Mendekin CB150R, Sama Seperti Mendekin NVL

Diposting pada

cb150r tricolor

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Honda CB150R, meskipun seduah lumayan pendek (lebih pendek dari NVL), ternyata masih cukup tinggi bagi sebahagian rider. Melihat mudahnya modifikasi nvl untuk mendekin seat high, tentunya rider cb15or juga ingin mengaplikasikannya. Akan tetapi karena bentuk prolink pada nvl dan cb150r berbeda, maka ada pertanyaan “bagaimana ngakalin prolink cb150 supaya tempat duduk bisa lebih rendah?”

Meskipun ane belum mencoba (karena nggak┬á punya cb150r), ada beberapa acuan yang bisa diperhatikan untuk mendekin cb150r…1. Seperti yang dilakukan di nvl [baca secara lengkap di artikel ini], maka mendekin cb150r bisa dilakukan dengan menggunakan “conrod modifikasi”.

2. Seperti yang ditampilkan dalam blognya pertamax7, bahwa cb150r bisa ditinggiin dengan memendekkan conrodnya, maka sebaliknya kalau mau mendekin cb150r adalah dengan memanjangkan conrodnya

ninggiin-prolink-cb150r

Berikut ini gambaran kasar teori, memanjangkan conrod dapat menurunkan seat high (mendekin posisi duduk motor). Link pada prolink

prolink3

Pemanjangan prolink

link lengthen

Pengaruh pemanjangan prolink

prolink2

Yang perlu diperhatikan adalah kemiringan monoshock-nya berubah, sehingga akan terasa relatif lebih empuk, sehingga dapat mengurangi kualitas handling saat cornering (menikung).

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

 

 

 

35 thoughts on “Mendekin CB150R, Sama Seperti Mendekin NVL

  1. Wah request ane dibikinin artikelnya juga.. ^_^

    Terus conrod variasi yang lebih panjang tsb apakah sudah ada yang jual pak? Kalau conrod vixion kan dah banyak yg jual ya..

    Terus NVL punya pak gokil apa handling,dll nya juga berubah karena conrodnya dirubah?

  2. berbahaya, dulu ada di blognya ipan yang conrodnya patah.. mending tetep pak estandar dengan paps jok. pabrikan bikin perhitungan geometri itu mahal

    1. sama ane juga pendek, dan nggak napak dengan sempurna. Jadi kalau mau ngakalinya ada beberapa tahap mulai dari yang paling gampang :
      1. Pakai/beli sepatu dengan hak/sol yang agak tinggi
      2. Beli conred (pada pro link) dengan jarak lubang lebih panjang 5mm
      3. Pendekin sok depan 2 cm

    1. monggo
      semua gambar yang di publis motogokil.com bebas untuk di terbitkan ulang
      kalau mau di rujuk balok monggo, tidak juga tidak apa2 semoga menjadi ilmu yg bermanfaat

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan