangkan jg.
    4. Regone piro, asal gk trlalu mahal yo jozzz..

    Itu sekilas keinginan bbrapa org yg tentunya tdk mwakili keseluruhan org diIndonesia, krn ada yg gk mau gnti motor ttp setia sama CB jadul ma GL jadul, Old Vixi…

  2. Itu sudah jelas pak dosen yg super ganteng.. Sbgai speed lovers wajib hukumnya d ganti piston old cb150. Kalo bisa malah d boreup skaluan pake piston cbr250.. Hhh.. Efek dari tiger piston susi carry yg ga ada generasi penerusny..

  3. Mgkn saya salah satunya pak dosen, krn nvl yg mesin 1pa ngebu. Awalnya mau ganti nva yg katanya sdh gak pake 1pa tp stlh ada bocoran2 new cb, jd nunggu new cb lounching. Kepincut dg fitur2 dan mesin dohc yg square, klo dohc kan identik dg bore tp ini new cb malah square jd pas dg saya yg tinggal diperkotaan. Nvl dilego walo harga jatuhnya lumayan tp tak apalah yg penting bs minang new cb.

  4. Adikku wis mari tak tukokno CBR150R repsol pas launcing biyen, jd wis gak ngenteni maneh 😀

    nek aku wis cukup matic wae lbh fungsional vario150 black mate

  5. punya banyak plant,
    beli kredit atau cash dilayani,
    kalau yang yahaha salesnya bilang :
    oh ini model baru tersedia jika anda ambil dgn opsi kredit dp skian cicilan skian selama sekian puluh bulan
    dan bla bla bla
    ,.

  6. Kalo menurut pak dosen apakah bapak minat juga all new cb150 ini? Secara koleksinnya udah ada mesin DOHC overbore (cbr), mesin SOHC overstroke (nvl). Mungkin koleksi pak dosen mau dilengkapi juga dengan mesin DOHC square overstroke?

    1. nggak minat
      di rumah sudah ada NVL yang SOHC overstroke dan cbr150 yang DOHC overbore
      sudah tahu mana yang paling digjaya di dalam kota dan di luar kota

  7. Gak tertarik pak dosen…masih mnding satria FU saya…saya lebih tertarik motor yg 1000cc lebih mantab tp lom kebeli beli…

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan