Mau Bilang Apa…Kalau Kenyataannya All New CB150R = NVA ++

all-new-cb150r vs nva RED

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Setelah banyak gambar all new cb150r bertebaran di dunia maya, maka sekain jelas sudah penampakan all new cb150r yang akan dirilis 5 agustus 2105 besok. Dan tentunya akan sangat menarik ketika kita mencoba membandingkannya denga sang rival yang tidak lain adalah new vixion advance. Kebetulan ada gambar dari kedua motor tersebut yang berwarna merah, jadi sangat menggalau hati calon konsumen, motor sport 150cc.

Dari gambar judul, jika kita lihat “hanya” penampilannya saja, sudah terlihat perbedaan, kelebihan dan kekurangan ke dua motor tersebut. Sekarang mari kita rinci point-point penampilan yang bisa dibandingkan …

all-new-cb150r vs nva comparison

Dan inilah komparasinya

  1. Lampu all new cb150r = lampu nva + led
  2. Ban velg-depan/belakang  all new cb150r = velg-ban nva + lebih lebar 1 step
  3. Discbrake  all new cb150r = disc brake nva + lebih lebar beberapa mm
  4. Engine  all new cb150r = engine nva sama-sama near square + dohc/lebih sangar
  5. Frame  all new cb150r = frame nva (relatif) tapi frame deltabox nva lebih keren **
  6. Rear grip  all new cb150r = rear grip nva (relatif) grip nva lebih keren, tapi grip all new cb150r lebih fungsional
  7. Dan lain-lain yang belum disebutkan, misalnya speedometer (menang cb-full digital), engine kill switch-pass beam (menang nva , di cb tidak ada), under cowel (menang nva, di cb tidak ada), stoplamp (menang cb-led).

** Kadang frame trelis terasa lebih keren dibandingkan deltabox, terbukti banyak rider nvl yang memasang frame trelis modfikasi di motornya.

yamaha-NVL-rangka-tralis

 

Mungkin itulah nilai “+” yang pertama. Dan yang keduanya adalah nilai “+” yang dibawa oleh engine all new cb150r. Engine nya menganut konstruksi (bore x stroke) yang hampir sama dengan nva, hanya saja powernya sedikit lebih besar dan limiternya sedikit lebih tinggi. Dan dalam urusan oprekan tahap selanjutnya, engine all new cb150r memilki potensi yang lebih tinggi, karena sudah dohc dan strokenya lebih pendek dibandingkan engine nva.

Semoga saja yamaha terpicu dan terpacu untuk segera mengeluarkan tandingan yang melebih all new cb150r ini. Sehingga persaingan semakin seru, dan konsumen semakin dimanjakan oleh peningkatan kualitas motor di semua sektor.

Lebih-kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat untuk bahan komparasi, wassalamu’alaikum wR wB.

 

105 Komentar

  1. jadi selama ini honda ngapain ?
    ternyata oh ternyata !!
    hanya ini hasilnya ??

    nunggu 1bulan dan batal minang NVA ternyata diluar harapan !!

    mesinnya it’s ok , desainnya oh tidak !!
    sekelas saja belum bisa kalo dengan NVA .

    #Kadang frame trelis terasa lebih keren dibandingkan deltabox, terbukti banyak rider nvl yang memasang frame trelis modfikasi di motornya.

    liat teralis yang bagaimana ?
    bedalah , anak sd juga tau bos .
    pipa kecil badan gede gak cocoklah bos .
    masa besaran rangka sepeda gw ?
    minimal sebesar MT25lah kalo mau menjual sedikit

  2. ommn, sorry out of topic..
    ane msi penasaran ama kompresi dinamic new CB..
    klo untuk menaikan kompresi dinamic mendekati kompresi statisnya gmn caranya om??..
    yang ane baca, kompresi dinamic itu adalh kompresi dmana saat piston bergerak keatas stelah TMB pas klep in dan ex menutup sempurna.. jadii, kompresi dinamik bisa rendah kalo klep in telat nutup, dan bisa tinggi klo klep in cepet nutup.. bener ngk om?..
    naa pertanyaanya, klo klep in kita percepat nutupnya dri standaar, apakah serta merta naikin kompresi dinamis, endingnya power terdongkrak gtu om??..
    tapi klo klep in cepet nutup bukannya overlap klep in sma ex jdi rendah ya om???..
    bingung euii…

    • ya emang udah konsekuensinya motor berCAMShAFT seperti itu om… overlap besar ya pasti cenderung ke rpm atas… klo diusahain memperbesar kompresi dinamis ya konsekuensinya overlap mengecil,bahkan hampir tidak ada overlap (cb150r) makanya cb150r itu meskipun overbore dohc tapi power cenderung di rpm menengah.. tapi entah juga kalo mekaniknya pinter mungkin bisa diatasi lewat besar klep dan lift cam nya…

      (hanya opini saya aja)

    • betul, itu untuk motor harian
      dan pada motor balap, cr dinamik bisa lebih tinggi dari cr statis, jika tuning intake dan exhaustnya bener
      hal itu bisa terjadi saat tuner mampu memanfaatkan vacuum akibat efek pengosongan, dan mengoptimalkan backpressure dari knalpot

      • gtu yaa om..
        saya suka mesin.DOHC, krna main di cam nya bisa lebih fleksibel dbnding SOHC.. jdi kesimpulannya, efektif yang mana om, mmperbesar overlap apa naikin kompresi dinamisnya dgn ending performa lebih gede, terlepas faktor pndukung lainnya, mksd saya mana yang lebih memiliki pluang power gede di antara 2 opsi trsebut?

        • Memperbesar overlap, torsi maks dan torque band makin bergeser ke rpm atas. Tpi tarikan di rpm bawah dan tengah nya jdi lemot. Tinggal pilih aja mau sperti apa.

          Dan perlu seting yg lainnya jga. Seperti AIr fuel ratio dll.

          Naikkan kompresi nambah power, tpi oktan jga harus tinggi, supaya gak knocking atau ngelitik. Piston, klep bisa rusak.

          Klau udh naikkan overlap dan kompresi, pipa header jga musti ganti dg diameter yg lebih besar, juga catalytic converter dan canisternya. Supaya lebih free flow di rpm tinggi.

          Bnyk faktor yg musti dirubah klau mau optimal. Tpi utk pemakaian harian cukup modif di knalpot, seting AFR

    • Imho ya om, kalau klep in telat nutup (noken standar yah) berarti mundurin derajat bukaan klep In jd kategori retard(mundurin derajat) biasanya lebih ke topspeed) kompresi dinamis malah lebih kecil om, jadi posisi piston lbh mendekati titik mati atas. Dan kompresi dinamis makin besar sudah pasti kompresi statis lebih besar dr dinamis. Itu hitungan kalau berdasarkan klep in menutup.

    • Kompresi dinamis pasti lebih rendah dri kompresi statis. Krena swept volume dihitung disaat posisi piston sudah naik dri TMB bersamaan dg dimana klep intake closed setelah TMB. Jdi tergantung dimana klep intake close nya. Misalkan klep intake close di 30 drajat setelah TMB, kompresi dinamisnya 8:1, maka akan tetap sperti itu. Kecuali dirubah timing klep intake nya misalkan di advance lgi supaya close nya lebih cepat atau ganti intake camshaft dg durasi lebih pendek.

      In camshaft standard di advance akn lebih awal opennya waktu langkah buang.dan pengaruh ke penambahan overlap. Ex camshaft di retard lgi akan semakin bertambah overlapnya. Tpi ada batas toleransinya. Harus ati2, krena klep bisa menabrak piston.

      Yg berubah adalah silinder pressure, mengikuti volume dri incoming flow yg bertambah tiap rpm.

  3. Hahaha sekarang ay tau ciin siapa komandan sales SWAT AHM….!!

    yaituuuuuu….ssttt..

    IWAN FADHILA ++ CAKIL

    Wkkwkwkwkwk

  4. tetep …klo mo keren..
    bodi pake new cb150 rangkany deltabox cbr150…
    wis pokoe nva langsung tepar hancur lebur….
    klo gini mah nanggung….!!!

  5. hanya sekedar opini…. frame trelis emang menarik dan unik… tapi bukan dari trelis cb150r… minimal seperti trelisnya ninja mono seris… coba pak dosen lihat, apakah trelis modifikasi nvl di atas mirip dengan cb150? saya rasa masih bagusan trelis model nvl.. meskipun hanya sekedar variasi… laiin halnya kalo trelis cb150 pipanya gedean dikit…. pasti keren…

    • nah foto ini perlu diwaspadai buat yg punya motor sejenis deltabox…. kayak cbr old ane…. setiap 3 bulan sekali ane bersihin dalemannya… n ane semprot pake cairan penetran anti karat di setiap rongga dan sambungan rangka… mengingat daerah ane surabaya air termasuk udaranya sedikit banyak lembab dan mengandung garam… kalo di gunung sih aman2 aja… ingant ya, motor jaman skrg perawatannya harus baik… gak kayak motor jmn dulu awet2,,, skrg banyak dongret di semua pabrik motor…

      • old cbr ane kok deltabox nya alumunium, apa salah ya deltaboxnya, sblmnya motor ane kyk yg diphoto tp tipe barunya, krn ngebul n jbol mesinnya, prbaikan habis 3jt ane jual tuker ma old cbr tp deltaboxnya dah ada baret tp gk karatan tuh

    • gile….
      velg sampe gitu, discbrake ambrol, shocknya masih utuh gak nih……..?
      eh…, ini pasti motor yamaha dikasih striping repsol honde…..
      haha…..

      • nob..nob.. itu cbr di lindes kontainer ..wajar aja patah semua..!! lah itu bys- oon nabrak tembok parkiran patah.. tempat parkir ente bayangin aja ..siapa yg ngebut di tempat parkir.. ? yg pasti fby dong ..!!!!

  6. Bos sok patah,velg ambrol, kalo cuma kecolek dikit gak bakalan efeknya kayak gitu,terlalu memaksa,terlalu memaksa, basa-basi, rekayasa, semua adalah dalang pewayangan hipnotis gerakan boneka, terlalu memaksa, terlalu memaksa, BASA-BASI,,,,,

  7. dan perang cb 150 gen 2 vs nvl,

    adalah perang bharatayuda jild 2,

    antara FBH garis keras+ FBH moderat VS Fby + Fb smart

    dan dedengkot FB smart dah utrun gunung lagi,

    Om jaos + nobita

    kita saksiken saja efisode jilid 2 ini,

    Efosode 1 dah tau sapa yg menang,

    Efisode 2 kita tunggu pemenangnya

    • perang baratayuda itu yang mana sih…?
      yang saya tahu 2006/2007 – 2010 itu komentar2 di blog itu cukup panas, seru, alot, tapi sopan dan tanpa fitness serta bahasa kebun binatang, pemenangnya siapa ya..?

      2011/2012 – kesini, fbh merajalela dengan bahasa kotor kebun binatang serta fitnes kiri kanan di semua blog,
      dipicu oleh komparasi irit mio sporty/beat bletak salah satu blogger.
      ini jelas pemenangnya fbh.

      • oleh karena itu mulai sekarang mari dirubah, jangan lagi dinamakan perang
        akan tetapi adu argumen, berbagi ilmu, diskusi, saling melengkapi atau istilah yang lain yang baik-baik

      • kenapa komentator cerdas FB smart meladeni??????

        ngak mungkin ada asap kalu ngak ada yg bakar???????

        lagian ngak mungkin lah FBH menang,

        wong kismin, kurus makan nasi aking ,goblok dan bodoh

        nobita

        ngaco nich nobita

  8. motor ini katanya pake teknologi motogp lhoo…
    kelistrikannya ac model baru….
    jalur air radiatornya ga pake banyak selang…
    rangkanya teralis…
    transmisi 6 pendek pendek…

    kalo vixion ;
    rangka deltabox
    sohc
    diasil silinder n forged piston
    pass beam
    engine cut off
    transmisi 5 panjang panjang

    sssttt…. om gokil pake nvl lhooo….
    xixixi….

    salam susah netral

    • masa LED pakai arus listrik model AC???
      itu dapet berita dari mane tong???

      masa diasil silinder rakus oli???
      itu motor 4 tak modern apa 2 tak nyamar 4 tak tuh?? 😆

  9. ane gak ngaggap motor 150cc itu special,, biasa biasa aja lah 😀
    ..
    tp jujur,, yakin masih butuh overstroke sohc utk gen sport?
    dibuat apa coba?
    ..
    ada yg bilang konsumsi bbm lebih irit krn peak power lbh rendah,, iya emang, tp seirit apa sih perbandingannya, toh justru krn kurva atas anjok dan sering gak puas sm nafas atas akhirnya sering dipaksa geber redline dan tetep aja boros?
    ..
    ada yg bilang overstroke klo buat nanjak lbh stabil powernya.. iya emang, tp mau nanjak kmn sih,, setinggi apa sih medannya? Lha emang motor overbore gak kuat nanjak.. wakakakkkkkk.
    Ini motor sport bukan trail off road 😀 , emang mayoritas sehari-hari pada nanjak melulu? klo iya, berati ente salah beli motor,, harusnya ambil KLX .. hahahaa
    ..
    ada yg bilang overstroke lebih nyaman buat atasi kemacetan,, nah ini ane jg bingung.. Cz yg ada ente malah buang” gas mubadzir kurva bawah overstroke relatif tinggi,, malah sering stop&go dg kasar (gak smooth), nyundul” kaya anak alay 😀
    ..
    ada yg bilang klo overstroke buat boncengan power nya lebih stabil. Ini bener banget,,,.. tp itu just klo ente main di rpm bawah,, klo udah maksain rpm atas justru tambah ancur power nya. 😀 (ayo ngaku yg sering boncengan pake overstroke sohc 150cc, gua tanya lu gigi 5 mentok rpm berapa, bisa nambah gak? wakakakakkkk)
    ..
    balik lg ke pertanyaan ane, masih yakin butuh overstroke sohc buat motor sport.. tujuanya itu lho buat apa, cz kelebihannya cuma seimprit di lapangan, betul gak hayo!? 😀

    • lho… kata fbh sohc bukan motorsport…

      kelebihannya udah om tachibana sebutkan semua… ya perlu lah… masa naik motor jalannya datar aja, masa naik motor ga pernah boncengan, masa naik motor mau lancar terus, masa naik motor mau pelan terus….

      pertanyaannya, kenapa dohc overstroke?
      bukannya karakter dohc lebih cocok yg overbore?

      salam susah netral

      • overstroke itu jika perbedaan antara bore x stroke lebih dari 0,5 mm, jika kurang dari 0,5 mm apa bisa disebut overstroke???

        wak haji aja nggak berani bilang overstroke kok, cuma fby aja yang ngotot overstroke.. 😆

        • setahu saya prnah baca yg namanya overstroke itu jk langkah piston lbh pjg 3% atau lbh dr diameter pistonnya, jk pj langkah dbwh 3% atau sama dg langkah pistonnya atau lbh pendek 3% dr diameter pistonnya itu dikategorikan square.
          jd range square itu plus minus 3% dr diameter pistonnya

    • itu namanya magnet generator buat ngasilin listrik motor, kalo listriknya AC ngapain juga pake LED, yang ada malah cepet putus..
      sekarang motor apa yang pake LED terus listriknya masih AC & bukan arus DC???

    • masa ane musti jelasin sih… biarin om gokil yg ahli elektronik yg jelasin… (maap ane pake cara supirnya einstein om gokil)

      hehehe….

  10. Lagi lagi banyak komentar “tukang sate”, bikin “kebakaran” dan sakit hati semua orang. Pilih aja yg pas buat kamu, gk usah jelek jelekin orang. Aq pilih All New CB150R aja, thanks. Yg beli Piksen Advance ya monggo.

  11. honda klo ada masalah di.motornya langsungtanggap dan gak akn ada lagi kasus2 nya. klo yamaho begitu aja ada maslah ama produknya mereka cuci tangn dan.bilang biasa lumrah dan.bla bla bla
    .
    Pabrikn munafpik kayk fby

  12. Maklumlah smua motor kalo buatan yimm (kecuali yg dijual keluar negeri) BUOSOK smua dan faktanya gak mau tanggung jawab/recall.
    Kalo ahm ya lgsung direcall diganti gratis bukan cuci tangan kayak yimm

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Kebijakan Honda (AHM) Berubah Ketika Tak Kunjung Mampu Menumbangkan Vixion | motorgoodness
  2. Ketika Yamaha Mulai Tidak Percaya Diri Dengan Engine SOHC. Yamaha Akan Mengeluarkan Engine yang Dahsyat | motorgoodness

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.