[AISI April 2017] Dengan Inovasi yang Tepat Sasaran, Market Share Yamaha Meningkat Drastis


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Angka distribusi aisi selalu menarik untuk di cermati. Apalagi jika terdapat dinamika yang terjadi antara dua pbrikan besar, yaitu ahm dan yimm. Dan untuk bulan april ini, perubahan yang terjadi sangat signifikan, yaitu market share yamaha naik drastis, sementara semua pabrikan turun.

Berikut ini data distribusi aisi bulan april 2017

Jika dibandingkan dengan bulan maret, maka distribusi total motor memang turun cukup banyak, yaitu turun 18%. Mungkin masyarakat banyak yang mencadangkan uangnya untuk hari raya dan tahun ajaran baru, yang datang hampir bersamaan. Dan sepertinya kondisi ekonomi secara nasional juga turut berpengaruh, dengan naiknya komoditas penting seperti listrik dan bbm. Berikut perbandingan distribusi aisi bulan maret dan april 2017.

Terlihat market share yamaha naik siginifikan, sedangkan honda sebaliknya turun drastis. alias anjlog. Pabrikan lain juga mengalami penurunan market share, tapi tidak separah honda. Menurut motogokil ada beberapa hal yang mengakibat market share yamaha naik, yaitu :

  • Yamaha mampu memanfaatkan animo masyarakat terhadap skutik bongsor, yaitu nmax dengan menghadirkan aerox. Dengan style yang lebih sporty dan dengan common part yang cukup banyak dibagian engine dan frame, tentunya akan sangat membantu dalam menekan harga, sehingga cukup value.
  • Hadirnya all new r15 155 vva beserta all new vixion, memberikan dampak “tahan” bagi konsumen untuk membeli produk rival yang selevel. Dan pada sektor ini yamaha pernah sangat kuat, sehingga update di sektor sport 150 cc memberikan peningkatan kepercayaan serta daya tarik tersendiri yang sangat kuat bagi calon konsumen.

Sedangkan honda justru sebaliknya, mereka mencoba memasuki market sempit tanpa memberikan upgrade yang berarti pada market gemuk. Menurut motogokil beberapa hal yang menyebabkan market share honda turun adalah :

  • Honda mencoba bermain di kelas motor tril 250 cc dengan menghadirkan crf250 rally, yang sangat kecil market sharenya. Kecilnya merket share karena beberapa hal, diantaranya harganya yang cukup mahal, utilitasnya yang hanya untuk offroad dan body nya yang cukup besar bagi kebanyakan rider tanah air.
  • Honda mengeluarkan skutik kecil denga style retro, yaitu scoopy dengan ban 12 inchi. Scoopy sendiri memiliki market share yang lumayan, karena tidak mendapat perlawanan yang berarti dari rivalnya seperti fino. Jadi hadirnya scoopy 12 inchi kemungkinan hanya menggeser market share scoopy biasa tanpa mampu memberikan kontribusi yang berarti terhadap peningkatan market share.
  • Honda masih belum memberikan upgrade yang signifikan pada market share yang gemuk pada setiap type motornya, seperti beat, vario, cb150r, supra dan revo.

Jadi sangat wajar, jika market yamaha berhasil meningkatkan market sharenya sementara honda turun. Sementara itu pabrikan lain masih berkutat pada optimalisasi sosialisasi dan advertising produk yang sudah ada. Mereka mengalami sedikit penurunan, sepertinya bukan karena digerogoti oleh yamaha, akan tetapi mengikuti trend yang memang turun, akibat faktor luar (perekomonian nasional).

Sementara itu dulu mas bro, sedikit info dan opini menurut motogokil. Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

20 responses to “[AISI April 2017] Dengan Inovasi yang Tepat Sasaran, Market Share Yamaha Meningkat Drastis

  1. Maklum baru di setor ke dealer” motor baru nya

  2. Harusnya balik seperti dulu lagi, rilis motor sport cc kecil, tapi yang modelnya nggak malu maluin.

    motor sport sekarang cuma motor hobi nggak ada gunanya untuk kerja, beda dengan dulu di saat motor sport enak dipakai kerja.

    https://kupasmotor.wordpress.com/2017/05/13/mengapa-indonesia-pasar-motor-terbesar-ke-tiga-di-dunia-tapi-angkanya-beda-jauh-apalagi-ekspornya-sport-di-india-juga-lebih-laris-dari-matiknya/

  3. Iya juga, honda nyaris tanpa inovasi, mesin nya itu2 mulu. Udah bosen sm produk macam Beat dan vario.

  4. klo menurutku.. honda nahan distribusi… liat aja supra gtr velg emas n striping br….
    vario velg emas .,.
    cbr150 striping br…
    supra 125 jg ganti striping…
    jelas ini yg buat turunnya distribusi ke dealer bl april..!!!

    • setelah semua siap produksi striping baru… bulan depan yakin distribusinya naik signifikan….!!
      trus scoopy jg ditahan produksi krn ada scoopy baru velg 12 in…. seperti waktu new beat mo keluar ….beat turun drastis distribusinya!!!

  5. om gokil
    request artikel

    ttg penggunaan
    minyak goreng
    sbgai aditif

    dijabarkan
    dgn ilmiah
    sesat atau tidak?
    please!!!

    • wah berat tuh, pokok bahasan ilmiahnya milik bagian perminyakan
      tapi katanya…minyak goreng dapat meningkatkan adhesi antara pelumas ke logam, sehingga dapat memperawet umur logam-logam yg bersen
      tuhan

  6. apa gara” pak margono keluar dari ahm inovasinya jadi mandek
    seperti kasus yimm yang ditinggal pak eko
    https://moto4ride.wordpress.com/2017/05/14/alasan-logis-kawasaki-enggan-turun-di-ajang-moto-gp/

  7. Entahlah, baru sebulan, soalnya yg kek gini suka turun naek, kalau bulan depan dan berikutnya yamaha masih konsisten berarti memang yamaha bagus yg laen emg drop..

  8. GALON MANIA jos gandos ….

  9. klo dilihat dari angka distribusi honda turun lumayan banyak . sebaliknya klo dilihat kenaikan yamaha hanya berkisar 3rb an unit .tapi klo dr segi persentase lumayan banyak naiknya ..

  10. kalo saya melihat fenomena ini kok lebih ke sisi yang berbeda ya. bahwa yamaha naik dari bulan maret ke bulan april tidak lebih dari kenaikan 5 persen. sesuatu yang wajar pada konteks pasar yang dinamis. kenaikan masih dalam batas wajar dan belum pada sebuah kesimpulan prestasi bahwa yamaha telah berhasil dengan strategi dan program2nya. bahkan mungkin dengan launching banyak produk baru spt aerox155, r155 dan nanti an vixion, kenaikan <5 persen tersebut belum memenuhi target.

    konteks kenaikan share yamaha lebih banyak disebabkan anjlok drastisnya kompetitor, kamu terlihat ganteng karena kamu berada di antara kumpulan orang orang jelek. kamu baru sah ganteng apabila kamu memang terlihat ganteng di antara kumpulan orang orang yang random kegantengannya.

    kesimpulan:
    – program dan strategi yamaha baru bisa dinilai berhasil apabila ada pertumbuhan 10-15 persen terhadap penjualan periode sebelumnya, terlebih pada periode ini banyak produk yamaha yang baru launching.
    – fenomena 1 bulan ini belum bisa dianggap sebagai suatu kesimpulan, sebagai fakta ya, tetapi belum sampai satu kesimpulan awal. apabila trend ini bertahan untuk 2 atau 3 bulan ke depan barulah bisa disimpulkan tentang bagaimana perilaku pasar terkini.
    – harus dikritisi apa penyebab honda turun drastis hingga 80.000 unit lebih, apakah ada switching demand? karena apabila ya, maka kenaikan yamaha seharusnya di sekitar 80,000 unit, bukan hanya kenaikan 3.000 an unit (maret-april), berapa persentase switching demand yang terjadi? dst dst….

    • Saya setuju dg pendapat anda @bubar..
      Karena vixion baru blm terdistribusi..
      Vixion lama mulai di stop produksi..
      Aerox dan nmax,indent nya lama sekali..lebih 1 bulan..
      Kalau semua lancar.baru terlihat kenaikanya brp..

  11. yg anomali yamaha .. berusaha menciptakan kesan laris… disaat market turun secara nasional!.
    kita tunggu aja hingga lebaran apakah stok yamaha mampu terserap dengan baik….
    dan liat reaksi honda di smester 2 ada pluru apa aja besok tuh.

  12. Salam kenal pak, oh iya waktu itu saya pernah baca artikel tentang klaim shock depan satrua fu injeksi, kelanjutannya bagaimana ya? saya cari-cari arsipnya nggak ketemu juga gimana kelanjutannya, kebetulan saya juga abis komplain ke halo suzuki perihal shock depan fu fi ini.
    mohon bantuannya pak.

  13. yg ada CB gak laku :v

    saya rasa modelny cukup begitu untuk harga segitu

  14. Yup, om gokil benar… Indonesia lagi demam skutik bongsor…
    Tapi jangan terus terusan bongsor nanti jadi susah buat selap selip…
    Kedepan semoga yimm bikin skutik ramping yg multi fungsi.
    Strategi menjegal cbr250rr sudah tepat dgn launching XMAX250 walau agak telat.
    Saat ahm luncurkan motor motor kopling bagusnya yimm luncurkan matic, begitu juga saat ahm luncurkan matic jegal dgn sport.

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting