Komparasi All New CBR150 dan R15, Mana yang Bener ???


all new cbr150r vs yzf r15

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Kemarin terbit tabloid otomotif yang salah satu artikelnya menjadi referensi beberapa artikel blogger papan atas, yang kemudian meledak (kobong). Mengapa kobong ? Karena hasilnya berlawanan dengan hasil pengetesan sebelumnya oleh motor plus. Banyak yang bertanya tentang hal ini, bagi ane sebagai pelanggan motor plus dan otomotif, hal itu biasa terjadi. Motor plus sering mengunggulkan honda, sedangkan otomotif sering mengunggulkan yamaha.

Menurut ane ini merupakan trik bisnis di keluarga mereka (motor plus dan otomotif, tabloid terbitan kompas gramedia), agar semuanya laku karena masing2 akan dianggap uptodate oleh pelanggannya. Lalu yang bener yang mana ? Bisa jadi dua2nya bener, dengan beberapa catatan (biasanya ada bintang kecil, catatan kecil di bawah nya). Ok mari kita lihat perbedaan hasil pengukuran kedua tabloid tersebut…

komparasi topspeed cbr150 vs r15

Dari data2 tersebut, jika dibandingkan data motor-plus dan otomotif tampak tidak akur baik topspeed maupun akselerasi. Tapi ada yang akur bro, yaitu power cbr150 selalu lebih besar dari r15. Bahkan pada pengukuran otomotif selisihnya lebih besar dari motor plus, selisih pengukuran power CBR150 – R15 = 15.45 – 13.66 = 1.79 hp (sedangkan selisih pada pengukuran motor plus 1.31 hp).

Nah sekarang dicerna sendiri bro, dari pengukuran power yang selisih 1.79 hp, all new cbr150 kalah dari r15, baik akselerasi maupun topspeed.

Lalu bagaimana menurut motogokil sendiri ?

Kalau menurut ane, dari spek teknisnya sudah bisa diketahui, perbandingan reduksi total antara all new cbr150 dan r15. Berikut tabelnya

komparasi redukesi transmisi cbr150 vs r15

Dari hasil ini adalah wajar jika pada jarak pendek, akselerasi r15 sedikit mengungguli cbr150. Hasil perhitungan ini akur dengan hasil pengukur motor plus. Nah sekarang kita lihat hasil pengukuran dyno nya (motor plus dan otomotif akur, walau beda sedikit)

Jpeg

KomparasiPower-R15-CBR150R KomparasiTorsi-R15-CBR150R

Dari data ini menunjukkan bahwa saat mesin mencapai 9000 rpm, baik power maupun torsi allnew cbr15o mulai mengungguli r15. Dan selsihnya terus manjauh sampai di atas 10600 rpm, artinya akselarasi di rpm rendah sampai 9000 rpm R15 unggul, kemudian lewat dari 9000 rpm cbr150 berbalik unggul. Hasil ini cocok/akur dengan hasil pengetesan motor plus, tapi bertolak belakang dengan hasil pengetesan otomotif.

Dan tabel speed per gigi dari all new cbr15 dan r15

speed per gigi cbr150 speed per gigi r15

Jika grafik power dan torsi digabungkan dengan data speed per gigi di atas, maka setelah 9000 rpm akselerasi r15 langsung drop, bahkan mungkin akan sulit mancapai putaran mesin 10500 rpm di gigi-6 (limiter). Jadi wajar jika topspeed r15 di racelogic otomotif hanya sekitar 126.6 kpj, atau mesin hanya mampu berkitir 9890 rpm di gigi-6.

Sedangkan pada cbr150, power masih mau naik sampai tembus 10600, baru kemudian akan turun melandai, tidak securam kurva power r15. Sehingga topspeed yang dicapai pada power maksimumnya (10400 rpm) di gigi-6 bisa mencapai 135.44 kpj. Dan mengingat penurunan power cukup landai, ada kemungkinan engine masih mampu berkitir sampai di atas 11000 rpm (tergantung bobot rider), atau dengan kata lain topspeednya bisa mencapai di atas 140 kpj.

Begitulah pemahaman ane, motogokil, terhadap komparasi antara allnew cbr15 dan r15. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

Advertisements

55 responses to “Komparasi All New CBR150 dan R15, Mana yang Bener ???

  1. seng bener diraksane dewe-dewe.

  2. otomotif banyol

  3. Ben kareppe lah lek gokil,,podo2 golek rezekine..ning yo kuwi sing bener sing endi podo2 bener kabeh,,wong ngetes se dewe2 kok..

  4. belum ada yg jajal on the road ini ya,,
    klw d jogja butuhin rider tester seberat 55kg, TB 163-164 cm
    karena sebelah udah ada yg beratnya serupa,
    saya boleh di contact,
    ga masalah suruh bawa yg r15 apa yg cbr 150 r,
    ntr ya tukeran, 2 kali running hasilnya di publish,

  5. aku percoyo sampean lek.
    itung”ane masuk akal. n emng knyataan.

  6. aneh om.. tp ane msih lbh percaya m+ karna setelah membaca review blogger2 senior yg udh pada nyoba ke 2nya, semu serempak bahwa akselnya masih jozz cbr.. dan itu sinkron dengan m+.. bahkan saat di test oleh TMCblog dengan alat yg sama (racelogic) cbr msih terlalu digdaya buat r15 dari segi akselerasi hal ini juga sinkron dengan m+.. kemudian melihat grafik dyno serta karakter masing2 motor, nggk masuk akal banget ketika jarak udh masuk 400 m, catatan waktu cbr makin jauh dengan r15, kalau jarak2 dekat ane mengakui kalau cbr harus kalah dengan r15.. kalau narak jauh janggal rasanya kalau cbr dengan DOHC overborenya kalah di banding r15..
    sekarang logikanya gini cbr thailand aja catatan waktunya mampu mengungguli r15, masak cbr lokal yg performanya lbh bagus dari cbr thailand nggk bisa mengungguli r15 ??

  7. Saran ane mendingan FBH bikin tabloid sendiri. Namanya tabloid FBHmotif. Silahkan bikin komparasi. CBR akselerasi menang 3 kelurahan dibanding R15. Topspeed tembus 350kpj dan terus bertumbuh. Gampang tho?

    Begitupun FBY. Bikin tabloid tandingan namanya FBYmotif. Silahkan bikin komparasi R15 menang segala-galanya. Akselerasi,topspeed hingga konsumsi bbm yang tembus 100km/L. Selesai urusan.

    Lagian ane udah pernah bilang ngapain juga ngeributin performa motor yang menurut ane SAMA AJA. Kecuali antar keduanya beda minimal 3hp baru deh terasa. Lha ini? Percayalah keduanya SAMA AJA.
    Komparasi-komparasi model kompor kayak gini hanya berpotensi memacu para rider kedua motor tersebut untuk melakukan pembuktian dijalan raya = berbahayaKomparasi-komparasi model kompor kayak gini hanya berpotensi memacu para rider kedua motor tersebut untuk melakukan pembuktian dijalan raya = berbahayaKomparasi-komparasi model kompor kayak gini hanya berpotensi memacu para rider kedua motor tersebut untuk melakukan pembuktian dijalan raya = berbahayaKomparasi-komparasi model kompor kayak gini hanya berpotensi memacu para rider kedua motor tersebut untuk melakukan pembuktian dijalan raya = berbahaya.

    • atau sebaliknya, komparasi yang jelas akan memberika kepuasan.
      plus dgn kedasaran rider akan mengurangi keinginan menguji topspeed

      • Hahaha komparasi yang memberikan kepuasan? Sampai kapan pun pihak yang ‘kalah’ nggak akan pernah puas.
        Intinya tetep menurut ane kedua motor ini SAMA AJA. Gak ada hal yang superior ataupun inferior mencolok. Yang bikin ramai dan berbeda itu ulah fansboy.

        • menurut ane hampir sama tapi nggak sama
          yang satu mengunggulkan topspeed yang satu akslelerasi, yang satu enak untuk jalan panjang2 di desa yang satu enak untuk jalan pendek di kota

          • ARMORED RIDER GAIM

            yaudah bikin pabrikan ndiri aje om

            brangkali situ bisa bkin 4tak 150cc harga 25jeti 35hp standart

            😀

            150cc kok diributin kenceng 11 12, berisik iya

            cuma beda di konsumsi bensin aje yg signifikan

            😀

          • Bedanya cuma sesendok bayi tapi selalu dilebay-lebaykan hahahaha.
            Naik new CBR di jalan perkotaan ane yakin enak2 aja.
            Naik R15 di jalan-jalan panjang pedesaan (seperti kata ente) pun pasti enak-enak aja.
            Mau dipake diIndonesia bagian manapun kedua motor ini pasti enak-enak aja.
            SAMIMAWON. Yang mbedain itu cuman merk sama bacot on fansboy.

  8. berarti otomotif ga bisa di percaya sekarang

    • betul, kita lihat aja komentator motogp di trans 7 dari mana? itukan wartawan dari tabloid otomotif, yg selalu mengedepankan yamaha.

      • gara2 matteo ngomong apa adanya kalo yamaha m1 ketinggalan dr rcv
        matteo dipecat
        diganti si joni lontong yg dulu sempat melontarkan harapan agar markez celaka

        etika yg dimainkan yamaha emang gak “rapi dan alus”
        Black Campaign everywhere

  9. kok beda dgn hasil pengetesan para blogger papan atas dan tabloid M+ ya….?
    mungkinkah untuk menghadang hingar bingar laju K 45…?
    jgn2 YIMM mulai ketar ketir nih..

    • bau2nya yimm bisa saja main duit belakangan untuk menghadang feedback positif para blogger thdp k45 dan data dari m+

      meskipun agak telat tapi cukup menyelamatkan r15 dari kemaluaan

      ngoahahaha

  10. Jadi ragu… Apakah ini seperti hasil quick count pilpres tvone?

  11. Wak haji taufik aja bilang unggul cbr150r..

    hmmm… Otomotif main “fuluss” keknya nih 😆

  12. ARMORED RIDER GAIM

    yaudah sihhh kalo yg punya warung serta para fbh dan jajarannya pada ga setuju

    lapor n gugat aja KE MK

    gitu aja kok repot

    ngoahahaha
    😀

  13. Ati2 yang beli r15. Nti dijalan songong2. Tiba2 dikentutin cbr, sakitnya tuh disini (nunjuk biji tang kesemutan mati rasa ) wkwkwkwk. Dalam hati. Asem nih tabloid otomotif nipu gua. Asem

  14. Simbiosis mutualisme

  15. lebih percaya hasil review wak haji sambil disertai data mas gokil

    awak media mah cari kesempatan pd kesempitan

  16. nah….ini baru logis. metode analisis teknis mstinya memang hrs brbanding lurus dg sampling pngetesan…bkn brbanding trbalik.

  17. Ngaohahahahahaha….. Produk kejar tayang maklum keok !!! Apalagi dohc yg satu ini paling ngibul speedonya ,,,, harusnya fbh sadar kalo mesin cbr supercopy ini comot punya cebong yg notabene di injek2 ama sinchan !! Xixixixixxixi 😀

    • pasukan sakit hati ya mbah….jual cbr lawas,gnti cbr baru mbah,biar tambah sumringah.jarene si,,,honda dilawan,ora iso coy…ngoahahaha
      btw buat om gokil…..mangstappp ulasannya,akur sama pengetesan lek taufik tmc.

  18. klaw tabloid otomotip boong langsung tak jual r 15 lele jumbo tunggangan ane.ane udah nunduk2 gya lebay di jalan di salip ama cbr lokal.klaw mau nunduk di sirkuit ya om .bukan lebay di lampu merah.dan di jln umum.ngo ha ha ha kgak nyambung komen ane sisa bawaan mabuk tadi malm …

  19. dari jauh sdh keliatan kalau ini adalah cara marketing utk cbr. di m+ diberikan hasil sbenarnya. sedangkan di otom…f diberikan hasil yg semu krn sdh dielaborasi. tujuannya spy menarik perhatian spy cbr terus jadi bahan pembicaraan.

  20. Pengetesan harus diulang, ini adalah kecurangan masif yang dilakukan tim Ymh dan otomotif

  21. Masa beda 4hp setelah 10rb rpm kalah. Ngaco kali…. Yang ngetest. Yang percaya malah lebih Ngaco… Wkwkwkwk

  22. gue termasuk yang gak terlalu percaya hitung2an di atas kertas.. faktor2 di jalan tuh banyak, termasuk keaerodinamisan body..
    kalo bagi gue mah, beli motor bukan masalah kenceng atau ngga.. lagian toh CBR150 sm R15 performa gk bakal dikeluarin semua di jalan. malah kalo dikeluarin semua itu bakal ngeganggu pengguna jalan yang lain. mau ngebut ya di sirkuit, tapi paling berapa persen sih yg bakal make di sirkuit? kalo gue mah mending beli diliat dari desainnya, mana yang lebih sreg di hati itu yang dipilih. ngehebohin kenceng2an gini malah bikin para penggunanya jadi tertantang buat mraktekin di jalan raya.. sorry, just my humble opinion..

    • selera orang beda2 bro, ada yang seneng pelan cocoknya pake bebek dan matic, ada juga yang senengnya kenceng cocok pake sport
      yang ane rasakan orang yang beli motor sport, performa adalah pertimbangan utamanya.

      • yoi ane tau bro.. tapi emang performanya bakal kepake semua di jalan gitu? justru kalo kepake semua malah bakal mencelakakan diri sendiri atau orang lain.. dan masing2 pabrikan juga jargonnya selalu yang terkencang lah, turunan motogp lah, dsb.. yang kaya gini bikin kecelakaan nambah terus di jalan. anak2 muda biasanya gampang terhasut, gue waktu muda jg pernah ngalamin kecelakaan gara2 ngebut yang disebabkan oleh hal2 kaya gitu..

        • kalau ente menganggap motor sport 150 seperti ini
          tentunya akan lebih parah yang 250cc, apalagi ada wacana 4 silinder
          makanya harus ada regulasi yang jelas, untuk mengurangi resiko kecelakaan di jalan akibat motor2 kencang ini

  23. Halah pada ngomong apa sih, apapun lawanya yg jelas r15 pasti menang. Kalo gak percaya tanya aja nivikoko, otomotif, rudy, bluspit. Ngoahaha

  24. asem bahasan mendalam ini suhu

  25. namanya juga usaha…..

  26. SOHC Kencang dan DOHC Kencang

    lah M+ juga ngelatur… bensin R15 bsa sampe 58km/liter??
    Ngipi R15 ane aja d bawah 40 km/liter,,, itu pun jalan jalan santai ga ada macet -_-

    di sentul top speed CBR150R bsa sampe 145??? Hellow trek secuil itu mana sempet sampe 145kmh (Kecuali ni speedo deviasinya gede)

  27. data dari M+ bs saja beda dari data tablooid yg dipost paka RT, itu wajaaarrrr kang!!!!!

    ini mirip survey pilpres kmarin, yang ditest adalah SAMPEL!!!! SEKALILAGI SAMPEL!!!!! dan motornya cuman 1 aja tiap jenis yg ditest, dan secara statsitik ilmiah, sekali lagi secara STATISTIK LOH…. kedua test (M+ n tabloid pak RT) itu TIDAK MEMENUHI SYARAT utk memberikan kebenaran…..

    kalo mau hasil yg bener, minimal sejumlah 20 CBR150, 20 R15, 20 minerva Vx150 yg ditest berkali2 dg tempat, BBM, oli dan org yg sama, kemudiah masing2 hasilnya dirata2, lha itu baru bener….

    produk motor tu gak identik walopun satu tipe dr pabrikan yg sama, coba saja beli 2 CBR150, trus ditest performa n konsumsi BBMnya, pasti beda hasilnya kok…..

  28. Ajib, musim depan mungkin dua duanya ketemu di track.


    IRS Seri 4. Sport 150, 28 Sept 2014
    Ini starting grid lengkapnya [+ video]

    http://satria155.com/video-starting-grid-irs-seri-4-sport-150-sentul-2014-hampir-lengkap-minus-r15/

  29. Pingback: Komparasi VS Komparasi (Kasus Sonic150R). Bukan Untuk Konsumen, Tapi Untuk Menaikkan Oplah | motorgoodness

  30. Duh. Mau dicoba 1000 kali juga r15 kalah di track 800m++ dibanding cbr. R15 unggul di awal. Ane r15 rider juga cbr150 rider. Ane akuin kok cbr unggul di putaran atas. Masuk gear 5 cbr dah mulai nyusul. Gear 5 cbr tuh sampe 130kpj sedangkan r15 hanya 122kpj. Ini hitungan main diperfect shifting. Kalo main dilimiter r15 gear 5 125kpj cbr 133kpj.

  31. ya itu bener udah pernah saya tes tu cbr sama r15 emng jauh banget kdg sya berfikir salah rasanya itu klo cbr 150 yg ada 170 kali masak saya tes fu ke cbr jauh banget pdahal bobot joki sama kendaraan masih beratan di cbr tpi masih gk sanggup tpi saat tes fu sama r15 ehhh … r15 gk ada apa apa”nya
    cmn emng start r15 oklah.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting