[Pengenalan Mesin] Filter/Saringan Udara Penentu Tenaga Mesin yang Sering Terabaikan

Posisi Saringan Udara

Assalamu’alaikum wR wB.

Salam sejahtera buat kita semua, seoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Sesuai dengan artikel sebelumnya mengenai tingkatan pemahaman rider terhadap motor-nya, maka akan sangat berguna jika mulai dari yang paling sederhana dan juga yang paling depan dari sistem mesin, yaitu filter/saringan udara. Filter udara ibarat sistem pernafasan bagi tubuh kita, begitu terganggu (asma) maka hidup kita akan sangat menderita, bahkan jika sampai akut bisa menyebabkan kematian, begitu juga bagi mesin motor. Pabrikan mendesain filter udara untuk memberikan penyaringan udara yang maksimum dengan memperhatikan pengaruhnya terhadap tenaga yang dihasilkan mesin. Fiter didesain untuk meloloskan 60-70% udara untuk masuk ke ruang bakar dengan penyaringan kotoran/debu sampai 5-10 mikron (diameter rambut= 50 mikron). Seperti tampak pada pada gambar berikut

airflow

Akan tetapi banyak rider yang merasa kurang puas dengan performa motor nya, dan salah satu cara (yg salah) adalah dengan melepas filter udara tersebut. Memang torsi dan power serasa bertambah, akan tetapi mesin sangat beresiko untuk cepet rusak, Hal ini diakibatkan oleh masuknya kotoran ke ruang bakar. Kotoran dengan ukuran 5-10% sudah mampu untuk merusak mesin, apalagi yang lebih besar.

Meningkatnya tenaga dikarenakan air flow yang meningkat, dengan kata lain efisiensi volumetriknya jadi bertambah ketika melepas filter. Untuk motor karbu dan injeksi open-loop membutuhkan perubahan setingan agar AFR (air fuel rate) tetap optimum. Karena setelah melepas filter volume udara yang masuk bertambah sedangkan volume bensin tetap. Untuk karbu perlu dilakukan pembesaran main jet satu tingkat dan seting idle/stasioner, sedangkan untuk injeksi open-loop (seperti vixion dan cb) perlu seting CO ulang, bisa naik beberapa “+”. Kondisi seperti ini biasanya dilakukan pada even drag-race atau road-race, bukan buat harian.

4 buka filter udara

Karena efek negatifnya yang sangat merusak mesin, maka membuka filter udara sangat tidak dianjurkan, apalagi kondisi jalannya berdebu (off-road). Bayangin kalo kotoran kayak gini masuk ruang bakar

Akibat Filter Udara Matik Kotor

Dan beginilah dampaknya terhadap mesin, jika kotoran2 tersebut masuk ke ruang bakar, mesin ngebul karena oli rembes ke ruang bakar, piston dan silinder beret.

5 akibat lepas filter

Oleh karena itu para tuner menganjurkan untuk menggunakan filter racing dengan memperhatikan luas efektif filter untuk memenuhi kebutuhan pada putaran tertentu, yang rumusnya bisa dilihat pada persamaan berikut (dalam inchi)

2 persamaan luas filter

jadi pilih filter racing juga nggak sembarangan, harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin pada putaran daya puncaknya. Dan jika hal ini sudah dilakukan dengan benar maka, performa yang akan dirasakan benar2 dahsyat. Coba perhatikan peningkatan volume udara yang bisa dihisap mesin jika menggunakan filter racing dibandingkan dengan standar.

3 peningkatan CFM

Dengan setting-jetting yang benar mengacu pada AFR untuk daya maksimum (AFR=12.6), seperti grafik di bawah ini, maka torsi dan power yang dihasilkan akan meningkat, seiring dengan peningkatan CFM.

AFR

peningkatan dayanya sekitar 1.2 HP untuk penggunaan filter ferrox pada vixion.

6 upgrade performa

Selanjutnya terkait dengan dana yang harus dikeluarkan untuk membeli filter racing, maka ada beberapa parameter yg harus dipertimbangkan :

1. Air flow maksimum

2. Proteksi ke mesin mendekati 100% (hampir semua kotoran tersaring)

3. Mudah dirawat

4. Bisa dicuci

5. Masa pakai yg lama

6. Murah

Kira2 segitu dulu, artikel tetang filter udara untuk mesin. Mungkin masih banyak kekurangan, bagi suhu2 yang lebih kompeten mohon koreksi dan masukannya.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

53 responses to “[Pengenalan Mesin] Filter/Saringan Udara Penentu Tenaga Mesin yang Sering Terabaikan

  1. wooowh…berat banget nih rinciannya….sangat berguna bagi yg doyan ngoprek nih masbro….baca 2lagi deh

    http://wisnu3ds.wordpress.com/2013/11/04/ada-yaheadlamp-honda-beat-di-matic-yamaha/

  2. gigisugi@solonet.co.id

    Wow, sekolah lagi yo

  3. http://m.kaskus.co.id/thread/52751dd5f8ce17233c00000a/pelaku-anak-kapolda-ditegur-satpam-honda-jazz-tabrak-puluhan-siswa-di-sekolah/

    perlu dukungan yg byk utk keluarga korban….
    dgn menyebarkan berita ini udah sangat membantu korban agar diketahui oleh smua org indonesia

    • pengguna shincan

      bukan anak kapolda kali bro… laen kali kalo mau ngejunk pinteran dikit… minimal cari sumber terpercaya….

  4. pencerdasan otomotif…. Salut n mga sukses sllu masbro….

  5. Gmana dgn filter yg bkn dari kertas mas seperti (ferrox) apakah bgs d pakai buat harian, dan beda nya dmana sih dgn filter yg bawaan pabrik. Perasaan awal nya saja lbh enteng slnjtnya sama saja rasa tarikan ny

    • sebenernya ane pengen ngomongin filter tsb, cuma takut dikira ngiklanin.
      kalo ferrox, kelasnya sama dgn filter racing, performanya lebih bagus dari filter ori. Tapi kalo mau menghasilkan kenaikan daya, karbu atau injeksi open-loop perlu setting ulang (main-jet dinaikin)

      • Hehehehehe..ga papa mas kan ga ada gbr ny, motornya honda yg open loop mas injeksi, setau ane d ahass blm ada yg bisa/mau setting afr ga kaya d yamaha, knalpot racing yg nembak aja mekanik ny ogah2an ngelayanin mgkn ga bisa y…maaf curhat mas bukan menjelek2kan satu produk, ada solusi nya mas?

      • Adakah ferrox buat vario 125?

        • maaf bro, ane nggak tau. Cari tau aja lewat situsnya

          • Jadi bagaimana Pak, apakah aman menggunakan air filter racing seperti Ferrox pada motor standar harian (tak mengubah settingan injeksi/karbu)?
            Karena seperti yang bapak bilang, 5-10 mikron debu saja sudah mampu merusak mesin, sedangkan filter Ferrox hanya mampu menyaring debu sebesar 45 mikron, apa ga buahaya kui? Mohon penyelesaian penjelasannya. Terima kasih. 😀

          • iya bahaya bro, hanya saja bukan dalam artian mesinlangsung rusak, akan tetapi umurnya berkurang.
            karena efek dari penggunaan filter racing juga tergantung dari kondisi lingkunga. Jika lingkuangannya di daerah yang jarang debu, misalnya di jalan yang bersih dan banyak penghijauan, mungkin efek ngerusaknya lebih kecil jika dibandingkan jalan yang berdebu

          • Ok, kalau dari kemampuan menangkap debu mungkin cukup bahaya. Nah pertanyaan selanjutnya, apakah aplikasi filter ferrox untuk CB150R tanpa setting ulang AFR atau lainnya juga berbahaya?
            Jika dua faktor bahaya tersebut terpenuhi, maka saya balik pakai filter orinya saja.

            Terima kasih banyak atas kesediaan bapak menjawab pertanyaan-pertanyaan saya.

  6. ga pake filter katanya naikin 10 HP :v

  7. Dextromethorvan

    Wa’alaikumsalam warahmatullah..
    Maaf oot, boleh minta nomer ponselnya ga mas?

  8. ya gitu lah om,filter udara sering terlupakan d bersiin,paling yg sering bersiin paling karbu aja,pdhl efek nya parah,filter udara pada robek 🙁

  9. Next artikel Filter Oli Bro.. Trims.

  10. Cara bersihin’y gmn klo yg ori vixi y

    • kalo dah kotor ya waktunya ganti bro, beli baru.
      tapi kalo lagi bokek, bisa pake trik ini ;
      1. siapkan air+deterjen
      2. rendem filter semalem
      3. paginya, filter diambil dan semprot pake kompressor
      4. jemur sampe kering
      5. kasi oli (baru) yang encer sae 30/10
      6. pasang

  11. bro, kalo setting C0 buat ninja 250 injeksi bisa ga? ohiya sama AFR ideal tuh bukannya 14,7 : 1 ? maaf nih banyak tanya hhe

  12. Kadang manusia sifatnya pengin instan buka filter lansung kerasa tenaganya tapi efeknya besar buat daleman mesin

  13. Maaf pak bos, mau tanya mungkin rada nyimpang tp ngga papakan..?? Hehe… Ninja 150 R Adik saya ganti kenalpot racing tp kok malah mbrebet diputaran atas, apa setingan karburator perlu diseting ulang, caranya gimana..? Terimakasih atas jawabanya… Maaf kalau menyimpang dari topik.

  14. Info yang ringan, menarik dan mendasar tapi sangat penting.
    menyimak az biar nambaah elmu….

  15. Pingback: New Vixion Lightning “Nggak” Keok Lagi, Siap Hadapi Tantangan CB150r, CBR150 atau P200NS (Ubahan Tahap 1) | motorgoodness

  16. Pingback: “Yamaha Asean Cup Race”, Usaha Mempertahankan Tahta Motor Sport Yamaha di Indonesia | motorgoodness

  17. bro, mau nanya nih, klo make filter ferox buat NVL tujuannya sih untuk menghemat BBM untuk accel sebagai bonus aja, apakah perlu untuk setting CO ? jika perlu nambah brp yah ?

    • Terus terang ane belum pake, tapi menurut ane nggak perlu, karena sudah ada sensor O2. Setelah ganti filter ferrox, udara akan semakin lancar, campuran akan menjadi miskin, hasil pembakaran akan menhasilkan O2 lebih banyak daripada kondisi ideal. Lalu sensor O2 akan men-“sense”, kandungan O2 tsb, dan mengirimkan sinyal ke ECU agar menambah intensitas semprotan bensin, sehingga akan tercapai komposisi ideal.

  18. Request ya om, tentang intake dari saringan ke karbu, apakah panjang pendeknya berpengaruh terhadap akselerasi dan top speed? Kalau bisa plus contoh yang simpel saja. terima kasih

  19. Pingback: “POWER NINJA-250 BENER-BENER MUBADJIR”….Jika Hanya Dipakai Buat Mejeng | motorgoodness

  20. Pingback: Mubajir Kalo Beli NINJA 250 Tapi Hanya Dipakai Buat Mejeng | Blog Otomotif iToday

  21. Pingback: [VE] Aplikasi Runner yang Fleksibel untuk Mendapatkan Power Band yang Luas | motorgoodness

  22. permisi numpang tanya bro…
    btw waktunya ganti air filter nih bwt old vixion,sklian pgn yg racing yg katany performancenya lbh bgs.merk yg bgs apa y?(taunya c cmn ferrox).bwt harian aman g y?n perlu nambah CO brp kira2?(btw old vixion open loop kan y?)
    matur suwun…

    • kalo nggak salah ada merek lain selain ferrox yaitu K&N, sesuaikan aja dengan duitnya, harga ngga bohong
      ane nggak tahu peningkatan VE-nya setelah ganti filter racing, jadi maaf ane nggak bisa njawab nambah berapa CO-nya, mugnkin harus try and error di deler.
      old vixion masih open loop, jadi enak nyetingnya.

      • wew bandingin ferrox sama k&n nih . k&n kan merk dunia perawatan nya radak susah menurut ane harus ada recharge kit atau apa lah kayak minyak itu buat ngelumasin air filter nya . kalo ferrox kan stainless steel langsung cuci bisa . tapi k&n harganya selangit .

        menurut ane ferrox kejam ga buatin air filter buat new megapro . huhuhuhu .

        bener ga sih ferrox tuh bagus ? penyaringan debunya seberapa persen kira kira mas ?

  23. kang tanya nih, ane pengguna cb150r untuk filter udara aftermarket yang cocok untuk motor ane apaan ya?

  24. Bagus gan infonya, sangat rinci. Hehehe, numpang promosi bentar ya 🙂
    Mencari Filter Udara K&N? Mau tahu website yang menawarkan produk Filter Udara K&N secara lengkap? Ya, filterudara.id tempatnya! Kami menjual semua jenis produk K&N mulai dari Replacement, Universal, Performance, bahkan sampai cleaning kitnya juga! Tunggu apa lagi? Langsung saja kunjungi filterudara.id dan rasakan kenyamanan berbelanja Filter Udara K&N secara leluasa!

  25. bro motogokil …. gimana kalo filter kertas vixion diganti dengan filter model busa.. kayak honda grand

  26. waduh padahal udah terlanjur ganti filter busa hhhh
    nah klo pengaplikasian air injection gimana bro motogokil…. kebetulan baru ngrakit sendiri kemarin…. tapi kok kalo gas di puntir lebih dari 50% motornya kerasa lemot ya???
    paling kerasa klo di tanjakan…

  27. yohanrukmana@gmail.com

    Mau tanyak om, kalo misal aku punya alat mekanik untuk buka atau nutup filter sesuai keinginan, kira2 bahaya nggak waktu buka/nutup filternya sambil jalan motornya, dan kira2 apa efek ke mesin? Makasih sebelumnya..

  28. Btw ane mau tanya miin, kira kira buat injeksi sejnis vixion old. Cocok ga dengan filter udara racing? Bakal maksimal ga buat penyaringan debunya
    Anda kata cocok, filter udara racing aftermarket apaan gan yg cocok buat vixion old generasi kedua th 2010?

    • filter racing (di box-nya) punya spesifikasi ukuran debu yang bisa di saring (mikron)
      biasanya filter udara ori masih lebih bagus dalam menyaring debu, hanya saja kalau lingkungan termasuk minim debu (pedesaan dengan sawah menghijau) ane rasa nggak masalah pake filter racing

Silahkan komen, anda sopan ..kami segan