New Vixion Lightning Keok Adu Drag dengan CB150R StreetFire

Diposting pada

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera buat kita semua, brother sekalian. Semoga kita selalu selamat di jalan

Halo, bro. Mudah2an judul artikel ini belum basi, ane juga rada males sih mbahasnya, ….. karena tunggangan ane yang NVL yang kalah nih adu drag dengan CB150R temen kerja. Tapi mohon jangan buru2 dibilang hoax ya…, karena ane nggak punya dan nggak bisa mem-video-kan kejadiannya.

Begini kisahnya…

Suatu malem setelah mengerjakan pekerjaan tambahan (bikin proposal penelitian), kebetulan ane pulang bareng dengan empunya CB150R, panggil aja namanya “Eka”. Ngubrol2 sebentar, sambil manasin motor, ane liat jalanan kosong nih, ya udah setelah mesin mulai anget, ane ngomong sama Eka,”Ka, kita balapan yuk”.

Jawab Eka,”Ayo pak”. Rupanya Eka penasaran juga sama performa NVL, lebih kenceng apa lebih lemot dari CB-nya.

Ya udah, ane yang ngomando,” 1,2,3 wreeeinggggg……….” Lewat 50m, Eka dah mulai di depan 1/2 body, 100m ane dah ketinggalan 1 body. Pikir ane kenceng juga ni CB150R-nya Eka.

2013-03-07 13.05.17

Motor ane yang dilingkari kuning dan motor Eka yang dilingkari merah. Dan ini trek-nya (jalur terletak antara gedung FISIP dan parkiran FT, Universitas Brawijaya)

jalur trek2an

Jalur drag warna merah, tempat start warna kuning, warna biru (perkiraan) ane dah ketinggalan 1 body.

1. Analisis mengapa CB150R menang. Ditinjau dari kondisi performa motor yang sama2 baru, namanya adu drag, nggak ada tuh yang namanya ngurut gas. Gas langsung geber abis, dan peak power NVL ada di sekitar 8500 rpm sedangkan CB150R disekitar 10000 rpm, sekian mili detik setelah start keduanya full throttle, alias dua2nya rpm nya mendekati 10000 rpm. Dan sesuai dengan spek masing motor, power NVL mulai ngedrop di 10000 rpm dan CB150R paling top powernya.

2. Ban NVL lebih berat dan lebih besar diameternya, otomatis untuk urusan akselerasi CB150 lebih dahsyat, saat adu drag (full trhottle-10000 rpm).

3. Mungkin karena ane lebih berat kali ya, keliatannya badan Eka langsing. Ane sekitar 70kg dan Ekan sekitar 50-an kg. Atau Pas tangki NVL-ane penuh dan tangki CB150R-Eka rada kosong…….. (menghibur diri…….asline sediiih………NVL ane keok).

Begitu cerita ane sesungguhnya tiada yang ditutupi, ane bukan fanboy, ane pencinta performa motor, dirumah ada beberpa merek selain NVL. Ane ceritain untuk sekedar sharing, semoga berguna bagi bro-bro yang pengen beli motor sport 150cc dan lagi galau mau pilih NVL apa CB150R.

Bagi yang dah beli NVL dan merasa kurang puas dengan performa standarnya, bisa mampir ke artikel up-grade NVL tahap 1 dan tahap 2

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

632 thoughts on “New Vixion Lightning Keok Adu Drag dengan CB150R StreetFire

  1. seppp…mantab tu,bro…ane ttp menghargai,cm yg bkn nyesek klo yg pke grombolan kremi mcm jaos,peyek,ciaaa,vega joss,motor fairing,nobita,darmo…bener,pngn nabrak lari mrk ane…seppp,sori ya…
    😉

      1. bener juga bro, kalo cuma punya 1 motor dan kebetulan NVL dan yang punya penjual somay, ya cocok aja bro. Apa lagi torsinya gede buat ngangkut rombong somay. Kalo pake CB150R malah nggak cocok, lebih boros.

      1. ya itu salah satu kelebihan NVL diantara kelebihan2 lainnya, biar rider NVL kaya ane nggak terlalu minder.
        tapi ane dilain waktu, sempet juga tarik2an sama cb150r yang sama, imbanglah 11-12 dgn NVL.

  2. disamping analisa yg udah disampekan, mungkin juga cara betot gas yg terlalu nafsu, mesin overstroke kalo gas dibetot terlalu nafsu mlh kurang greget, beda dg mesin overbore, sampeyan betot kasar malah oke, tp kl diurut kelamaan dpt peak power.

    1. Halah verza ga ada tenaga nya motor hoaks, kalah sama jupiter z yg dulu hahaha malu-maluin mtor aja gde tenaga anak bebek!!!

    1. ya,,, wajar lah. semua ada kelebihan dan kekurangan bro. nvl, cb150, dan fu, emank motor dengan akselerasi yahud. yang penting hargai pengguna jalan lain.

      1. ya harus gitu bro. jalan milik umum. hahaha. berbagi lah. ga ada untungnya juga ngebut. kalo mau tes, ya jam 12 malem ke atas lah. haha. salam kenal bro.

  3. mas bro mas bro dr spec mesin vixi baik yg old maupun yg new itu spec commuter bukan spec sport racing. kq d adu ma yg down grade sport racing. klu NVL tuh dah up grade masih kalah ma yg down grade. aq dah coba jg scorpio d kentuti tuh ma sicibri (cb150r) tp s cb aq kilik dikit tp mesin std. kan pio 225cc. ealah pio,FU jg klibas. nih mongtor lawannya cbr150 atau fxr150 sbenarnya. krn down grade dremehkan. tp ddlmnya ada vulkanik yg siap doptimalkan jk dah dimuntahkan sy yakin speed 140km/h gmpang

    1. dah jangan keseringan cb150r ente buat2 tarika2an, ntar cb150r temen ente yang lain masih alus bunyi mesinnya , cb ente dah kasar lho.
      ane yakin kalo cb150r ori lawan CBR150 old/new atau FXR150, ya dah pasti kalah cb150r.

  4. cb emang di desain kencang (akselerasi) kayakna. kemren smpat liat cb hitam tarikan sama fu, si cb motor baru, fu dah agak tua kyakna coz model lampu lama. mulanya saya g tau, saya cm brkendara normal, dibelakang truk, tiba2 muncul si cb dan fu, dari gelagatnya kayakna udah tarikan dari wktu sblumnya, sy cb ikutin aja, posisi dari depan adalah si cb, fu, trus saya, cb agak dekak dengan fu, saya selisih 1,5 bodi dari fu. stelah jln agak longgar, bner deh, si cb lgsung tncap nyalip truk, diikuti fu, trs saya, saya wktu itu posisi gear 2, kira2 speed 40 km/jam diblekang truk.. saat berakselerasi, kyakna imbang tuh cb sama fu, saya sempat mendekatkan diri dengan si fu dengan gear 3, tp sy tahan g terlibat dengan mereka, sy ikutin aja, smpe 100 km/jam fu blm bisa mndekati cb, dan saya tepat di belakang fu, akhirnya si fu dah g ngejar lg, mgkin dah tau performanya dari tarikan sebelumnya, dan sayapun lewati si fu, tp g bs ngejar si cb, dan si cb menjauh..
    saya pake vixion 2009. kyakna cm mammpu ngimbangi smpe speed 100-110…

    1. ya nggak apa2 vixion kalah, nggak rugi juga, karena lebih enak kalo dibawa nyantai dan lebih irit.
      fu dan cb emang didesain punya efisiensi volumetrik lebih besar dari vixion, jadi wajar kalo cb ato fu lebih kenceng dari vixion.
      silahkan cek bandingkan lebar total intake ketiga motor tersebut, pasti faham nantinya.
      bisa dimisalkan ente lari sprint dengan masker mulut-hidung dan tanpa masker, kira2 mana yang lebih kenceng lari sprint-nya?

      1. kl udah bahas volumetrik y arahnya emang ke ukuran intake valve, tp itu juga bs d artikan semakin boros… larinya motor kan emang dipengaruhi sama bahan bakar… vixion bs kok ngeladeni fu yang powernya lbh gede dan beratnya lbh enteng, di trek menanjak yang banyak kelokan..coba aja deh 😛 hehe

      1. udh jelas power nvl jauh diatas cb! So tggl jokinya aja yg mesti pinter2 main throtle, mana rider cb? Bolehlah ‘sowan’ ke t4 ane!

        Udah byk cb karatfire yg ane kalahin dimarih!

        1. emangnya ente sudah liat power NVL dan CB, baik diinternet dan media cetak???
          beda dikit bro, nggak sampai 1 dk. makanya performanya beda2 dikit, kadang NVL menang, kadang CB yang menang.
          Menang-kalah balapan di jalan faktornya banyak, bisa aja cb yang ente kalahin emang nggak niat balapan (rider sayang motor, atau rider sayang nyawa). Kalo ente memang pengen tau performa CB150R, ya udah cari temen yang punya CB150r yang sehat, ente coba masing2 dengan alat ukur yang tepat, baru nanti tau berbedaannya.
          rider sama, kemampuan sama, berat sama, yang beda cuma motornya.

      2. Skill orang beda2 bang bro @ari….. Mungkin bang bro rider nvl blm menyatu dengan tarikan motornya. Kaya rossi dengan ducati, Dan stoner dengan sucati. Beda feeling.

        1. bisa jadi, tapi kami berdua sama2 baru pegang motor baru. Karena ane dah sering pake motor kopling (CS1 sejak 2009, P180 sejak 2011), kayaknya masalahnya bukan di feeling, tapi di PWR, heheheh..

        1. kalo ane sebagai muslim sih tiap hari minimal 5x ketemu Yang Maha Kuasa, kalo ente bro vtr gimana?
          nggak usah do’a2 orang lain cepet mati, mati udah ada yang ngatur, udah tertulis di Lauhul Mahfudz sebelum dunia diciptakan.
          ente juga harus jaga2, jangan2 ente duluan yang berangkat, siap2 bro…

    1. wah, udah banyak yang dikalahin ya. hahaha

      😀

      saya yang penunggang new cbr 150,ngakuin dah tarikan nvl ama cb150 ni,sama fu jga. 3 mtor ni emank rajanya dah buat akselerasi dikelas motor 150cc 4 tak. sippp,,,,

      1. yup, sesuaiin kebutuhan dan kemampuan aja. kalo macet pa ga sekarat tangan ni pake cbr. mending pake smash. hahaha.

        nvl vs cb,, emank bikin geger

        1. heran juga, hampir semua artikel “VS” dari motor2 yang lagi booming menghasilkan kegegeran.
          padahal aslinya ane bikin artikel untuk panduan bagi yang lagi galau mau milih NVL apa CB150R

      2. haha. malah kalo ga ada blog yang komparasi malah nyusahin. masa kudu test ndri. mending terima jadi aja. tinggal baca. setelah baca tinggal bilang “owh, gitu ya ternyata? bla,,,bla,,,bla”. kan enak. sambil ngopi. juoz.

        1. bukannya lupa bro my max, tapi emang di daerah ane (kayaknya) nggak ada yg pake, yang ada apache160. Dulu sebelum beli p180, ane mau coba liat produk tvs, ee… dilernya di Malang dicariin nggak ketemu2, pindah ke mana tau.

    2. Biasa om, anak bahasa kaya gtu semua..xixixi
      klo kata bang Roma “darah muda, darahnya para remaja, yg selalu merasa gagah tak pernah mau mengalah”

      lahh kok jadi nyanyi??? wkwkwkwk

    3. setuju sama ente gan .
      ane rider NVL , kalo ente kalah sama cb150r untuk trek pendek/drag, brarti entenya aja yg bego, gabisa bawa motor kenceng!
      NVL ane slalu minum pertamax plus (krna didaerah ane gada shell) , dan ganti oli seminggu skali, paling lama 2 minggu skali.

      kalo ketemu dijalan/dilampu merah , ane capek ngeladeni CB150R , ga ngejar dikit pun, yg ada tuh motor kok makin jauh aja di spion, malah lebih senang ngejar satria FU (catatan: FU sama2 standar, CDI standar dan knalpot standar NVL ane masih sanggup didepan).

      pernah ke pantai dgn rider CB150R, sharing bentar “katanya top speednya 130kpj gas belum mentok, ane jawab aja , NVL ane tarik 2 sama pacar ane 127kpj gas juga belum mentok”. ketika balik dari pantai adu cepat sampe kantor (sama2 tarik 2 dan postur boncengan juga sama), eh tuh CB slalu dibelakang, padahal trek sangat panjang.

    1. iye, kalo ente speed lover, pilihan ente tepat. dirawat aje cb150r-nya baik2
      cuci sendiri, biar tau kalo ada kekurangan2, kalo bisa di-repair sendiri.

      1. semua punya klebihan dan kekurangan bro….
        cibi d punyaq gag ada msalah tuh….
        ktnya karatan???.
        cuma org begog yg mw dboongin klau tuh krat…
        pdhal tuh bekas las kuningan…
        klo emang karat..pastinya udah njlar kmna2 ..buktinya…..tetep cuma segitu…
        terlalu bangga punya nvl…..
        dtg aja ke tmpt ane…
        mari kita adu cb vs nvl yg powernya lbih gedhe…
        tp klo agan sayang nyawa ….jgn dtg dch.

        1. jangan2 ente bro yang terlalu bangga punya cb?
          nggak usah nantang2in dan mbego2in orang lain, itu namanya sombong bro. Mau ente digolongkan pengikut iblis yg terusir dari surga, gara2 sombong? nggak mau kan?
          sayang nyawa? jelaslah ane sayang nyawa. lha kalo nggak sayang gimana bisa nikmatin hidup? gimana bisa nikmatin punya motor nyaman? nyawa adalah nikmat yg dititipkan Allah SWT, yang harus sebaik mungkin kita jaga.
          Di dalam beberapa ayat dalam Al Qur’an, Allah SWT membolehkan menyembunyikan keimanan, jika nyawa benar2 terancam. Itu artinya nyawa sangat berharga.

      2. om bro motor gokill.. sikat ajah ama ayat2…
        sombong banget lagian bro um… emang cb ama nvl itu produk mana bro??? ya ga usah sombong2ing lah… karena itu kan bukan produk situ sendiri atau produk bangsa kan.??? jadi apa yang di banggakan??

    1. iye katrok kali, mangkanya kalah.
      Btw ente dah brapa lama bawa motor? kalo ane dah dari 1993, jangan2 pengalaman ane lebih tua dari umur ente,
      hahahaha…piss bro
      tapi pengen ncoba lagi ntar kalo ada kesempatan

    1. sebenarnya kalo nggak terlelu parah jangan diopname dulu motornya. daftar dulu aja, biar diindenkan part yang mau diganti dan motor kesayangan masih bisa dipakai.

  5. malu2in rider nvl aja luh! Udh tuwir juga!

    Ane pk piksen dr taon 2008 skrg pk nvl merah,

    kalo skdr cb150r mah keok ame nvl gw! Paham?

    1. hehehe .. nyatai bro, ane yang bawa NVL aja nggak malu ko. Kalo ente malu tuh urursan ente.
      emang ane dah tua, makanya pilih NVL
      kalo ente bisa ngalahin CB150r, ya udah bro, ane ucapin selamat, ente jagoan, hehehe…puas ente.
      tapi ati2 jangan seriing ngebut di jalan, sekelas daijiro kato aja mati tuh, gara2 ngebut di jalan

        1. yaa mudah2an kita nggak kaya gitu, dan yang terpenting kalo ketemu orang belagu kaya gitu, mending ngalah dech
          karena kalo emosi kita tersulut dan ngotot ngejabanin nih orang, bisa2 kita, dia atau orang lain celaka. inget bro
          semua kecelakaan (apalagi sampai mati) membawa kesediahan dan kepedihan, masing dari kita dan biker semuanya memiliki orang yang menyayangi yang sedang menunggu di rumah.
          All biker is brother, ngalah aja agar semua selamat.

          1. Tenang Mas Bro,Bikers sekelas Arai ora usah ditanggapi,nggarai udunen. Dia msh bangga betot gas ngoyo gigi mentok dapatnya cm 120Kpj aja,blum tau dia sensasinya naik motor Gear 3 udah 115Kpj (utk Gear sisanya tdk usah dibahas wis)…Salam 1 Aspal Mas Bro

    2. aray songong bgt lo bru bawa nvl…vixion emang parah d putaran atas torsi bawah jg cepetan sepeda somay. seumur umur gw bawa scorpio kaga ada vixion songong yg bisa nempel tp kmaren malem minggu d jalan by pass nih mtr cb rada nempel d putaran bawah walopun ga trlalu deket msh kliatan ngelawan. pio gw Os 400 jenong. karbu pwk sudco 30, coil yz copotan, cdi rextor jeroan mtr jgn d tanya dah..aray sopan dikit jd org cuy hormatin dikit si sumber….. joky hebat jg percuma kl motor lo emang udh dasarnya bloon…mo lo gas tuh motor nvl sampe bantu dorong cepirit jg kaga bakalan ngejar tuh cb…jiwa ksatria donk dikit akuin kelebihan rival…jgn songong lo aje d gedein l….buat masbro yg lain maaf kl gw agak to the point..

      cheerz.

      1. sabar bro, mungkin sangking cintanya arai sama NVL, sampai nggak rela kalo motor yg semerek dengan tunggangannya kalah. Padahal kalah-menang kan banyak faktornya, bisa aja kalo arai yg naikin NVL bisa menang.

  6. haha arai ga terima klo nvl kalah. padahal dari spek mesin saja dah kelihatan kok nvl dibawah cb. selama ini rider vixion merasa kencang karena memang karakter vixion dan beberapa motor yamaha enak ditarikan bawah. untuk top speed masih kurang.old vixion srasa kencang karena ban yang kecil . apapun mtornya terima dengan bangga yang penting itu jerih payah kita belinya.
    oya tuh arai belajar sono tentang spek motor. pertama ohc kedua sohc dan ketiga dohc.

    1. maklumin aja bro, anak muda. Sama bro kita yang model gini kita nggak boleh ngatain, ntar dia malah tambah sewot (kita dulu waktu muda juga gitu). Kita harus memberikan pembelajaran dengan lemah lembut, mungkin nanti dia sadar bahwa, “”kalo mau jadi jagoan kebut silahkan masuk even drag race atau race resmi di sirkuit”. sayang nyawa cuma satu, alangkah baiknya kalo diisi dengan kebajikan2 yang bermanfaat buat diri sendiri, keluarga dan orang lainnya

    2. haha. jgn blang anak muda nih. ane jg muda lho 21th. :-p

      tapi ane ga malu tu cbr 150 ane kalah ama fu. ane mash mikir nyawa, toh jg ga dapet apa2. belom lagi beli ndri motornya. yah mungkin kemampuan ane kalah ato mtornya udh oprekan jg ga tau. yang penting ngelus2 aje lah barang sendiri (bukan ortu yang mbeliin).

      😀

      1. semakin berilmu, semakin mawas diri. Ketinggian ilmu bukan dari umurnya, tapi dari seberapa banyak yang dia ambil dari lingkungan sekitarnya sebagai bahan pelajaran, agar tidak melakukan kesalahan. Baik kesalahan yang pernah dilakukannya di masa lampau, maupun kesalahan orang lain.

      2. @vincent,,jarang2 ada anak muda yg kaya ente .. salut dah sama ente, walaupun umur msh muda tpi punya pola pikir dewasa.
        Beneeerr jgn terpancing nafsu, lebih sayangilah nyawa, sayangi keluarga, dan sayangi motornya Toh menangpun ga dpt apa2. (kecuali balapan resmi)

  7. Wah… Sayang motornya mas kalo dipaksa kitir atas terus… Motor baru ntar cepet rusak 🙁
    kalo mo buat balapan tuker sama old vixy ku aja, wkkk.. 🙂

    1. nah ya itu bro, kadang ane juga mikir gitu, soalnya beli pake duit sendiri, kalo cepet rusak yang kite sendiri yang rugi.
      nggak tau kalo ada bro lain yang seneng tarik2an pake motor standar, bisa jadi dibeliin ortunya yang tajir, jadi kalo rusak tinggal minta lagi.
      betul gak?

  8. Hehehehe….
    badan Gambot & ban besar yg bikin motor juragan gak bisa lari.
    Coba aja CB dikasih Ban 120/70-17… pasti jd ga bisa lari tuh CB…
    xixixi

    1. beneran ini bro, nggak ngibul. cebongnya (cb150r) belum diapa2 in, orang nggak ngerti ngoprek mesin.
      biasain jaga omongan bro, biar orang tua ente bahagia, ada manfaatnya ente dilahirkan. kelakuan ente baik, omongan ente baik, cermin dari keberhasilan ortu mendidik ente. piss bro

      1. woww.salut sama yg punya warung ga emosi walo di olok2 terus sama komentator tuyul alay,hebat mas bro,lanjutkan,saya salut sama anda,sukses terus buat anda,motogokil,joss

        1. soalnya ane jadi inget jaman dulu, ane juga gitu. jadi bro2 kita yang darah mudanya masih menggelegak ya kayak gitu, maklum aja. walaupun begitu dia sodara kita sesama rider-biker dijalan, saudara harus saling menjaga, agar sama2 selamat.
          sebenarnya olok2 itu juga belum tentu jelek, mungkin baik buat kita untuk introspeksi

      2. waduh, kasarnya. berarti bener kata kang IWB, komentar kayak ni yang bikin pabrikan males baca komentar buat cari masukan biar lebih baik lagi. karena komentarnya cuma cacian, bukan komentar berpendidikan. sabar lah yang punya warung. hehe

    2. woww,om lukas,pinter n cerdas bgt ya,cb 150 sf,di ganti cdi,woww,baru tau klo honda pgm fi pake cdi,mantap n cerdas sekali om lukas ini,wowww,…/

      1. bisa aja bro diganti. ini kejadian dialami oleh old vixion yang mau naik kelas jadi 24dk. terpaksa bore-up, ganti injeksi dengan karbu, ecu ganti CDI unlimitter. karena dah pasti perangkat ECU+Injector original dah nggak mampu mendukung oprekan tersebut.

    3. Yg tulis ini org goblok banget … Jelas banget cd dah pasti kalah sama vixion . Kondisi keliatan yg pake vixion aja berat 70kg yg cb 50kg gimaneee …. Kalo mau nuliss yg benerr kasih fakta dan data yg fair … Hadehhh bego bangett sih , pinter dikit lah

      1. “cd” maksudnya celana dalem atau salah nulis, maunya nulis “cb”
        ya itu dah ane tulis faktanya, motor standar, treknya, ridernya, data yang lain kan bisa ente baca di internet atau di tabloid.
        mungkin emang ane bego yah, kalo nggak bego mungkin ane dah lulus S3, hehehe…
        ente lulusan apa bro? kayaknya lebih pinter dari ane? hehehe….
        kalo emang ente lebih pinter dari ane, dah lulus S3 (Dr, Phd, dll), wah kebetulan nih ane mau minta pencerahan dari ente bro, mungkin diskusi yang baik malah bisa nolong ane biar cepet ngambil S3 (kalo bisa yang di austria atau jepang).

      1. cb150r nya mau di-boreup dan ganti pgmfi dgn carbu kali bro, makanya MCU nya mau diganti CDI.
        BTW nasir nya masih ada bro?
        NSR adalah motor impian ane dulu, (jadi inget nsr temen ane warna ungu)

    4. cara berbicara mencerminkan perilaku se2orang, coment yg kaya beginian nih yg merusak. tanpa disadari dia menjelekan diri sendiri. berbicaralah yg sopan..

  9. om.. ko diceritainya ampe 100 meter doank??.. ampe keseluran donk.. ??
    ane pengguna nvl juga. pgn tau gap nvl am cb sgmna…

    1. ok deh ane tuntasin ceritanya.
      jalur dragnya cuma sekitar 170 meter, didepan sudah menunggu petigaan buta (nggak keliatan kendaraan dari kiri dan kanannya). Jadi saat mualai ngerem di 120-an meter dari garis start, NVL dah ketinggalan 1 body lebih (kayaknya sesuai dengan tes akselerasi oleh tabloid motor plus/otomotif)
      yang jelas kita saat itu masih waras, jadi disisain trek 1/3 buat ngerem, apalagi motor kita masih standart, bodi motor masih berat, rem masih standart (di even drag race juga gitu)

  10. Selama cc nya masih 150 cc 4 tak bedanya gak bakal jauh, ya segitu segitu aja. Tinggal selera aja suka yang mana.

    1. setuju. ane tambahin lagi lah. 150cc 4 tak 4valve dan dijual dipasaran. haha. itu bakal kurang lebih.

  11. kocak bca2 komet ny om..
    smw ga mw ngalah, berarti mereka ntu maniak merk…
    hahaha…
    klo menang ga dpat ap2, klo kalah jga ga dpat ap2…

    1. sabar aja, biasanya yang di miliki-lah yang dibela, dah kodrat manusia.
      kalo ana punya (pernah punya) beberpa merek, jadinya biasa aja. masing ada kekurangan dan kelebihannya, maklum motor standart harian.

      1. bro, request nvl vs cb vs cbr vs fu vs fxr. haha. ane pegang fxr. toh walaupun beda karakter, sama2 dijual dipasaran juga. hahaha. biar rame

  12. salut sama yg punya warung penyabar banget di pancing pancing biar marah tp ga mempan, malah masih sempat memberikan nasikhat subahanallah coba klo gini semua damai indonesia, salam kenal gan sama saya. kuncoro

    1. salam kenal balik mas kuncoro.
      yang mancing2 juga belum tentu punya niat jelek, jangan2 aslinya orangnya asyik diajak berteman.
      di dunia ini yang sifatnya habbluminannas itu sering2nya “ora mesti”
      dulu musuh, sekarang jadi sahabat yang paling akrab
      dulu dicinta, sekarang dibenci
      dulu dicari2, sekarang malah ditinggalkan
      dll

  13. Saya dari tahun tahun 2010 bawa byson turing kesana kemare , langgananya kena selip ama vixion cbr scorpio , bahkan pernah kena salip ama jupi mx dan supra , tapi ane sante aja

    yang penting enak di bawa dan nyaman di hati

    beda motor beda karakter
    beda orang beda juga karakternya

    Logika nya semakin tinggi rpm mesin jangan lupa rajin2 dirawat ya motor nya apalagi motor dengan kompresi tinggi di kasi premium

    1. disyukuri yang sudah kita miliki, dan hargai pilihan orang lain, kebutuhan orang untuk mencapai kebahagiannya beda2.
      ada yang bahagia kalo bisa kenceng, ada yang bahagia kalo bisa irit, ada yang bahagia kalo bisa keren dll

    2. hey,,, byson itu motor yang harus dibawa pelan. biar bisa dilihatin. apalagi dimodif street fighter,, waw bgt.

    3. Sama berarti gan, saya bawa CB150R dari awal maret. 2 minggu sekali perjalanan PP Bandung-Bogor, jarak sekitar 126km. langganannya disalip-salip mulu, maklum rata-rata cuma 65 KPH. padahal jalanan mulus abis + trek lurus sekitar 2.5km di perbatasan Kab. Bandung Barat dan Cianjur. sering juga gan di tantangin ama New Vixion, tapi ane ga pernah ladenin, hehehe…

    1. nggak apa2, biar bisa dijadikan contoh, bahwa itu tidak sopan. mudah2an setelah diskusi ini dia sadar.
      kadang orang yang meledak2 kejelekannya, ketika dia sadar, potensi positif-nya akan keluar jauh lebih dahsyat dari kejelekannya yang lalu, yang sudah dia tinggalkan (sudah tobat).
      Jadi inget kisah Umar bin Khoththob RA.

  14. Salut ama yg punya warung…tetap sabar walau dipancing tuyul alay…hehehehehehe…..pd hal apa pun motor nya ya nyantai aja lah…gw aja punya 2 motor 250cc (Ninja 250R thn 2011 dan CBR250R thn 2012) nyantai aja disalip FU,NVL,CBSF dan Matic…ga hrs memaki kyk tuyul alay gt…..hehehehehehe…..salam kenal Mas Bro !

    1. mungkin itu hasil belajar ane dari jalanan, rider emang harus terus belajar sabar, apalagi di jalan, sebagian besar orang yang sabar bawa motor di jalan umum insyaallah selamat.

    2. salam balik, mas bro. dulu ane ketika bawa motor2 enteng (bebek) gayanya ya kayak gitu, nggak sabaran.
      setelah ngerasain bawa motor berat, bertenaga besar macan pulsar 180 ug4, baru ane sadar, kalo semakin besar kekuatan membawa konsekuensi semakin besar tanggung jawab, semakin sabar.

    3. wah, kalau gitu, disalip tuyul alay juga ga ngefek mas. yah udah tau lah, tinggal betot bentar udah kesalip lagi. hahaha.

  15. mantab analisisnya ban lebih besar memang berpengaruh

    tapi top speed masih unggul NVL kalo baca di Tabloid Otoplus edisi 36/X
    NVL = 131Kpj
    CB150 = 130 Kpj

    1. dulu bulan ke-1 dari ane beli NVL, ane pengen buktiin tuh info dari tabloid dan internet tentang kecepatan NVL, waktu itu ane lagi berkunjung ke famili di mojokerto, jatim.
      pas tarik2an sama old vixion, emang sih bisa menang (nggak tau tuh vixion tahun brapa?), tapi kecepatan saat itu dah mentok di 118kpj, mungkin shifitng gear nya masih ngaco, tapi dah puas sih bisa ngalahin old vixion, nggak malu2in

      1. bener2 testimoni yang objektif, semoga NVL rider tetep cool dan nggak sombong, dan CB150r rider juga tetep cool nggak panas kalau melihat NVL di jalan.
        menurut perhitungan ane dengan memperhatikan perubahan kecepatan (di speedometer) dan perubahan waktu (di player) dengan menggunakan rumus fisika dan tabel excell, kira2 untuk mencapai 131 kpj, diperlukan waktu 1 menit 4 detik, dengan jarak 1.731 meter (1,73 km).
        saluut buat yang udah ngetes, semoga tetep berhati2, dan semoga semua selamat di jalan.

  16. seiring dengan waktu akan terbukti kok sapa yang unggul dan saya sebagai pengamat yang realistis dan tidak buta merek akan menjagokan motor yang ssuai spek untuk speed. contoh cbr. fu . ninja.
    klo nvl tiger nmp verza itu murni motor komuter.

      1. bener kang. selama vixion dirilis ampe sekarang, baru tadi pagi ane nyoba ntu mtor. dasar enak kang. ga pegel. ga kaya cbr ane. boyoken kang. hahaha.

  17. kasian yak yg namanya lukas cocote ga pernah di sekolahin ya??
    klo pengetahuan cetek tuh mending diem, sejak kapan injeksi pake CDI??
    yang ada tuh pake ECM, buat apa sih ngomong lebih kenceng ini atau lebih kenceng itu toh ujung2nya buat di pake nyari duit
    nih orang bikin gue emosi aja yak.. hahahaa..

    harusnya tuh klo punya motor gede toleransinya jg lebih gede inget di atas motor kenceng masih ada lg yg lebih kenceng,
    gue rider scorpio 2003 piston wiseco 80mm aja ga malu klo di lewatin ama cb150,nvl,cbr150,ninin250 padahal mah klo ninja2 standar aja bisa gue bikin meringis klo nguber gue tapi gue sadar ada lagi yg lebih kenceng dari gue jd gue mending kalem aja bawanya dan sayang nyawa jg..
    tapi bukan itu esensinya tiap rider harus sadar itu jalan umum bukan jalanan pribadi jd berkendaralah dg sewajarnya dan attitude sesama ridernya harus di benahi bukan malah saling arogan kadang gue suka ngebut jg tapi bukan karena emosi gara2 di salip tp karna gue telat ngantor dan klo ada yg geber ngajakin kebut2 di lampu merah gue kalem aja..

    salut yg yg punya warung orangnya sabar banget, keep blogging mas..

        1. yang paling deket dengan Allah SWT yg digoncengin, rider-nya kadang2 lupa sama Allah SWT, karena fokus sama jalanan.
          Waspadalah, jangan sampai pas lupa sama Allah SWT, pas tewas karena kecelakaan di jalan, bisa2 su’ul khotimah.

      1. Pokoke sing duwe warung joosss..
        Intinya jalan punya umum
        Klo mau adu kecepatan turun aja ke sirkuit

  18. sayang nya liat cb150r ane jdi ilfil (wlpun ga beli 😀 ) konde no problem,ban rada kesil juga masalah,tpi itu ya ampun tutup tangki jendol bikin muak 😈 2013 gitu loh masih aja pke tutup tangki zaman fir’aun 😆

    1. yok kita diskusi untuk merancang dan membangun motor nasional, dengan dukungan seluruh blogger dan komentator, masa nggak bisa bikin motor?
      mekanik handal 1 orang ditambah 2 crewnya bisa.

  19. Salam kenal masbro “gokil”
    biar fair kalau ngedrag lagi tukaran motor dong
    kalau 2x kalah berarti faktor joki, kalau kalah trus yg kedua menang berarti faktor motor.
    saya dulu punya tmn kuliah, skr jadi dozen FT elektro Unbraw
    namanya Fauzan EP, kalau sampeyan kenal salam ya.
    Matur nuwun.

    1. ane sih seneng banget kalo dipinjemin, nggak peduli nanti NVL ane bakal kalah lagi, tapi….
      sekarang ini namanya sepeda motor milik sendiri, dah menjadi barang yang sangat pribadi, nggak rela rasanya ditunggangi orang lain
      seperti halnya sikat gigi, cela** **lam, dll

      Kalau Fauzan EP, dia mah sahabat ane, ente dapat salam dari Fauzan
      Btw gimana hubungan ente ama keluarga di boyolali, saat ini?
      Kalo ke Jombang jangan sungkan maen ke Malang.

  20. ngelola warung mesti sabar bro. mari kita diskusi dg smangat persaudaraan.
    terus berkarya bro .
    ane akan sering mampir.

    1. waduh kehormatan bagi ane, kalo ente sering mampir.
      ane pernah punya musuh, nggak enak banget.
      tapi kalo banyak temen, banyak saudara, meskipun hanya di dunia maya, ane berharap banyak rejeki.

    1. memang ada orang yang senengnya bikin keramaian, ane khawatirnya tujuan aslinya adalah supaya orang berpaling dari kebenaran yang sedang kita diskusikan.
      kalo dulu kita sering baca komik atau wiro sableng maka kita akan fahan dengan istilah ‘DI ATAS LANGIT MASIH ADA LANGIT’

  21. Sip.. sip… klo saya sendiri (usia juga bukan ABG ) kok lebih prefer NVL ya… maklum suka yang gambot-gambot 🙂 lagian NVL lebih bertorsi dan lebih irit (harusnya)

  22. Mantap blogger satu ini, dewasa bgt, biarpun d lecehkan tp tetap sabarrrrr…mantap bro
    Biarpun mtr ny nvl tp msh jg ttp mau berbagi ilmu ttg klotok ny cb150r, lanjutkan bro…

    1. terima kasih atas dukungannya.
      memang salah satu tujuan ane bikin blog, adalah menyumbangkan pemikiran dan pengalaman di bidang permotoran, mudah2 bermanfaat bagi semua yang baca.
      ane pencinta motor, bukan pencinta merek. Bahkan kalo bisa ane pengen share pengalaman dengan semua motor yang ane miliki dulu dan sekarang

    1. iya nggak apa2 tolol, tolol kan nggak dilarang. ya mudah2an bro joki maron lebih pinter dari ane, Bangsa Indonesia sangat membutuhkan generasi2 yang pinter seperti ente asalkan ahlaknya mulia.
      tapi usahakan sebelum ngomong yang kurang sopan, pelajari dulu spek engine masing2 dari NVL dan CB150R, juga pengakuan dari masing2 pabrikan, mereka nggak bohong kok.

  23. NVL n CB150 yaa…11-12 lah..g ad yg unggul mutlak..ane pernah jg jajal dijalan sm CB..menang ane..tapi waktu lain jg ane kalah sm CB lain..sekarang kembali ke selera..ane mah suka NVL di desainny..kl CB kepalanya terlalu “ndangak”..:D

    1. ente bener bro, jangankan lain merek, sama mereknya, sama tahunnya kadang performanya beda.
      sebenernya kalo ngeliat headlamp nya ane lebih suka CB150R daripada NVL, tapi kalo mempertimbangkan finishing total ane lebih milih NVL.
      masalah performa standar, ane dah tau kalo NVL sedikit kalah dari CB150r, tapi kalo ane pengen kenceng ane mau templokin mesin CBR/CB ke CS1 ane nantinya.

  24. @motogokil! barusan ane udah inden cb150r red gpp lah biar nunggu 1bln juga, di honda dewi sartika gara2 artikel ente ini bro…

    Tks pencerahane msbray!! 😎

    1. samaa2, ntar waktu dateng pastiin mesin nggak bunyi klotok2, nggak ada las2an yang karatan, dan minta garansi kalo kejadian mika lampu meleleh dan dan mesin klotok2.
      Inget ya nanti kalo dah dateng, hati harus tetep sabar dalam ngereyen “CB150R tersayang”, ikuti petunjuk buku panduan, jangan terpancing kalo ada yang manas2in ngajak tarik2an.
      Tambahan dari ane : kalo pagi sebelum manasin mesin, diengkol dulu (kick starter + mesin off) : 10 kali, baru on-kan dan kick skali lagi (electric starter juga boleh) sampe nyala.

      1. bantu nerusin buat yang baca dibawah ya mas, yup . . . tujuannya supaya ada oli yang naek untuk ngelumasin komponen2 daleman mesin, “SEBELUM” bener2 dinyalakan n bekerja di RPM yang idlenya sampe 1000an RPM 😀 …. jadi mesin sudah terlumasi sebelum tuh besi2 komponen saling gesek 😀 , jadi lebih awet deh

  25. wajarlah NVL kalah, bukan cuma dapur pacunya kalah…liat transmisinya, CBSF 6speed jadi jarak antar giginya rapat, penyaluran tenaga lebih baik.

    1. Menurut ane di sektor itu (engine) NVL kalah lumayan banyak dari segi performa : 1. transmisi, 2. rpm maksimum, 3. efisiensi volumetrik, 4. DOHC
      Tapi disektor lain NVL menang : 1. finishing rapi, 2. Keliatan eksklusif, 3. lebih irit bensin

    1. di putaran 1500-7500 NVL menang telek torsinya, CS1 payah lueemoott
      di putaran 7500-9000 CS1 mulai terasa tarikannya, tapi NVL masih menang sedikit
      di putaran 9000-10000 NVL konstan, CS1 semakin ganas
      di putaran 10000-11500 NVL di 10500 dah kena limiter, CS1 masih ngacir sampai rpm 11500, dah kaya terbang (sok nya keempukan)
      topspeed NVL baru sampe 118 kph
      topspeed CS1 baru sampe 120 kph

  26. WALAH, WALAH sing nduwe warung pengalaman numpak sepeda motor lumayan akeh yoooo ……. nggak lihat merknya apa , honda, yamaha, bajaj, suzuki oke semua…
    salut buat mas bro yang adem terus komennya …….
    salam buat masbro

    1. salam juga buat ente, semoga selalu selamat di jalan.
      kalo masalah motor, ane dah seperti orang lagi jatuh cinta.
      ane pake motor yang kebetulan dititipkan Allah SWT kepada ane, dinikmati dan disyukuri aja.

  27. Dulu ane mikir speda yang torsinya gede tuh selalu kenceng, tapi kebanyakan kok malah lemot diputaran atas. Trus ane pake FU, baru tahu sensasi tenaga putaran atasnya DOHC. sejak itu aku gak tahu kenapa kok suka banget ma karakter DOHC.
    Skrg FUku udah laku trus ganti CB dech…
    tanpa meremehkan kemampuan vixi, aku puas dengan performa CB150r dengan segala kekurangannya. Lebih baik CB karatan dah, daripada dikasi bahan yang bagus ntar malah mahal.
    Klo masalah konsumsi BBM untuk kelas DOHC yang CC dan diameter klepnya lebih besar dibanding FU, CB tergolong irit mas bro… Klo CB masih dibilang boros namanya “kedunyan”. Ya tapi jangan dibandingkan dengan motor yang beda teknologi, pasti iritan SOHC.

  28. saya pengguna cb150R
    salut sama yang punya warung..ga beda2in n bijak pula top deh n ngasih pencerahan pula

    salam cyber

    1. Klo nvl kalah itu wajar krene spek jg udah kalah
      Dohc mantaf atasnya apalagi stroke cb pendek nvl pnjang
      Dari bda stroke aj dah bisa diliat beda karakternya
      Nvl siip buat salip sono sini
      Klo cb lebih ke top speed

      1. masing2 punya kelebihan dan kekurangan, yah kaya suami-istri.
        suami maupun istri punya kelebihan dan kekurangan, tapi kalo mau harmonis, harus saling menutupi kekurangan, dan saling melengkapi dengan kelebihan masing2.
        every rider is brother, keep brotherhood

  29. Mantap nih om yg mpunya + dapet tips juga,saya awal ny penunggang bebek kharisma x pengen punya motor bermesin DOHC karena penasaran soal performanya.Awal ny mau ambil FU tp pas banget lalu honda keluarin motor sport DOHC nya ya sudah saya langsung inden,dah hampir 3 minggu indennya,yang saya suka teralisnya itu sexy boo :v ,trs rencananya kl dh dateng nti juga mau di pasangin kondom tangki biar gk terlalu jendol xixixi… salam saya dari pademangan om 🙂

  30. sesama penungang nvl nih bro. salam kenal. 😀
    hi bro !! 🙂
    cuman mau ngajakin aja setiap malam minggu di sekitaran patung kuda monas. kita selalu adain kopdar bro sesama pengguna nvl di jakarta. udah banyak bro yg datang setiap minggu nya.
    kali aja mas bro minat untuk meluangkan waktu, dgn segala senang hati kita menyambut mas bro, untuk berbagi racun2 modif nvl disana. 😀
    ane jg salut ama nte bro, cara nte nanggepin komen2 negatif sabrr banget. luar biasa…
    ane pribadi sering ketemu rider cb dijalan, dan alhamdulillah ane gk pernah terpancing untuk ngebut2an dijalan, karena motor dr hasil keringet sendiri. rugi banget kalo sampe terjadi hal2 yg bisa ngerusak motor bahkan mengancam nyawa kita. amit2 deh :D.
    dan untk ngebuktiin bahwa kita rider nvl dan cbsf bukan musuh, kita ada rencana untuk silaturahmi ke tempat kopdarnya cb. 😀
    maaf bro acak2an.
    salam hi bro
    we are brother 😀

  31. bicaralh yg sopan,….ma’f sebelumnya ane rider CB dri batam, tiap hari brngkat krja pake CB cuman mau tanya knapa yach klo rider NVL klo ketemu ama CB ane sukanya geber, trus suka nyalip CB ane ,,,pda suatu hari pas lgi “off day” niat hati mau Running CB ane bawanya biasa aja krna masih baru takuut, ane merasa sayng mo bawa kencng, kebetulan CB ane udh mncapai 2.000km, udh 1bln kurng satu minggu prkiraan ane,..naah pas hri itulh tiba2 ane di salip ama rider NVL warna black setelah pas di depan ane dia pelan kelihatan lampu remnya menyala tanda bahwa dia ngremkn,trus ane biasa aja udh deket dia gas lgi tus ngreem lgi naah ane pikir mau coba aah seberapa kencng CB ane trus ane ladeni deh ane kejar dri belakang keknya dia mlhat dri kaca spion dia lngsnung tambah gas ane pikir ini trlalu jauh tpi ane usahain deketin dan brhasil,.tpi enth krna pas dekatin tu rider pas pula ada tikungan kami sama2 tancap gas dia di kiri ane kanan tentu ane lebih melebar jalanya dbanding diakn tpi dgn tanpa di duga hanya sebatas itukh kemampuanYA ane libas dia ketingalan jauh sampai ane mutarke tikungn trus ane brhenti bru dia muncul tanpa melihat ane tancap gas terussss ane seng trnyata CB emng jago loooh sambil trsenyum ane blng CB qm emng jossse i love u heheheee,,,,ini kenyataan sumpah demi allah ane g” bohong.

    1. siip bro
      dinikmati dan disyukuri cb-nya
      dan jangan mudah terbujuk rayu syaiton di jalan (maklum overbore dohc memeng enak diajak main dikitiran 9000 rpm ke atas)

  32. klo mau adu kecepatan dijalan, mslh menang kalah itu emang banyak faktornya. bisa krna joki kalah nekad, bisa juga salah baca RPM jadi masukan gigi kecepetan ato telat, bisa karna emang jokinya gak niat ngladeni, bisa juga karna kondisi mesin pas gak fit.
    jadi klo kita menang dijalan, itu bukan tolak ukur motormu paling kenceng dari yg lain. klo cuma iseng sich ya sah2 ajah.

    kmrn malah CBku abis menang dari ninja 250r, soalnya sininja lg berhenti trus tak salip. sangar to???? (bcanda)

    semoga para biker lebih bijak…

  33. hihihihi ente bener banget bro, kalo dah faham begini
    kita semua nggak bakalan ada yang kebut2an di jalan.
    karena menang nggak mbanggain, kalah malu2in, jatoh disukurin…

  34. Wah kera ngalam yha mas bro.. salam knal.. ayas ngalam coret..
    seneng baca2 komennya.. ayas pnunggang cb150 .. klo mau balapan mah di race bukan dijalanan yha mas bro.. kalau toh mau ngebut di jalanan emg mau ngebut dmn. wong jalanannya ajah banyak tembel sana sini…

    keep brotherhood

        1. diati2, dirumat, ngebut sitik2 nggak popo.
          ini rahasia nih, kadang motor memang harus digeber sampe mentok, hal ini untuk memberikan tekanan yang mencukupi bagi ring piston dan silinder untuk membentuk permukaan yang match, sehingga tenaga yang keluar akan lebih besar jika dibandingkan dengan motor yang keseringan dibawa pelan.

    1. walaupun kalah juga harus tetap tenang, nyantai aja. sambil menikmati pemandangan di jalan, dan mensyukuri nikmatnya punya cb, banyak yang lain yang masih pake bebek, sepeda ontel, angkot…
      punya motor yang penting enak dipake dan bisa mengantarkan kita ke tempat tujuan dengan selamat.

  35. gag cuma di jalanan kampus, di motoGP pun kalo track nya ada lurus panjangnya honda selalu menang, tapi kalo gag ada tack lurus yamaha selalu podium. gag ada yg sempurna. salam one hearts

        1. terima kasih atas dukungannya bro bejo,
          sengaja nggak ane apus, biar buat pelajaran buat kita semua, bahwa ada saja orang yang seperti itu. Nggak cuma di dunia maya, orang seperti ini juga ada di jalan, orang2 yang sok jagoan yang kadang membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Menyikapi komentar orang kaya gini dengan sabar, mudah2 menjadikan kita orang yang sabar juga ketika riding di jalan raya.

      1. seneng rasanya mlm ini sy follow ke warung ini. pdhl tdinya hti ni agk kcwa hrus gmna cari cara agr bs claim cb bs ga dipersulit dia ahass. stlah searching2 nemu warung ini. jadi agk terobati, stidaknya slain dpt info yg brrti, tp jg bs meladeni dg baik komen2 yg kekanak kanakan. salam kenal ya kang. sy sng dg blog ini, blog kang iwb, dan tmc. oya, kl mau sharing ke akang ttg motor cb sy kmna alamat emailnya kang. maklum kang ini baru yg kedua sy komen di warung2 spti ini. msh blajar kang…

        1. alkhamdulillah, kalo blog ane yg kecil ini bisa bikin seneng ente. mudah2an komen2 yang ada disini, baik oleh komentator maupun ane bisa bikin adem ati dan memberikan banyak manfaat. ane seneng banget nih kalo ada yang mau berbagi tentang pengalaman ber-sepeda motor, mudah2 menjadi pencerahan buat ane juga yang lainnya.

          bagi yang mau ngobrol2 tentang motor nih email ane :

          iwan_fadilla@yahoo.com
          nawihallidaf@gmail.com

          ane juga punya beberapa manual service, part catalogue (hasil hunting dari web), mungkin ada yang membutuhkan.

  36. salam hormat mas
    sbnrnya udah beberapa kali mampir tp baru tau klo sang mpunya warung gentle man, dan low profile. ane silent rider jd jrng koment di blog r2, males liat koment oknum provokator klo koment. Cara ente menjawab koment provokator sgt pintar…ane yakin mereka pasti pada dongkol sendiri klo ga mempan pancingannya.
    Ane ijin bookmark blog ente sbg referensi ane, bareng, ridertua, tmcblog n iwb. Respect 4 u.

    1. salam juga bro sandi, makasih dah mau mapir di marih.
      emang ada beberpa komentator yang komennya bikin sepet mata yang baca, tapi nggak apa2lah biar jadi pebelajaran kita semua, bahwa kadang niat baik kita (mis:membuat artikel) terkadang tidak bisa menyenangkan semua orang (komentator or silent reader), ada aja orang nggak seneng dan berusaha bikin rusuh.
      ya udah lah, berprasangka baik aja, mungkin dia belum begitu faham sama esensi artikelnya.
      Monggo di bookmark

        1. sama2 bro sendi.
          yang memprovokasi ngajak panas2an, diberi pemahaman biar adem.
          jangan sampe dah di jalan, udah panas2an, ee… pas buka blog ati juga jadi ikut panas.

    1. ya yang namanya cinta (nge-fans) jangan keterlaluan, apalagi cuma sama merek motor, nggak menolong/memberi pengaruh apa2 buat kehidupan kita, cuma sekedar mewarnai saja.

  37. bro, ente dewasa banget. Untuk blogger professional pun komentar kaya gitu pasti di banned. Biarkan saja bro orang gak senang. Ujian buat blogger. Ane boleh belajar kedewasaan sama ente gak bro ? Sumpah untuk anak kuliah jempol 10 buat ente. Kalo ada cendol kasih cendol nih hahahaha

    1. ente bisa aje bro, dendy.
      ane sudah seharusnya dewasa dan sabar, meskipun rada terlambat, seharusnya dari dulu ane jadi orang penyabar, karena Allah SWT bersama orang2 yang sabar.
      btw ane bukan anak kuliahan, ane yang ngajarin anak kuliahan di kampus, diem2 aja yah.

  38. Wah pertama demen ama judul artikelx….
    setelah baca salut sma knetralax mas bro’……
    Baca koment takjub sma kesabaran mas bro’??
    Resepx apa mas??
    Hahahaha……….pengetahuanx bole jg??
    Oh y saya take kFB. Y mas’
    Tax ^o<

    1. monggo bro good-day, ente take ke FB.
      ane lagi belajar sabar, dan berusaha menularkan sifat sabar buat semua yang berkunjung ke blog ini.
      karena mungkin sebagian besar pengunjung adalah rider r2, maka sifat sabar saat di jalanan sangat penting, agar semuanya sama2 selamat.
      banyak kecelakaan yang menimpa rider r2 di jalan cuma gara2 nggak sabaran, padahal kalo mau sabar sampe juga ke tujuan, dengan selisih beberapa menit dari yang ngebut.

  39. Ane rider ninin 250 bro, ninin karbu, selama di jalan raya ane sering pake speed 80-100/h lha mau gimana lagi titik teriritnya di situ, tapi ya gimana yah, sering di angap reneh sama rider 150ccers, ane sering di tantangin di blayer2 kadang ane jabanin ane tarik tuh nyampe 120 aja dah pada ketinggalan dari fu, nvl, ovl,nmp, bahkan cb tapi waktu speed ane 110km/h cuma cb yg bisa ngikutin 150 cc yg lain uda ngeper kedodoran, kalo cbr nyampe 125an dah lewat, kslo jln rame malah kalah ma cbr 250 soalnya buat slip2 mematikan bgt sempat liat cbr250 std ngepretin ninin 150 di jln padet cepat, tuh ninin 150 ga bisa ngejer selal selipnya giliran lintasan lurus ninin 150 ane kepretin aksel kalah tapi bgtu masuk rpm12000 ninin ga bisa ada yg ngikutin bahkan motor 2 tak yg powernya setara

    1. jangan terlalu dianggep kelakuan rider yang baru bisa ngebut, apalagi ente rider 250cc, jarang ada lawannya.
      Nyantai aja bro, sambil menikmati kegantengan motor 250cc.

  40. arai tuh anak.mana sih…ngakak deh lihat koment” nya…. tau motor ga sih..??’ tau karakter over bore ,square, over stroke gak sih, tau bedanya power dan.torsi?… tau bedanya dohc 6 speed dan sohc 5 speed? hadehhhh…

    1. sabar aja bro cahyo, dia pura2 nggak tau aja kali bro. komennya cuma buat mancing2 aja, menguji kesabaran yang baca.
      Macam alay naik motor cc kecil, mblayer2 gas, zig-zag, tangan megar megang stang. Begitu diajak duel tarik2an e.e.e.e. motornya batuk2, seting karbunya ngaco, wkwkwkwkwk.

    1. ya pasti kalah lah nevil dan cibi, lha vespa 2tak 150cc lagi, setara tenaganya dengan NSR, Ninja 150 dan RGR, wkwkwkwkwkwk
      dah disimpen dan digosok ampe kinclong body ama mesinnya, dipajang di ruang tamu, btw ane seneng banget kalo ngeliat vespa kinclong, mantaaappp

  41. Benar Mas Bro……..Amin mudah”an setelah baca artikel ini maka baxak pembaca kecipratan sabarx mas & pengguna R2 ƍäª mdh terpancing untuk kebut”an yg berdampak pd mengurangx angka kecelakan djalan y mas bro. untung motor saya ccx kecil jd jrg kebut”an palagi klo pas jln sm anak cmn 20-30 km/jm hehehe……lam knl y mas bro, bkl sering” berkunjung dmari mas’ hehe……iya mas saya like ƍäª bsa……y mungkin nanti saya coba lg sdh bsa kali y……..keep posting mas’ n keep brotherhood yoo……..

    1. seneng rasanya kalo para rider motor (juga pengguna jalan yg lain) sabar dan sopan di jalan. Maka jalanan akan terasa aman, nyaman dan menyenangkan, meskipun kondisinya macet.
      Antara rider saling mengalah, mempersilahkan rider yang lain yang terburu2 untuk lewat. Rider yang terburu2 juga sopan, sebelum menyalip, minta izin/pamit dengan mengklakson dan men-sein, dan memberi salut/jempol kalo sudah diberi jalan.
      Jika terjadi senggolan rider saling memaafkan, jika terjadi insiden (naudzubillah/mudah2an Allah SWT melindungi kita dari hal semacam ini) masing rider saling menyalahkan diri sendiri atas kelalaiannya dan berusaha menolong korbannya atau mengganti kerusakannya.

  42. Ketinggalan mas bro……..djaga knetralanya n selalu sbr menghadapi pengunjung warungx mas bro’
    Sukses selalu mas bro……….

  43. hal yang sama dgn jupie z1 ku (2013), dikentutin oleh supra xx 100cc thn 2002 ditanjakan yang curam dan kelokan tajam,,,,, so terima aja,,,toh aku jg pengguna honda sm yamaha jadi ga nyesel banget.

    1. mungkin sebagian besar biker yang punya motor dari beberapa merek, sikap nya seperti ente bro ontohod. lebih bersahaja di jalan.
      ngomongin supraxx100cc (97cc), jadi inget grand black ane dulu (skrg dah dijual ke tetangga). motor kenangan, mesin nggak pernah mogok dari 1993-2009, limiter cdi tinggi (ato nggak dilimit , ya), tapi ya cuma 97cc ya segitu topspeednya, 120kpj (speedo mentok) std, jalan lawang-purwosari, jatim.

  44. setiap kita beli motor kan sudah ada spesifikasinya lengkap dari dealer, jadi harusnya tau lah………… dohc untuk top speed di mana mana pasti lebih jos……… sedangkan sohc untuk putaran bawah ok tapi untuk top speed ya ga mungkin sebagus dohc jadi ga usah pada ngotot….. apalagi di jalan umum…….. hormati pengguna jalan lain….
    jadi kalo dah beli nvl ya di syukuri aja…. yang udah beli cb ya di syukuri juga….. apalagi hasil dari keringat sendir….. ngapain malu sama orang lain….. emangnya mereka yang beliin kita motor……… gitu aja brow……….. banyak bersyukur salam………..

  45. salut dengan kesabaran pemilik warung ngeladeni para alay ^_^ ,klo diperhatikan dijalan kebanyakan pengguna 150cc kebawah rada alay..mungkin karena mudahnya selap selip dan entengnya mengendalikan motor ber cc kecil, atau karena bocah smp dan sma yg baru bisa bawa motor dan masi rada labil kebanyakan menggunakan 150cc kebawah…ane bila lagi jjs dgn r1 kesayangan ane sering di asapin bebek dan matic g ambil pusing kok, dan kadang merasa lucu dan geli kalau uda ditantangin oleh mx, fu, vixion, cb, pio atau ninja (ridernya anak sma rata2…mungkin dipikir motor modifan ^_^ jd dipepet dan gas rem gas rem….heran jg krn pengguna ninja 250 keatas selalu nyantai2 aja menikmati motornya)..kadang2 gatal jg betot gas dikit masuk gear 3 uda jauh ketinggal, tp kebanyakan sih dicuekin aja, mungkin faktor umur ane yg uda kepala 3 ^_^ …masalah besar dgn motor ane bengkel yamaha g bisa service, dan terpaksa service di bengkel mobil cbu dan ngantri dgn mobil yg servicenya luamaaa T_T .
    kadang para alay kurang bersyukur krn motor masi pemberian ortu, masi kurang rasa tanggung jawab krn masi bisa minta sama ortu dan klo ada apa2 masi bisa ngadu ke ortu dan pasti di tolong, atau berasal dari keluarga broken home, ngebut dijadikan pelampiasan…jd kita2 yg masi waras banyak2 bersyukur aja atas apa yg kita miliki dan utk yg uda berkeluarga perhatikan anak jika uda beranjak smp keatas jgn sampai jd alay, kita yg repot ^_^

    1. ya begitu lah bro rider, kita yang waras lebih baik ngalah. Kalo sempat ketemu dengan bro2 kita yang masih seneng kebut2an di jalan, ntah di dunia maya atau di warung kopi saat kopdar, kita ajak mereka ngobrol2 mudah2an bisa memberi pencerahan buat kita pribadi maupun mereka.

  46. salut dah buat semua yg dah coment juga buat yg punya warung, hebat n top deh smoga bisa kita ambil pelajaran dari semuany terutama ane…, harapan ane smoga smua biker jadi tambah saling menghargai terutama saat di jalan..supaya semuany tetap selamat…, smoga makin suksess ya motogokil..

    1. wah .. ane belon nyobain p220, tapi kalo menurut prediksi ane p220 yang powernya 19hp on wheel, punya kemungkinan besar buat ngalahin NVL maupun cb150r, asalkan treknya cukup panjang.
      makasih bro grayfox, dah mau mampir di blog ane.

  47. koq ono yo blogger sing koyo ngene, saingan berat karo pak erte. salut mas, warunge sampean ac-ne seger tenan.
    sasaji.

  48. ane rider TVS Tormax bro. ane juga suka ngeliat NVL, keren banget bodynya. Tapi jujur ane ga suka ngeliat kelakuan rider Vixion (pada khususnya) dan Yamaha (pada umumnya) yang mayoritas “TUYUL ALAY” (no offence).

    Liat aja komentar2 tuyul alay di blog ini, rata2 FBY kan? yang ga terima motornya kalah sama CB?

    Dan selama ane riding di jalan, ane seringkali ketemu dengan rider NVL yang alay, dan sayangnya ane GA PERNAH nemu rider CB yang ngalay (rata2 moderate speed aja, klo lagi ngebut pun ga zigzag dan tetap menghormati pengguna jalan lain).

    Apakah memang bawaan orok klo banyak rider YAMAHA (maaf) alay? Tentunya tidak termasuk owner blogger ini. 🙂

    Simple case, ane pernah nemu rider NVL yang alaynya kumat, Motor masih baru belum ada plat, yang harusnya dieman-eman, malah digeber zigzag kanan kiri, bahkan sampe wheelie. Kebetulan jalan di depan berupa flyover yang lagi rada sepi, jadi ya ane kejar aja. Ga pake lama motor india abal-abal ane udah nempel di belakang NVL. Trus sang rider terperanjat dan langsung main selip kopling. Maaf, ga ngaruh, Tormax ane berhasil nyalip dan akhirnya makin jauh di depan NVL.

    Setelah dirasa agak jauh ane langsung memelankan speed. Ane berharap dengan gaya ane yang ga kalah alaynya dengan si rider NVL, bisa membuatnya untuk sedikit kalem di jalan. Eh ternyata kagak ngaruh. Dia langsung mepet lagi sambil geber NVL anyarnya sampe menyentuh redline. Waduh….

    Yaudah, singkat cerita, Tormax ane menang untuk yang kedua kalinya, dan akhirnya si rider NVL “tobat” dan kami berjalan santai beriringan. Wkwk.

    Di lampu merah berhenti bersebelahan, dan akhirnya ngobrol. Dia heran banget ada motcin (tuh bener kan, motor ane dianggap motcin lagi) yang banter banget dan dia ga bisa ngejar. Dia ga nyangka TVS kenceng juga, trus ngasi jempol.

    Dan berikutnya ketika daily riding (ane memang rada kenceng di jalan, soalnya lagi ngejar banyak kerjaan di lapangan), seringkali ada rider Yamaha yang terpancing dan ikut mengejar, sambil geber2. Baik itu Vixion, Jupi MX, bahkan Vega ZR sekalipun. These people… :mrgreen:

    Salut buat Yamaha dengan taglinenya dan iklan2nya yang sukses membuat darah2 muda di Indonesia merasa motornya paling kencang.

    Dan salut banget buat owner blog ini yang jauh dari kata alay dan tetap sopan, walaupun motornya Yamaha. 😀

    Siap menerima komentar dari tuyul alay yang ga terima motornya disalip Tormax a.k.a. “Motcin”

    1. nyantai bro tormax-rider
      mereke2 bukan TUYUL ALAY, mereka2 juga brother kita, cuma kebetulan aja tingkahnya berlebihan
      kalo sempet ngobrol2 dalam suasana yang enak/nyaman, sebisanya kita nasehati agar lebih sopan di jalanan
      karena rata2 motor2 yamaha torsinya sangat terasa di rpm rendah-menengah, maka biasanya rider motor yamaha “begitu menikmatinya saat dijalan”, sampai2 terkadang lupa kalo di jalanan banyak pengguna lain yang merasa terganggu. tapi rider model gini bukan fby aja, fb2 yg lain juga banyak ane beberapa kali ketemu di jalan, ada yang bawa pulsar, vario, suprax125, shogun125, ninja250, dan moge2 (ini yg paling ngeselin, ane diintimidasi disuruh minggir)

  49. Wah2.. Salut buat Bro Motogokil..
    Sangat dewasa dan netral ulasannya walau motornya yg kalah, hehehe..
    Bangga sy Liat Bro Motogokil.

    Coba seandainya semua Fanboi ymh seperti anda, mungkin jauh lebih adem dunia biker Indonesia, dan para FBH pun tidak terpancing dan bakal malu sendiri klo buat ulah.

    Salam Kenal Mas Bro Motogokil yg baik hati…
    Mas Motogokil, please add FB ane ya.
    Lewat e-mail ane yg ada aja di add.

  50. Bro Moto Gokil yg baik hati, please add me..
    Senang rasanya bisa kenal dgn org seperti anda.

    Gak usah ngurusin para FBY yg sakit hati dan gak mau terima fakta Mas bro.
    Biar ALLOH saja yg balas kata2 kasar mereka.

  51. Bro Moto Gokil yg baik hati, please add FB ane..
    Senang rasanya bisa kenal dgn org seperti anda.

    Gak usah ngurusin para FBY yg sakit hati dan gak mau terima fakta Mas bro.
    Biar ALLOH saja yg balas kata2 kasar mereka.

  52. Mantep mas,jarang orang mau jujur tentang tungganganya,hehehe,…kebanyakan mengunggulkan kuda besine,

  53. ane paling demen mampir di marai. yg punya warung dewasa,wawasannya luas, dan kontrol emosinya jempolan, moga kedepaannya makin baik dan makin mencerahkan

  54. Kocak-kocak komen-komennya…. weleh…. Btw, agan pemilik warung memang beda tuh antara NVL ama CB. NVL minta di “halusin” dan CB minta di “kasarin”. Jadi ridingnya beda baru bisa keluar kemampuan maximalnya. Salam.

    1. ya itu dia bro, karena niatan nya nge-drag- ya pasti kasarlah, gigi-1 langsung 8000rpm, gigi-2 10000rpm,
      ternyata galo gas poll NVL diatas 10000rmm langsung det..det..det
      sementara CB bisa sampe 10000-11000
      Waktu awal2 ane juga rada kagok gonta-ganti bawa NVL ama CS1, karakter CS1 hampir sama kaya CB, mintanya rpm tinggi terus.

  55. Saya Pribadi Kepada Sdra yang Ngetest … walaupun tidak Formil dan Tidak ada Unsur Kepentingan terhadfap satu Produsen … !!! Karena Produsen punya pikiran cuman Untung dalam Penjualan … !!! Jadi Antar Produsen sudah Membagi Porsi Penjualan dan Mereka tidak akan beradu dalam satu Lahan … !!! makanya Para Produsen tidak akan perang di satu lahan … !!! mereka sudah Mapping di lahan penjualan tertentu … !!! dan waspada dengan para Konsumen jangan Saling Gontok2 an … !!! se kali lagi Saya Salut pada Drag Yg ngetes … Semoga banyak manfaat u/ Para Pembaca dan Semoga Mas Berhasil dalam Penelitian Pendidikan nya … !!! Amiiinnn … !!! Salam dari saya …. !!!!

    1. amin.. terima kasi mas prijo dah mau mampir di sini
      alkhamdulillah, tahun ini proposal penelitian pengembangan MCU sepeda motor berbahan bakar etanol disetujui.

    1. semakin tua, semakin kurang responsif
      abg –> ninja 165 kpj
      matang –> CBR 145 kpj
      setengah baya –> NMP 90 kpj
      tua –> xeon 65 kpj
      renta –> ambulan
      mati –> kurung batang

  56. Coba bensin nya pake pertamax murni…(jangan di oplos) ane juga menang lawan CB150r….
    Apalagi CO NVL nya di tambah kyy SEMAKIN DI DEPAN…
    🙂

    1. belon ane coba nih pake pertamax murni, soalnya ane kalo beli bensin setelah menempuh 350-400km, jadi kalo ngisinya pake pertamax, terasa banget nguras kantonganya. Btw beberapa hari kemarin, CB temen ane lagi batuk2 gara tangkinya ke gerojok air hujan dari genteng.

  57. Walah ini aku pakai cb150r kok ngejar jupiter Z biar ga dapet.. Di jalan sgak sempit memang apa krn jupiter lebih kecil gampang nyalib2 mobil.. Cb150r mau nyalib terlalu besar.. Atau jongky yg kurang lincah tapi masak bisa sih cbsf ngejar jupiterz kok lama ga dapet2… Utk gigi 1-3 kayak ga bisa lari, kencangnya setelah gigi 5-6 padahal jalanan ramai ya akhirnya jupiter bisa ngalahin cbsf… IRONIS…

    1. sabar,nggak usah dikejar, nyantai aja. jupiZ emang lincah, enteng dan lumayan kenceng buat ukuran bebek. Jangan CB150R, ninja 250 fi aja nggak bakalan bisa ngudak, kalo selap-selip di jalanan macet

  58. halah sales” yamaho pada ga mau ngaku NVL lebih lemot dari cbsf..
    ane pake cbsf.. yg ane ga abis mikir, napa klo di jalan NVL slalu manas”in.. padahal ane jalannya sante gitu (sekitar 80km/j).. ya udah ane ladenin dari pada kepala si rider NVL makin gede..
    tarikan dibawah 100km/j NVL lebih unggu dikit (mungkin ane berat), tapi setelah 100 km/j, cbsf ane udah menang..
    SUMPAH ANE GA BOHONG.. dan gayanya rider NVL kl kalah, slalu nyalain lampu riting gitu biar ane mikirnya dia pelan” aja krn mau nikung. ya elah trik lama.. kaset~

    mungkin jg karena berat ane 95KG.. jadi si rider NVL pas liat ane bawa cbsf mikir “ahh yg bawa cbsf genduut.. mana mungkin motornya bs ngacir.. panas”in ahhh..” hahaha

    Beda sama old vixion.. ane akui motornya kencang di tarikan atas .. liat speedo cbsf ane udah 125kpj, masih aja di salip.. gile kencang emang old vixie.. entah old vixie nya udah di korek apa blm

    info aja, cbsf ane klo di bawa posisi tegak, cm sampe 125km/j. kl nunduk sampe 135 km/j lebih (masih mau naik cm track udah habis). maklum ane tinggal di surabaya, jalannya pendek”.. paling daerah jalan baru dkt jembatan mer doang yg bs speed segitu.. dan speed 135++ itu dapatnya pake gigi 5.. klo di oper gigi 6, speednya jd turun 130an doang. mungkin kek ane blg td.. berat ane 95k, tinggi 180cm.. jd gigi 6 nya ga kuat narik lg.. hahaha

    disini ane ga jelek” NVL. jujur ane suka design NVL, ban gede, kelihatan sangar gitu. apalagi di modif fairing.. keren bgt!. cm yg ane ga suka sama sales maho nya NVL yg sok”an.. koar” sana sini kl cbsf lebih lemot dari NVL. trus jelek”in rider nvl yg kalah sm cbsf (padahal sama” pake nvl masih aja saling ngejek).. jd sales jgn menang mulut doang.. hahaha

    dulu bingung pgn beli nvl karena modelnya keren. tp sayangnya gigi nya cm 5. ane ga bs bawa motor pelan. yah rata” 80-100 km/j. ane pikir klo beli nvl, speed segitu pasti RPM nya udah tinggi utk gigi 5. beda sama gigi 6, pasti rpmnya lebih kecil, jadi mesinnya lebih dingin.. sayang kalo motornya tiap hari dipake rpm tinggi.. cbsf ane lari 90an km/j, hanya sekitar 6rb RPM (utk gigi 6). jadi skr ane klo mau ngebut ya tinggal oper gigi 5. buat santai ya pake gigi 6..

      1. ia mayan speed segitu.. tp gigi 6 nya ga narik lagi.. malah turun speednya.. hahaha
        (keknya kasus gini mirip sama abang tigong. kata tmn”, top speed tiger bs di dapet pada gigi 5, gigi 6 nya udah ga narik lg..)
        entah bobot ane yg terlalu berat atau mungkin gigi 6 nya cuman buat nurunin RPM biar mesin si cbsf ga terlalu panas dan lebih efisien bbm klo dipake perjalanan jauh..

        dan juga sejak beli, ga pake inreyen.. langsung full gas terus. (dapat info dari situs luar, katanya motor baru harus di bawa se-kencang mungkin biar kedepannya motornya lebih kencang.. lupa situsnya apa, cari aja di google.. seingat ane, ada kata “RUN IT HARD” gitu)
        tp beneran loh. awal beli, CB ane mentok di 120 KM/J, udah nunduk” gitu.. tp abis ganti oli pertama (1000km), udah ngacir sampe 130. skr odo speedo udah 7000an, larinya bisa diatas 135KM/J.
        itu pake knalpot standard (kalo ganti knalpot, hilang garansi mesin, makanya ga brani ganti. nunggu 30rb km aja deh), dan juga bbm nya pake premium.. sejak beli cm 1x pakek pertamax..stelahnya slalu pake premium, maklum karyawan bawahan doang. kantong ga kuat isi pertamax sama bayar kreditan motor.. hahaha

        untuk yg blg motor baru harus bawa pelan” biar ga cpt rusak, itu cuma buat motor 2 tak. beda sama sistem oli 4 tak..
        trus baca” blog lain yg ada yg blg “Konsumsi BBm akan semakin boros”, Jika Pada Saat Inreyen Motor Di Geber.
        kenyataannya motor ane rasanya makin irit. SUMPAH GA BOHONG.. kerasa kok dalam kota lebih irit, ga ngitung sih perbandingannya.. mungkin aja karena tarikannya lebih enteng makanya lebih irit krn cm buka gas dikit aja, motornya udah ngacir..
        trus 2 minggu lalu ane ke bali.. pas pulangnya ane coba isi full tank dari singaraja (Bali singaraja – surabaya, trip di speedo nya sekitar 420KM).. sampe surabaya dgn kecepatan rata” 80 – 100 km/j cm ngisi 35rb premium udah full tank lg. jadi (35000/4500) = 7,777 liter untuk 420 KM. artinya 1 liter untuk 54 KM. padahal keterangan AHM, nih motor 1:37 klo ga salah.
        ane mikir sih krn jalannya keluar kota, lebih bebas hambatan, makanya lebih efisien.

    1. bro, tormax ane 5 speed, di gear 5 juga cukup 6000 rpm untuk rolling speed 90 kmh.
      sepertinya 6 speed itu untuk membantu akselerasi bro deh, karena bisa lebih close rasionya. bro udah coba NVL belum? ane yakin di speed 90 kmh juga cukup 6000 rpm pada gear 5.
      sejauh pengalaman ane nguber CBsf, emang ridernya lebih cepat upshift daripada ane, karena 6 speed itu.

  59. arai yuk maen sama CB aq,,,banyak cakap loe,,,,gw udah capek tu ngasapin si nvl katrok,,,,ketika udah kalah lngsung pelan2 di belakang,,padahal ketika masuk gigi sok geber2,udah ga snggup ngejar bru pelan,,dasar nvl ccad

  60. ya gitu dech kalo mau jujur! meski lwat dynotest si cb kalah dari nvl, tapi nvl butuh lebih banyak test buat dapetin top powernya! beda sama cb yg cuma 2-3 kali udah langsung dapet powernya! buat gw 2 motor ini top! gak peduli honda apa yamaha!

  61. komenter yang mendidik gan,ane yang yang dah kepala 4 dan udah 13 tahun mondar mandir jalur maut ,jalur malang ke arah timur,udah ngabisin 5 brompit,dari grand gundul,jupiter,thunder 250cc,shogun sp,jupiter mx over bore 180cc dan terakir cb 150r
    dari pengalaman tsb ,pengalaman yang terkenang selama ini adalah bukan merasakan sensasi riding,cuman nolong sesama biker,terutama vixion di awal awal keluar,terutama,yang sering terjadi,pompa bahan bakar yang macet (terbakar),
    keseringen liat laka yang yang rata2 korbannya anak muda penerus bangsa,dan yang asyik pengalaman kuliner dan ngopi di jalur pantura,terutama warung cubit (ngerti dah yang dah sering touring di jalur tsb)
    oke mas gan gokil moga tambah rame
    salam 1 jiwa

  62. Wahhhh mantab bro..bwt saya pribadi mau dibilang motor lemot,kalah atw apalah ga masalah..jujur kl dari segi mesin saya naksir cb 150r,tp kl tampilan lebih milih NVL(meskipun headlightnya kurang bagus)..akhirnya ya NVL lah pilihan hati..yg penting nyaman kita pakai sendiri..dan harus diingat kl dijalan umum pikirkan jg keselamatan pengguna jalan yg lain..jangan merasa motornya paling kenceng trus seenak udelnya maen ngebut2an..kl mau adu kencang ya disirkuit aja..hehehe
    Salam kenal bro

  63. mending adu lambat-lambatan ama pulsar roda3 ane….. adu jalan 2 km/jam ga bole turun kaki….wkwkwkwkw….

  64. intinya topspeed cb vs nvl hampir sama, cuma beda di bobot motor (berat rider+berat isi tangki) dan tapak ban yg berbeda d tiap motor. siapa yg ringan itulah pemenangnya.. ingat aja kasus ninja 250 yg harus diberi bobot tambahan waktu ngelawan cbr 250..

  65. kalo masalah cc jangan di ramein,.. sama sama biker saling menghargai,.. cb atau nvl yang penting 1 aspal, ane sendiri kalo lagi touring yamaha vixion malah sering gabung dan honda pun sering di undang pokok ya kecepatan lari tergantung biker nya,.. pasti punya perbedaan masing masing,.. kalo sama tinggal jiblak dong,.. ok bro,. salm ! aspal hitam

    1. Sorry y bro Eko itu sih kynya bkn ngeramein soal cc. Cm obrolan ringan aja, atw pndpt sesama biker + konsumen ttg apa yg disediain para produsen skrg ini. Kalo ada yg smp hilang solidaritasnya, sinis,atw cc-is krn obrolan2 gini (shrsnya bs nimbulin hal2 yg mpoSiti)
      Bolh cb ke bengkel kjiwaan tuh ” salam aspal htm & roda bundar 4ever….

  66. ane pnya 3 kndidat buat d beli mtor bru.NVL,CBR150R dgan CB150R streetfire.stelah bca ini,uda bkurang 1 kndidatnya.NVL gw sngkirin mskipun gw suka bget dgan bodynya yg ibarat cewe seksi wkwkwkwkwk

    tpi ane trmasuk pnggila top speed,jdi ya tau deh klanjutannya 😀

    1. kalo penggila topspeed ya cocoknya CBR150R atau sekalian Ninja250, tapi perlu dipertimbangkan kondisi jalanan harian, kalo sering macet, topspeed-nya jadi jarang banget kepake. Kalau pun kepake, cuma sebentar banget dan rawan kecelakaan (jalanan di Indonesia sukanya ‘tiba2’). Selain itu ada beberapa keluhan rider CBR di daerah macet, yaitu pergelangan tangan-pundak dan pinggang cepet pegel, bahkan kalo macet parah (katanya) pengen nangis nahan kopling.

  67. NVL…. buka gasnya jgn langsung diabisin bro. Buka jgn langsung abis, turunin dikit baru deh…….siiiikaaaatt… giginya eh sorry gasnya..(wkwkwk :P) Psti lbh cpt dpt top speednya masbro.

    1. masalahnya adu drag sama cb yang kalo digas abis (11000rpm) malah beringas, kalo diurut gas NVL-nya, ya… cb-nya kabur duluan.
      nggak usah dianggep serius adu drag-nya, amatiran.

      1. gan ane mw nanya ni si cb gw kho ada suara aneh ya d injeksinya, suara itu ada d temperatur 3 srtri trus d putaran mesin 2000-4000 rpm, bnyinya tuh ‘ceeer” bngung gw gan, tolong kasi masukan ye, thanks ni sblumnya

        1. kalo di NVL ane juga gitu, menurut ane kecepatan kompa sebanding/ngikutin rpm, karena harus tetap menjaga tekanan untuk injeksi yg semakin cepat, kalo tidak demikian maka pada rpm tinggi maka mesin akan kekurangan suply bensin. Selama tidak mengganggu performasi mesin/mesin seperti kehabisan bensin, ane rasa nggak masalah.

  68. Diskusinya bagus, ada banyak pembelajaran di sini. sebenarnya saya salut juga pada para pemberani di jalanan, salutnya karena saya tidak bisa seperti mereka, bawa motor speed 90 pun udah takut he.he.he..

  69. kalo top speed tiger revo brpa??top speed versa brapa??top speed megapro primus brp??soalnya megi primus saya hnya mentok di 120km/jam aja

    1. Megiprimus sy pas ban standart 18″ malah cuma masuk 115-120kmh , semenjak ganti ring 17″ ban lebar 100/70 n 120/70 jadi dapet 120-125kmh pake nunduk.. Tapi rasa kecepatan 125kmh nya sama saja kyk pas 120kmh di ring 18″.. Agak ngaco dikit dari ban standart, tapi kalo sejajar vario 60kmh – megy ±58kmh ..

      1. Jelas bro, begitu ganti ban lebih kecil, spedometer akan lebih cepat dari sebelumnya. Karena putaran speedometer mengikuti putaran ban depan.
        Btw makasih dah mampi bro johan

  70. Ehhm,,iya kali ye..,mungkin cuma kebetulan ane pernah ngebut beda 2 motor dri CB150R ketinggal,,.itupun dari pas star CB150 di depan ” startnya dari lambung Mobil,,.cuma pas ane masuk step 2,,.kayak mudah aja melambung,,..ato mungkin faktor jocky ato apa yeee…,,emang mungkin kebetulan kali,,.