ganti-oli-bloger

Oprekan NVL (New Vixion Lightning) Menghadapi Regulasi Balap Sport 150 cc IMI

Diposting pada

R15 racing2

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Pihak YIMM menyatakan tidak menggunakan NVL sebagai basis indoprix 150 cc, lihat petikan berikut

“pada dasarnya 2015 Kita Insya Allah bisa Full Mengikuti Indoprix 150 cc, namun tahun ini belum bisa full banget …Yang pertama Yamaha Indonesia sepertinya tidak akan menggunakan Yamaha New Vixion sebagai basis motor Indoprix 150 cc nya”. [Sumber : tmcblog.com]

YIMM mensiratkan menggunakan R15 sebagai basis engine indoprix 150 cc-nya. Akan tetapi basis engine NVL dan R15 bisa dibilang identik, hanya saja dibedakan pada jumlah percepatannya, R15 6-speed dan NVL 5-speed. Memang perbedaan jumlah percepatan ini juga memberikan pengaruh yang merugikan bagi yamaha, jika menggunakan NVL sebagai basis motor balapnya.

Selain itu pada saat upgrade dari old vixion menjadi NVL terjadi perubahan center of grafity (CoG) yang ditujukan bukan untuk balapan, sehingga jika menggunakan NVL sebagai basisnya CoG harus dirancang ulang. Dan menurut ane, sudut rake dari NVL juga kelebaran, jadi masalah sasis juga akan banyak rombakan kalau NVL mau lincah di sirkuit. Dan (mungkin) inilah salah satu pertimbangan NVL tidak digunakan sebagai basis motor balap-nya.

Meskipun demikian bagi yang berminat untuk menjadikan NVL/vixion sebagai pacuan di indoprik 150 cc, tentunya 5-speed bukan menjadi halangan besar, masih ada sisi engine yang bisa dioptimalkan. Kebetulan beberapa artikel yang telah ane tulis tentang cara meng-upgrade NVL masih dalam kondisi volume std, jadi banyak yang masih sesuai dengan regulasi IMI.

Beberapa ubahan/modifikasi yang dituliskan dalam beberpa artikel tersebut terinci dalam page hot issue bagian new vixion lightning, silahkan dibuka2. Kemudian itungan2nya ada di sini, cari aja yang terkait dengan oprek/upgrade NVL, mungkin bisa sedikit membantu menjelaskan oprekan seperti apa yang harus dilakukan.

Pada artikel selanjutnya ane berniat untuk menyatukan artikel2 ubahan tersebut dalam satu artikel yang komprehensif. Do’ain aja bro

Semoga bermanfaan, wassalamu’alaikum wR wB.