ganti-oli-bloger

Biarkan Mesin CB150R Standart Pada OMR

Diposting pada

cb150r OMR

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kemarin kita sudah membahas upgrade dari yzf r15 pada gelaran Yamaha Asian Cup Race, yang menghasilkan kenaikan power sampai 7 dk. Upgrade performa yzf r15 ini mampu menyelesaikan satu lap sirkuit sentul lebih cepat 5 detik dibandingkan dengan torehan waktu cb150r saat omr, di sirkuit yang sama. 5 detik cukup jauh, akan tetapi ada catatannya yaitu, upgrade yang diterapkan pada cb150r sangat sederhana, yaitu :

  1. Pasang piggy back (Two Brother Racing-Juice Box)
  2. pasang knalpot racing (Over, made in Japan)
  3. ganti koil pengapian
  4. geser sedikit gigi sentrik

Ubahan seperti ini sudah menghasilkan kenaikan power 3.33 dk, dengan capaian topspeed 145 kpj di lintasan lurus sirkuit sentul. Dengan ubahan yg sederhana itu ya jelas saja cb150r kalah telak dibandingkan dengan upgrade yzf r15 versi racing.

Lalu pertanyaan yang muncul adalah,

” Bagimana peningkatan power cb150r, jika tingkat modif/ubahannya disamakan dengan ubahan yg dilakukan pada yzf r15 ?”

Sebelum kita membahas ubahan pada cb150r untuk upgrade performa, mungkin ada baiknya kita melihat perkiraan spek std dari cb150R lebih dahulu.

cb std2

Dengan data yg ada di brosur power cb150 17 hp/10000 rpm, maka bisa diprediksi spek2 lainnya, yaitu :

  1. lambda diseting mendekati ideal, padahal kalo lambda nya ≤0.85, maka tenaganya bisa lebih besar lagi
  2. karena lambda belum optimum, maka tekanan ruang bakarnya nya(BMEP)  pun belum memasuki level “high performance” <12
  3. efisiensi volumetriknya wajar (std) = 90% karena klep-nya gede2
  4. pistonspeed nya masih rendah 15.73 m/s (maks 21 m/s), masih bisa ditingkatkan rpm-nya

Baik kita mulai ubahan dan pengaruhnya terhadap perubahan2 variabel yang menentukan peningkatan performanya.

Pemasangan Piggy Back, pemasangan piggy back bisa meningkatkan

  1. Batas limiter 11500 menjadi 12000
  2. Mempengaruhi kerja injektor, sehingga bisa diseting mendekati optimal

Pemasangan Knalpot Racing dan Penggeseran Gigi Sentrik, pemasangan knalpot racing+modif camshaft (gigi sentrik) bisa meningkatkan efisiensi volumetrik

Penggantian Koil Racing,  bisa meningkatkan energi pembakaran yang berkontribusi terhadap peningkatan BMEP

Dari ubahan ini, katanya power dapat meningkat 3.33 hp, atau sekaran powernya 20,33 hp. Predikasi perubahan variabelnya bisa dilihat dalam gambar berikut.

cb omr

Terlihat ubahan2nya minim banget, inilah ubahan pada cb150r yg digunakan pada OMR yg menhasilkan power 20-an hp.

Dan jika kita mau meningkatkan power sampai 25 hp, maka ubahan2nya adalah seperti di gambar ini

cb racing

Hasil ubahan yang berwarna hijau adalah ubahan yg masih sangat aman, bahkan bisa dikatakan hanya sedikit di atas spek std. Sedangkan ubahan yang berwarna oren, adalah ubahan yang lumayan berat. Ok kita bahas hasil ubahan ini

  1. Lambda = 0.85 dan BMEP=12.58, menindikasikan mesin sudah memasuki kelas sedikit di atas high performance. Dan untuk mendapatkan peningkatan ini, cukup dengan men-setting piggy back agar injektor menyemprotkan bbm sedikit lebih banyak, pada nilai lambda 0.85, dicapai power pembakaran maksimumnya. Sedangkan peningkatan nilai BMEP, sebenarnya mengikuti nilai lambda, dengan CR yang relatif tetap yaitu sekitar 11:1.
  2. Efisiensi-nya sudah mencapai 100%, dan hal ini sangat memungkinkan jika menggunakan camshaft racing yang optimum, baik dari lift, durasi maupun overlapnya. Ditambah dengan dukunga knalpot racing, menjadikan effisiensi volumetrik 100% sangat mungkin untuk diraih, sebagai dampak dari efek scavenging yang tepat.
  3. Kombinasi no.1 dan 2, dapat ditindak lanjuti oleh piggy back untuk menggeser posisi peak power pada 12000 rpm, maka power akan terkerek naik menjadi 25.23 hp. Pada rpm tsb piston speed-nya masih sangat aman yaitu 18.87 m/s

Jadi kesimpulannya adalah untuk mendapatkan power 25 hp, sekalipun, modif performa yg diterpakan pada cb150r, belum memasuki tingkat “ekstrim”, jadi bisa diikuti oleh cb150r umumnya. Maka berbahagialah rider cb150r yang ingin lebih kenceng, karena upgrade power sampai 25 hp pun, bukan perkara sulit.

Selanjutnya…..

“Pernah denger cbr150 bisa bikin repot ninja250 di sirkuit sentul?”……

Nah ubahan pada CBR150 tsb mungkin sudah mencapai tingkat ekstrim, yang bisa juga diterpakan pada cb150r. Pada ubahan ekstrim tsb, menurut perkiraan ane powernya bisa mencapai 32 hp.

Untuk yang satu ini perlu artikel lagi, tunggu saja kelanjutan upgrade cb150r penakluk ninja250, pada artikel berikutnya.

Sampai di sini dulu obrolan kita tentang upgrade cb150r versi omr dan versi racing “beneran”, mohon maaf kalo ada kesalahan, bagi suhu2 yg lebih faham, mohon kritik dan koreksinya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.