ganti-oli-bloger

"Yamaha Asean Cup Race", Usaha Mempertahankan Tahta Motor Sport Yamaha di Indonesia

Diposting pada

perebutan tahta

Assalamu’alaiku wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan.

Kemarin beberapa blog kondang, menginformasikan mengenai diboyongnya 25unit YZF R15 spek racing untuk turun balap pada Asean Cup Race pada 30 November 2013 mendatang. Sepertinya tidak menjadi masalah bagi dunia persepada motoran, khususnya motor sport di Indonesia, karena speknya khusus “racing” dan OMR juga. Akan tetapi bagi pengamat dan komentator dunia maya tidak demikian, apalagi ditambah dengan beberapa pernyataan Manager Motorsport YIMM, Bapak Supriyanto yang kalo ane rinci ada 3 :

1. “Lo jual, gue beli !” , pernyataan ini menurut ane mengindikasikan bahwa sang rival (AHM) sedang mencoba menantang jagaoannya (NVL) melalui kemunculan CB150R dengan segala dampaknya. Yang paling buruk adalah mulai memakan market share motor sport lainnya. Dan YIMM tidak takut akan tantangan tersebut dan berusaha menampilkan tandingan yang sepadan bahkan lebih kuat lagi (mungkin YZF R15 V.02).

2. “…R15 dengan spek balap…….kami tingkatkan performanya sampai 60% dari standarnya,”   Jadi khusus untuk even ini R15 yang standart-nya 17ps disulap naik performanya menjadi 60% lebih besar yaitu menjadi 27.2 ps, gede juga ya, setara CBR250.

3. “ Bukan Vixionlah…kudu sesuai spek peruntukan. Komuter terlalu maksain kalau dipakai untuk balap disirkuit”. Artinya  NVL (vixion) adalah motor sport komuter dan nggak bakalan dipake untuk balapan kelas sport 150cc. Ane kaget juga…… perasaan YZF R15 konstruksi bore x stroke nya sama saja dengan vixion dan NVL. Kira2 apa ya yang diubah sehingga YZF R15 V.02 berubah dari spek “komuter” menjadi spek “full race”, yuk kita obrolin

Kalo melihat speknya YZF R15 V.02, seperti tampak di bawah ini

spek penting r15

Dengan kondisi standar ini YZF R15 memiliki kecepatan sbb:

yzfr15 stock xls

Topspeed nya di gigi-6 10500rpm = 151,79 kpj, kenceng juga kalo buat jalanan di Indonesia.

Tapi ini tidak cukup untuk balap sport 150cc, karena sang rival (cb150r) masih bisa di-upgrade dengan aman sampai 13000 rpm yang saat itu topspeed-nya bisa 163,71 kpj. Untuk mengimbanginya maka yzf r15 harus menggunakan silinder dan piston+ring yang lebih kuat lagi, minimal mendekati kekuatan material motogp yang sanggup bekerja pada pistonspeed 24 m/s. Jika kekuatannya bisa mengatasi sampai 23,5 m/s saja, maka rpm nya bisa di-upgrade sampai 12000 rpm dan pada saat itu topspeednya 173,48 kpj. Pada ubahan tahap ini, yzf r15 sudah bisa ngasepin cb150r (yang bekerja di 13000 rpm).

Yang jelas biayanya menjadi mahal, karena harus menggunakan silinder blok, piston dan ring-piston kualitas wahid. Jika ingin lebih murah maka peningkatan power yg sampai 27,2 ps, dimanfaatkan dgn memperberat gir belakang, dengan menggantinya dengan milik NVL, 43 mata (std yzf r15 47 mata). Pada ubahan ini yzf r15 sudah memiliki kecepatan 165,91 kpj pada rpm std yaitu 10500 rpm. Sudah cukup untuk menandingi cb150r 13000 rpm.

Sedangkan jika ubahan yang pertama dan kedua digabungkan, maka kecepatannya lebih gila lagi yaitu pada gigi-6, 12000 rpm, topspeed-nya 189,61 kpj. Tentunya dengan mengorbankan akselerasi, karena rasio akhir diperberat.

Kira2 ubahan apa saja ya agar yzf r15 tenaganya naik dari 17 ps menjadi 27,2 ps???

Di india sono, yzf r15 sudah ada kit untuk upgrade performa, mungkin akan diadopsi oleh YIMM. Ubahan2 yg dilakukan meliputi :

1. Big bore kit (kayaknya nggak mungkin, karena kapasitasnya menjadi 165cc)

2. Tune freeflow exhaust, teknik dah ane tulis di sini

3. Ganti ECU rpm bisa tembus 12500 rpm, ane lagi riset nih, kapan ane ceritain

4. Ganti camshaft racing, desainnya dah dibahas di sini

5. Ganti kampas dan per kopling racing

6. Ganti per klep racing

7. Ganti filter udara racing, alasannya dah ane ceritain di sini dan di sini, semuanya bisa diliat di  sini

Kalo cuma begini aja ubahannya, mekanik tanah air juga bisa. Nggak perlu bawa yzf r15 v,02 dari india, cukup sediakan silinder blok + isinya kualitas motogp, NVL maupun vixion sudah bisa buat balapan di sirkuit.

Cukup sampai disini ??? Belum cukup bro.

Perhatika wheelbase yang panjang banget 1345 mm, cb150r aja cuma 1288 mm. Jadi agar lebih lincah di tikungan, harus mendekin wheelbase nya, bahkan mungkin harus sedikit memodifikasi kemiringan sok depan.

Jika saat OMR kelas sport 150 cc, YIMM bisa menghasilkan motor kampiun, maka dengan sendirinya YIMM akan dengan mudah mempertahankan tahta motor sport di Indonesia. Yang jelas dengan adanya OMR ini, maka rider vixion dan NVL akan semakin gembira karena performance kit yang dicangkokkan di yzf r15 ini akan tersebar luas dipasaran, sehingga semakin mudah dan murah untuk mendapatkannya.

Kalo udah kayak gini, ane cuma bisa berpesan “TETEP HARUS HATI-HATI DI JALAN, JANGAN KEBUT-KEBUTAN, JALAN PUNYA-NYA ORANG BANYAK, HARGAI NYAWA SENDIRI DAN NYAWA ORANG LAIN”

Gimana menurut bro2 semua??