Akhirnya Pilihan Motogokil Untuk Motor Sport Naked Terbukti Benar


NVA vs New CB150r

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Diawali dengan banyak membaca blog dan juga tabloid sebagai reverensi untuk membandingkan akan pilih yang mana nva atau ncb. Beberpa poin tambahan lainnya adalah karena sudah merasakan pendahulunya (nvl) yang identik dengan nva, Juga  ingin merasakan engine dohc honda yang baru yaitu k56 (yang lama sudah tahu rasanya di k45), ahirnya motogokil memilih all new cb150r (k56).

Waktu itu pembuktian komparasi performa, style, fitur dan handling hanya berdasarkan informasi brosur, blog, tabloid otomotif dan sedikit pengamatan di dealer. Dan ketika dicoba, memang terasa perbedaanya, jika rpm rendah akselerasi nvl (bukan nva) lebih kuat, sedangkan di rpm tinggi gantian ncb150r yang lebih kuat. Sementara itu saja yang baru ane rasakan terkait dengan performa engine.

Dan akhirnya hari ini, pilihan ane beberapa bulan sebelumnya ternyata tepat. Karena otomotif telah membuktikan bahwa power dan torsi ncb150r “on wheel” lebih besar jika dibandingkan nva (saingan terkuat ncb150r). Bahkan diadu dengan xabre yang lebih mahalpun ncb150r masih unggul powernya.

sportisi-dyno xabre vs ncb150r2[sumber]

Jadi power ncb150r lebih besar sedikit jika dibandingkan xabre, sedangkan torsi xabre unggul sedikit jika dibandingkan ncb150r. Sedangkan jika xabre dibandingkan dengan saudaranya nva, ia lebih unggul baik power maupun torsinya.

sportisi-dyno xabre vs nva2

[sumber]

Jadi bisa diurut sebagai pertidaksamaan

  • Untuk power NVA < Xabre < NCB150R
  • Untuk torsi NVA < NCB150R < Xabre

Yang sedikit membuat ane bertanya-tanya (sedikit aneh),

“Tumben hasil pengukuran otomotif power dan torsi motor sport honda (ncb150r) bisa lebih tinggi dibandingkan motor sport yamaha (nva)?”

Padahal dulu saat awal cb150r streetfire (k15) keluar,  hasil pengukuran baik power maupun torsinya lebih kecil jika dibandingkan nvl, meskipun di brosur cb150r unggul powernya. Apalagi menurut ahm power newcb150r (k56) lebih kecil (16.9 ps) jika dibandingkan old cb150r (17 ps). Gambar ini menunjukkan perbandingan power dan torsi cb150r (k15) dan nvl

Kurva NVL dan CB150R

Ada sedikit kepuasan karena telah berhasil (dengan izin Allah) memilih motor naked sport yang tepat bagi ane. Tapi belum tentu tepat lho buat bro semua, karena masing-masing orang punya selera dan feeling sendiri-sendiri. Bagi ane untuk memilih motor, performa nomer 1 baru yang lainnya, yang akan menentukan ketika performa imbang.

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum

 

 

Advertisements

$where = 0;

60 responses to “Akhirnya Pilihan Motogokil Untuk Motor Sport Naked Terbukti Benar

  1. kalau beginian palingan akan dibilang, halah motor pabrikan udah diutak atik tuh…

    http://kobayogas.com/2016/03/09/email-pembaca-vespa-sprint-150-atau-honda-new-pcx-150/

  2. Kok xabre bisa lebih bagus ya ? Engine katanya didown sedikit, ban lebih besar, bobot lebih berat ya ? Apa karena 6 gear ?

    • Supra 2002 ku Awet rajet

      Yg jelas penambahan gigi memang bikin aksel jd lebih bagus dr nvl, plus bobot lebih ringan.

      Cm saya jd inget bentuk tangkinya, dmana bobot bahan bakar jd ngumpul dgn rapat, gak nyebar. Ibaratnya bawa beban 7kg pake tas kecil dan besar pas SD Prasaan awalny lebih berat yg kecil. Tp kl dah jln jd lebih ringan dan ga sepegal yg besar.

  3. Kalo pertimbangan utamanya performa kenapa gak pilih ninja 150 Pak ? Gak bermaksud menggurui lo Pak 🙂

  4. beda tifis yo… kalo saeful di dyno jg gmn pak :D?

  5. edisi menghibur diri nihh, ganti motor tenaga nambah sak icritss.. menurut aing lohh pa dosen

  6. Wow hebat !! Jadi ingat klo’ anak SD mamerin barang2x ke temen-nya.Yee…punyaku lebih bagus,punyaku lebih baik..asyikkkk

  7. hahahaha artikelnya lucu

  8. yang ane gak paham ini bro??knapa raihan top sped ncb150r vs cb150r lebih tinggi ncb150r di bandingkan dengan cb150r,,,kan secara house power ncb150 lebih kecil di bandingkan dengan cb150r.padahal ncb15r cuma bermain di 9000rpm sedangkan cb150r bermain di 10000rpm.
    apakah karna struk cb150r yang lebih pendek.???
    Trus kalau kita bandingkan lagi sama cs1 yang hanya 13ps kok raihan top spednya sama dengan ncb padahalkan struk cs1 juga pendek,mohon pencerahanya bro??

    Apaka

    • supra 2002 ku awet rajet

      Bentukan knalpot juga ngaruh bro. Kl gak salah knalpot pendek itu topspeednya lebih rendah dibanding knalpot panjang dgn konfigurasi yg sama. Keuntungan knalpot pendek torsi lebih baik krn tembakan baliknya lebih cepet. Itu baru dari silencer, blom lagi bentukan leher knalpot.

      • Supra 2002 ku Awet rajet

        Nah dihitung untuk menghasilkan Power yg sama ato 11-12. Nah sekarang apakah cs1 dan ncb wkt raihan topspeednya sama? Itukan gak dicantumin di brosur. Bisa saja NCB ngeraih top speed jangka 15ment, cs1 di topspeed yg sama baru nyampe 2hari kemudian. Dari segi itu aja kan dah beda.

    • bukanya itu semua sudah di hitung semua berdasarkan house power yang tertera di brosur???

  9. saya pun.memilih ncb krn baca review dari bloger terpercaya.

  10. Yg punya NCB tolong dicektuh suara mesin motornya…jgn sampai ada kasus kaya kemarin tuh yg rame di komunitas ncb,,,niatnya membully nvl boros oli ternyata mesin ncb lebih parah lagi tuh penyakitnya(mesinnya ada suara anehnya) …..coba deh cek dikomunitasnya,motor baru kok sdh bermasalah mesinnya kalau ga salah tensioner atau apalah ane ga paham maklum ane cm kuli yg tadinya niat beli ncb……stlh liat penyakitnya jd ilfill deh…..mending beli king second atau ninja second aja,kwalitas mesin mantap ……hehehehe

    • itu karena salah isi oli bro. Kapasitasnya 1.1 liter diisi 1 liter. alamat buat ngbut2 palagi masa reyen. Ya amsyong.

      Pikir aja coba motor bebek kapasitas oli 0.8 tapi yang lu masukin 0.7. Apa gak modiar tuh mesin. cerdas dikit laaaa. Jgn ikutan beli yamaho. Yang punyanwarung aja pigsonnya dijual.

      Kalo ente ikutan plekok kayak fby ya monggo gpp. Ekekekeke.

    • wah pas tuh
      dah ane buatin artikelnya

  11. memangnya kalo oli gak berkurang bisa diminum apa?
    ganti oli sebulan sekali cuma berapa duit?

  12. kalau pingin kenceng beli motor yang 1000cc kalau mau irit beli sepeda onthel

  13. Data AISI motor SPORT bulan ini dong OM….

  14. Hahaha….membully nva padahal ncb sendiri motor bermsalah,kalau ente merasa nva bermasalah berarti ga layak dong dua2nya dibeli???hahahaha…konsumen ga cerdas ente berarti……fbh pekok

    • jangan2 ente bro bajol nggak pernah punya motor ya ?
      atau nggak ngerti sama sekali dengan motor ? ayo ngaku…

      jangankan nva dan ncb, bahkan m1 rossi dan rc213v marquezpun bermasalah, padahal harganya puluhan milyar
      apalagi yang harganya cuma puluhan juta.
      Hanya saja konsumen cerdas akan memilih motor yang masalahnya paling ringan

      baru nih main-main di blog otomotif ?
      banyak belajar ya bro, supaya dapat manfaat dari blog otomotif dan bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari
      nggak cuma bikin komen yang merendahkan diri sendiri

  15. nvl boros oli? yah emang dipake doang gak diganti ya kebakar tuh oli ane 3,5 tahun punya NVL aman” aja, tiap 3 bulan lah ane ganti oli mungkin olinya yg salah sama perawatan. dulu malah sirkuit kenjeran masih buka ane buat balapan tuh NVL gak masalah tuh cuma BC aja kayaknya gak kebukti tuh. bukan fansboy semua merk punya nvl ada,megipro ada,kharisma ada,shogun ada jadi minimal tahu plus minus setiap pabrikan

    • berarti ente beruntung dapet nvl bagus
      dan ane juga beberapa rider lain yang tidak beruntung dapat nvl yg kurang bagus

      • Setiap motor ada plus minusnya, mungkin salah pada masa inreyen kendaraan makanya timbul masalah. Doesnt matter what your bike, is all about man behind the wheel. Sebagus apapun motornya kalo ridernya gak ngerawat ya sama aja

  16. dari dulu emg cenderung ke honda kok
    masak gt saza gk tau hehehe

    haiyyaaa cilaka luwa welas waaa

  17. Supra 2002 ku Awet rajet

    Akhirnya komentator yg biasanya nyangkut di Blog besar pada nyangkut di mari.

  18. sebut saja
    naked yg itu harga 24,5 sohc power sekian
    yg itu naked 25,3 dohc power sekian
    yg ituu, naked tapi tembus 30 jt sama2 sohc power mirip yg 24,5 jt
    nah yg beli naked harga sampe 30 jt cuman menang USD tapi USD nya ga pede naruh brand nya itu sungguh brave soul semua bgitu?
    atau iutu bntuk pngumuman ga langsung,
    sbb : -yg mau fork depan dan velg aga awet noh beli yg nake USD di harga 30 tenaga sih sama aja bgitu,-

    • Yang itu (xabre) full led, ban lbih gambot 1 step, 6 speed, arm banana, usd hrga cman terpauut? (Baca nva 2016 udh naik lho harganya)
      Ane sih ngerasa xabre udh pas hrga segitu, nva yg kemahalan.. Aplgy yg varian 2016 harga mepet rapet sm ncb, pdhl taun kmaren beda sejuta

  19. Satria Pribadi

    Berbagi cerita 😀
    Pada tahun 2015 tepatnya bulan agustus saya membeli nva, tenaga nva terasa ditarikan awal, itupun kalo sendiri, dan hingga di rpm atas agak mulai melemah.
    Dan akhirnya pada bulan november nva saya hilang :'( terkutuk kau maling

    Dan akhirnya januari saya mengambil new cb150r, dan saya rasakan tenanga new cb150r terasa dari awal hingga akhir, hingga gigi 6 pun masih terasa nyodoknya, dan saya tidak menyesal memilih motor ini 😀

    Bukan fbh fby fbs dan fbk yak, ini hanya atas dasar pengamalan pribadi 😀

    • Satria Pribadi

      Ya walaupun agak kecewa sama new cb150r sama hasil las lasan kerangkanya, sama tombol tombol di setang berasa agak sepi 😀

      Hanya berdasarkan yang saya rasakan aja, bukan buat bela pabrikan garpu sama pabrikan sayap 😀

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting