NVL Ane Ngebul Juga Gan, Jika…..

NVL gold

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kemarin saat memanasi NVL pagi, teringat kasus knalpot ngebul yang seakan sudah menjadi trade mark NVL bermesin 1pa. Jika ngebul di pagi hari, adalah wajar karena asap putih merupakan hasil penguapan air yang ada di knalpot. Air ini merupakan hasil kondensasi udara lembab di malam hari, karena saat malam (apalagi daerah dingin seperti Malang), logam akan terasa sangat dingin, sehingga mampu membuat uap air di udara mengembun. Kalau nggak percaya silahkan pegang tiang telepon saat tengah malam, pasti basah oleh embun begitu pula dengan knalpot.

Jadi untuk membuktikan apakah mesin NVL ane sudah juga dijangkiti penyakit “ngebul” apa belum, mesin ane panasin dulu, kemudian ane bawa lari2 kecil. Kemudian sampai rumah baru ane tes lagi dalam kondisi di standar/jagrak tengah dan mesin sudah sangat panas. Dan ternayata…

knalpot NVL ane ngebul juga gan, penampakannya persis seperti ini

nvl ngebul

Ane merasa masgul juga nih, masa NVL ane ikut ketularan penyakit ini, padahal ane bawanya biasa2 saja. Ok sambil terus mencoba ngurut gas mulai dari rpm rendah sampai mentok limiter kemudian turun lagi, ane mencoba menganalisis,

“Mangapa kok bisa ngabul ?”

Hasilnya kira2 begini bro semua :

“Jika mengasumsikan semua komponen dalam keadaan OK (motor baru), maka ngebulnya knalpot karena pembakaran yang tidak sempurna ketika putaran mesin telah menyentuh limit, dan ECU mulai mnegurangi pasokan bensin dan menurunkan tegangan pengapian”. Hal ini karena kondisinya menunjukkan demikian (ketika ane mencoba mengurut handle gas), yang terjadi adalah :

  1. Putaran mesin 10000 rpm –> responsif, nggak ngebul
  2. Putaran mesin 10500 rpm –> mesin tersengal-sengal, endut2-an terkena limiter, knalpot mulai ngebul,
  3. Putaran mesin 10000 rpm –> kembali responsif dan nggak ngebul

Sekarang perhatikan gambar silinder dan piston yang dipisahkan oleh lapisan oli di dinding silindernya

ring and liner

Untuk menghindari gesekan yang berlebihan antara ring piston dan dinding, maka oli pelumas bertugas sebagai pelicin. Pada saat langkah kerja (pembakaran), dimana saat itu piston bergerak turun, pelumas yang tersisa di dinding silinder akan terbakar bersama udara dan bensin. Kita tahu bahwa bahan dasar pelumas adalah minyak bumi, sama dengan bensin. Sehingga jika mesin bekerja normal maka oli pelumas akan larut dalam kabut bensin+udara dan dengan suhu di ruang bakar yang cukup panas semuanya akan terbakar sampai habis, dan tidak menimbulkan asap.

Nah ketika putaran mesin NVL mulai menyentuh limiter di 10500 rpm, injeksi bensin mulai dikurangi oleh ECU bagitu pula dengan tegangan pengapian, sehingga mesin endut2-an, karena pembakaran tidak sempurna. Pada saat itu panas yang dihasilkan pembakaran kurang mampu membakar habis sedikit oli yang ada di dinding silinder, sehinga menghasilkan asap. Semoga saja analisis sementara ini benar adanya, maka ane beserta NVL owner/rider akan cukup merasa lega, karena asap “ngebul” yang terjadi bukan karena kualitas komponen (ring piston atau silinder) yang di-downgrade, akan tetapi semata-mata, karena aksi dari ECU saat bekerja pada kondisi putaran mesin menyentuh limiter.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

Untuk melengkapi pemahaman mengenai silinder, piston dan oli pelumas mungkin bisa melihat2 artikel lama berikut :

Rider NVL, Perhatikanlah Ketinggian Oli Mesin Motor-Mu !!!

Pengaruh Suhu Panas Terhadap Performa Engine Sepeda Motor [ Bagian 1]

[DIY] Cara Mudah Menguji Performa Oli Pelumas Mesin (Engine Lubricant)

Memprediksi Besarnya Gaya Gesek Antara Piston dan Silinder

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

97 responses to “NVL Ane Ngebul Juga Gan, Jika…..

  1. yup pernah coba juga… kalo gas ampe limiter sedikit ada asap. tapi kalo di urut n d tahan hingga 10.000/sblum limiter gk ada gejala ngebul…

  2. Wah sepi Pak klo artikelnya ginian

  3. Analisis harga part. Blog ipan pernah bahas

  4. mx ngebut saat rpm tinggi keadaan diam, kalo jalan nggak masalah

  5. owalah, jadi kalau dibawah 10.000 ngebul itu baru masalah ya, josss om

  6. terbakarnya oli berarti polusi dong om? artinya pula tdk sempurna meski tdk ada kerusakan komponen. bagaimana menurut om?

    • iya, tapi mau tidak mau harus ada oli yang terbakar meskipun sangat sedikit, kalau tidak silinder akan baret

      • tp piksen kok gak ngebul putih walaupun sampe mendekati limit dan nvl yg ngebvl dikash blok piksen langsung WARAS.
        Hargae blok piksen DUA kali lipat harga blog nvl. Harga gak bs bohong thdp kualitas.

        • keluaran 1 pasti bagus,

          itu u/ membangun brand image,

          palagi lawannya kelas berat.

          setelah brand kuat, sedikut demi sedikit dikuraangi,

          liat aja si jupe burhan karbu,

          mesinnya lebih joss daripadda yang fi khan?

      • ingat pak ring piston stdnya ada 3, 2 yg atas untuk kompresi, 1 plg bawah buat olie untuk melumuri dinding silinder biar licin jd silinder gk baret piston gk macet, ngapainnn hrs ada olie k ruang bakar. ini mah salah besar klu yg gk ngerti ngebul dianggap biasa, tahu2 protol tuh mesin

  7. lha kalau cb150 / cbr 150 apa ya sama kalau kena limiter ? apa sudah ada laporan yang ngebul ? bandingkan dengan NVL

  8. aq rider vixi .. kalo kondisi mtor diam blum pernah narik gas sampai limiter.. jadi kaga tau ada asap ngga.. tp kalo pas jalan sering tuh ampe nyentuh limiter.. tp ga tau keluar asap kaga .. cz ga liat kblakang :D..
    tp kalo pagi pas dpanasin d knalpot tepatnya di bawah leher ada lubang kcil yg ngluarin air.. tp itu normal kan?.. kaya knalpot mobil oy.. ๐Ÿ˜€

  9. Tp old vixi nggak ada gejala kyk gtu lho pak,mesinnya sama kan?kodenya yg beda.brarti benar nvl mesinnya di….ah sudahlah ๐Ÿ˜€

      • saya lihat dari komentar2 rata2 pada bilang aneh kan,kalo keluar asap hitam saat di geber rpm tinggi sdh umum. tapi jika yg keluar asap putih mestinya selain polusi juga beresiko lebih cepat berkurangnya oli mesin yg bagi rider yg kurang perhatian telat ganti oli, mesinnya bisa rusak. jika harga blok vixi baru dan lama sdh beda jauh,kemungkinan sih turun kualitasnya

  10. Kalo di mentokin rpmnya ngebul hitam sih gk masalah mas
    Klo mentok tapi ngebul putih tipis… Nah ini dia

    Saya dirumah ada njmx ama cs1
    Bedanya njmx di geber rpm tinggi asapnya hitam tipis
    Klo cs1 digeber rpmnya gak ngebul

    Supra 125 juga ngebul hitam klo digeber mentok

    Sementara NVL temen ada yg ngebul tipis warna putih..nah ini masalahnya

  11. make old vixi sampe 5 taun gak ada gejala ngebul tuh ๐Ÿ˜€ sayang nya part 3c1 sangat sulit didapat sekarang stok nya 1pa

  12. maklum ngebul, bloc piksen hargae 975rb sdgkan blog nvl cuma 389rb. Mesin DOWNGRADE ya maklum

  13. Trus solusi’y gmn mas iwan..?

  14. FBY wiridan buat kesehatan NEVIL masing2 ..
    FBH siap2 tahlilan

  15. kalau jalan 120km masa mo ngeliati knalpot?

  16. pendekar syair berdarah

    anggap aja teknologi baru dari yimm…
    nvl dilengkapi fitur foging engine…

    ๐Ÿ˜€

    fbh lagi pada mesem
    sambil geleng-geleng…

    ๐Ÿ˜€

    yg sabar ya bro gokil…

  17. Ini si mbah Darmo manaaaaaaaaaa……….?????
    Kalo kek gini Mbah Darmo ngumpet…..
    Ato jangan-jangan Mbah Darmo lagi ikut seleksi penerimaan calon sales Honda…?
    Ato jangan-jangan NVL itu motor yang sudah mendapat sertifikat “Malaria Free”….?
    Ato jangan-jangan……. Ah sudahlah…

  18. Wkwkwkwkwkwk ….

    Blog yg selalu cari kejelekan produk yamaha ….

    Ya sudahlah semata-mata demi menutupi koitnya pasaran sport honda …

    Walau dibungkus dengan berbagi ilmu tetek bengek ,,, tapi poin pastinya ya BC …

    Ngoahahahahahaha

    ๐Ÿ˜€

  19. Kenapa ya yang ngebul penjualannya konsisten tapi yang katanya teknologi moto GP melempem? ini perlu dianalisis juga…

  20. gonku kok ora wan?

  21. punyaku dlu mx bore up 1PA jg ngebul,mlh ngebul nya dr rpm agak rendah….

    • jgn pakai 1PA pak, pakai 3C1 jauh lbh memuaskan, 1PA itu abal2 kali, pernah bore up MX yg empunya bawa blok 1PA komplit piston kid, saya kasih tahu jk ntar 1 – 2 bln knalpot mrokok sy gk tanggung jwb kcuali 3C1, empunya bilang OK, psg dpt 5 minggu balik ktnya ngebul. yah bgitu lah kamu lbh tahu dr saya jwb sy

  22. 3C1 ttp lbh bagus drpd 1PA, brulangkali gnti hasilnya 3C1 lbh superior drpd 1PA. saya jg jengkel yg sudah bagus dignti abal2

    • Bukannya NVL meraih beberapa award seperti
      1. Best Of The Best Sport 2013
      2. Bike Of The Year 2013
      3. The Best High Sport 150 cc 2014
      4. The Best Engine 2014
      Jika benar engine nya bermasalah, maka penghargaan2 tersebut terutama yang no.4 perlu klarifikasi

  23. Otak si darmo cs malah udah ngebul dari dulu

  24. aneh,,, ada yg bilang cbsf tu g inj tp msh karbu.
    dia bndingkn ma nvl, kl nvl langsung kabel-kabel ke mesin tp cbsf msh ada tenjolan kyk karburator ke mesin.

    hemm,,, bingung dech.

  25. Klo lambangnya honda pasti kena Bc Dan sdh jadi jurus bc dealer kompetitor

  26. kalo cbr fi yg ane pake sering mentok limiter ga pernah ngebul., aman2 aja sih, malahan makin di geber makin halus tarikannya ๐Ÿ˜€

  27. NVL punya ane sama bro pagi brasap tp kalo uda agak panas uda gk hehe

    salam karet bundar

  28. Yg lebih penting selalu cek kondisi oli mesin. Itu…!

  29. Punya temen ku jg ngebul tnpa alasan om.tp old vixi nya ga pernah kek gt.nvl n old vixi beda mesin nya om?

  30. udah…. yang kadung beli NVL, kumpulin saja semua motornya yang ngebul, dan minta ke YIMM untuk ganti dengan blok OV… yaaa itulah nasib motor sport yang merajai kelas 150 cc dalam distribusinya

  31. pendekar syair berdarah

    sepertinya langkah paling aman nvl jangan coba dibejek diputaran atas klo gak mau ambrol…

    ๐Ÿ˜€

    jangan kepancing rider cb yg sukan maen rpm tinggi, karena cb itu pake dohc bro…
    udah tinggi masih pengen naek lagi padahal gigi udah mentok…

    ๐Ÿ˜€

    makanya coba rasain sensasi dohc, rider nvl gak harus beli, pinjem aja punya temennya trus jajalin dah…

    • masuk akal, nvl batas maximum rpm sesuai piston speed 10700 rpm, klu cb150,cbr150,cs1,sonic max 13300 rpm. klu sering dibejek sampai limiter akibatnya yaitu slh satunya ngebul. ingat vixi yg connecting rodnya patah d IRS?? vixi itu bukan pure sport cuma body disport2in spy kelihatan racy. motor sport racing tulen overbore/short stroke

  32. Pak gokil kesimpulanya.seharusnya mtor 4tak mau di gas pol sampai redline.mau ngurut atau gas scra extrim mau karburator .dan injeksi seharusnya enjin mtor bakar 4 tak klaw yg sempurna tidak akan mengeluarkan asam putih.wah new fixion in jelas2 produk gagal???

    • nvl bkn produk gagal bro…malah produk suksesnya yamaha tuh lihat ms nvl,,cuma bermasalah saja. sebuah produk dikatakan gagal itu jika respon pasar negative alias krg diminati pasar (krg laku) itu namanya gagal. jd gagal tidaknya produk trgantung konsumen bukan produsen. sbagus apapun produk jk tdk direspon pasar bs dbilang gagal. wg ini jualan lho..

  33. Klu mnurut saya tdk semua ngebul, bisa jd krn empunya maunya bejek habis trus nyemplaknya, smua motor cpat protol klu spt ini ridernya, jg bisa dr sononya alias pabriknya, selama masih garansi kan bisa complain. ngebul?? dibongkar aja lihat linernya jk masih bagus, ukur celah/gap ujung ring piston 1, 2, cek jg ring olinya. biasanya ring olinya ini biang keroknya.

    • Bener jg mas bro,, motornya tersiksa banget kl tiap ditunggangin di hajar rpm nya ampe pol terus.. Kl ak lbh seneng jalan di rpm bawh-tgh.. 3000-4000..

      • yang jadi masalah itu orang yang pakai nvl, karena merasa sudah naik motor sport tulen, padahal kalau digeber terus sampai limit ya itulah hasilnya seperti ulasan diatas. tapi coba cek lagi untuk r15 apa kode bloknya juga sama ? kalau sama apa ada kasus yang erupa dengan nvl ini ?

  34. Gan, bukannya oli tidak boleh masuk ruang bakar ya?? Harus bersih oleh ring piston itu kan yah???

  35. terbukti kata kata ane kan…. kalo motor yamaha yg pertama keluar itu yg terbaik kualitas mesinnya…. kalo generasi berikutnya jangan harap deh…. beda H, pertamanya kualitas jelek ke depannya lumayan…

    tapi kalo nvl, menurut ane ring pistonnya yg ga bagus….
    tapi kenapa ya yamaha kok bikin mesin sohc pake 4 klep?

    • wong deso@ tapi kenapa ya yamaha kok bikin mesin sohc pake 4 klep?
      +++++++++++++++++++++++++++++
      dg 4 katup tdk prlu klep yg super lebar, lbh mudah mngatur sudutnya mnyesuaikan diameter piston n kompresinya, jg lbh deras isap buangnya, n msh byk lagi..o.iya honda jg bikin mesin sohc 4v (unicam) pd CRF250R, unicam kan jg sohc cuma ada 3 camnya, 2 (plg luar) untuk 2 klep in, 1 cam yg ditengah buat 2 klep out yg dihub dg rocker arm profil Y, klu dilihat headnya kyk topi miring (kabaret) tinggi belakang

      • nah itu dia om HRS, kan kalo cam cuman satu ngangkat 4 klep jadi berat…. ane membandingkan dgn CS1…. nah kalo yg om sebutin cam 3biji ane blom pernah tau tuh…. ane liat dulu deh… hehehe…. thx anyway

  36. bener juga sih, oli emang ikut kebakar, buktinya motor supra ane kalau sampe 2 bulan belum ganti oli gas buangnya lebih bau

  37. mtr ane dr mesin dingin,mesin panas,idle,rpm rendah,rpm tinggi ngebul trs kang….
    pie jal???

    ๐Ÿ˜†

  38. Pingback: [Guyonan] NVL yang Tidak Ngebul Saat Digeber 8000 RPM Tidak Wajar. Apa Mungkin Akan Di-Recall ?? | motorgoodness

  39. Pingback: V-ixion Ngebul Hingga Kini Masih Jadi Trending Topik, Penjualan Tetep Moncer . Bonsai Biker

  40. Kalo ngebul di limiter sih bukan penyakit, semua motor kayak gitu