[Spark Ignition Engine] Memahami profil Noken As, dan Efeknya thd Performa Mesin bag-2


kemInEx

Assalamu’alikum wR wB, dan

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai tujuan.


Serba salah juga nulis artikel kaya ginian, dah nulis susah2, ah yang baca malah pusing, puyeng, dan pada minta ampuunn. Tapi nggak apa2lah namanya juga usaha pencerdasan otomotif, ya harus sabar, barangkali bermanfaat suatu saat.

Ok, kita mulai saja dengan profil noken as/camshaft/kem, yang biasa dijadikan gambaran awal pengenalan kem. Dari gambar ini yang biasanya dibahas adalah tinggi bubungan max/ lift dan durasi/duration, tapi sesungguhnya ada beberapa bagian lain dalam profil kem, seperti tampak dalam gambar di atas. Sedangkan bentuk kem tunggal SOHC, yang mana profil intake dan exhaust berada dalam satu poros akan tampak seperti ini.

camshaftSOHC

Dan jika digambarkan sebagai “sudut crankshaft vs lift-nya”, menjadi seperti grafik di bawah ini

profil cam

Yang abu2 profil kem exhaust (pembuangan/keluar), yang hitam kem intake (pemasukan). Dalam gambar di atas ditunjukkan, lift, durasi, lobe separation angle (LSA) dan overlap area. Lalu apa pengaruhnya terhadap kinerja mesin.

1. Lift : tinggi lobe (bubungan) yang selaras dengan bukaan klep.

Tinggi angkatan klep=tinggi lobe kem x rasio rocker arm. Peningkatan tinggi lobe/lift kem, tanpa meningkatkan durasi, akan meningkatkan power mesin, tanpa mempengaruhi bentuk kurva power aslinya. Artinya peningkatan daya pada semua rpm.

Mari kita kita tinjau persamaan berikut :

kecepatan alir udara

dimana mass flow rate adalah kecepatan aliran massa udara, yang besarnya dipengaruhi oleh :

def vari kecepatan alir

sedangkan Av adalah luas area klep yang lebarnya ditentukan oleh lift

lift vs Av

sehingga lift kem ini sangat berpengaruh terhadap performa mesin, seperti tampak dalam grafik

flow coefficient

dari grafik ini terlihat jika lift kem meningkat, maka perbandingan antara lift dan diameter klep  (l/d),  juga meningkat, cf juga ikut meningkat. Jadi lift selain meningkatkan Av juga meningkatkan cf, sehingga mass flow rate juga meningkat. Peningkatan mass flow rate akan meningkatkan efisiensi volumetrik dan torsi, tentu saja power meningkat.

2. Durasi : durasi sudut crankshaft (bandul) dalam derajad selama angkatan/lift (saat klep membuka).

Peningkatan durasi akan memperlama klep untuk terbuka, dan dapat meningkatkan power di rpm-tinggi dan juga dapat memperluas range rpm untuk menghasilkan power max.  Peningkatan durasi tanpa meningkatkan LSA, akan meningkatkan overlap klep.

3.LSA : perbedaan antara angkatan max klep in dan ex, perubahan LSA akan mempengaruhi kurva power dll, berikut ini salah satu akibat perubahan LSA pada sepeda motor suzuki smash (Peper : Adi Susilo dan I Made Muliatna dari Unesa)

LSA vs rpm

LSA std =105 derajad. Terlihat di rpm rendah LSA std paling besar torsinya, dan di rpm tinggi LSA yg sedikit diatas std (110 derajad) yg paling baik. Bearti benar memang smash diperuntukan untuk efisien di rpm rendah.

4. Overlap : adalah durasi sudut crankshaft dimana klep in dan exhaust  sama2 terbuka. Pengaruh overlap adalah, pada saat rpm tinggi waktu klep in terbuka sangat singkat, keluarnya gas buang melalui saluran ex, mengakibatkan kekosongan/kevakuman di ruang bakar, sehingga dapat membantu menyedot campuran udara+bbm memasuki ruang bakar melalui saluran intake. Jika diberikan dorongan yang lebih kuat/supercharge, misalnya dengan menggunakan turbo, maka campuran udara+bbm bisa tembus/bablas ke knalpot, jadi boros karena terbuang percuma.

efek overlap 2

Peningkatan overlap selain meningkatkan batas atas rpm saat power max, tetapi juga akan menurunkan power di rpm rendah, dan juga menurunkan kualitas pembakaran di rpm idle, karena gas buang bisa terdorong keluar lewat saluran intake, sehingga menghalangi masukknya udara=bbm. Kondisi ini dapat diperjelas dengan gambar berikut

efek overlap 1

Hal yang juga sangat penting untuk diperhatikan adalah dalam menentukan tingginya lift kem, harus memperhatikan kekuatan pegas dan rpm mesin. Karena pada kecepatan tinggi klep akan mengalami keterlambatan menutup/floating jika dibandingkan dengan kondisi normalnya. Seperti tampak dalam gambar di bawah ini.

klep floating

Jika terjadi float-ing seperti ini, maka aliran gas masuk dan buang akan kacau –> power mesing akan drop, dan lebih parahnya lagi, payung klep akan menghantam piston yang berakibat klep bengkok dan piston retak/pecah, dan jika memaksa menggunakan per-klep yang keras (per-klep-racing), tanpa diimbangi material klep yang bagus (klep masih std), maka klep akan putus dan  akhirnya …..ANCURRRRR MESINNYA.

akibat floating

Sumber : kembarconncept.wordpress.com (izin nempel bro)

Demikian obrolan kita tentang kem/camshaft, lebih-kurangnya mohon maaf. Bagi suhu-suhu yang lebih tau mahon ditambahi dan dibetulin kalau ada kurang dan salahnya.

Semoga bermanfaat, Wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

Artikel lain yeang terkait sistem intake (pemasukan bbm+udara)

Berkreasi dengan noken-as

Pengaruh manipulator sensor O2 terhadap performa

Memperbaiki sistem intake NVL

Perbandingan sistem intake NVL dan CB

 

 

Advertisements

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan

  1. ini baru betul,setiap perubahan ada kelebihan dan efeknya,kerusakan komponen,lebih boros,perlu oktan lebih tinggi/campuran lebih basah kerena tekanan kompresi meningkat karena efisiensi volumetrik naik,seperti pakai turbo.banyak yg menulis keuntungan aja efeknya ndak dijelaskan.

  2. Jadi inget dulu waktu nyerviske njmx ane di beres
    Ada njmx lagi nginep turun mesin

    Katanya mekaniknya tuh njmx yg nginep punya anak2 abg
    Km blom ada 3000an udah ganti cdi yg mahal,, katanya sih pas di pake tuh abg bisa nembus 14-15rb rpm (gk tau ya khn njmx gk ada tacho)

    Alhasil dipake terus2an gigi 3 narik malah berantakan
    Klep bengkok menghantam piston
    Permukaan piston penyok dihantam klepnya td

    Harusnya tetep memperhatikan per klep standar mah 🙁

    • namanya juga darah muda, nggak nyaman kalo denger mesin cuma meraung di 10000rpm, maunya di atas 12000rpm.
      Padahal desain dari mesin NJMX, letak peak power, kekuatan per klep dll, hanya akan aman di bawah batas limiternya (10000-10500rpm).
      Kalo limiter dilewatin maka piston speed nya akan melebihi batas normal, yah … amblol lah mesinnya.

    • kalo yang digerinda base cyrcle -nya maka yang naik lift nya (tinggi bukaan klep otomatis ikut naik). Durasi dan overlap bisa “SEDIKIT” dimodifikasi. Tapi biasanya centerline dari lobe in dan ex, tetap.
      Jadi kalo nggerindanya bener, maka tenaga akan bertambah di setiap rpm, kira2 gitu. Kalo ada yang lebih ahli, mohon pencerahannya.

  3. kenapa Yamaha ganti total silinderkop Yupiter Z pada motor Z1,selain pengantian karbu keInjeksi,perubahan lift,durasi katup memerlukan penggantian material bukan cuma modifikasi,pada NVL ada sedikit modifikasi konsekuensinya perlu Pertamax,kalau mau Premium celah katup diperbesar/durasi dan lift berkurang,suara mesin agak berisik tenaga turun.

  4. mari berandai2:andaikan lift katup ditambahkan,berarti coakan piston diperdalam,kompresi turun dan cukup tebalkah piston dicoak lagi,per katup standart mampukah ditekan,jangan2 sudah mentok,mampukah klep menahan tekanan balik pegas,tahan berapa lama rantai keteng/kerjanya lebih keras.ndak salah biaya roadrace ratusan juta permesin.

    • makanya kalo mau balapan serius, ya pake part kompetisi. Misalnya :
      1. Klep titanium dengan isi batang klep garam magnesium,
      2. per klep racing (ulir sedikit, tapi kenyal, bukan keras),
      3. silinder, piston, pin, stang seher sudah ditreatment (cryogenic).
      4. Crankshaft dah di balans sampe 0 tolernace + dilas listrik, dll
      jadi wajar, kalo Jupiter Z bawaan Doni Tata harganya 200juta.

  5. Nambah puyeng….
    minum obat dulu,abis baca artikel nya kang br

    bikin artikelnya yang ringan az kang bro ,tapi fun

  6. Kalau ganti noken as apakah harus 1 shet glondong. soalnya pernah ganti noken as tiger.padahal bagian tengahnya saja yang rada ke kikis tapi kok gantinya segelondong ya. maaf nubie

  7. Baru baca saya, seandainya ada penerbit mau bekerja sama dengan anda??bisa menghasilkan uang dari hobi menulis.. hehee.. Sob, tau bentuk dan kinerja dari kem cb150r dan cbr?? masih penasaran mesin sama tp beda kem berpengaruh signifikan terhadap karakter mesin.. good job sob..

    • belum tau bro, tapi jelas bro profil kem akan langsung mempengaruhi kinerja mesin seperti letak torsi tertinggi, letak rpm tertinggi , lebar band rpm di power tertinggi dll

  8. om mw nanya nih..apa ada pengaruh tinggi rendahnya angkatan klep saat posisi overlap??..mohon pencerahan..

    • ane jawab sebisanya ya.
      besarnya overlap biasanya ditentukan oleh di di rpm berapa daya makasimum akan diletakkan, sedangkan angkatan klep ditentukan besarnya untuk efisiensi volumetrik yang dingiinkan, mau irit angkatan klep drendahkan, mau kenceng ya angkatan klep ditinggikan.
      Akan tetapi angkatan klep maksimum di batasi oleh, lebar overlapnya, limit rpm tertinggi, kekenyalan per klep dan sudut sitting klep, jika batasan tersebut tidak diperhatikan maka pada rpm tinggi (tertentu), klep akan mengambang dan bisa tehantam oleh piston, atau jika sudut antara sitting klepnya lebar, klep in dan ex bisa bearadu saat floating dan overlap.
      kira2 gitu, mungkin ada suhu2 yang mau mengoreksi??

  9. sekarang ada Noken as yang LSA nya bisa di ubah-ubah. Untuk in tetap yang ex bisa berubah karena yang ex bisa dlepas dan dpasang dengan pengunci pin. tapi saat ni hanya sebatas dipakai sebagian motor SE ato moge. kabarnya Jupiter z1 tim yamaha udah pakai noken as model ini

    • Sebenernya yang pengaruh adalah camshaft racing nya, harusnya power akan bertambah di semua rpm.
      Per klep racing akan sangat berguna kalo ketinggian lobe (bubungan)camshaft, bedanya jauh dangan cam orinya (lebih dari 1mm), untuk menghindari floating dan terhantam oleh piston. Juga berguna ketika limiter sudah digeser dari orinya, misalnya di 12000 rpm.

      • berarti per klep sangat berguna jika jika limitnya sudah dinaikin,,,kalo motor saya kagak dinaikkin limitnya bang. cuma main di pengapian ama rasio gear.
        trus emang bener ya , kalo cuma untuk harian aja lebih baik pakencam yang punya rasio 280′ ????? ada juga yang bilang penggantian cam harus diimbangi dengan penggantian magnetnya?

  10. Pingback: Tingkatan Pembesaran Pipa Knalpot Racing, Ada Gunanya Atau Hanya Sekedar Hiasan ??? | motorgoodness

    • nggak usah berlebihan bro, ane orang awam juga seperti yg lain, hanya saja kebetulan ane dapet referensi ‘duluan’, ya.. di-share ke yang lain, semoga menjadi ilmu yg bermanfaat. Kalo bro2 yang lain mau browsing yg agak serius, pasti juga dapat di internet.
      Ane orang elektro, cuma hobinya mesin, jadi bidang nya kira2 elektronika yg diaplikasikan ke mesin.

      • Bang mau nany nihh mtorr ane astrea grand taun 96 ,, gnii gann ane punya masalah ama ni mtor. Di suara mesinnyaa tuhhh bunyii tik tik tik tik gtu waktu mesin idle sihh kedengeran keras bgt nah baru saat mesin panass sampai mtorr d’bawa jalan suara it gag kedengerann ,, nahh waktu saya otak atik mesinnya ehh ternyataa celeh klep terlalu lebar karna ane sering telat ganti olii ,, nah pass waktuu année stel katup in ,, katup ex nyaa agag longgaran dikit ,, giliran pass ane mau nyetel katup ex nyaa malhh katup in nya yg longgar lagii padahall katup in nya dahh ane stel tadi ,, kok bisaa yaa ??? Apakahh karnaa bearing noken ass sudahh auss mohon pencerahaannyaa mkasih

        • suara tik2 waktu dingin dan hilang saat panas, biasa karena saat dingin celah klep lebar, dan saat panas celahnya menyempit. Tapi kalo celahnya berlebihan suaranya jadi berisik, dan stel celah jangan menggunakan perasaan, tapi pake fuller gauge.
          Kalo noken as nya dah oblag, setelan klep jadi nggak presisi, dan bisa berubah2. Diganti aja laher noken asnya, sekalian yg gede dan yg kecil

  11. Pingback: Mesin dengan Karakter Over Bore, ….” Pasti !! “….Pilihan Rider yang Cinta Kecepatan (Speed Lover) | motorgoodness

  12. Pingback: CB150R Racing… “Sang Penakluk”… Bertenaga Lebih dari 32 HP | motorgoodness

  13. Pingback: ” Kelebihan DOHC Dibandingkan SOHC “…Salah Faham yang Perlu Diluruskan | motorgoodness

  14. Pingback: ” Kelebihan DOHC Dibandingkan SOHC “…Salah Faham yang Perlu Diluruskan | UratMalu

    • kerenggangan templar dan klep dah sesuai std ?
      kemudian coba buka klepnya, jangan2 batang klep nya yang bengkok ?
      Kalo batang klep ok, coba periksa sekitar batang klep, jangan2 ada kerak karbon nempel hasil pembakaran oli yang bocor lewat seal klep ?

  15. broo, mx gue dh pke block + seher vixion
    nah yg gue bingungin noken as vixion gue pasang di mx gue, ko mentok seher yaaaa, liat di web2 kata nya tgl PNP doang, tp apah ? mentok seher gtuh
    jdi nganggur tuh noken as vixion nya 🙁

  16. permisi mas bro, numpang koment.

    kalau untuk old mx 2008 kebawah, pake noken vixion bs di aplikasikan dan pnp.
    asal,,,, seher ikut di ganti dengan seher vixion. tanpa harus ganti klep atau cdi dll.

    dan dengan.cukup mengganti noken, seher dengan vixion punya,,, mx ente bisa asapin satria fu (std)…. gak percaya ? monggo di coba dahulu. karena, ini pengalaman saya pribadi. dan tanpa gnti noken pun, mx ane bisa ngasepin satria fu.

    hanya bbrapa item yg prlu di ganti.
    1. seher bore up jd pnya vixion
    2. gear depan ganti pnya satria fu uk 14. gear blakang biar saja uk 39.
    3 ganti gas kontan.

    dngan ganti 3 item trsbut saja, mx ane udh bisa ngasepin fu.
    nb: hanya untuk mx 2008 kebawah. punya ane 2007. karena mx tahun 2008 keatas, jenis CDI nya udh beda. rpm mash bagus yg lma.

    kalau mau lebih mantep lagi, coba ganti noken vixion dan cdi brt dual band. knpa harus dual.band ? krna dual band untuk cdi harian lbh aman. atau bisa pakai cdi rextor prodrag biar lbh mantap. dan.karbu pakai punya nsr. inget, jgn beli yg hrga 250rb an itu. krna itu karbu KW. boleh prcaya atau tidak, spd mtor ente malah bisa lbh cpat bobrok. krna karbunya rontok di dalam. krna bahannya yg murah. dan juga penutup karbu pasti gak.bisa di ttup krna karbu lebih tinggi jd nongol.gitu…

    kurang lbhnya mohon maaf.

    • Gan mohon arahannya dong,
      Di MX 2009 ane udah pake Blok+Piston Vixion tapi Stang Seher nya msh punya MX..

      Ada rencana mw ganti jg Per Klep (Merk CLD) & Noken punya Vixon.. Kira² aman gak buat di pake harian buat kerja ya gan (maklum satu² nya bt cari nafkah).. Takut nya di ganti Per Klep & Noken nya malah jd bermasalah Klep nya..

      Mohon arahannya ya gan..
      Terimakasih banyak sebelum nya..
      Sukses trus bt kita semua..
      AMIN..

      • Kalau ecu masih ori, nggak usah ganti per klep. Karena per klep racing hanya bermanfaat ketika sdh tidak mampu melayani putaran yg lebih tinggi dari limiter nya. Sebaiknya pakai per klep ori saja.

  17. sip2 mas bro…

    soalnya mau share2 aja buat para jupiter mx fans. khususny yg old.
    karna ssuai dr pngalaman, emang jupiter mx old lbh greget powernya ktimbang njmx.

    pngalaman yg sdah2, njmx sring saya asepin pas mx saya msh standart cm ganti gear dpan jadi 14 pnya fu.

    soalnya saya pnya 2 mx old drumah yg udh oprekan kduanya. tp yg 1 lbh ke balap yg 1 buat kohar.

    yg lbh ke balap cc nya bengkak jd 275cc.
    dgn pengaplikasian seher scorpio z, otomatis ganti pen 15. cdi rextor pro drag, noken kawahara, spuyer pake shogun kebo, koil yz125, knalpot r9, karbu nsr pe28, dll. adu sama ninja pun ayuk2 aja. tp jarang d pake, cm pas iseng2 malem aja pakenya.
    inget,,, motor kalau udh di set racing, jgn d buat harian. say jamin pasti jebol tuh motor. pngalamn yg udh2. 2 kali motor turun msin yg ini. krna emang bukan tmpatnya motor racing buat harian.

    yg 1 bore up standart. sher vixion, noken vixion,gas kontan,gear ttep 14, cdi brt dual band. ini pun udh aman buat harian yg dipruntukan stop and go.
    untuk oli, tdak.usah bnyak komen. ckup pake motul multigrade. hrga kisaran 75-80rb an… itu SAEnya cocok buat motor kohar jg racing. dan lbh di sarankan prtamax plus.
    prcaya atau tidak, prtamax jg brpengaruh pda powernya yg lmyan nyentak.

  18. Pingback: Mengembalikan Power YZF R25 yang Hilang | motorgoodness

  19. Mhon pncerahannya mas,durasi noken as ymha jupiter z brhan dan ymha mio brpa mas soalnya sya krng pham soal durasi?Terima kasih..

  20. om motogokil, saya masih ga
    paham rasio rocker arm tu
    apa..
    rasio itu perbandingan kn ya?
    jd mksudnya perbandingan
    rocker arm dgn apa??

    trus bisa meninggikan lift
    dgn cara menggerinda base
    cyrclenya, maksudnya krna
    selisih lift (std) dgn base
    cyrcle (tlh digerinda) jd lbh
    besar maka lift jd lbh tinggi
    ya??

  21. mhn pncrahan.. motorQ astrea 97 piston kaze ov 0 stroke 55.5 ,,,,noken dg durasi lift lsa brp yg cocok klo ada noken racing merk apa trus harus ganti apa lagi setelah ganti noken racing….trims

  22. Pingback: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Premium (RON 88) Dihapuskan | motorgoodness

  23. Pingback: Memahami Lebih Dalam Variable Valve Actuation, Supaya Faham Kegunaannya | motorgoodness

  24. Pingback: Membayangkan Multi Mode Engine (Implikasi dan Pengambangan dari Aplikasi VVA) | motorgoodness

  25. mau nanya mas. saya habis ganti noken after market yang dikem sama mesin copy. tapi kok los kompresi parah ya? stelan klep udah direnggang sampe brisik tpi masih tetep g ada kompresi. apa mesin copy bisa g akurat 100% kayak master cam nya ya mas? mungkinkah base cyrcle terlalu tinggi hingga klep ga bisa nutup sempurna waktu langkah kompresi?

    klep msih bagus n habis diskur coz tak coba make noken std waras ras mesinnya.

    • sesuai cerita ente, kayaknya copy-annya nggak akurat
      sepertinya bukan base circle masalahnya, tapi di overlap yang terlalu besar.
      mungkin kompresi nya bisa di test dgn pressure gauge, yang dipasang ditempat busi untuk memastikan berapa kompresi sebenarnya

  26. Mau nanya mas, kalo saya mau ganti noken as vixion balap, saya harus ganti klep sama per klep jg ya mas ?
    Motor buat harian mas, ada referensi ukuran noken as gak ?
    Makasih sebelumnya

    • biasanya kawahara atau cld sudah bikin buat vixion street performance (bukan balap)
      selama ecu nggak ganti, limiter tetap 10500 rpm
      kalau menurut ane, klep dan per klep std masih ok

    • kalau rumusnya susah, karena banyak sekari variabel yang terlibat, makanya para mekanik lebih senang langsung mengukur dengan flowbench
      mungkin bisa coba2 pakai pakai rumus fluida dinamik

      • Masbro mohon pencerahannya motor ane kalo nyala suka ada bunyi tiktiktik hujan rintik di bagian noken as (kalo kata temen ane) berhubung ane ga terlalu percaya sama temen ane mending ane tanya sama ahlinya. Mohon pencerahannya masbro

  27. Pingback: SR-VVT, Teknologi Sederhana VVT dari Suzuki GSX R1000. Kayaknya Bisa Nih Diaplikasikan di Motor Kita | motorgoodness

  28. Pingback: Gerry Salim dengan CBR 250RR-nya Jawara di ARRC AP250. Balapan Sport 250cc Ala MP5…Apa Artinya ??? | motorgoodness