Maksimalkan Efisiensi Volumetrik NVL (New Vixion Lightning) Sesuai Regulasi IMI [ Draft – 2]

VE optimization

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kita semua tahu bahwa jika ingin menang balapan, salah satu faktor utamanya adalah memiliki motor dengan power sebesar mungkin. Sedangkan besarnya power dipengaruhi oleh minimal 5 faktor yaitu :

  1. volume engine (cc)
  2. efisiensi volumetrik (VE)
  3. rasio bensin-udara (AFR)
  4. rasio kompresinya (CR)
  5. kualitas pembakaran (homogenitas, time ignition, swirl dll)

Pada saat membangun sebuah motor balap, tujuan utama memperoleh power sebesar mungkin dibatasi oleh regulasi juga oleh konstruksi dasar mesinya yang tidak boleh dirubah. Dari empat faktor di atas, poin no.1 tidak boleh dirubah, jadi yang boleh diakali/diupgrade adalah VE, AFR, CR dan aspek2 yang mempengaruhi kualitas pembakaran. Dari empat faktor ini yang menjadi kontributor utama dalam mendokrak power adalah VE, sedangkan lainnya sebagai pendukung.

Untuk meningkatkan VE dari NVL banyak yang harus dikerjakan (yang tidak melanggar regulasi IMI), yang secara garis besar bisa dibagi dalam beberapa tahap berikut :

  1. Memaksimalkan diameter klep
  2. Porting ulang saluran in dan ex sesuai dengan diameter klep yang baru
  3. Ubah sudut klep (jika diperlukan)
  4. Atur ulang profil nokenas/camshaft (lift, durasi, overlap, LSA )
  5. Optimasi saluran intake (port in, throttle/karbu, mainfold, runner, volocity stack dan air filter)
  6. Optimasi saluran exhaust (knalpot)

Banyak juga ya kerjaan mekanik dalam membangun motor bertenaga besar, padahal baru disektor head saja. Nah sekarang mari kita bahas bersama bagian pertamanya yaitu ” Memaksimalkan diameter klep”.Diameter klep std/ori NVL/vixion/mx sama yaitu klep-in = 19 mm dan klep-ex=17 mm. Kemudian mari kita coba memperkirakan besarnya gas-speed pada power maksimumnya dengan menggunakan persamaan ini

gas speed formula

gas speed NVL std

maka diketahui gas-speed standar NVL = 268 ft/sec, ternyata gas-speed dari head NVL telah memasuki level full-race, perhatikan tabel level gas speed ini.

gas speed level

Dan untuk menggeser power puncak ke putaran mesin (rpm) yang lebih tinggi yang masih (mudah) dioptimasi adalah lebar klep-in nya. Sekarang mari kita melihat beberapa panduan menentukan lebar-klep in optimum sesuai dengan diameter bore yang ada, bore NVL = 57 mm.

rasio lebar klep

Rasio diameter klep-in/bore standar = 19/57=0.333, jadi rasionya masih bisa ditingkatkan menjadi 0.39 sehingga diameter klep-in nya menjadi 22. 23 mm, bisa dibulatkan menjadi 22.5 mm.

upgrade klep-in diameter

Ketika diameter klep-in yang baru, 22.5 mm dimasukkan ke dalam persamaan gas-speed, dengan mempertahankan nilai gas-speed standarnya, maka power puncak bisa digeser pada 11920 rpm

gas speed NVL up

Dari hasil di atas menunjukkan bahwa NVL dengan diameter klep-in 22.5 mm sudah mencukupi untuk menggeser power puncak ke 11500 rpm, (seperti yang direncanakan pada artikel terdahulu) untuk mencapai power 27 hp. Dari nilai diameter klep-in in bisa dicari diameter klep-ex = 0.9 x 22.5 = 20.25, dibulatkan 20.5 mm, begitu pula dengan porting-nya  juga mengikuti.

Selanjutnya yang perlu di-oprek adalah profil camshaft, karena peran camshaft sangat besar dalam menentukan besarnya VE pada rpm yang ditentukan. Karena pembahasannya bisa panjang, akan ane tuliskan pada artikel selanjutnya.

Mohon maaf kalau ada keliru dan kurangnya, kepada suhu2 yang lebih ahli mohon koreksi dan masukannya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

53 Komentar

  1. Menurut saya untuk balap resmi,khususnya team pabrikan menggunakan full fairing (basic mesin cbsf ma cbr150 sama sdngkan nvl ma r15 jg sama hanya beda jumlah gigi). dengan full fairing maka hambatan angin bisa berkurang sehingga power mesin lebih optimal.
    team pabrikan yamaha sudah pasti menggunakan r15. honda masih belom ada konfirmasi.
    #cmiw

  2. susah nya kalo over stroke, dgn kapasitas yg sama 150 cc diameter pistonnya cmn 57 mm bandingkan cbr yang 63.5mm. klan vixi bakalan nangis² di IRS.

    • mekanik yang ulet pastinya pantang menyerah
      menurut ane, kalo memang tidak memungkinkan tidak usah dipaksa untuk mengail power pada rpm tinggi
      karena stright sentul cuma 800 m, masih memungkinkan vixion/nvl bisa bejaban dengan cara mengoptimalkan torsi di rpm menengah
      kemudian dilanjutkan dengan meracik ulang gigi rasio yang close disekitar 5000-10000 rpm

    • kelas bbek 110-115 ada mtor2 dgn stroke yg lbh pndk dr jupiter bro, kayak shogun atau edge. tp knyataan d lapangan dua motor itu bkanlah jagoan reguler n jrng tim balap pk mtor itu.. sy kira tidak mlulu yg stroke nya pnjang bkal nangis2..

  3. nice info mas… bisa buat acuan kalo pesen head set buat nvl…. xixixi tinggal ecu progamable aja yg belum ada yg jual buat nvl….

  4. Rata2 mechanic balap pasti bisa lah oprek motor jd kenceng, cuman klo ada mechanic bikin motor kenceng tp irit bensin, baru top

    Piss

  5. Jurus lambai akan populer IRC150, secara ada yg ketinggalan 6 detik 2.2km

    Apalagi menurut mbah Darmo dan Mbudi…CBSF bakalan rontok mesine…lha OMR CBSF mesine rontok kabeh (sambil. Lirik Mbah Darmo, Mbudi, dan Nobita)

  6. Menyimpang dikit

    sekilas info :
    yg perlu di sukuri itu ariel sharon mntan pm israel beberapa waktu lalu koit setelah koma selama 6 th.

    dan skg pndta syiah rafidhoh mokat dg wajah menghitam sperti abis terbakar.

  7. prsaan sy ndk prnh komen yg protol2.. tp kl fb nya slh tgkap y gpp. cm kurang sreg aja kl mtor2 yg longstroke dh dnilai kalah dluan.. fakta lg bro, honda blade prnh bkin kjutan d balap nasional. stroke nya blade sktar 55mm, lbh bsar dr bore nya.. blade kn motornya fbh…
    (colek cah rasekolah)

  8. prgraf 3 ‘fktor utamanya adlh mmliki motor dgn power sbsar mgkin’.. kl d analogikN ke motogp, ducati kurang ap kl soal power, bhkn dl smpt mrajai topspeed mtr prtotipe. tp knp kok tdk brbnding lurus sm prestasi.. (colek bro admin)..

  9. motogp adalah contoh betapa mesin overbore dohc begitu sering menghuni barisan belakang…..
    sedang di negara kita, ternyata honda adalah motor yg sangat tdk aman dikendarai karena motor yg paling banyak terlibat dan mengalami kecelakaan adalah honda……

  10. Adminya kudu sabarr !!!…
    Bnyk sekali al4y di sini…
    Campurin IP bebek sama sport lah, ya jelas beda brur..

    Tuh yg ngomong mntr honda plg bnyk kecelakaan. Jgn hitung mentah2, hitung presentasinya lah..
    Tau sumber kencono bus sby – jgj? Plg Bnyk terjadi kecelakaan tp klo dihitung presentasi trhadap jmlh armada nyatanya bus mira yg plg sering kecelakaan..masyarakat pun mayoritas milih sumber kencono..

  11. Pak dosen, gimana tentang penggunaan polyquad valve head buat peningkatan performa, gimana nentuin komposisi ukuran klepnya ?
    Bikinin artikel sekalian dong, hihihi

  12. I really like your blog.. very nice colors & theme. Did you design this website yourself or did you hire someone to
    do it for you? Plz answer back as I’m looking to create my own blog and would like to know where u got this
    from. thanks

  13. What i don’t realize is in reality how you are not actually a
    lot more smartly-liked than you may be right now. You’re so intelligent.
    You understand therefore significantly in relation to this
    matter, made me for my part imagine it from so many various angles.
    Its like women and men are not interested unless it is something
    to accomplish with Girl gaga! Your own stuffs great.
    Always take care of it up!

  14. Obviously, if you believe money is evil, you will always be poor.

    You will find that your financial world is much more cohesive and easier to plan in the long run. Care should be taken when you
    are looking for a structured settlement broker because some do not have the expertise that is associated in this line of work.

    • sesuai dengan persamaan, jika yang lain tetap, maka peningkatan va akan menurunkan gs
      jika va sudah ditingktakan maka power bisa digesere ke rpm yg lebih tinggi, power bisa semakin besar

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Mengolah Profil Camshaft NVL – Racing Indoprix [ Draft - 3 ] | motorgoodness
  2. Tuning Accoustic Pada Intake NVL Untung Menggapai VE 100% [Draft - 4] | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan