Suara Berisik pada Engine New CB150R Facelift, Penyebab dan Solusinya


new-engine-cb150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Salah satu permasalaha yang mendera new cb150r facelift (ncb) adalah suara engine yang relatif “berisik”. Mengapa ane katakan relatif ? Karena memang persepsi rider yang mengatakan berisik atau tidak, tergantung dari kondisi awal yang dialaminya. Jika terbiasa naik motor matic, maka suara ncb akan terdengar berisik. Tapi jika sebelumnya mengendari motor sport yang lebih berisik, maka ia akan merasakan bahwa ncb lebih senyap.

Banyak beredar baik di forum fb dan juga youtube yang menayangkan suara engine ncb. Menurut ane ada yang masih dalam katagori normal “berisik” nya dan ada juga yang tidak normal. Untuk berisik yang normal, biasanya sumber suara berasal dari :

  1. Setelan klep yang terlalu renggang. Dan solusinya adalah harus di-stel ulang sesuai dengan standar yang ditentukan pabrik.
  2. Penyebab lainnya adalah volume oli yang berkurang atau viskositas oli yang terlalu encer. Solusinya adalah dengan mengisi oli sesuai dengan spec dan volume sesuai anjuran pabrik

Nah, yang tidak normal inilah yang menjadi “masalah”, yang akan kita coba diskusikan. 

Sumber bunyi-bunyian yang ada dalam silinder dan head ncb adalah :

  1. Suara tumbukan lobe camshaft ke rocker-arm
  2. Suara tumbukan rocker-arm ke ujung klep
  3. Suara tumbukan payung klep ke seating klep di head cylinder
  4. Suara kamprat (kendor) yang bergesekan dengan dinding silinder
  5. Dan lain-lain (mohon suhu yang lebih faham menambahkan)

sumber bunyi engine k56

Karena motor masih baru, maka bisa dikatakan semua part seperti camshaft, rocker-arm, klep dan kamprat masih bagus. Karena  biasanya part-part ini sangat kuat, dan jika perawatan dan oli yang digunakan bagus maka umurnya sangat panjang (termasuk part slow moving). Maka pastilah ada part yang ringkih selain part tersebut. Dan ternyata sesuai dengan pengalaman dan testimoni di forum-forum, penyebabnya adalah part ini

Tensioner kamprat

Part ini biasa disebut tensioner rante mesin/kamprat atau LAT (lifter assy tensioner). Menurut pengalaman beberapa owner ncb yang keluhannya ditangai oleh mekanik beres, bagian inilah yang di stel ulang.

Suara-suara berisik yang aneh terjadi karena daya dorong stud (penonjok) tensioner kurang kuat, sehingga kamparat akan kendor-kenceng (dor-ceng). Kendor saat lobe camshaft free dan kenceng saat lobe camshaft menekan rocker arm. Dan kondisi ini berkebalikan dengan bagian kamprat lainnya. Akibat sampingan dari kamprat dorceng, adalah :

  1. Suara gesekan yang tidak merata persatuan waktu, ada gelombang suara dengan periode tertentu.
  2. Kamprat juga bisa bergerak ke kiri-kanan sehingga bergesekan dengan dinding silinde dan menimbulkan suara berisik.
  3. Kendornya camshaft akan mempengaruhi kepresisian kerja klep, sehingga saat kencang klep presisi tapi saat kendor buka tutup klep sedikit ngaco, suara yang ditimbulkannya pun aneh.

Dan ternyata dengan setelah tensioner kamprat ini di stel ulang, banyak owner yang mengatakan masalahnya selesai. Kalau buat ane belum punya pengalaman sendiri, karena ncb ane masih ok-ok saja.

Lalu bagaimana caranya menyetel tensioner ? Ikuti langkah-langkah berikut :

Posisikan piston pada TMA camshaft free, baru kemudian lepas tensioner dengan kunci ring 8.

LAT position on cylider

Ukur tekanan stud pada kondisi awal, kalau bisa dibandingkan dengan yang baru. Rasakan kekuatannya, jika lebih lemah, maka harus di stel ulang.  Dan perhatikan apakah gerakan stud lancar atau seret, kalau seret berarti harus diganti.

Lepaskan baut atas sehingga bagian adjuster (lubang obeng min) terlihat

LAT top

Pada posisi arah panah, bisa dimasukkan obeng min kecil untuk menyetel panjang pendeknya stud. Jika diputar ke kanan maka stud akan memendek, dan jika obeng dilepaskan maka stud akan memanjang karena dorongan baut di dalam tensioner yang diputar oleh gaya pegas pita baja. Jika dilihat bentuk dan mekanismenya, maka hampir semua tensioner motor honda sama, dan kalau dibongkar seperti ini

LAT bongkar

  1. Rumag LAT
  2. Pegas pita baja
  3. Baut pemutar
  4. Stud dan penahan
  5. Bos pembatas pegas pita baja
  6. Ring pengunci

Tapi kalau hanya ingin meanambah kekuatan gaya pegasnya, maka tidak perlu sampai membongkar tensioner. Cukup dengan melakukan langkah-langkah berikut :

  1. Putar adjuster sampai tensioner memendek 50%
    • lat pendekkan
  2. Tahan stud dengan jari dan lepas ring pengunci
    • lat tahan lepas ring
  3. Masih dalam kondisi menahan stud, lepas rumah stud dan puter ke kiri 90 s/d 360 derajad, pasang lagi dan pasang ring penahan

Dan tensioner sekarang memilki daya “tonjok” yang lebih kuat dari sebelumnya. Jangan lupa kalau mau pasang ke mesin, putar dulu sampai mentok, lalu ganjal dengan pengunci, baru baut 8 dipasang. Setelah baut 8 terpasng kuat, baru pengunci dicopot, maka stud akan maju dengan sendirinya sampai ketegangan rantai maksimal. Setalah itu tutup bagian pengunci dengan baut.

LAT pengunci

Cara yang lain adalah dengan mengganti plat pegas baja dengan yang lebih tebal dan lebih kuat. Bisa menggunakan plat pegas baja tensioner imitasi, atau plat pegas tensioner jam weker (weker jadul dengan mekanisme pegas). Atau direparasi alias diakali seperti yang dilakukan oleh Bro Pringgo di artikelnya. Bisa juga menggantinya dengan tensioner imitasi model per (mekanismenya sama dengan tensioner motor suzuki), seperti tampak pada gambar ini

Lat plat pegas dan per

Mungkin itu saja yang bisa ane sampaikan, lebih kurangnya mohon maaf, wassalamu’alaikum wR wB

 

Advertisements

$where = 0;

73 responses to “Suara Berisik pada Engine New CB150R Facelift, Penyebab dan Solusinya

  1. Mesin CB berisik udah biasa, dari old juga bgtu. Mending tiger, rantai berisik tp mesin ga seberisik CB.

  2. Sepertinya engine honda emg bnyk masalah sama lat/kamrat, motor sportnya lho ya, kalo bebeknya fine fine saja di bagian itu

  3. Kalau kekencengan, efeknya gmana pak ?

  4. supra 2002 ku awet rajet

    So far 19 bulan pake K45 gada tuh suara2 aneh di malam hari eh di mesin. Mungkin spt opini Pak Dosen, intinya di oli aja. Kalo oli bagus dan disiplin yakin gak bakal bermasalah.

  5. yg penting gak.ngebul.klo ncb tinggal ganti tensioner atau setel tensioner.la klo ngebul harus ganti ring piston bongkar turun mesin.klo stang seker oblak harus turun.mesin.hehe tau sendiri kan yg ngebul motor apa?

  6. yang ngebul itu adiknya rx king,,eh atau cucunya kali ya,pokoknya masih satu turunanlah

  7. salah satu yg dikhawatirkan nih om, honda kalau sudah stroke panjang dari 55mm biasanya mulai lemah di tensioner, pengalaman sama Tiger aja yg stroke 62mm itu sering banget cepet kena tensioner. Nah itu yang agak ane takutkan kalau honda kasih stroke panjang. masih suka mikir rantai keteng cepet bunyi gak? beda kalau stroke pendek awet banget malahan. kecuali kasus karisma 125 dia stroke panjang cuma awet rante keteng sama tensioner. Pengalaman dari pribadi sih om. IMHO

  8. Honda emang awet bro, mw stroke panjang atau pendek. pny jarwo kharisma awet bertahun2 klo shogun 110 dia malah cepet rusak.

    :v

    • Supra 2002 ku Awet rajet

      Karisma tu salah satu mesin terbaik AHM yg dibunuh gara2 kalah desain. Persis kayak cb150, desainnya yg norak, mesin yg kena tumbal.

  9. Masak kamrat kendor bergesekan dengan dinding silinder wah mengerikan bukanya ada rel/ guide cain nya …

  10. mtr baru ko bnyak masalah ya…brkaca dr old cb jd trauma mw ambil nh mtr,,, dlu awalnya old cb jga dr suara klotok2 awalnya lmbat hari mlah rmpal
    mnding nnggu sport szki lh

  11. Aku kasih trik yo…ujung tesioner di kasih mur dilas pake kuningan…jadinya batangnya tambah panjang..!

  12. Om ..kalo kamrat kendor masak sampai kena dinding silinder…! Apa gak loncat tuh dari gear timing..kan ada cain guide?
    Maaf om ..ilmu ku cuman sekuku irenge jenengan..

    • pernah lihat rantai motor sampai kendor banget, rider lain sampai mendengar suaranya, rantainya sampai bergoyang-goyang
      loncat nggak dari gir nya?
      dan itu juga bisa terjadi pada kamprat kalau LAT kerjanya sudah kurang optimal

      • Pak ..maaf jangan di samain sama rantai roda…camrat itu ada guide ya..! Sekarang ada gak bekas gesekan di dalem blok silender..?

        • Aku tambahin ya pak..kalo rantai roda butuh toleransi gak boleh terlalu kencang karna naik turun suspensi..

        • Yg sdg kita bahas di sini adalah kondisi lat tidak normal, dimana lat tidak mampu menegangkan kamprat.
          Kalau ini terjadi jadi kamprat akan kendur. Tapi kalau lat nya normal seharusnya kamprat selalu tegang dan berada dalam guide nya.

          • ade semarang

            Maksud gue om walaupun kendor lat nya ..kamrat gak kena dinding silinder yang kena itu guide nya ..karna emang salah satu fungsi guide ya jaga agar kamprat gak kena dinding silinder…

          • pendapat ente bener kalau latnya normal
            kalau nggak normal, maka kamprat tidak akan selalu terletak di guide, karena guide tidak lagi tertekan oleh tensioner

      • kondisi seperti ini sering di jumpai kok, kebetulan saya adalah bengkel motor, sering beberapa kasus yang terjadi sampai block cylindernya lubang/bocor akibat gesekan dari rantai keteng, penyebabnya ya itu karena rantai keteng sudah terlalu longgar dan tidak ada tindakan dari pemilik kendaraannya (pemilik kendaraan masa bodoh ama kendaraannya) akhirnya menimbulkan kerusakan yang lebih parah .. pada kasus lain juga sering terjadi rantai keteng loncat dari gearnya, yang menyebabkan timing “top” nya lari sehingga klep in dan ex saling kena/berbenturan.

  13. Coba ganti olinya, saya punya ncb normal2 aja, di buku servis oli mesin bisa ga di ganti sampe 6000 km, tapi saya ganti tiap 2000. Sekarang coba pake repsol yang 10w-30 tarikan lebih enteng, suara mesin lebih halus. Puas lah kalo di bilang saya pakai motor ini, irit sama koplingnya empuk. Kekurangan nafasnya aja yang pendek cepet banget nyentuh 9000 tapi powernya ngisi terus sama suspensi yang rada keras beda jauh sama tiger revo yang kayak sofa haha

    • Supra 2002 ku Awet rajet

      Nah kebetulan saya juga mau permasalahin soal oli Pabrikan dan jangka waktu ganti oli. Itu oli pabrik 500km jg udah nyusahin minta ampun. Awal kluar k45 saya bawa dr bdg ke Garut. Di Garut ga dipake krn ikut temen. Pas balik ke bdg tiap mau netral motor mesti loncat2. Oli gitu mau dipake ampe 6000? Gila apa? Jgn2 motor ambrol krn konsumen patuh, kan lucu? Pake motul 5100 ampe km 4000 gada Tuh gejala mesin aneh2 kayak kesurupan.

  14. kusus untuk tiger nih memangnya berapa ribu kilo sih kemampuan kampratnya jika harus di ganti
    punya ane sudah 60 ribuan km perasaan masih aman aman saja tuh

  15. Minim banget bahaya-nya yah???, baca ulasan otomotifnet malah lebih bohay eh bahaya, kayaknya ostomotifnet nih FBY ya???

  16. Bukan di setelan klep nya, karena penonjok/rocker arm new cb tidak memiliki setelan klep, tapi jika renggang harus ganti shim, itupun setelah jarak tempuh yg jauh

    Problemnya mirip vario 125 gue, penonjok lemas, setelah ganti stut pake pita stut GL-Pro Kw (penonjok & dalemannya masih ori, cuma ganti pegas pita stut) wtf gue langsung jadi smooothhh, top speed juga lebih gampang, lebih cepat menyentuh speed limitter

    Sorry to say, cb olinya 1100 ml, butuh extra 100ml lagi…..dari motor 150cc sport lainnya, kalo mau smooth & ringan saat start sih…

  17. @ Ade semarang : Wah Sampean Masih Ijo, Bener Kata Om Iwan, Kalo LAT Kendor Bisa Makan, Gw Uda Ngalamin Motor Megiku Dulu Yg Jadi “Tiger” Pernah LATnya Kendor, Eh Pas Di Bongkar Mesin, Boringnya Kegerus, Untung Cuman Dikit, Karna LATnya Buru2 Ane Ganti, Coba Kalo Ngga… Bisa Remukkk…

  18. Posisikan piston pada TMA camshaft free. Cara lihat posisi nya gimana ya mas?

  19. bang ane udh lepas tensioner ncb td tp setelah ane pasang lg motor malah gk mw hidup bang kira2 apanya yg salah y?

    • masa sih ?
      Karena hidup dan matinya mesin bukan “hanya” karena tensioner yang lemah, tapi banyak sebabnya
      misalnya pengapian, bensin, ecu dan lain-lain
      karena nggak punya data-data pendukung untuk ngasih solusi, meding dibawa ke beres aja bro

    • Karena waktu memasang lipa diganjal pada baut pemutarnya agar naik penonjoknya, jadi langsung menonjok kamrat saat dimasukkan, jadi rusak kamratnya

  20. Yoga Ari Prabowo

    Ane mau tanya gan. CB150R SF ane tahun 2015 (LE). Ada suara kemresek/seek…seek gitu klo mesin udah mulai panas, klo di turunin gas/rpmnya ke 0 ilang tuh suara. klo mesin dingin enggak. Tapi klo buat jalan jauh kira2 50KM an suara itu ilang. Terus terang ane udah ganti 3 merk oli, dari AHM, ke Shell helix hx5, ampe unioil sae 20w-50 udah ane coba. Kira2 apa ya solusinya buat masalah noisy sound kykgini…? Trinakasih

    • coba diteliti asal dari suara tersebut
      jika dari kanan, coba setting ulang jarak main handle kopling nya
      jika dari kiri, mungkin ada masalah di tensioner kampratnya

      • putra majapahit

        Suhu mau tanya ane punya motor cb150r spesial edisi .. baru tak pakek 2 bulan udah saya servis juga .. tapi kenapa tiba2 kalo msin dingin suaranya ada kletek kletek nya .. tapi kalo udah panas suaranya hilang .. mohon infonya

  21. Lurr qw mau nanya suara montor kasar smpi terdengar tok tok…. di mesin atas blok silindernya itu kemungkinan rusak apanya ya dan apa yg perlu di ganti biar nggak kasar lagi?montor ku CB 150 R.

  22. ijin share artikel suhu utk mengatasi permasalahan klotok2 cb150r

  23. Waduuh… Telat ane baca nih artikel, bgus gan info nya, thanks.
    Pengalaman pribadi ane sih kecewa dgn quality yg dberikan ahm, bru tmbus 2000 km+ kamrat si cibi udh brmaslah,
    smpe diledek tuh sama ttngga yg pnya gl-pro thn’83

  24. Cb150r setelah perjalanan 150km nonstop bunyi macam knalpot yg su di lepas tpi knalpotnya nggak apa2.. itu penyebabnya apa gan. Mksh tuk solusinya. Untuk di ketahui air radiator di blkang mesin berkurang. Apakah itu penyebabnya ko.??

    • mungkin ada bagian silencer yang copot (las-las an rontok karena karat)
      kalau air radiator berkurang tidak normal ada banyak sebab: bisa termoestatnya sdh lemah, atau kipasnya nggak muter maksimal atau bahkan ada kebocoran di mesin (biasanya di mechanical seal sekitar pompa air radiator di kalter kanan)

  25. mohon pencerahanya gan,
    motor cb saya awalnya bunyi klotok” ampe ga bisa nyala,saya bawa ke ahass tapi belum ada solusi juga,6bln yg lalu sempet kaya gini juga sama bengkel di ganti LAT sama rantai ketengnya akhirnya nyala,tapi kok baru 6bln udah kaya gitu lagi gan, pusat masalahnya apa ya sampai LAT nya boros banget minta di ganti?

  26. om mau tanya.. suara mesin sperti bunyi dug dug kalau k.adaan mtor langsam kopling tidak di tarik.. tapi kalau kopling di tarik suara.y hilang dug dug.y… mohon info.y om.

  27. mas bro saya saran buat video totorial cara atasi tensionernya di youtube aja mas bro buat atasi suara NCB saya parah ni,, -_-

  28. Motor saya all new cbr 150 karna terdengar suara klotok klotok saya langsung buka stansioner berhubung saya ga ngerti ktika di pasang stansioner ga mau masuk saya paksa masuk dengan mengencangkan baut kanan kirinya tanpa menyetel tensionernya pas sudah masuk di star macet ga nyala. Trus akarang dah klar karna yngbtdo di paksa masuk gejala yngvakan timbul nantinya wpa? Tlong infonya

    • kemungkinanya ada dua :
      1. drat dalam tensioner rusak, sehingga penonjoknya/stud sudah naik-turun
      2. akan terjadi keausan tidak normal pada lidah tensioner
      3. akan terjadi pemanjangan/molor pada kamprat secara tidak merata/abnormal

    • Kasus ini saya alami juga karna saya penasaran sengan suara klotok” saya bongkar dsn saya pksa masuk. . 5 bln lalu saya ganti tnsioner di ahaas dan suara klotok ilang tapi 5bln brikutnya ada bunyi aneh lgi ketika digas kenceng suara mesin brisik apa karna .dulu saya pasang tensioner scara paksa ya.. Mohon infonya

    • Kasus ini sama tapi srtelah ganti tensioner 5 blan lalu dan knapa ada suara aneh lgii ya apa karna dulu saya pasang tensioner secara paksa .sekarang bunyinys ga klotokan tapi klo digas kenceng bunyimesin terdengar kasar .

  29. Bagi-bagi info aja agan-agan semua, ane juga baru beli ncb seminggu yang lewat, ada baiknya sebelum menggunakan motor cek dulu kapasitas oli mesin, soalnya tidak semua dealer/showroom memperhatikan ini. buktinya pas ane cek oli mesin waktu motor baru diantar kerumah cuma nyentuh sedikit ujung takaran oli aja, padahal mesin belum dihidupin sama sekali, langsung aja ane tambahin oli sampai mendekati batas upper(kuranglebih ada 200-an ml). yang penting tau kondisi mesin dan perawatan, dijamin mesin awet

  30. Pingback: Akhirnya “Black Ant” (All New CB150R) Terjangkit Klotok-Klotok…Jangan Khawatir Ada Obatnya | motorgoodness

  31. Pingback: [DIY] Cara Mudah Mereparasi LAT (Tensioner) All New CB150R Facelift (K56) | motorgoodness

  32. padahal motor baru keluar kemarin, niat hati pengen beli eh liat2 review dari pemakai kok jadi minder. motor baru brojol udah banyak komplain. lebih pikir2 lagi kalo mau beli ini motor

  33. Kalo ring pengunci nya ga ada apa itu salah satu penyebab bunyi nya?

  34. saya baru beli mtor CB150R spesial edition bulan febuari 2018, penggunaaan normal.. gk pernah jalan jauh …. hanya 15/30 menit dari rumah ketempat kerja… permaslahan yg sya temui di bulan ke 4 atau sekita bulan juli hampir bkin sya geram.. 1 kampas kopling aus, 2. Tensioner bunyi smpe ganti 2x…. 3 sill sok bocor … klo tinggal dikmpung wajarlah ya.. tpi dibekasi hampir tidak ada jalan berbatunya… pengalaman sya pke mtor Honda 150 baru kli ini dan serius banyak jajan… terus klo kondisi bis jalan dlm keadaan macett kadang radiator sering berbunyi sndrii atau mendengung…. katanya semua itu normal semua CB sperti itu… klo pendapat sya si honda harus segera berbenah untuk mengatasi permaslahan yang bukan permslahan baru kususnya di kelas CB15r.. minta info gmna cara merawat yang baik sperti apaa ya

    • ane coba jawab ya :
      1. kampas kopling aus, motor baru harusnya belum terjadi. jika terjadi maka ada 2 penyebab yaitu kesalahan setting jarak bebas+pengguna yang sering main 1/2 kopling, material kampas yang kurang bagus. Tapi sebaiknya harus dibuktikan dulu apa iya kampas kopling sdh aus dengan membandingkan dengan motor lainnya
      2. Tensioner bunyi, yang bunyi bukan tensioner akan tetapi sekitara kepala silinder. Hampir semua new cb150r begitu, katanya honda sih normal. Tapi kalau nggak suka dengan bunyi2 itu ya harus ditangani.
      3. Seal sok depan bocor, nggak normal, kemungkinan materialnya jelek, klaim aja
      4. Kalau macet radiator bunyi sendiri, itu norma bro. Kalau sudah terlalu panas sensor akan mengaktifkan kipas radiator untuk membantu pendinginan, sepertinya dengungan tersebut adalah suara kipas tsb.

  35. Bang mesin sonic saya bunyi kriek kriek gitu kyk body kendor itu knp ya ?

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan