ganti-oli-bloger

Limiter All New R15 11500 RPM…..Spesifikasi Balap Dipakai Harian. Mantab !!

Diposting pada

r15-engine-limiter

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Baru saja lihat statusnya pak abidin, yang sedang memperagakan speedometer all new r15 yang sudah full digital. Dalam tampilan tersebut memberikan minimal 3 informasi, yaitu vva mulai aktif di atas 7000 rpm. Readlinenya naik menjadi 11000 rpm sedangkan limiternya, kelihatan sedikit di atas 11500 rpm. Wih tinggi juga untuk engine dengan stroke 58.7 mm, artinya piston speed nya sudah mencapai 22.5 m/s, melewati ambang batas motor konvensional 21 m/s.

Pertanyaannya, “Kok yamaha berani bermain pada putaran dengan piston speed di atas 21 /s ?”. Nah ini dia yang menarik yang akan kita diskusikan….

Pada beberapa artikel lawas, motogokil pernah membahas motor balap mx king yang putaran engine mencapai 13800 rpm [artikel]. Dan ternyata mx king suskses merajai beberapa turamen, tanpa masalah yang berarti. Artinya jika bermain di limiter tersebut aman, apalagi hanya di sekitar 11500 rpm, jauh lebih aman lagi.

Tentunya dengan beberapa catatan, yaitu spesifikasinya tidak sama dengan engine r15 lawas. Karena yang dijadikan patokan aman tidaknya adalah piston speed, maka variabel yang dipengaruhi piston speed-lah yang dioptimasi. Salah satunya adalah mengurangi koefisien gesek dan rugi-rugi antara piston+ring piston dengan dinding silinder [artikel]. Serta dengan memperkuat part-part yang rentan terhadap putaran tinggi seperti seating klep, per klep dan klep.

Kesimpulannya, menurut motogokil engine all new r15 adalah versi downgrade dari engine klan vixion racing. Sedangkan VVA hanya sebagai pemanis dari perspektif performa, yaitu untuk meningkatkan daya gedor all new r15. Karena dengan mengaplikasikan VVA karakter overlap besar pada rpm tinggi, tidak terbawa di rpm rendah. Pada rpm rendah VVA tidak aktif, camshaft yang bekerja adalah camshaft dasar dengan overlap rendah, sehingga torsi tetap besar dan FC bisa lebih efisien.

Ok, sementara itu dulu yang bisa motogokil sampaikan. Silahkan di inden all new r15, motor sport full fairing yang paling powerfull saat ini. Motogokil salut dengan keberanian yamaha memberikan spek yang cukup ekstrim untuk motor harian dengan stroke 58.7 mm ini. Semoga tidak adalagi kata-kata “Wajar berasap jika digeber di atas 8000 rpm”.

Lebih kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rpchmatullohi wa barokatuh.