Kekuatan Tawar GSX R150 Melawan All New CBR150R dan R15

gsxr150-vs-cbr150-vs-r15-small

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Bocoran harga oth suzuki gsx r150 dan gsx s150 sudah dirilis oleh adira finance. Untuk tipe full fairing gsx r150 dibandrol 29 juta sedangkan tipe naked gsx s150 dibandrol 25.9 juta [artikel]. Dan jelas sekali harga yang diberikan suzuki untuk gsx r150 jauh lebih rendah dibandingkan all new cbr150r (32.55 juta sampai dengan 33.35 juta). Bahkan juga lebih rendah dibandingkan motor sport yamaha r15 (31.05 juta sampai dengan 31.65 juta). Artinya gsx r150 lebih murah dari rival-rivalnya 2.05 juta untuk tipe motor sport reguler (r15 speed grey), dan 4.35 juta untuk sport special edition (cbr150r repsol).

Tentunya untuk memilih sebuah motor idaman bukan hanya karena faktor harga yang lebih murah, tapi sering kali juga ditentukan oleh faktor lainnya. Namun demikian dengan harga yang lebih rendah dari kompetitor, paling tidak memberikan faktor “eh”, yang membuat calon konsumen mau berpaling untuk melihat gsx r150. Baru kemudian setelah diteliti, gsx r150 menunjukkan kelebihan lainnya, diantaranya yaitu :

Spesifikasi performanya yang memang paling top diantara rival-rivalnya. Silahkan dilihat tabel komparasi terhadap cbr150 dan r15

gsx-r150-vs-cbr150r-vs-yzfr15-spec

Tentunya semua pembaca sudah tahu bahwa power gsx r150 adalah yang terbesar. Selain itu bobotnya juga paling ringan, sehingga pwr nya menjadi yang terkuat dibandingkan cbr150 dan r15. Sehingga menjadikan paling gesit dan memberikan “pride” bagi ridernya saat melaju kencang di jalan antar kota.

Kelebihan lainnya adalah dimensi yang menyenagkan bagi kebanyakan rider di Indonesia, yaitu seat height (tinggi jog rider) paling pendek, menjadikan rider lebih pd saat di lampu merah. Juga wheelbase yang yang paling pendek, dengan kombinasi bobot ringan dan power besar, menjadikan gsx r150 lebih mudah meliuk-liuk di kemacetan. Kelebihan ini menjadikan rider tidak cepat lelah menembus kepadata lalulintas kota besar.

Dan kelebihan yang terakhir (menurut motogokil) di sektor performa engine adalah fc-nya (konsumsi bensin) yang paling irit. Menurut klaim suzuki dengan konsumsi bensinnya bisa mencapai 49 km/l. Dan prestasi ini jauh lebih tinggi dibandingkan klaim honda sekalipun, karena menurut honda engine k56 (cb150r) memiliki fc 37.87 km/l (euro 3). Alpalagi jika dibandiingkan dengan r15, karena menurut otomotif, perbandingan fc antara all new cbr150r : r15 adalah 42.4 km/l : 38.2 km/l. Jadi gsx r150 mampu memberikan kecepatan bagi speedlover, juga memberikan efisiensi yang tinggi bagi rider yang ingin santai.

Inilah yang akan menjadi kekuatan tawar gsx r150, yaitu lebih murah, lebih powerfull, lebih gesit, lebih ringan, lebih kecil dan lebih irit.

Dan tentunya tiada gading yang tak retak. Disisi lain, gsx r150 juga memperlihatkan beberapa kekurangan. Meskipun menurut motogokil tidak terlalu penting, akan tetapi bagi calon pembeli lainnya mungkin dianggap (paling) penting. Kekurangan utamanya di sektor penampilannya, yaitu pada bagian lampu depan rada aneh, lampu belakang terkesan biasa, roda depan kurang gede, swing arm kurang gagah, footstep boncenger kurang eksklusiv, dan jog belakang yang terlalu kecil/imut.

Secara keseluruhan, penampakan gsx r150 memang kalah dibandingkan all new cbr150r, apalagi dibandingkan (katanya) r15 versi 2017. Akan tetapi dengan selisih harga yang cukup banyak, barangkali bisa digunakan untuk meng-upgrade penampilan gsx r15 menjadi lebih cakep. Dan meng-upgrade style seringkali lebih mudah/sederhana (bahkan bisa DIY) jika dibandingkan meng-upgrade performa engine. Untuk mengimbangi performa gsx r150, rival-rivalnya perlu naik sampai 2 hp, butuh dana berapa ?

Sementara sampai di sini dulu ulasan singkat motogokil mengani kans gsx r150 merebut hati calon konsumen motor sport 150cc full fairing. Lebih dan kurangnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

 

 

Advertisements

$where = 0;

24 responses to “Kekuatan Tawar GSX R150 Melawan All New CBR150R dan R15

  1. anti mainstream

    Ane udh g sabar ingin menikmati performanx

  2. Dari jaman krismon. Sizuki pelit belanja iklan..
    Produk bagus, promo kurang.

  3. ni ane kasih penjelasan.
    orang beli motor/mobil pertimbangan pertama merk(brand).
    kedua style ,after sale nya ,dan baru kemudian performa.
    inilah kelemahan suzuki yg terlalu inferior dibanding honda

  4. avanza yg secara performa dan style biasa saja tp tetep jd mobil terlaris . itu karena bg mebanyakan orang merk merupakan prioritas utama.
    dan citra suzuki utk roda 2 sdh pd titik nadir

  5. mau ngebut dlm kota tetap pakai tornado GS lansiran 96 2tak overbore, biar bebek jadul tp ngibrit. hahaha..

  6. Om gokil mau tanya kalau spare part cbr 250R second kira kira masih banyak gak yah ?
    Soalnya harganya skrg tahun 2012 aja bisa 25 juta euy. 2013 aja bisa nego dibawah 30 jutaan lebih worthed drpd beginian

    • ane juga naksir nih cbr250,
      kalau masalah sparepart kurang faham bro, barangkalai untuk fast moving tersedia, atau bisa kanibal dengan motor lain
      sedangkan slow movingnya, indent, tensioner ncb150r saja indent apalagi cbr250 yg pasarannya minim

    • coba bro buka kaskus bagian otomotif thread cbr250r, kayaknya disana ada yang jualan sparepart cbr250r online.

  7. Bisa buat alternatif yang gk suka produk mainstream

  8. yakin neh iritan gsx daripada cbr
    kalo ane gk setuju cbr cuman 42 km/l
    punya ane 47km/l biasa tuh macet2an pula
    ente kan punya FU FI, paling nggak sama atau lebih boros dari fufi ente baru ane percaya
    klaim pabrikan kok dipercaya, buktiin sendiri dong
    setahu ane fufi ente gk tembus 40km /l kan

    • Panas tong??? Ga trima tong?? Bangga merk tong? Fansboy akut tong? Kepojok ngelak sembunyi dibalik data penjualan tong?? Lu konsumen sales tong?? Sampah!

    • kalau fufi ane memang lebih boros dari ncb, karena memang dua motor ini beda karakter
      fufi kalau dibawa kencang semakin nikmat, kalau pelan malah nggak enak, loncat-loncat
      ncb150r kalau dibawa kencang getar, terutama bagian tangki berasa banget (area selangkangan), kalau dipake pelan enak banget, halus tapi penuh tenaga
      barangkali, karakter engine + karakter rider, yg menyebabkan fufi ane lebih boros dari ncb
      jadi dalam pengujian ncb dan fufi versi ane, nggak standar seperti euro-2 atau euro-3, rada-rada ngawur

    • sory bro. ane blm pernah coba ancbr150. tapi ane dah coba Fufi dgn 2jenis bbm. pakai Ron92 jalan santai hasilnya 1:51km. kemudian pakai ron95 jalan santai lagi, hasilnya 1:58km. ron98 blm sempat dites. metodenya ‘full to full & record’
      klo gen Dohc overstroke Honda ane yakin bisa seirit fufi ane. cuma kendalanya rpm nya tidak bisa setinggi cbr k45 atau cbr fi thai.

  9. wah iya 1/4 liter jomblo. under 30 jeti.. yapi kudu sim C1 ya…

  10. Klo pke eco riding (alus bgt plintir gas max 5000rpm) percaya gsx lbh irit,cz prnah eco riding boncengan sama istri pke old cb irit bgt,iyalah lha wong spek overbore klepnya lebar2 durasi camnya pendek,overlap pendek..
    Tp klo dgeber jgn tanya borosnya ya..

  11. Ada konsumen yang cari value, ada yang cari merek. Saya kira Suzuki memang bermain di ranah yang pertama, mengingat kampanye nya minim (mungkin daripada kampanye mending uangnya dipakai riset engine). Dengan dana yang tidak sekuat ATPM lain, Suzuki harus melakukan efisiensi namun tidak mengorbankan kualitas. Jadilah yang lain yang dipotong. Satu-satunya cara menolong Suzuki ya pencerdasan otomotif, supaya komposisi konsumen tidak terlalu timpang. Tidak bisa dipungkiri memang ada konsumen yang loyal sama merek (bukan berarti tidak ngerti otomotif) begitupun juga selalu ada yang suka sama produk value, cuma bagusnya kalau kesetimbangan dijaga ditengah, jadi pabrikan terus menghasilkan innovasi yang menguntungkan konsumen alih-alih sekedar gimmick. IMHO.

  12. Setuju kang kalau mau cari motor 150 cc urusan performa dan harga mending pilih gsx. Dan cari model pilih new r15 2017( delta box ,usd) dan kalau cari brand pilih new cbr. Kalau ane pilih gsx kr kepuasan performa dan material suzuki terkenal bagus. Ane pernah coba ke3 brand tsb diatas.

  13. Pingback: Suzuki Menggebrak Pasar Sport 150CC dengan Diskon untuk GSXR dan GSXS | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan