Mengembalikan Power YZF R25 yang Hilang

hasil tes 25

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Hari ini jagad dunia maya roda dua Indonesia ramai oleh perseteruan antara konsumen dan produsen motor yamaha r25 terkait dengan penyunatan power sampai 1.8 hp. Perseteruan semakin seru dengan turut sertanya banyak blogger dalam mem-blow up masalah ini. Daripada ikut-ikut ramai membahas penurunan power r25, bagaimana kalau kita membahas bagaimana mengembalikan power R25 yangt hilang ???

Setelah ane fikir secara agak mendalam, ternyata permasalahannya sangat simpel sekali …

Permasalahan sangat simpel jika pihak yamaha (YIMM) menjamin bahwa semua part yang digunakan pada r25 versi test ride dan r25 versi masal sama persis, maka hanya satu yang dirubah, apa itu ?

 

OVERLAP CAMSHAFT

 

profil-cam

Dan mengubah overlap camshaft tidak perlu biaya, tinggal geser- dikit gigi sentris overlap sudah berubah. Jika satu gigi menghasilkan overlap terlalu banyak, maka tinggal coak sedikit lubang tempat baut pengunci, beres.

Mengapa overlap camshaft sangat berpengaruh terhadap posisi peak power ?

Karena besarnya overlap, mengindikasikan proses scavenging pada saat terjadi kevacuman ruang bakar, saat gas buang keluar, yang otomatis membantu menyedot masuk gas segar ke dalam ruang bakar. Semakin tinggi rpm, membutuhkan overlap semakin lebar. Selanjutnya setting ECU tinggal mendukungnya.

Perhatikan besarnya overlap dan aplikasinya pada engine sport, semi-race dan full-race.

camshaft duration and power range

Untuk lebih jelasnya bisa membaca beberapa artikel lama di motogokil :

1. Profil camshaft dan pengaruhnya

2. Optimasi profil camshaft NVL

Jika penurunan power (katanya) cuma pengubahan setting ECU, itu juga sangat mungkin tinggal diiritin saja, atau durasi bukaan injektor diperpendek, sama dengan mengganti main-jet yang lebih kecil pada sistem karbu. Dan dapat dipastikan powernya rpm-atasnya akan drop. Untuk mengoptimalkan, tinggal dipanjangkan durasi bukaan injektor, atau bahkan pada ECU r25 sudah disediakan map versi test-ride, tinggal pindah saja.

Sedangkan penggantian waktu pengapian (menyesuaikan penggunaan bensin premium) dapat merugikan user ketika si user menggunakan pertax/pertamax+, karena user tidak mendapatkan power yang sesuai dengan nilai oktan bbm yang digunakannya.

Tapi kalau ternyata pihak YIMM mengatakan banyak komponen yang tidak sama (meskipun sedikit bedanya) misalnya panjang intake runner, panjang header dan lain-lain, maka ubahannya jadi nggak simple/sederhana lagi.

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

45 Komentar

  1. sepertinya masalahnya bukan sesimpel itu bro gokil..
    ane yakin ini lebih ke part/material yg gunakan menjadi perhatian khusus dan alasan kenapa powernya disunat…

    😀

    gamblangnya durabilitas mesin gak mampu bertahan ketika mesin dibetot di rpm tinggi, seperti kasus R-15 & NVL..

    😀

    meleduk ampe gosong…
    duitpun amsyong…

  2. dual silindernya sih kedengeran oke, aslinya sih cuma 2 piston mx dilakban trus ditutup blok mesin…

    😀

    tanya deh ama cong darmo…
    pasti beliau faham urusan ngibul mengibul beginian mah…

  3. Maju mundurin gigi sentris selama 5 derajat kebawah sprtnya gw perlu setting ecu lagi. Tp emang lebih baik setting mapping sih. Cuma emang bisa yah ecu standar r25?

  4. kejutan spesial dari yamaho, dimulai dari mesin ejakulasi sampe sunatan massal….

    besok dapet kejutan apa lagi yah???

    mungkin si darmo sama sohc operstruke bisa jawab… 😆 😆

  5. Bisa jadi Maping ecu versi massprod bbm di cekik dan mundurin/melambatkan titik pengapian yo Mbah….?
    kalau emang begitu bisa jadi pula yg versi tes menggunakan special ECU khusus tes….

  6. Mas artikel pencerahan mas,klo bisa bikin artikel tentang cara kerja acg stater dan cara merangkainya pasti mas dosen bisa apa udah ada produk acg lokal terimakasih semoga cepat dibuatin

  7. ini dia masalah akut yg udah terbenam di produk yamaha, kwalitasnya bro, ato karena udah berkaca dr kasus r15 or nvl, DNF.. hehehe…tapi apa ya tega baru nyampe rumah trus di edel edel untuk geser gigi susu, pa lagi yg alay, pokoke keyen walaupun sakit hati… M1 down grade!

  8. om motogokil dijelaskan juga dong cara menseting overlap camnya, biar gak nabrak klep gimana, apalagi disertai gambar lebih bagus: ))

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan