ganti-oli-bloger

Apa Saja yang Harus Diubah Agar All New R15 155CC Powernya Mencapai 19.3 PS ?

Diposting pada

 

all new r15 performance

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bocoran yang cukup menggembirakan bagi pencinta yamaha (fby), bahwa power maksimum all new r15 v3 mencapai 14.2 kw, atau sekitar 19.3 ps. Jika bocoran ini benar, maka all new r15 ini benar-benar mantab, alias mak nyos tenan. Bagaimana tidak, selain style paling ganteng dan gagah, performanya juga di atas semua kompetitornya, termasuk si garang gsx r150. Benar-benar komplit, tampilan dapat, performan juga dapat.

Nah terkait dengan besarnya performa r15 terbaru ini, kira-kira apa yang dilakukan yamaha ? Apakah dengan menancapkan silinder+head vva kemudian performa langsung melonjak menjadi 19.3 ps ? Atau ada beberapa rombakan lainnya, sehingga powernya begitu menggoda. Mari kita diskusikan bersama…

Menurut perhitungan motogokil, jika hanya merubah kapasitas dari 149.85 cc menjadi 155.15 cc, tanpa merubah variabel lainnya powernya hanya naik menjadi 17.18 ps, sedikit lebih tinggi dibandingkan all nw cbr150r. Tapi capaian tersebut masih jauh dari bocoran 19.3 ps, lalu apa lagi yang harus dirubah ?

Lihat tabel performa berikut, menurut perkiraan motogokil yamaha medisain variabel-variabel engine r15 mendekati konfigurasi ini

performa-r15-vva-155-cc

Untuk mencapai power sebesar 19.31 ps ubahan yang bisa dilakukan adalah :

  1. Power maksimum diletakan pada putaran engine 10000 rpm, lebih tinggi dari sebelumnya yang hanya 8500 rpm. Tidak masalah walaupun mendekati batas piston speed maksimalnya, karena sudah ada beberapa upgrade (mengambil spek balap) sehingga lebih aman. Jika putaran engine 12000 rpm saja bisa, apalagi cuma 10000 rpm.
  2. Penerapan rasio kompresi yang lebih tinggi (maklum sekarang bensin terjelek sudah r0n 90). CR-nya mencapai sekitar 11 (atau mungkin juga lebih, ternyata 11.6) lebih tinggi dari sebelumnya 10.4
  3. Tentunya konsumsi bensin harus lebih boros, pada power puncak tersebut. Naik 0.457 kg/jam. Maklumlah volume lebih besar, dan rpm lebih tinggi, wajar jika naik.
  4. Dan yang terahir adalah, aplikasi asimetrik piston/engine akan memberikan penurunan rugi-rugi gesek pada piston, sehingga power yang keluar sampai crankshaft naik.

Dan motogokil tidak heran dengan kenaikan performa dari all new r15 ini. Karena teknologinya bisa mengadopsi dari hasil upgrade performance yang dilakukan oleh tim-tim balap yamaha. Jika oprekan engine nvl/mx king bisa mencapai 30 ps dengan velome 150 cc, maka untuk mencapai 19.3 ps dengan velume 155 cc tentunya lebih mudah. Nah selanjutnya tinggal kompetitor, apakah juga akan melakukannya, untuk mengimbangi performa r15 ini ?

Dan jika engine SOHC 155 cc saja sudah mampu menghasilkan 19.3 ps (kalau bocorannya benar lho) maka kedepannya “belum perlu” membangun engine DOHC untuk vixion, mx maupun r15. Dengan menambah volume 5 cc saja sudah sanggup menjadi yang terkuat di antara rival-rivalnya, buat apa harus keluar biaya besar, untuk membangun konstruksi dohc. Apalagi fby sudah terlanjur cinta dengan mesin sohc, maka ubahan ini akan tetap memberikan perhatian yang besar dan minat yang tinggi bagi konsumen terutama pencinta motor yamaha.

Sementara itu dulu bro n sis, lebih kurangnya mohon maaf. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.