Harga CBR250RR 68 Juta (ABS 74 Juta) Kemahalan ???

cbr250rr 2016 27

Assalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Salah satu dealer besar honda di jakarta sudah merilis harga cbr2250rr, versi reguler 68 juta dan versi abs 74 juta. Sesuai dengan apa yang pernah dirumorkan dahulu sebelum dan sesaat sesudah launcing, sebulan yang lalu, yaitu di bawah 70 juta, tapi untuk versi biasa. Mahal ? Jelas lebih mahal dibandingkan rival-rivalnya (ninja250fi dan yzf r25), jika hanya dilihat dari rupiahnya.

Tapi menurut motogokil, jika apa yang ada pada cbr250rr dibandingkan dengan apa yang ada pada ninja250fi dan r25, harga tersebut menjadi tidak mahal. Misalkan harga cbr250rr versi reguler 68 juta, sedangkan ninja250fi 58.4 juta dan 62.2 juta (versi se ltd), serta r25 harganya 53 juta, sama-sama non abs. Selish harga dari ninja250fi 6-10 juta, dan selisih dengan r25 15 juta, lumayan banyak bagi kebanyakan rider yang biasa naik motor bebek-sport 150cc. Tapi (mungkin) tidak bagi kebanyakan rider motor sport 250cc.

Karena mereka sering melakukan upgrade baik di sektor performa, style maupun fitur-fitur yang biayanya melebihi dari selisih harga tersebut. Dan hasilnya bisa jadi masih kalah dengan cbr250rr dalam kondisi standar (maklum versi pabrik). Silahkan mengunjungi modifikator ternama terdekat, kira-kira berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk merubah :

  1. Performa engine agar lebih tinggi lagi, naik 2-6 hp
  2. Suspensi depan teleskopik menjadi usd
  3. Swing-arm besi kotak, menjadi die cast alumunium
  4. Sistem throttle reguler (tali gas) menjadi throttle by wire
  5. Apalagi kalau dibarengi dengan perubahan penampilan kalem menjadi lebih agresif, bakalan lebih banyak lagi biaya yang harus dikeluarkan.

Ya, memang saat ini level cbr250rr di kalangan motor sport 250cc berada pada tingkatan yang tertinggi, makanya honda kasih harga paling mahal. Barangkali honda sudah mengukur, bahwa jika rival-rivalnya ingin mencapai level tersebut mereka juga akan memberikan harga yang tidak jauh berbeda (versi pabrik). Dan jika upgrade dilakukan secara individu, maka harga motor + biaya upgrade akan lebih mahal dari cbr250rr.

Tapi semuanya terserah para rider tajir yang akan meminang motor sport 250 cc tersebut. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, tidak ada yang sempurna. Yang pasti orang jepang pinter, mau motor seharga 53 juta sampai dengan 74 juta, sudah tersedia. Apapun yang dipilih dari motor-motor tersebut, jepang dapat untung.

Lalu bagaimana kans-nya dengan datangnya pendatang baru ktm rc250r ? Sepertinya cbr250rr meskipun jauh lebih mahal, masih memiliki prospek yang lebih besar. Semuanya terkait dengan merek “honda”, meratanya dealer di seluruh Indonesia, engine 2-silinder yang lebih powerfull dan lain-lain. Jika konsumen mau beli cbr250rr paling yang dipikirkannya hanyalah sekitar harga, tapi jika pilih ktm rc250 banyak sekali yang dipikirkan oleh konsumen. Barangkali pada masa datang ktm akan semakin kuat dan mempu bersaing merebut hati konsumen sepeda motor di Tanah Air.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wa rochmatullohi wa barokatuh.

18 Komentar

  1. betul bgt..setuju ma om gokil!!
    klo r25 n ninja ntar diupgrade dg fitur yg kurleb sm dg cbr pasti harganya jg ga jauh2 dr cbr250rr….!!!

    josss!!!

  2. Cbr 250rr pa dosen ga ada pikiran lain klo ktm misalnya tahun pertama laku tahun 2 merosot langsung kabur kaya pulsar india gimana udah hondalahhh bukan ikalan lho. Nyatanya aja

  3. Gila juga harga motor saat ini, khususnya segmen sport 250cc…

    Yang bikin mahal itu apanya sih?
    Pajaknya kah?
    Matrialnya kah?
    Ato ada konspirasi pengusaha?

    Padahal kapasitas cuma 250cc
    Diproduksi dimari pula…

    😀

  4. namanya dagang ya kyk nebar jaring, semakin besar jaring semakin banyak tangkapan..belum bisa dikatakan mahal klo facelift dua pesaing erslawe ,ma ninja belum nongol, karena klo CBR250rr jadi benchmark, banyak part dua pesaing itu yang musti di upgrade buar bersaing dengan CBR250rr, USD ga jelas buat xabre aja bisa 5-6 juta, belum kelistrikan dengan lampu full led, ECU baru klo make TBW..

  5. thortle by wire…
    part ini kan menggunakan sensor, sensornya saat kotor dijamin kacau…
    thortle body injeksi aja kalo sensornya kotor motor jadi ngadat, mati mati sendiri, brebet dll….

    ane mending yg mekanikal ajah….
    ga lucu kalo melintir gas, motor batuk batuk…. hehehe

    • ngiahahah, ya wajar saza, karena produk zezembahan lo masih pake kabel zemuran saza. ngiahahahahah. mosok mau mengidolakan produk kompetitor, ya abisin dan bisa marah saza nanti

    • Ngga pernah punya mobil baeu kyanya ni orang. Rata2 mobil jaman skg pake sistem yg sama. Dari murah sampe yg mahal? Kotor ga responsif? Dapet teori darimana? Isu2 yg d kebangin sama blogger anti ahm? Percaya? Telusuri sumber yg akurat baru percaya…

    • duh yg bales komen ane ga bermutu…
      motor yg beredar disini tuh teknologi zaman dulu…
      lihat aja, masi ada knalpot, rodanya dua, ada setangnya…
      dan rodanya masih nyentuh tanah, dodol!!!

      salam ungu

  6. ya kl menurut ane yg awam upgrade sendiri dah pasti lebih mahal karna ga produksi banyak tp kl pabrik kan global, cost dah pasti lebih murah, intinya ga bisa disamakan modif secara pribadi dengan pabrik, dan untuk upgrade pribadi jg part modif dah pasti pilihan ada yg murah-mahal tergantung financial hehe… tp ya kita liat aja itu kan kemungkinan baru harga sementara…

  7. Ya ya ya seperti biasa over price..fitur ??
    250r lawas single cylinder juga overprice..fitur ?? Ada yg beli ga ??
    Liat di kenyataan aja nanti..
    R25 aja scra power dan fitur lain unggul dari ninin25..tp mana yg laku ? Masih laku ninin25
    Liat di lapangan aja konsumen udah pinter kok klo untuk urusan motor harga di atas 20 juta..

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan