Yamaha All New Vixion Membelah Market Sport Naked Kelas 150 CC


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Langkah yamaha (yimm) mengeluarkan 2 varian all new vixion benar-benar strategis, membawa nuansa pertempuran habis-habisan. Pasar sport naked 150 cc yang sekarang dikuasai all new cb150r dicoba untuk diusik dengan menghadirkan all new vixion 150 cc. Sedangkan pasar sport naked performa tinggi dicoba untuk diamankan dari sergapan gsx s150 dan gsx r150 dengan menerjunkan all new vixionR 155 cc vva.

Artinya yamaha sengaja memecah perhatian calon konsumen sport naked 150 cc menjadi dua, atas dan bawah. Mau yang kelas bawah dan murah dengan power sekitar 17 ps, yamaha sudah menyediakan motor paling update, yaitu all new vixion 150 cc, 16.58 ps. Begitu pula dengan kelas atas dengan performa tinggi, yamaha juga sudah menyediakan motor dengan power terbesar dan fitur terbanyak, yaitu all new vixionR 155 cc vva, 19.3 ps. Dengan demikian calon konsumen mau menoleh ke dua kelas sport naked ini, di situ ada yamaha all new vixion.

Tapi …apakah yamaha all new vixion akan dapat dengan mudah mengusai pasar motor sport naked 150 cc ini ? Mari kita diskusikan bersama…

Kelas bawah

Di kelas ini telah bercokol raja motor sport 150 cc yaitu all new cb150r. Tentunya kehadiran all new vixion bisa saja mengganggu hegemoni sang raja. All new vixion membawa fitur yang unggul yang baru saja disematkan padanya, yang tidak ada pada nva/nvl, yaitu :

  1. Slipper-assist clutch,
  2. Style body baru,
  3. Headlamp-stoplamp led,
  4. Kunci pindah ke stang, dll.

Penambahan fitur-fitur ini jelas memberikan value tambahan untuk melawan all new cb150r ketimbang nva. Akan tetapi sayangnya, all new vixion masih membawa kelemahan nva saat berhadapan dengan all new cb150r di masa lalu. Kelemahan tersebut lebih banyak di sektor engine dan ada beberapa di lampu dan yang lainnya. Jika dirinci, maka kelemahan all new vixion dibandingkan all new cb150r adalah :

  1. Lebih mahal sedikit
  2. Ban lebih kecil 1 step
  3. Lampu sein belum led
  4. Masih 5-percepatan
  5. Power kalah sedikit
  6. Dari penampakan engine lebih kecil karena belum dohc

Kombinasi antara kelebihan dan kelemahan all new vixion dibandingkan all new cb150r, menjadikan kemampuan menggoyang singgasana sport naked 150cc menjadi sedikit berkurang. Tinggal calon konsumen memilih, apakah adanya slipper-assist clutch mampu menutupi kelemahan ini ? Entahlah ….semoga saja all new vixion mampu menggoyang singgasana all new cb150r, sehingga ahm akan segera mengeluarkan versi upgrade all new cb150r-nya dengan segera.

Kelas Atas

Pada kelas ini, yamaha tidak tanggung-tanggung, all new vixion yang dikeluarkan adalah tipe-R. Tipe ini merupakan versi naked dari all new r15 150cc vva, dikurangi suspensi depan usd. Artinya tipe ini punya banyak keunggulan dibandingkan all new vixion kelas rendah. Kelebihannya adalah :

  1. Kubikasinya 155cc dengan performa lebih besar, power 19.3 ps, torsi 14.7 Nm
  2. Sudah mengadopsi vva
  3. Ban lebih besar
  4. Model velg baru
  5. Lebih ringan
  6. Menggunakan swing arm tipe banana die cast, dll

Pada kelas ini, jelas sekali all new vixionR tidak punya lawan sepadan dalam hal fitur. Sehingga seakan-akan ia tampil perkasa sendirian di kelas atas sport naked 150cc. Hanya saja ada sedikit gangguan, karena disini sudah ada motor performa tinggi yang telah hadir sebelumnya. Motor ini bukan dari honda, akan tetapi dari suzuki yaitu gsx s150.

Secara fitur all new vixionR unggul hampir di semua sektor dibandingkan gsx s150, akan tetapi secara performa belum tentu, bisa dikatakan seimbang. Tenaga all new vixionR memang lebih besar (selisih 0.3 ps), tapi bobot juga lebih berat (selish 5 kg). Dan rintangan dari gsx s150 yang paling berat adalah harganya, yang jauh lebih murah, terutama saat promosi. Jika all new vixion (biasa) dibandrol dengan harga 26 juta, lalu berapa harga all new vixionR dengan berbagai kelebihannya ? Mungkin bisa disekitar 28-29 juta, sedangkan gsx s150 hanya 23.9 juta saja (promosi).

Kelihatannya posisi klan gsx menjadi lebih diuntungkan karena lebih fleksibel. Dengan harga yang murah dan performa yang tinggi gsx s150 mampu menjadi jembatan atau buffer diantara kelas rendah dan kelas tinggi sport naked 150 cc ini. Dan ketika calon konsumen mulai melirik all new vixionR dengan kelebihan fitur dan performanya, disitu ada gsx r150 dengan harga (promosi) 27.9 juta. Dengan harga yang hampir sama dengan all new vixionR yang masih sport naked, bisa mendapatkan sport full fairing gsx r150 yang tidak diragukan lagi performanya.

Meskipun demikan, nama besar yamaha dan vixion akan tetap memberikan daya dobrak yang luar biasa besar, untuk menggoyang pasar sport naked 150cc. Jadi, tetap saja bagi honda dan suzuki harus waspada akan pergerakan all new vixion ini. Kedua pabrikan ini harus segera tanggap untuk mempersiapkan versi upgrade, kalau tidak mau tergerus oleh serbuan all new vixion.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

Advertisements

15 responses to “Yamaha All New Vixion Membelah Market Sport Naked Kelas 150 CC

  1. Meh mirip vario 125-150, tapi malah kepangan dewe…

    • iya betul …dengan body yg sm…strateginya kyk vario 125-150… tp bedanya untuk vario lumayan jauh cc_ nya… ini cm 5 cc…!!!
      secara marketing ga ngangkat…..walopun lompatan power lumayan jauh!!

      akhirnya cm saling makan antara keduanya!!
      kalo begini..sepertinya ngondah ..plg2 bikin produk baru tp dg embel2 SE…. body sm tp power dinaikin ga cm rangka cat merah!!

  2. motor modifan tukang bensin spbu….kalo cuma laku , iye ,laris ???? kalo punya kuping di pake ngedengerin ape maonya konsumen … yimm makin kemari makin kepedean,,budeg nye juga nambah akut,,,,

  3. time will tell lagh..

  4. walaupun soal selera,.tp buat kebanyakan org design CB masih lebih Oke..

    pasti banyak org yg ngarepin fitur VixionR di tempel d tampang CB dan di hargai ala GSx.

  5. vixion reguler lebih mahal sedikit rasanya wajar, toh undercowl udah masuk paket penjualan standar kan, engga kaya di ncb yg jadi aksesoris terpisah. belum lagi ada tambahan slipper-assist clutch.

  6. Ahm akan merespon dengan 2 produk allnew yg berbeda cb150x dan crf150 itu sudah cukup untuk melebarkan sayap selebar lebarnya,

  7. yakin all new vixion r lbh berat 5 kg dr gsx-s150 pak dosen??…kita flashback lg dry weight gsx-s150 27 kg/lbh berat lg 1 kg dr dry weight gsx-r150 (26 kg)…klo curb weight gsx-r150 131 kg brarti curb weight gsx-s150 132 kg (curb weight gsx-s125 eropa 133 kg) sdngkan curb weight all new vixion r 131 kg. mohon dkoreksi jika salah.

  8. Satu lagi mas kelebihan vixion adalah spareparts dan after sales nya

  9. mnurut aku .. body cb, sasis and engine vixion, dengan harga gsx .. dealer tersebar seperti ahass dengan part murah dan durable serpeti SGP .. dan yg pasti part undercowl yg sudah dapat dari beli seperti vixion ..

    itu yg the best

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting