Penjualan NVA Mengungguli NCB150R. Inilah Salah Satu Penyebabnya…


NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat diperjalanan sampai ke tujuan


Data aisi menunjukkan bahwa pendistribusian sepeda motor bulan Februari naik cukup besar jika dibandingkan bulan Januari 2016. Pada bulan januari mencapai 416.263 unit sedangkan pada bulan februari naik menjadi 524.864 unit, naik 26,08%. Dan komposisi distribusi pabrikan di bawah aisi adalah sebagai berikut

  • Honda    362.668 unit (69,09%)
  • Yamaha 139.235 unit  (26,54%)
  • Suzuki      11.721 unit   (  2,23%)
  • Kawasaki 11.081 unit  (   2,11%)
  • TVS                159 unit  (  0,03%)

Honda (ahm) masih bisa bernapas lega dengan pencapaian ini. Akan tetapi tidak untuk tim swat dibawah naungan ahm, karena pencapaian penjualan jagoan sport ahm masih kalah dengan rival. Tercatat bahwa new cb150r hanya mempu terdisitribusikan sebanyak 10.148 unit sedangkan rival terberatnya nva jauh lebih tinggi yaitu 21.139 unit.

Kalau menurut motogokil ada beberapa persoalan yang menjadi penghambat penjualan ncb150r, yaitu : 

  1. Harganya yang lebih tinggi (terlalu). Kalau beda 300 ribu mah wajar, nah ini bedanya jauh banget ncb150r reguler harganya 25,650 juta ,sedangkan nva harganya 24,250 juta. Bedanya harganya mencapai Rp. 1.400.000,-
  2. Kerja tim SWAT belum optimal untuk mempromosikan keunggulan ncb150r jika dibandingkan nva
  3. Ada pesaing baru selain nva yang menyebabkan calon konsumen menunggu (tidak jadi beli ncb150r).

Dan inilah pesaing baru tersebut

00 titan-black-RedCW

Terbukti penjualan satria fu 150 fi mencapai 10.065 unit, lumayan tinggi untuk sebuah motor ayam jago dari suzuki.

Logikanya sangat mudah (menurut motogokil) bagi yang mengutamakan penampilan, tentunya masih banyak yang memilih nva karena lebih bagus finishingnya. Lagipula performnya 11-12 jika dibandingkan ncb150r, apalagi nva jauh lebih murah. Ketika calon pembeli ingin memilih ncb150r karena performanya yang sedikit lebih tinggi dari nva, sayangnya terhalang oleh kemunculan satria fu 150 fi dengan performa yang lebih tinggi lagi, apalagi harganya jauh lebih murah baik jika dibandingkan ncb150r maupun nva.

Golongan DOHC

Golongan DOHC

Sesama DOHC harus saling memahami. Kalau merasa pelan jangan jalan di tengah. Biarkan yang lebih kencang jalan duluan.

Ditambah dengan isu bahwa suzuki akan mengeluarkan sport naked dan full fairing berbasis engine satria fu 150 fi ini. Bisa dibayangkan powernya, jika bebeknya saja 18.5 ps, lalu berapa power untuk sportnya. Sangat masuk akal bila hal ini yang menghambat penjualan ncb150r, yang mana calon konsumen motor sport ingin tetap bertahan dan menunggu kemunculan sport naked dan full fairing suzuki.

 

 

Advertisements

$where = 0;

40 responses to “Penjualan NVA Mengungguli NCB150R. Inilah Salah Satu Penyebabnya…

  1. masih menunggu sport suzuki

  2. pertamax racing

  3. NVA kompresi di tinggi in bisa ngelewatin power nya NCB lho pak?

  4. Kurosaki Ichigo

    Masuk akal banget .. .

  5. ” Sesama DOHC harus saling memahami. Kalau merasa pelan jangan jalan di tengah. Biarkan yang lebih kencang jalan duluan. ”

    Hahaha……. You make my day 😀

  6. tapi kenapa penjualan nva/l malah naik pak dosen? tolong jelasin…

  7. wah… satria fufi dah nangkring di garasi pak… (y)

  8. Om kalo pengaruh karna satria fu inject dan isu motor sport si juki pasti pengaruh jg loh ke penjualan vixion. Kayaknya analisanya kurang tepat nih..!

  9. bener pak analisa smpean.yang jelas faktor new product dan next product dari suzuki itu yang cukup mengganggu…

  10. Yang beli nva biasanya tau mesinnya gampang dimodif…spare part modif bertebaran …untuk ncb masih langka apalagi honda baru ubah konfigurasi ke overstroke..jadinya pasar agak takut jangan2 nanti berubah lagi..

  11. Supra 2002 ku Awet rajet

    Sejak awal lahirnya CB150, saya ngeliat AHM memang maen2 dgn brand ini. Liat aja sosok Ocb, tangki stupa, kabel speedometer di ban (masih canggih karisma 2003 bokap), blum lagi fitur2 sepele lain yg sebenernya gimmick yg ckup mengena spt pass beam dan cut off engine. Gmanapun by visual twinspar tetap lebih menggoda dibanding teralis. Jadi seharusnya ada fitur lain yg lebih dr NVL dan itu ga cukup DOHC. Stidaknya jgn kalah fitur wajib dr Tiger ato NMP deh.

    • dana habis buat di mesin, makanya cat dan plastik CBSF/CBR itu tifis. klo tebel dengan harga sama beda cerita.

    • Supra 2002 ku Awet rajet

      Okelah cat tipis Wer kewer. Tp masa fitur trunan Tiger ilang? Megapro pas naik jd NMP kan ngikut pake pass beam. Klpun gak bs nambah yg ada jgn dikurang2in. Emang switch pass beam ampe ratus ribu? Switch klakson/starter karisma aja cm 7500 perak di bengkel pinggir jalan.

  12. Intinya disini NVA dg harga yg lebih murah, lebih memberikan value yang tepat guna bagi konsumen dibanding NCB. (titik)

  13. Menurut ane penyebab NCB msh kalah ma NVA
    – Harga lumayan overprice
    – Dohc yang tenaganya 11-12 dgn Sohc
    – Harga jual anjlok
    – Rangka NVA lbh aduhai dibanding Rangka pipa
    – Kualitas bodi & cat (tergantung yang melek informasi)
    – Trauma atau takut Dohc msh klotok2 berkaca dgn kasus CB old lahir

  14. Menurut ane yang orang awam (mantan pemilik nvl yang skrg ganti nmax abs), ada beberapa sebab kenapa vixion series TIDAK AKAN BISA DIGULINGKAN NCB, 1. Desain keren, 2.Kualitas finishing bagus, 3. Harga baru relatif worthed (yang dibeli melebihi ekspektasi pembeli) + harga jual kembali tidak turun jauh, 3. Part modif bejibun, 4. Brand/nama yang terkenal (siapa tidak pernah dengar vixion), 5. relatif nyaman dikendarai (jok empuk,suspensi depan empuk,setang setir ga gampang capek,selap selip perkotaan OK),6. Dan yang terakhir yang paling penting adalah viral marketing (rekomendasi dari teman/rekan calon pembeli sepeda yang sudah merasakan sendiri naik vixion). Jadi jangan remehkan viral marketing dari orang yang terpercaya lo…

    Walaupun kekurangannya vixion series juga banyak, seperti mesin kasar, sering selip kopling, setir goyang, getar, dll…tapi kekurangannya itu bisa tertutupi dwngan kelebihannya..

  15. di daerah malah lebih mahal.nva banding ncb lo.

  16. Suzuki mmg sport sejati, honda cuma mnang nama lbh dulu bikin 4t, yamaha mnang image motor akselerasi bagus, klu kencangnya tuh Suzuki
    Mulai champ, cristal, bravo, satria, rgr
    Suzuki trkenal plg bandel part mesinnya, cuma kelemahannya, part mahal jarang ada lagi, bengkel bisa dihitung jari, harga second crotttt drop down krn bengkel sama part amit2 susah nyarinya mahal lagi

  17. Tuku motor kaya tuku cilok

  18. Image honda = matic ya honda , yamaha = rx king sekarang ya vixion, suzuki = ayago fu, kawasaki = pokoe ninja. ( sudah mindset, mau merubah mindset : berani fitur , lebih value, model keren, harga sama atau beda 200 atau 300 ribu dari pesaing)

  19. dohc kok tenaga podo sohc? Rego selisih jutaan. bosok! ancene apikan vixion.

  20. tenaga relatif sama,
    mesin sama2 dohc (tenaga beda tifis dengan sohc sebelah),
    terus dijual selisih sampe +-6 juta,
    fairing (tifis)?
    yang beli ol nyu sebe-er AHM picek
    atau bodo?

    (maaf om gokil, agak kasar. tinggal kopas sih :-D)

    • kalau bisa kata-kata
      bodoh, goblok, tolol, dongo, bloon dan kata-kata kasar yang lain jangan dipakai
      kita berusaha diskusi dengan menghormati orang lain dan juga diri sendiri

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan