"Yamaha Asean Cup Race", Usaha Mempertahankan Tahta Motor Sport Yamaha di Indonesia


perebutan tahta

Assalamu’alaiku wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.


Kemarin beberapa blog kondang, menginformasikan mengenai diboyongnya 25unit YZF R15 spek racing untuk turun balap pada Asean Cup Race pada 30 November 2013 mendatang. Sepertinya tidak menjadi masalah bagi dunia persepada motoran, khususnya motor sport di Indonesia, karena speknya khusus “racing” dan OMR juga. Akan tetapi bagi pengamat dan komentator dunia maya tidak demikian, apalagi ditambah dengan beberapa pernyataan Manager Motorsport YIMM, Bapak Supriyanto yang kalo ane rinci ada 3 :

1. “Lo jual, gue beli !” , pernyataan ini menurut ane mengindikasikan bahwa sang rival (AHM) sedang mencoba menantang jagaoannya (NVL) melalui kemunculan CB150R dengan segala dampaknya. Yang paling buruk adalah mulai memakan market share motor sport lainnya. Dan YIMM tidak takut akan tantangan tersebut dan berusaha menampilkan tandingan yang sepadan bahkan lebih kuat lagi (mungkin YZF R15 V.02).

2. “…R15 dengan spek balap…….kami tingkatkan performanya sampai 60% dari standarnya,”   Jadi khusus untuk even ini R15 yang standart-nya 17ps disulap naik performanya menjadi 60% lebih besar yaitu menjadi 27.2 ps, gede juga ya, setara CBR250.

3. “ Bukan Vixionlah…kudu sesuai spek peruntukan. Komuter terlalu maksain kalau dipakai untuk balap disirkuit”. Artinya  NVL (vixion) adalah motor sport komuter dan nggak bakalan dipake untuk balapan kelas sport 150cc. Ane kaget juga…… perasaan YZF R15 konstruksi bore x stroke nya sama saja dengan vixion dan NVL. Kira2 apa ya yang diubah sehingga YZF R15 V.02 berubah dari spek “komuter” menjadi spek “full race”, yuk kita obrolin

Kalo melihat speknya YZF R15 V.02, seperti tampak di bawah ini

spek penting r15

Dengan kondisi standar ini YZF R15 memiliki kecepatan sbb:

yzfr15 stock xls

Topspeed nya di gigi-6 10500rpm = 151,79 kpj, kenceng juga kalo buat jalanan di Indonesia.

Tapi ini tidak cukup untuk balap sport 150cc, karena sang rival (cb150r) masih bisa di-upgrade dengan aman sampai 13000 rpm yang saat itu topspeed-nya bisa 163,71 kpj. Untuk mengimbanginya maka yzf r15 harus menggunakan silinder dan piston+ring yang lebih kuat lagi, minimal mendekati kekuatan material motogp yang sanggup bekerja pada pistonspeed 24 m/s. Jika kekuatannya bisa mengatasi sampai 23,5 m/s saja, maka rpm nya bisa di-upgrade sampai 12000 rpm dan pada saat itu topspeednya 173,48 kpj. Pada ubahan tahap ini, yzf r15 sudah bisa ngasepin cb150r (yang bekerja di 13000 rpm).

Yang jelas biayanya menjadi mahal, karena harus menggunakan silinder blok, piston dan ring-piston kualitas wahid. Jika ingin lebih murah maka peningkatan power yg sampai 27,2 ps, dimanfaatkan dgn memperberat gir belakang, dengan menggantinya dengan milik NVL, 43 mata (std yzf r15 47 mata). Pada ubahan ini yzf r15 sudah memiliki kecepatan 165,91 kpj pada rpm std yaitu 10500 rpm. Sudah cukup untuk menandingi cb150r 13000 rpm.

Sedangkan jika ubahan yang pertama dan kedua digabungkan, maka kecepatannya lebih gila lagi yaitu pada gigi-6, 12000 rpm, topspeed-nya 189,61 kpj. Tentunya dengan mengorbankan akselerasi, karena rasio akhir diperberat.

Kira2 ubahan apa saja ya agar yzf r15 tenaganya naik dari 17 ps menjadi 27,2 ps???

Di india sono, yzf r15 sudah ada kit untuk upgrade performa, mungkin akan diadopsi oleh YIMM. Ubahan2 yg dilakukan meliputi :

1. Big bore kit (kayaknya nggak mungkin, karena kapasitasnya menjadi 165cc)

2. Tune freeflow exhaust, teknik dah ane tulis di sini

3. Ganti ECU rpm bisa tembus 12500 rpm, ane lagi riset nih, kapan ane ceritain

4. Ganti camshaft racing, desainnya dah dibahas di sini

5. Ganti kampas dan per kopling racing

6. Ganti per klep racing

7. Ganti filter udara racing, alasannya dah ane ceritain di sini dan di sini, semuanya bisa diliat di  sini

Kalo cuma begini aja ubahannya, mekanik tanah air juga bisa. Nggak perlu bawa yzf r15 v,02 dari india, cukup sediakan silinder blok + isinya kualitas motogp, NVL maupun vixion sudah bisa buat balapan di sirkuit.

Cukup sampai disini ??? Belum cukup bro.

Perhatika wheelbase yang panjang banget 1345 mm, cb150r aja cuma 1288 mm. Jadi agar lebih lincah di tikungan, harus mendekin wheelbase nya, bahkan mungkin harus sedikit memodifikasi kemiringan sok depan.

Jika saat OMR kelas sport 150 cc, YIMM bisa menghasilkan motor kampiun, maka dengan sendirinya YIMM akan dengan mudah mempertahankan tahta motor sport di Indonesia. Yang jelas dengan adanya OMR ini, maka rider vixion dan NVL akan semakin gembira karena performance kit yang dicangkokkan di yzf r15 ini akan tersebar luas dipasaran, sehingga semakin mudah dan murah untuk mendapatkannya.

Kalo udah kayak gini, ane cuma bisa berpesan “TETEP HARUS HATI-HATI DI JALAN, JANGAN KEBUT-KEBUTAN, JALAN PUNYA-NYA ORANG BANYAK, HARGAI NYAWA SENDIRI DAN NYAWA ORANG LAIN”

Gimana menurut bro2 semua??

Advertisements

$where = 0;

35 responses to “"Yamaha Asean Cup Race", Usaha Mempertahankan Tahta Motor Sport Yamaha di Indonesia

  1. pertamaxxx

    eidyannn..itu SOHC bang?

  2. Regane piro dab? Arep tak pasang neng cbsf pemot ben tambah kenceng…

  3. mantaaaaapppp…..

  4. Joz bro artikelnya! Kalo di IP tar muncul kelas sport150cc yg ane khawatirkan malah masalah safety, tau sendiri kan circuitnya kayak apa diendonesa. Kalo msalah kentjang ato gak sih baik CB ato NVL cukup mumpuni lah. CMIIW

  5. Bang mw tanya..kalo vixionnya diganti bore yg lbh gde sama stroke yg lbh pndek dgn cc yg sama apa bisa?? Apa mungkin ini yg bakal dilakukan yimm untuk ngakalin piston speed yg udah max??

    • kaya’ nya nggak mungkin dilakukan yimm. Karena mendekin stroke, berarti ganti carnkshaft/bandul. Sedangkan nggedein bore kalo ekstrim yang harus ganti blok+isinya termasuk headnya juga, terlalu banyak biaya. Tapi kalo mekanik lokal Indonesia, nggak ada masalah, semuanya bisa, asalkan ada budget-nya.

  6. hhaha
    ujung2 nya jga top speed
    bukan jaminan rpm dan top speed lebih tinggi yg superior
    banyak faktor yg mempengaruhi
    dr lama waktu yg diraih u/ mncappai top speed trsebut hingga torsi yg di usung pd motor trsebut
    misal : mtor 1000 cc; mtor 1 punya rpm sedikit
    lebih tinggi dr pd motor 2. tp mtor ke2 punya torsi gede nah mtor ke2 lebih mnyalurkan tenaga secara linier jd ngacirlah mtor 2 ..itupun cc gede selemodt2 sama2 ngacirnya.cmiww
    lha kalau cuma 150 cc apalagi 125 cc ???? hahaha
    yg terpenting balapan pakai sport yzf-r15 sangat positif krn sport fairing ..di eropa malah terkenal yzf-r125 buat balapan
    vixion / cb sama2 buat komuter yg ngejar irit
    oyaa kang bukannya si vixion/ yzf-r15 dah dibekali teknologi dyasiil cylinder dan forged piston kang ??

    • betul vixion sudah dibekali diasil silinder dan forged piston, tapi tujuan awalnya buat harian dengan piston speed di bawah 21 m/s. Kalo dipake di atas batas itu, pasti bakalan cepet rusak, apalagi buat balapan di sikuit.

  7. marake bakar2an meneh iki…
    thn dpn tggl 1,5 bln lg,,,iso puanaaaaassss kabeh ki…

    kawak mn kawak?? diem aja nih,gk seru doonnkk…!!

    #tau2 mbrojol…..jan tepok jidat

  8. pastinya yamaha bakal bikin gebrakan yang dahsyat,,,

  9. Kalo emang spek NVL dan R15 nyaris sama…..dan ternyata bukan NVL yg dipake balapan……..

    maka…………………………

    kualitas material NVL itu downgrade R15

  10. STROKE DOWN BRO SOLUSINYA, CUMAN HANYA SEDIKIT MEKANIK YG BISA

    Nah regulasi IMI gimana?, boleh gak merubah panjang strokenya aka stroke dipendekin.. klw boleh biarpun sohc 4 lv bisa dibikin aman limit smpe 13 rb rpm dngan stroke down..

  11. setelah stroke down cc nya jadi turun kemudian bore up jdi 150 cc, gak IMI boleh gk langkah kyak gini!

    • kayaknya kalo kelasnya masih mirip super stock, nggak boleh deh. Karena harus menggunakan spec std nya. hal ini yang mengakibatkan ninja250 babak belur dihajar cbr250 di sentul

  12. Imho yamaha indonesia sepertinya hanya ingin mudah dg mendatangkan R15 spek balap dari India bukan karena vixion lebih inferior. Bukankah pernah event serupa diadakan saat kedatangan JL ke sirkuit Bughal India dan motornya pun R15 cmiiw. wheelbase dipendekin? kenapa tidak menggunakan vixion saja yang wheelbasenya 11-12, sepertinya tidak akan dilakukan kalau treknya di sirkuit besar.

  13. jagoan dyno mana?? jagoan dyno mana??

    *oh ternyata cuma komuter doank… muter2 di atas dyno

    hehe…mau ngebut dimana sih??

  14. waaaahhh situasi dah mulai memanas aja neh… Yamaha semangat bangat mo ngasepin rival sejatinya… Smentara honda anteng n adem ayem aja…. Xixixixi…..

    • wah kl honda adem ayem aja g akan muncul itu cbsf bro sam, smpe ada omr nya segala, kl honda adem ayem g akan jg memperjuangkan batas minimal bobot motor d kelas 250 cc… kmudian melobi dorna agar rookie motogp bs lgsung membela tim pabrikan… g ada yg istilahnya adem ayem bro sam…

  15. kl d sirkuit itungannya lap time, bukan akselerasi, bukan jg top speed, top speed jos tp lama dptnya jg keburu kena tikungan, akselerasi jos tp top speed memble juga mesin dah meraung-raung dtengah jalan, blm smpe tkungan dah ngeden… makanya istilahnya bukan engine, tp paket motor, engine, sasis, body, engine buat tenaga motor, sasis-suspensi buat handling, body buat aerodinamika… smua bermuara pada laptime

  16. mngkn yg dimaksud motor komuter krn tanpa firing?? kayak moto gp semua nya pake firing..

  17. cuma ikut mbaca az deh,nyimak asiiiikkk

    dikota gue tambah macet,susah nyari top speed jadi make motor nya alon2,biar awet,part mahal,heehehehe,,, ketauan orang kere nya.

    tapi aq mendukung Yamaha Faktori Racing indonesia mendatangkan montor,biar tambah macet hehehe

    Tapi kalo bisa kalo mau balapan disirkuit,jangan kenceng-kenceng ingat keluarga dirumah, cukup 80 km/jam sayang lecet jauh jauh dari jepang
    salam rider sejati…..

  18. pantesan aja banyak org bilang mesin cbsf bisa upgrade performa jdi lebih beringas lagi,gile aja bisa ampe 13rb rpm makjleb #ngeri euy
    ya wlpun banyak yg meragukan 😆 #fb & sales tentu nya

  19. welp,naikin rasio kompresi sama porting polish juga bisa naikin power kok

  20. Definitely consider that which you stated. Your favourite reason appeared to
    be on the internet the simplest thing to be mindful of.
    I say to you, I certainly get irked whilst other
    people think about worries that they just don’t recognise about.

    You managed to hit the nail upon the top and also outlined
    out the whole thing without having side-effects , other people can take a signal.
    Will likely be again to get more. Thank you

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan