[Guyonan] NVL yang Tidak Ngebul Saat Digeber 8000 RPM Tidak Wajar. Apa Mungkin Akan Di-Recall ??

NVL gold

 

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Buat bro yang agak kaget baca judul artikelnya, mungkin dikira salah tulis atau kebalik. Mungkin dikira seharusnya

NVL yang Tidak Ngebul Saat Digeber 8000 RPM, Tidak Wajar. Apa Mungkin Akan Di-Recall ??

Seharusnya memang itu yang diinginkan oleh vixion rider, termasuk ane. Ternyata tidak demikian karena menurut M. Abidin (GM Service & Motorsport YIMM), wajar knalpot akan ngebul jika motor digeber sampai 8000 rpm. Nah lho, berarti nvl ane nggak wajar dong, karena (Alkhamdulillah) kalau mesin sudah panas digeber sampai 10000 rpm pun nggak ngebul tuh. Bahkan CS1 (2009) ane digeber sampai 11000 rpm juga nggak ngebul, berarti tambah nggak wajar dong.

Berikut potongan kliping tabloid otomotif ternama Indonesia

pernyataan M abidin nvl ngebul

 

Jika pernyataan ini benar adanya, bisa gawat nih. Alamat yang mesinnya ngebul saat digeber sampai 8000 rpm akan dianggap biasa/wajar, dan tidak akan ditangani. Dan yang mesinnya nggak ngebul dianggap nggak wajar. Ane khawatir jangan-jangan pas servis di dealer, ketika mekanik melihat knalpot nvl ane nggak ngebul malah dianggap nggak wajar. Kemudian dia bikin ngebul dah supaya wajar, mengikuti pendapat Pak M. Abidin.

Kalau NVL yang ane pakai tidak ngebul, tapi haus oli. Mungkin olinya terbakar sedikit-demi sedikit tapi tidak sampai terlihat seperti asap. Pernah ane tuliskan du kasus di atas dalam artikel yang berbeda [ngebul, haus oli]. Untuk sementara tarikan tetep jos seperti motor baru, cuma ya itu harus sering periksa ketinggian oli, kalau nggak mau mesin nvl ambrol.

Mengingat banyaknya kasus ini, juga banyak yang ditulis oleh blogger, ane berharap YIMM segera tanggap membereskan kasus ini. Ane berharap sih, nvl ane dipanggil ke diler tempat ane beli, kemudian diganti ring-piston dan blok silindernya, aamiin. Sehingga nggak was-was mesin takut kehabisan oli, meskipun saat ini belum ngebul.

Gimana nih tanggapan YIMM ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

50 Komentar

  1. ane malah jadi berfikiran kalo pihak YIMM ingin nutup soal ngebul ini biar orang awam nganggap ini wajar dan melupakannya. . .

    • motor dewa menurut fby :
      sohc opercruut,
      mesin ngebul,
      rakus oli,
      shok gampang patah,
      velg peyang,
      kopling gosong,
      ayo fby ada yg mau nambahin……

  2. “jika tidak aneh anda dalam masalah” by Bill gates.
    sudah somplak kali, masa cuma 8000rpm dah ngebul dbilang wajar, pdhl masih jauh dr piston speed..kmungkinannya ngebul olie trlalu encer, ring olie piston lemah..sbab yg lain msh byk..

  3. Udahlah.. Ayo YIMM..
    Buat komponen dapur pacu ga boleh downgrade,klo komponen lain ya silahkan..
    Klo udh mentok powernya dgn cost produksi,ganti aja dohc overbore,piston speed tinggi=aman,ga prlu sungkan2 dgn sebelah..

  4. sama pak gokil, punya ane kalo masih dingin ngebul putih, tapi kalo udah panas engga.
    somplak nih abidin, pekok kuadrat.

  5. Wah waaah pmbdohan otomotifnih, hello YIMM ini 4T lo bkan 2T. Mesin 4T itu mau d’rpm brpapun klo ngebul pst brmslah, stau qu sh gitu, gmna mnrut om gokil.?

    • jangan disamakan di marih mas bro, percayalah R25 di indonesia pasti kwalitas wahit …DNA motogp gitu loh… tanya aja sama BFY…

  6. Ane pake old vixion sm cb 150r ga pernah ada masalah ngebul SAMA SEKALI. Kecuali nyentuh limiter baru ada. Alasan konyol yamaha. Semakin kesini semakin bny masalah ya kyknya. Kebalikannya cb kok kyk makin jarang masalahnya. Sory no fb, pemakai 2 merk Y & H

    • ya setau ane sih produk yamaha pada bermasalah pas pemakaian udah beberapa waktu, produk honda bermasalah pas produk produk awal CMIIW

    • Ya terserah saja
      Apakah jika menuliskan kekurangan yamaha, otomatis jadi fbh ?
      bukankah justru bermanfaat buat fby yang punya motor yamaha untuk mengetahuinya dan mengatasinya
      kalau cuma fb abal-abal sih, cuma bisa koar2 tampa mampu memberikan pencerahan kepada fb yang lain, nggak ada gunanya
      betul bro ?

  7. Jadi benar ya om gokil jika NVL pada silinder 1PA nya kualitasnya di downgrade dari vixie lawas 3CI ? Kalo ane sih logis banget ini ada kaitannya dg efisiensi cost, kalo YIMM memaksa bikin kualitas layaknya vixie lawas 3CI ntar NVL mau dijual berapa? gak kompetitif lagi dong klo lawan CB150F.

  8. Mungkin spec power NVL ini sudah berlebihan untuk konstruksi engine yg sekarang IMO, tapi sama Yamaha malah di tambah lagi dengan downgrade materialnya walaupun sedikit demi cost.

    entah nanti apalagi. ane bukan FBH 😀

    • Apadah nvl tu? Udh pke camshaft semi-racing malah di dongred kualitasnya.. kacau balau dah YIMM
      Ane masi nyaman aja sama OVI.. gak ngebul :v

  9. MX saya ngebul juga tapi pada saat menyentuh limiter. wajar sih karena BBM gak habis terbakar karena pengapiannya putus-putus.
    saat oli ditap tiap 2000km berkurangnya sekitar 100-150ml. termasuk normal kayak motor lain.

  10. mtor 4tak khusus….ga ngebul putih g wajar…yg ngebul putih mlah wajar….sungguh diluar nalar,demi image hal yg salah dianggap benar…mtor ane z klothok2 g wajar…eh langsung diganti noken asnya gratis…tis..tis

  11. saran ane mending pake blok vix old yang ada kodenya ada 3C1 dicylinder bloknya itu kualitasya masih bagus masih sngt bagus cek aja perbandingan hrgnya…cuman barangnya udah susah..kya jamanya blok rx king lama susah nyarinya..

  12. emang suek yamaha,sekarang ane lagi ngurus claim di beres yamagha.. ane palah di cramhin katanya gitu kalo motor produksi 2014 ke atas digeber diatas 8000rpm ngebul itu normal kalo ga ngebul palah ga normal… katanya semua produk motor,dikiranya matanya ga liat,motor honda,kawasaki aja ga ngebul di geber di atas 8000rpm…

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Penggunaan NVL (1PA) Ala Motogokil : “Nggak Ngebul Bro, Nih Buktinya” | motorgoodness
  2. Niat Hati Mau Burn Out, Kenyataannya Malah Burn Oil | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan