Mempertanyakan Sistem Pendingin All New R15 2017

liquid-cooled-nmax

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Rilisnya all new r15 dengan performa terunggul, banyak menyita perhatian blogger, termasuk motogokil. Banyak yang tertarik terhadap detil style nya, banyak juga yang terpesona dengan fitur-fitur yang fresh. Dan motogokil kebetulan tertarik pada performanya.

Melihat performanya yang begitu superior di kelasnya, tentunya menarik untuk diselidiki, dari mana datangnya performa tersebut. Seperti yang pernah motogokil ceritakan di artikel yang lalu, beberapa bagian yang ditingkatkan oleh yamaha untuk menaikkan power r15 dari 16.50 ps menjadi 19.3 ps adalah dengan memperbesar kapasitasnya menjadi 155 cc. Kemudian dilanjutkan dengan meningkatkan rasio kompresinya menjadi 11,6:1 dan meletakkan power maksimumnya di putaran mesin yang jauh lebih tinggi dari 8500 rpm menjadi 10000 rpm.

Seiring dengan kenaikan power, puataran mesin dan rasio kompresi, naik pula suhunya. Perlu penanganan yang lebih dibandingkan sebelumnya. Karena sudah diketahui bersama bahwa power engine berasal dari pembakaran bahan bakar+udara. Semakiin panas semakin besar powernya, akan tetapi material memiliki ketahanan panas yang terbatas, oleh karena itu perlu dijaga agar suhu kerjanya optimal (power besar dan part awet). Nah bagian yang bertugas menjaga konsistensi suhu optimal ini adalah sistem pendinginn, dan untuk r15 dan sejenisnya berbentuk liquid cooling system.

Salah satu bagian penting dari liquid cooling system adalah radiator. Dan menjadi suatu yang umum, bahwa jika performa besar, maka suhu semakin tinggi, perlu pendinginan yang ekstra dengan dimensi radiator yang lebar. Jadi kenaikan performa identik dengan kenaikan suhu dan kenaikan dimensi radiator.  Berikut ini motogokil urutkan dimensi radiator dari motor dengan performa paling rendah.

old-vixion-radiator-size

sonic150rfi-radiator-size

old-cb150r-radiator-size

nvl-radiator-size

satria-fufi-radiator-size

Dan yang terahir adalah all new r15

r15-radiator-size

Motogokil pernah punya nvl yang mesin lumayan panas, akan tetapi karena motor tersebut naked, jadi hawa panasnya hanya sebentar mengenai kaki. Kemudian all new cb150r dengan power dan rasio kompresi yang lebih besar, panasnya lebih menyengat. Dan terahir, motor yang paling panas yang motogokil miliki adalah satria fu fi, bener-bener maknyos, apalagi kalau macet. Padahal satria fu fi sudah dibekali oleh oli mesin (yang dapat membantu pendinginan) dengan volume yang juga paling besar yaitu 1.3 litar. Maklum power satria fu fi paling besar untuk ukuran 150cc (saat itu) dengan rasio kompresi yang juga tertinggi yaitu 11.5:1.

Ok, pemirsa motogokil sekalian, jadi performa, rasio kompresi, suhu mesin dan dimensi radiator sangat erat hubungannya. Dan pabrikan sudah berusaha men-setting untuk medapatkan performa dan keandalan terbaik. Bagaimana dengan all new r15 ? Barangkali ada diantara pemirsa yang lebih faham atau ada orang dalam yamaha yang bersedia memberikan pencerahan.

Mohon maaf atas segala kekurangan, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

37 Komentar

      • menurut ane jg begitu pak, unit test yg lalu kemungkinan blm sampe pd kondisi bermacet ria saat musim panas dimana suhu terkestrim didapat yg bs jd tdk mengalami overheat berarti (skrg kan hujan terus cmiiw)

      • Hmm maaf pak dosen, tp masih terlalu dini menilai bagaimana kualitas atau efektivitas sistem pendngin dari R15 my2017, dari data (gambar) yg sampean lampirkan cuma ada jumlah baris (lonjor) dari masing2 radiator, tp lebar keseluruhan belum ada, trs tebal jg belum ada,
        Alangkah baiknya klo data2nya dilengkapi dulu pak, lalu ukuran kisi2 tiap radiator jg prlu diketahui, kisi kisi pada radiator punya andil besar dalam perpindahan panas cairan radiator, semakin lebar dimensinya (penampangnya) maka semakin banyak jg panas yg terserap, shingga bisa dikatakan lbih efektif ktimbang kisi yg lebih kecil,
        Nah itu dari kisi radiatornya, mungkn masih bnyak lg variabel yg lain, misal pnjang jalur pndingin, jumlah cairan radiatornya, dll
        Mohon koreksinya ya pak dosen klo ada yg keliru,

        • oke koreksinya bagus
          monggo kalau ada yang punya datanya di-share
          maklum motor baru, makanya judulnya ane tulis “Mempertanyakan….”
          Barangkali ada yang mau jawab dengan data, agar semua pemirsa termasuk ane tercerahkan

    • itu sudah pasti
      akan tetapi tentunya kita tidak lupa dengan beberapa kesalahan yang kadang berahir recall, seperti ;
      honda : gir starter rompal, frame retak, balancer patah, klotok-klotok
      yamaha : gir oli pecah, pompa bensin mati, ngebul
      suzuki : sok depan ceklok, baut mounting engine ng, pressure plate clutch ng

  1. mungkin luas radiator yg kelihatan dr depan mmg gak bgitu nambah luas, tapi mgkin bisa jadi ketebalan radiator lebih lebar, so waktu transfer panas/kalor bs lebih lama= lebih efisien..

    cm mungkin saja lho mas dosen….

    kalo tinggalnya di Batu malang ato di daerah Dieng Banjarnegara mgkin gak perlu khawatir, jelas pendinginan mesin bakal nyusss… ademmm…

  2. jangan lupa R15 memakai ban tapak velg dan ban paling lebar dikelasnya ukuran 100 dpn dan blakang 140. VVA bukti teknologi agar torsi melimpah buat narik ban gambot

  3. Mngkin materialnya udah make yg kelas wahid n dpat nahan panas, misal serba titanium dikombinasi serat karbon atw keramik karbon.

  4. ah om dosen kok membahas teknik yang sudah diperhitungan engineer genius yamaha…
    semua sudah di riset pak dosen…para engineer yamaha paling genius dibidangnya..
    misalnya,penerapan ds+pf sudah menciptakan motor balap selevel motogp,ssg sudah diterapkan di r15…
    jadi gak usah di bantah lah pak dosen…
    ini motor teknologinya lompat 4 dekade dari sekarang…

  5. Ikutan nimbrung om,

    Itu coolant didinginkan 2 kali om, kalo ga salah alurnya gini : outletnya dari radiator dipompa lagi kebawah jok, disitu ada semacem kompresor kecil ( lebih kecil dr kompresor dispenser air minum) baru dari outletnya masuk ke mesin lagi.

    • kalau menurut ane, kompresor hanya berfungsi membantu penyaluran coolant ke posisi yang lebih tinggi
      bahkan kalau terjadi kenaikan kompresi pada coolant suhunya justru bertambah,
      jika memang pendinginan dua kali, barngkali ada reservoir yang lain yang dilengkapi dengan heatsink

  6. perkiraan ane cooling fan pake punya R25 om….
    dibantu aerodinamic air scoop fairing…
    jangan lupa om, area mesin sohc kan ga sepadat dohc… maksudnya ada area kopong disekitar head, blok dan box filter…
    jadi masih mumpuni untuk pendinginan…

1 Trackback / Pingback

  1. Harga All New R15 Akan Tetap Kompetitif Dibandingkan All New CBR150R | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan