Beberapa Teknologi di MotoGP : Serat Karbon untuk Penguat Frame

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera untuk kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Kita sering melihat bagaimana bentuk frame motor yang berlomba di motogp. Terlihat kokoh, kekar dan dari pantulan sinarnya tergambar kekuatan. Akan tetapi ketika frame tersebut dibebani oleh kerja yang super berat , ternyata frame sekokoh itu terkadang masih dianggap kurang kaku (stiff)

Bisa dibayangkan, bagaimana frame sekecil itu harus menanggung beban kerja mesin dengan power sebesar mesin bis jetbus atau truk fuso. Dan frame yang lentur tentu saja menjadikan semua perhitungan tidak presisi, baik saat late braking atau keluar tikungan. Akibatnya ketidak presisian ini maka hasil analisis yang dilakukan ecu menjadi sedikit ngawur, akhirnya performa optimum motor tidak tercapai. Ujung-ujungnya lap time kurang memuaskan, selisih 0.1 detik sudah sangat berharga di motogp.

Untuk meningkatkan kekakuan tentu banyak caranya yaitu dengan mengubah konstruksi dan bahan. Akan tetapi ditengah pengembangan motor yang berlangsung begitu cepat, berlomba untuk menjadi yang tercepat, membangun frame baru bukanlah pilihan. Karenanya ditempuhlah suatu cara praktis yang dengan cara memperkuatnya.

Tentu saja memperkuat frame harus menambah suatu bahan yang akan menambah bobot motor. Dan motor yang berat sangat merugikan pwr. Karena nya digunakanlab bahan yang ringan tapi sangat kaku, pilihannya tidak lain adalah bahan yang terbuat serat karbon (carbon fibre).

Bahan ini sangat ringan dan kaku serta mudah dibentuk. Sehingga bisa ditempatkan dibagian manapun yang memang membutuhkan peningkatan kekakuannya (stiffness). Seperti frame yang tampak pada motor suzuki di atas (gambar judul), juga sok depan seperti pada motor yamaha.

Juga digunakan untuk swingarm

Selain itu karena kuat dan mudah dibuat, part berbahan serat karbon ini juga digunakan di bagian lain seperti winglet dan saluran udara untuk memperbaiki aerodinamika.

Nah bagi yang suka sesuatu yang bersifat extra ordinary, mungkin ketrampilan membuat part dengan bahan serat karbon ini bisa menjadi lahan duit. Karena cara membuatnya hampir sama dengan fiber glass, hanya saja lapisan serat yang digunakan adalah carbon kevlar. Kalau pengerjaannya bagus tentu saja bisa mendunia, buka cuma rupiah yang mengalir, dolar pun tidak akan segan masuk ke pundi-pundi pengerajin/modifikator.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

$where = 0;

One response to “Beberapa Teknologi di MotoGP : Serat Karbon untuk Penguat Frame

  1. Pingback: Teknologi MotoGP Apa Saja yang Bro Sudah Tahu ? | the motorbike goes by skill or you get killed

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan