Perang Motor Sport Kok Adu Efisiensi ? Itulah yang Terjadi Antara AHM dan YIMM

ncbr 150r vs r15

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Sepertinya perang besar di kelas 150 cc antara ahm dan yimm akan semakin berkobar di tahun 2016 ini. Masing-masing silih berganti memunculkan punggawa-punggawanya, baik untuk skutik, bebek maupun sport. Khususnya untuk kelas sport 150 cc, ahm benar-benar berusaha “all out” menggempur pasukan sport 150 cc dari yimm, alhasil beberapa bulan kemarin berhasil unggul (tapi khabarnya bulan januari kalah lagi ?).

Meskipun merekan melakukan peperangan yang cukup sengit, mereka tetap berusaha efisien dalam menggunakan amunisinya. Seperti yang dilakukan yimm, satu engine klan vixion digunakan untuk 4 varian yaitu, mxking, nva, r15 dan xabre. Dan langkah ini kemudian diikuti oleh ahm dengan merilis 3 motor dengan engine dohc yang sama yaitu sonic150r, new cb150r dan yang terahir new cbr150r. Ada khabar bahwa ahm juga akan mengeluarkan bebek super suprax150 dengan engine yang sama pula.

Menggunakan satu engine untuk beberapa varian memang jauh menguntungkan. Keuntungan yang pertama adalah biaya produksi bisa ditekan lebih rendah dengan banyaknya unit. Keuntungan lainnya adalah jika di satu varian sangat laku sedangkan yang lain kurang laku, maka engine-nya dapat dipergunakan untuk mensuport yang lebih laku.

Jika yimm melakukan efisiensi untuk tetap bertahan dari gempuran ahm, bisa dimaklumi karena penjualannya terus menurun. Tapi efisiensi yang dilakukan ahm dalam rangka menumbangkan penguasa sport 150 cc (vixion), kok sepertinya terasa tidak all-out. Seperti sedang menahan muntahan investasi besar, untuk suatu serangan berikutnya yang lebih dahsyat.

Karena keuntungan ahm sudah sangat besar dari penjulan skutik dan bebek, ahm malah melakukan efisiensi (dalam serangan pada kelas sport). Berarti ketersediaan dana untuk membangun senjata baru sangatlah besar. Jangan-jangan ahm juga akan membangun motor-motor lain dengan bumbu “sport” yang akan menggerogoti pasar vixion secara tidak langsung. Jadi serangan yang dilakukan oleh sonic150r, ncb dan ncbr hanyalah kamuflase belaka.

Inilah yang ane bayangkan yang akan dilakukan ahm dengan ketersediaan dana (hasil efisiensi+keuntungan jualan skutik) :

  1. Membangun bebek fungsional, yang irit, berbagasi besar dengan performa tinggi (lawannya mx king)
  2. Membangun skutik gambot, berbagasi besar, dengan performa tinggi (lawannya nmax)
  3. Membangun motor tril/supermoto (lawannya xabre)

Semuanya menggunakan engine yang sama dengan ncb alias k56, karena memang untuk keperluan tersebut, yang diutamakan adalah torsi yang besar. Jadi cocok dengan konstruksi engine k56 yang nearly square yang bertorsi lebih besar dibandingkan k15. Jadi bisa dibumbui dengan slogan “irit” dan “nyaman digunakan di kemacetan”.

Langkah yang sama bisa jadi akan dilakukan yimm. Pergerakannya sekarang akan mirip antara ahm dan yimm, proyek yang besar tapi efisien. Karena engine-nya sama, Β tinggal diubah settingan dan dibuatkan frame baru. Sedangkan pabrikan lainnya pontang-panting melawan aksi ahm dan yimm ini. Yang satu hanya sanggup menjual ayam jago, yang satunya lagi sport yang lainnya masih meraba-raba.

Bagi yang ahli di dunia marketing, monggo tulisan dikembangkan menjadi analisis. Barangkali berguna untuk dicontoh oleh pengusaha-pengusaha di tanah air. Semoga bermanfaat wassalamu’alaikum wR wB.

 

46 Komentar

  1. Intinya ane mau bilang seenggaknya klo ahm emang murni tujuannya bikin klan cbr klimaks pure technology yg bicara harusnya k45g lahir dg konfigurasi mesin ala NCB namun bore 59 stroke 54,5
    hayo setuju gak!!?
    ..
    hahahaaaaaa… Paham kan opini ane dibalik k45g yg guanteng itu! Hihihhii…

      • Klo dilihat ada wacana CBR250RR
        ..
        jangan” ntar ada CBR150RR perbedaan spec :
        bore x stroke = 59 x 54,5
        upsidown
        banana arm
        VVA
        ..
        buahahahaaaaa… πŸ˜€

        • Kalau itu honda, kok rasanya gabakal kejadian ya bikin motor beda mesin sendiri wkwk.. Tapi kalau emang mau bikin flagship di cc yg sama, pridenya ahm lebih tinggi toh. Contoh, k45g udah unggul segala sisi dibanding r15 tapi masih mikirin ekonomis, nanti bikin k45a versi spec khayalan penggemar kenceng yg lebih ke arah engine super. Kalau dipecah begitu kan yg mau unggul dari r15 pilih k45g, yg mau 150cc perkasa ya pilih versi flagship, imho itu bakalan beda segmen.. Tapi awas ! Harga rrmono second bisa jadi pukulannya wkwk

    • Sementara kompresi naik, engine overstroke, katanya teknologi baru, udah nambahin rra biar efisien, dan torsi cuma naik gak signifikan (imho gak signifikan dari spek torsinya, atau mgkin torsinya naik gak signifikan grgr ocb itu settingannya udah matimatian diarahin ke torsi ? Siapa yg tau.) brrti kurang dimananya ?

      • Kalau menurut ane, pertimbangan pertama ahm bikin motor saat ini adalah :
        1. lulus standar euro 3
        2. Sambil terus mempertahankan no.1, performa dinaikkan sampai maksimal
        3. Kemudian dicarilah suatu titik tengah antara performa dan efisiensi (irit), ketika dikaitkan dengan jenis bbm, bobot, rugi22 dan lain sebagainya

        jadi jangan harap dapet performa std yang superior kalau masih mikirin irit.

    • Weh kita satu pendapat nih mas tachibana wkwk

      Bisa aja nt ada dua varian cbr :

      Cbr150 overstroke (mau irit dn tarikan mantap? Pilih gue)
      Cbr150 overbore (gak mikir irit dn pengen musuhmu slalu di belakang? Pilih gue aja)

      • Dgn mesin sejenis aja udah dijual harga segitu, apalagi beda mesin? Jgn lupa dikisaran 38juta keatas udah ada motor 250 yg siap nerkam konsumen.

        • Setuju om..

          Klo mw bkin cbr overbore lagi, gk ush pke usd atau swing arm banana.. cukup pke basis k45g saja.. taruh harga 34-36 juta..

  2. bukan melulu cost riset mesin baru… tpi pertimbangkan juga produksi yng makin lama makin mahal bahan bakunya… buruh / pegawainya yg makin lama makin tinggi gajinya… blum lagi emang mintanya konsumen gitu ya pabrikan nurut aja daripada ora payu. mobil honda di indo aja hampir semuanya basisnya sama mesinnya juga. mobilio, freed, brio, hrv, brv basicnya jazz mesin l15

  3. Ealah aku nek mlebu blog iki kok yo koyo wong ra nduwe ilmu babarblas yo, sangat sarat info banget pa guru matu nuwun sanget kawit ndisit aku terus mampir tapi tetep tesih kurang pencerahane pa guru

  4. yg sama enginenya
    skutik ahm
    -beat pop..beat…vario 110..scoopy… spacy
    -vario125..vario150..pcx lokal
    bebek ahm
    -revo fit revo
    -supra125..blade125..suprax helm in
    sohc sport
    -verza..megapro..crf150
    dohc engine
    -ncb..ncbr..sonic..suprax150
    wajar seh…bs common part!!! ngirit!!

    yg jd pertanyaan knp tuh..si aerox ga pake engine nmax!!!!???? apa ga mhl tuh engine cm untuk 1 produk(aerox tok)!!!???
    si nmax jg ga da tmnnya!!
    sikebo byson jg ga da tmnnya!!!
    yimm ga efisien!!!

    yg bnr2 efisien mesin pigson buat rame2!!
    sm mesinny mio jg buat rame2!!

  5. YIMM itu pusing karena dia musti invest sesutu yang baru di kelas 150 cc yaitu bikin mesin DOHC 150 cc secara mass production, pertanyaan besarnya dia mau ngejual berapa itu mesin DOHC. Sekarang aja dengan mesin less part SOHCnya vixion 11 12 dengan DOHCnya AHM, klo AHM kemaren untuk mesin DOHC CB/CBRnya gosipnya dapet susbsidi dari matik n bebek, maka untuk mandiri mau ga mau AHM bikin produk sport dengan mesin DOHC agar tidak terus terusan minta subsidi ke matic, terbukti, sekarang AHM punya line up sport dengan common engine untuk sonic, NCB, CBR n bentar lagi supra 150, sedangkan YIMM, terlalu beresiko mengganti line upnya semua pake DOHC, realistisnya R15 facelift dulu..vixion bakal tetep pake SOHC, masalahnya miara dua jenis engine itu larinya ke biaya juga. bakalan mahala, skala keekonomian bakal berbicara disini..pilihannya downgrade.

    seandainya kemaren all new CBR 150 cuma naek 500 rebu penderitaan abidin YIMM bakalan makin panjang ngohahahahahhahha πŸ˜€

    • kalo kata para FB yamaha itu ga cari untung. Mreka jualan hanya untuk memuaskan konsumen aja. Jadi yaaaa R15 DOHC, banana arm+usd dikisaran 29juta Yamaha yakin bisa koq, bisa bangkrut maksudnya. Ciakkakaka…

  6. Mantab lek, k45a mmg legenda overbore honda, penyempurnaan dr ap thailand… Standart aja udah joss dikelasny..g terkalahkan, kalah si sma suzuki yg standartny ready to race wkwkwjwk

  7. dulu ada yg bilang klo yamaha pake overbore dohc di kelas 150cc nya justru matikan segmen overstroke superior..
    ..
    eehhh,, ndilalah lha kok malah honda yg matikan segmen overbore superior πŸ˜€
    ..
    jalan makin macet bukan berati overstroke itu mutlak, kan ada VVA ato semacamnya, rasio gearbox yg diperingan diputaran menengah ke bawah, mengganti model knalpot yg lebih ngngkat torsi, dll … masih banyak banget to!?

    • mungkin honda memang senang melakukan revolusi, seperti
      – pembunuhan engine 2 tak
      – vario techno lagi laris2nya diganti
      – beat karbu masih sangat laris diganti
      – cbr150r masih unggul dari r15, diganti juga

      • om,, sepetinya ada hubungannya sama ini :
        ..
        JOB DESCRIPTION
        – Expand parts localization content in Indonesia
        – Cooperate with local supplier to make propose cost down project
        – Cooperate with New Model Function in Factory side during parts development by local supplier
        – Held testing experiment for new model development
        ..
        itu dari lowongan design engineering R&D Honda Indonesia
        πŸ™‚
        Sangat “menjawab” bueheheheee,,…

    • bener bro,, cz org suka lupa diri klo rpm udah peak,, nyatanya bejek gas terus”an…
      nah masalhnya cuma tipe overbore yg bikin kita gak merasa pikun wlopun udh peak.
      ..
      klo overstroke pasti setelah kena kampleng limiter langsung nyadar.. “ehh iya udah peak,, maaf lupa!” πŸ˜€
      ..
      tp imbasnya bukan hny di sensasi, dg power yg sama overbore jauh lebih stabil berkitir di redline. Hasilnya ya lebih kenceng.

      • Iya.. Kalau make operstroke kalau udah deket limiter walaupun udah kenceng banget, rasa melayang di rpm tingginya itu bikin antiklimaks..

        Kalau di overbore di rpm tinggi walaupun kencengnya belum maksimal, sensasi rpm tingginya ituloh.. Kaya lagi ngendarain kuda liar wkwkw

        Itu sensasinya efek overbore overstroke atau efek dohc sohc ya ?

        • harusnya lebih banyak di overbore nya,, cz dulu make gl series jg sama rasanya,
          ..
          dohc nya NCB jg antiklimaks kok, di suramadu yg terkenal jos buat adu speed NCB setelah lewat angka 115kpj udh antiklimaks,, ya nambah sih tp lama πŸ˜€ (mungkin jg ada faktor angin di suramadu kegedean buat NCB)
          ..
          tp serius ini fakta ngetes sendiri, malah yg k45 “boncengan” kena 126kpj itu masih melenggang kangkung nambah terus πŸ˜€

  8. K45 itu ibarat pisau bermata dua,lahir trlalu prematur buat menahan euforia fairing sport murah (r15),skaligus bunuh kknya sndiri dgn desain sama plek dgn cbr250…pada saat ahm sdang buat prajurit baru buat gantiin old cb150 yg kalah perang dgn nvl,eh yimm ngeluarin duluan perwira perang lain (r15)..mau tak mau ahm bikin strategi kilat yg mnyakitkan musuh dan sekaligus melukai diri sendiri,dgn nyomot mesin old cb150 dan copy paste body cbr250..maka lahirlah k45..dan hebatnya strategi ini brhasil dipasaran,k45 mngalahkan r15 skaligus membuat cbr250 jadi 0 unit..taktik yg brilian tp kejam bagi yg ud beli cbr250 (2 lamp) duluan..

  9. yen dipikir yo ngenes pabrikan cilik kang, bisa mati perlahan. Lawan kekuatan yg teramat besar, perahu lawan tangker, opo ora suwekkkk.. Ayo suzuki, tvs, bangkit dr tidurmu!!!

1 Trackback / Pingback

  1. Akal-Akalan Pabrikan Mendiverensiasi Produk Motor Dengan Basis Engine yang Sama | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan