[DIY] Menurunkan Seat Height (Mendekin) All New Vixion / R15, Sama Persis Dengan NVL/NVA


Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Motor sport 150 cc keluaran terbaru yamaha memang begitu menggoda. Baik dari performa, fitur maupun stylenya, tentunya banyak rider yang ingin meminangnya. Akan tetapi bagi rider yang kurang tinggi, seat height motor yamaha yang relatif paling tinggi memberikan sedikit tantangan dalam menungganginya. Maklum kadang kaki harus jinjit balet (hanya jempol kaki saja yang menyentuh tanah), yang mengakibatkan kurang percaya diri saat di lampu merah.

Tapi jangan khawatir, karena fihak yamaha telah merekomendasikan sebuah piranti untuk mengatasi permasalahan tersebut. Seat height motor yamaha generasi r15 dan vixion bisa dipendekkan dengan menggunakan “lowerng kit”. Dan yang direkomendasikan adalah part ini…

Sayangnya harganya mahal sekali, yaitu 300 ribu rupiah. Nah bagi yang males/sayang mengeluarkan uang sejumlah tersebut, bisa melakukan beberapa hal, untuk memendekan posisi duduk all new vixion / r15, yaitu :

  1. Membalik posisi lubang baut link
  2. Mengganti conrod seperti yang direkomendasikan yamaha, hanya saja dengan part variasi yang lebih murah. Menurut pengalaman motogokil harganya sekitar 45-50 ribu rupiah.

Dua praktik ini, tidak terlalu sulit dilakukan sendiri di rumah, alias DIY. Motogokil juga pernah melakukannya dibeberapa kesempatan saat masih menunggangi new vixion lightning (nvl). Dan kebetulan sudah ane tulis di beberapa artikel, silahkan lihat di sini. Dan menurut beberapa owner all new r15, lowering kit yang sebelumnya bisa digunakan pada nvl/nva atau r15, juga bisa langsung dipasang di all new r15 (mungkin juga di all new vixion/R)

Dampak penurunan seat height cukup signifikan, katanya bisa mencapai 5-7 cm. Secara kasat mata bisa langsung dilihat pada gambar di atas. Dengan demikian owner/rider all new r15 ataupun vixion/R bisa mendapatkan ergonomi yang diinginkannya. Motor dapat (performa, fitur dan style), percaya diri juga dapat. Dan yang terpenting nggak pakai mahal untuk melakukannya, karena bisa diy di rumah.

Mohon maaf jika ada salah dan kurangnya. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum warochmatullohi wa barokatuh.

Advertisements

$where = 0;

22 responses to “[DIY] Menurunkan Seat Height (Mendekin) All New Vixion / R15, Sama Persis Dengan NVL/NVA

  1. Woch, sudah persiapan untuk posturnya om Nawi nich…xixixixi 😆

  2. Kalau suspensi belakang dipendekin bukannya malah bikin motor makin celeng lantaran sudut rake makin lebar?

    • betul.malah makin liar stit atau satang nya.corner hancur,apalagi berat badan di atas 70kg,makin hancur handling.kalau belakang turun,depan nya juga harus turun.kalo ane yang wajib di turunin adalah shock depan.3cm sudah rumanyan cukup untuk nurunin highseat…stang jadi lebih jinak,tapi agak sedikit kaku untuk belok patah

      • Tachibana Rider

        Setuju, nurunin high seat memang berdampak ke cornering.. butuh membiasakan posisi siku, jd klo high seat dah turun waktu cornering siku mesti buka dikit buat tambah gaya tarik angel stang..
        ..
        Sedangkan nurunin shock depan berdampak ke deselerasi pre-cornering, krn distribusi gravity lebih bergeser ke depan.. so, waktu cornering pinggang mesti lebih ditarik keluar buat tarik center gravity biar tetep nikung tajam on track
        ..
        Jd bener banget kata bro @ridersepuh.. klo belakang turun depan jg harus turun, cuman tetep ada kelemahan nya, buat yg demen rebahan awas sandal gasruk aspal!! wakakakkkk..
        solusi klo dah turun semua, ganti juga foot ped standar ke racing.. beress!

  3. antara cb, vixion dan gsx yg paling rendah tempat duduknya adalah gsx liat brosur

    • Tachibana Rider

      sebnarnya “real” high seat gak cuman ditentuin dari brosur,, cz di brosur gak disebutin lebar seat nya.. jd walopun tinggi nya lebih rendah lha klo seat nya lebih lebar tetep aja kaki jinjit syaroni..

  4. Mending ganti velg nmax ajah… Hehehe…

  5. Jadi COG ga 50:50 lagi donk..

  6. tumbuh itu ke atas bukan kesamping….dingklik detected ngah ngah ngah

  7. “betul.malah makin liar stit atau satang nya.corner hancur,apalagi berat badan di atas 70kg,makin hancur handling.kalau belakang turun,depan nya juga harus turun.kalo ane yang wajib di turunin adalah shock depan.3cmsudah rumanyan cukup untuk nurunin highseat…stang jadi lebih jinak,tapi agak sedikit kaku untuk belok patah”

    kalo stirnya jadi kaku cara nikung cara tekuk motornya juga musti diubah mzbro, dg kata lain riding stylenya yg diubah. Kalo kasusnya kayak yg bro Ridersepuh sebutin di atas, nikungnya pake badan mzbro, istilahnya body english, jadi motor waktu mau nikung dimiringkan ke arah tikungan namun badan posisinya ditarik berlawanan arah kemiringan motor CMIIW. Teknik ini biasa ane lakukan pada bebek Yamaha Jupiter Z 110 ane dimana rasanya emang nikmat sekali buat nikung ginian, tapi ya itu stangnya terasa berat klo dibelokin pake tangan saja, baru terasa nurut kalo tubuh kita yg dipake buat nikung, beda sama bebek Honda yg kebanyakan stirnya terasa enteng banget ditekak tekuk tapi agak celeng klo udah melaju.

  8. betul gan.tapi corner kecpatan tinggi gk d sarani..
    kalau soal jupi,dari jupi gen 1st sampe fi ane pernah rasain,memang rata2 motor yamaha seperti yang sampean katakan.dan untuk rata2(terlebih bebek) honda juga persis seperti yg sampaen bilang.
    dan ini seperti topik dari pak dosen.sebenernya bukan cog saja,tapi lbih spesifik ki segitiga kenyamanan riding posisi..
    honda=titik posisi stang tangan tinggi.
    yamaha=titik posisi stang agak lebih rendah.d ukur dari jok lho..
    semakin rebah/telungkup,semakin enak buat corner..
    jadi kalo shok belakang turun,titik jok turun titik stang tangan naik.kayak harley…kan gak ada tho di dunia balap riding posisi kayak harley?bisa2 ban depan hilang grip waktu handling

  9. Mas, motor ku NVA, sudah disiapkan part USD Xabre, swing arm r15 2016, velg depan 2.75, belakang 3.5, rencannya pakai ban depan 110 dan belakang 130, masih 5 speed.
    Nah utk ukuran gear yang cocok buat modifikasi NVA tsb apa?
    Perhitungan gear rasio yang cocok dg modifikasi NVA tsb bagaimana?

  10. Bakalan keberatan larinya ntar bro Jhony, mending tunda dulu, sekalian aja upgrade performa NVA anda biar gak keberatan larinya, pasang kit Bore Up 62mm Kawahara/etc. aja yg masih aman buat harian, yg penting rasio kompresi dibikin jangan tinggi2 amat maksimal 11 : 1 aja. Googling aja banyak koq referensi modifikasi kayak yg ane sebutin di atas.

    • Nah itu hal yang aku takutkan bro, jadi keberatan motornya. Tapi asumsi awalku yakni modifikasi tsb di atas, itu standaran xabre, kan xabre dan NVA itu mesinnya hampir identik, xabre aja masih narik, seharusnya NVA juga masih narik dong. Kompresi mesin xabre dan NVA juga sama, cuma beda 5 speed vs 6 speed dan rasio gear, kalo ECU nya nggak tau sama apa nggak.

  11. pertimbangkan lagi bro Johny klo mo pasang, ya itu tdi gimana ntar klo tarikannya jadi berat? jngan samakan mesin Xabre sama piksen, Xabre udah 6 speed rasionya udah pasti beda sama piksen yg 5 speed, yg 6 speed bisa lebih close jadinya tarikannya gak kedodoran di Xabre.

  12. Gan, intinya kalau pake lowring kit motor tetep stabil kan? Apakah berpengaruh pada performanya? Soalnya tinggi saya 163cm berat 60kg gan.

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan