Apa yang Harus Dilakukan Ketika Premium (RON 88) Dihapuskan


premiumhabis adapertamax CRnaik

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Menurut berita, ada wacana untuk menghapus bensin premium. Hal ini dikarenakan (menurut investigasi) hanya Indonesia yang menggunakan ron 88 (premium) sehingga terjadi ketergantungan yang sangat. Kondisi ini dipermainkan oleh kartel migas untuk mengambil keuntungan, sehingga harga premium relatif mahal dibandingakn dengan kualitasnya. Dengan dihapuskannya premium (harapannya) subsidi akan dialihkan ke pertamax, jika ini yang terjadi pertamina lebih fleksibel dalam mengimpor pertamax dan rakyat untung dapet ron 92. Dan memang kebanyakan yang namanya premium di negara lain ron-nya 92 (setara pertamax).

Rakyat untung dengan ron 92 (pertamax), untung dari mana ???

Jika ron92 harganya setara premium sekarang (Rp.8500) atau mungkin sedikit lebih mahal, maka yang untung hanya segelintir rakyat yang motor/mobilnya memiliki kompresi/CR di atas 10. Karena dengan penggunaan ron92, mesin nya akan aman dari knocking, topspeed tambah dan getarannya akan berkurang. Alias kendaraan (motor/mobil) bekerja sesuai dengan spek awal-nya, bukan pada kondisi downgrade, karena semata2 ingin bisa minum premium ron88.

Lalu bagaimana dengan sebahagian besar rakyat yang memang kendaraannya didesain untuk minum premium ron88 (motor low-performance/motuba) ???

  1. Jika harganya lebih mahal dari premium (meskipun sedikit) rakyat akan rugi.
  2. Tapi jika harganya sama dengan premium rakyat tidak akan dapat apa2, kecuali mesin yang tambah panas.

Lalu bagaimana supaya kendaraan yang biasa berbahan bakar premium bisa mengambil kuntungan dari penggunaan pertamax ron92 ? Caranya adalah dengan meningkatkan rasio kompresi/CR mesinnya, karena jika CR-nya naik maka power juga akan naik. Yang biasanya 9:1 (supra) dapat ditingkatkan menjadi 10:1, bahkan mungkin lebih tinggi lagiĀ  seperti 10.4:1 (satria fu) sampai 10.9:1 (mx135).

Contoh dariĀ  dampak kenaikan powernya misalnya pada new megapro. Saat kompresi 9.5 powernya 13.2 ps, dan saat kompresinya dinaikkan sampai (moderat) 10.5 maka powernya menjadi 13.62, lumayan naik 0.42 ps. Kenaikan ini setara dengan pasang knalpot racing dengan kondisi lainnya standar. Lalu bagaimana cara menaikkan CR ? Ada beberapa cara diantaranya adalah [referensi]:

  1. Menurunkan volume ruang bakar, dengan cara menggunakan piston jenong, atau dengan mengularangi tinggi squis yaitu dengan memapas blok atau head 0.xx mm atau dengan mengurangi ketebalan packing
  2. Meningkatkan volume udara yang masuk dengan cara meningkatkan VE. Nah cara inilah yang paling mantab karena kenaikan powernya akan lebih terasa. Caranya adalah dengan memodifikasi profil camshaft (noken as), baik dengan menambah durasi atau meningkatkan lift-nya.

Yang lupa dengan apa yang dimaksud dengan CR, coba perhatikan gambar berikut

Compression_Ratio

Atau bisa buka2 artikel lama mengenai masalah ini.

Namun setelah itu perlu dilanjutkan dengan modifikasi lainnya di sektor pengapian [referensi] supaya lebih optimal dan modifikasi pendinginan [referensi] supaya tidak overheat.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB

 

Advertisements

23 responses to “Apa yang Harus Dilakukan Ketika Premium (RON 88) Dihapuskan

  1. ubah profil cam ada penyesuaian knalpot bro…

  2. Lanjutan misi memiskinkan rakyat.

  3. Ane setuju klo premium di hapus…
    asal harga pertamax tetap 9000…naik gak naik minyak dunia….harga tetep 9000

  4. Bagi mesin bagus, bg dompet piye.? Iya skrang minyak mentah dunia lg turun lah emang bkal ky gni terus, nanti klo naik piye.?

  5. inilah akibat dari pemimpin yg terlalu merakyat (menyengsarakan rakyat)…pembodohan secara sistematis…mari kita tobatan nasuha secara nasional…biar kita dpt pemimpin yg amanah

  6. motor saya grand, tak kasih premium maupun pertamax sama saja. nggak terasa efeknya. saya naikkan kompresinya 1:10, tetep sama aja. apa yg salah ya? anda pernah ngalami?

  7. kalo kata ane, ga usah lagi ada subsidi subsidian…. udah jelas yg bisa beli motor bukan orang miskin apalagi yg bisa beli mobil….

    ini biar jadi pembelajaran untuk pemilik kendaraan, agar menggunakan kendaraannya se-efektif dan se-efisien mungkin…

    jadi dengan dihapusnya premium, mahkluk alay akan berkurang dijalanan.

  8. Om, klo kompresi mtr 9:1 lebih baik naikin sampai 9,5 aja. Kalo sampai 10 keawetan mesin berkurang harus pakai oli cooler. Terus masalahnya yg biasa diset premium dr pabrik harus set pengapian dimajuin. Ini yg jadi kendala. Syukur2 ada yg bisa flash ulang cdi pabrikan. Klo engga ya beli cdi racing deh.

  9. Pingback: Menyambut Kedatangan Pertamax Murah, Naikin Kompresi Ruang Bakar | motorgoodness

  10. om mau nanya nih bagaimana pengaruhnya jika misalkan NVL di upgrade busi platinum, koil racing, gear rasio, dikasih magnet dikabel koil apakah bisa menyalurkan tenaga dengan maksimal tanpa mengubah daleman culter seperti kampas kopling racing or perkopling racing??

    terimakasih banyak om sebelumnya

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting