Untuk Sementara Honda CBR 250RR Tidak Khawatir dengan Performa Kawasaki ZX 25R

kawasaki ninja zx25r vs honda cbr 250rr small

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh
Semoga Allah senantiasa menyelamatkan kita semua dari wabah penyakit dan juga mara bahaya di manapun kita berada.

Setelah seorang pembalap menguji kawasaki zx 25r di lintasana balap, banyak pengamat otomotif tanah air yang sepertinya “kecewa”. Pasalnya penampakan speedometernya kurang memuaskan untuk sebuah motor 250cc 4 silinder. Dan dengan performa seperti itu, banyak yang memprediksi jika topspeed nya nggak beda jauh sama yang 2 silinder.

Dan iwf pun sudah mencoba memprediksi seberapa kencang topspeed kawasaki ninja zx25r ini, dengan memperhatikan nilai-nilai reduksi primer, reduksi gearbox gigi-1 sampai gigi-6, reduksi akhir dan juga ukuran ban belakang. Dan memang menurut analisis iwf topspeed-nya 11-12 dengan honda cbr 250rr. Bahkan dengan sedikit modifikasi performa topspeed honda cbr 250rr bisa lebih kencang lagi (lihat beberapa tayangan di youtube).

Menurut beberapa review blogger-vlogger yang telah melakukan testride honda cbr 250rr, salah satunya motorival, topspeed yang bisa dicapai adalah 182 kpj, pada gigi-6 dengan putaran mesin 12750 rpm. Untuk percepatan yang lain (gigi-1 sampai dengan gigi-5) dapat dilihat di tabel ini.

speed honda cbr 250rr std motorival

Error yang iwf tuliskan di atas bukan error antara speedo meter dengan gps, akan tetapi dengan tabel yang iwf buat sebagai sarana untuk memprediksi kecepatan honda cbr 250rr per gigi dan rpm-nya.

speed honda cbr 250rr std

Sekarang bandingkan dengan tabel kecepatan yang pernah iwf buat buat untuk kawasaki ninja zx25r [artikel]

kawasaki ninja zx 25r speed calculation

Jadi kalau dari konstruksi reduksinya, honda cbr 250rr masih mampu mengimbangi kawasaki zx25r. Yang menjadi pembeda adalah power dan torsinya serta bobot kotornya. Karena perbandingan pwr dan twr dari kedua motor tersebut akan menentukan :

  • Akselerasinya, yaitu seberapa cepat topspeed akan tercapai.
  • Atau juga bisa menentukan seberapa tinggi putaran engine di gigi-6 akan digapai, tentu saja semakin tinggi engine berputar (secara riil dijalan) pada gigi-6 semakin tinggi topspeednya.

Disinyalir oleh banyak sumber power  kawasaki ninja zx25r naik jadi “45” hp. Bahkan banyak yang mengharap bisa 60 hp (setara dengan 1/4 power motogp) sesuai dengan kapasitas ruang bakar yang 250 cc (1/4 dari kapasitan motogp 1000 cc). Akan tetapi jika bobotnya juga bertambah signifikan, seiring dengan bertambahnya bobot engine dan bobot rangka (karena rangka harus lebih kuat untuk menopang engine yang lebih berat dan lebih lebar), maka pwr nya tidak akan terlalu besar peningkatannya jika dibandingkan dengan motor sport 250 cc 2 silinder [hal ini masih butuh validasi data resmi terbaru dari kawasaki ].

Makanya ketika ada bocoran bahwa honda akan menambah sedikit power honda cbr 250rr versi terbaru, hal itu masih relevan. Karena dengan bobot yang yang masih sama, sementara powernya naik jadi 41 ps (sebelumnya 39 ps), maka pwr nya akan naik sedikit yaitu dari 0.23 ps/kg menjadi 0.25 ps/kg. Diharapkan dengan upgrade ini honda cbr 250rr mampu mengimbangin kawasaki ninja zx25r yang nanti akan keluar.

Kalaupun nanti masih kurang, mungkin honda akan melepaskan seluruh potensi yang ada pada honda cbr 250rr. Karena menurut bocoran yang iwf dapatkan, sejatinya honda cbr 250rr dirancang untuk menghasilkan power sebesar 45 hp. Tapi karena pertimbangan tertentu, saat launcing pertama kali hanya dikeluarkan sebesar 38 hp, dan hal ini bukan perkara sulit bagi honda.

Sementara itu dulu sedikit analisi dan opini iwf untuk honda cbr 250rr dan kawasaki zx 25r. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa baroaktuh.

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Untuk Sementara Honda CBR 250RR Tidak Khawatir dengan Performa Kawasaki ZX 25R

  1. Erik Sianipar

    Yakin ga khawatir?? Wkwkwk. .

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan