Jika CS1 Reborn 150cc Bergenre Ayam Jago, Maka Akselerasinya Akan Sangat Mematikan

sonic-blue swapt engine cbr150 left

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dengan muculnya bocoran segitiga atas stang k56 (CS1 reborn / Super Sonic), maka bentuk dari k56 sangat kuat mengarah ke bentuk ayago (ayam jago), layaknya sonic rs125 atau satria fu.

segitiga k56 super sonic-cs1 reborn

Dan jika memang benar, maka kemungkinan besar bobot dari k56 akan lebih ringan. Dengan naiknya power dari 12.8 ps (cs1) menjadi 16.5 ps (power cb150 yang “disunat”), sedang beratnya malah turun dari 114 kg (cs1) menjadi 112 kg (prediksi berat sonic 102.5 kg + selisih bobot mesin dan lainnya), maka bisa dipastikan akselerasi dan topspeed menjadi yang paling dahsyat jika dibandingkan dengan motor-motor 150 cc AHM saat ini. Bahkan jika dibandingkan dengan motor sport sekalipun seperti cb150r, cbr150 apalagi verza dan nmp. Mari kita lihat perbandingannya dengan motor sport honda lainnya dengan mesin yang sejenis.

komparasi pwr klan cbr150

Jadi meskipun disunat powernya, k56 bakalan lebih sadis akselerasinya.

Power yang ditetapkan pada k56 kemungkinan besar akan disunat, layaknya power vario150 yang lebih kecil dari pcx150. Akan tetapi jika pada vario150 mengalami bore-down dibandingkan diameter bore pcx150 dan volumenya turun, sedangkan pada k56 kemungkinan besar akan mengalami stroke-up, dengan tetap mempertahankan volumenya [lihat artikel sebelumnya].

Karena strok k56 lebih panjang dibandingkan dengan cbr150 (47.2 mm), maka posisi power max, limiter maupun piston-speed sudah pasti akan diturunkan oleh ahm. Jadi wajar saja jika hasilnya akan meningkatkan torsi di rpm bawah dan akan lebih tinggi dari cbr150 sedangkan powernya akan lebih rendah dari cbr150. Kira-kira performanya dapat dijelaskan dalam tabel berikut

power cs1 reborn 60x53

Sesuai denga bentuknya yang seperti ayam jago, maka k56 ini sepertinya sangat tepat untuk perkotaan dengan perjalanan jarak pendek. Karena ergonominya yang nunduk, bodinya yang ringan dan akselerasinya yang mantab, sangat cocok untuk kota besar yang lalulitasnya padat. Dan jika dibandingkan dengan motor-motor bebek sport lainnya, posisi k56 (harapannya) akan berada sedikit di atas mx king dan satria fu.

komparasi pwr bebek sport

Hal memang harus dilakukan ahm jika mau menggusur satria fu dari posisi raja bebek sport 150cc. Meskipun demikian, sepertinya akselerasi awal tetap masih kalah dibandingkan satria fu. Perhatikan bahwa pwr satria fu masih sedikit lebih besar dibandingkan k56, hal ini dikarenakan bobot satria fu adalah yang paling ringan.

Yang lebih mantab adalah jika memang ahm melakukan stroke up pada cs1 reborn (k56), kemudian owner dari k56 ini memboreup silindernya sesua dengan diameter piston cbr150 (63.5mm) maka baik akselerasi maupun topspeed akan jauh meningkat [lihat artikel sebelumnya].

Itulah yang bisa ana analisis dari bentuk cs1 reborn k56 yang mengarah ke bentuk ayam jago. Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

 

 

Advertisements

$where = 0;

15 responses to “Jika CS1 Reborn 150cc Bergenre Ayam Jago, Maka Akselerasinya Akan Sangat Mematikan

  1. bakal jadi FU killer

  2. khusus disiapkan untuk melibas satria fu di kejuaraan balapan pasar senggol sepertinya… Sekaligus untuk lolos dari batasan berat motor..

    ===============================
    Custom Decal: Ninja 250R FI Sumber Kencono!
    https://jackalride.wordpress.com/2015/01/24/custom-decal-for-ninja-250-fi-sumber-kencono/

  3. semoga mini CBX hihhihii

  4. Nah strokenya mau brp nih ahm ? Atau bener2 ambil bulet mesin cb150 cuma sunat power

  5. siapin buat ganti old cesy

  6. lho… tapi power to weight ratio masih unggul satria fu… gimana nanti kalo turun di irs 150?
    yg jadi pertanyaan ane, kalo misalkan new cs1 ini pake radiator apa ga tambah berat mesinnya om gokil?

    • kalau itu pertanyaannya, mungkin jawabannya bisa dilihat di forum2
      cs1 dengan masih 125cc dengan berat 114 kg, dengan hanya mengganti cdi dan knalpot racing sudah mampu melibas fu standar, bagaimana jika pakai 150cc dohc? padahal berat fu 109 kg

  7. ngeri om gokil kalau CS1 jdi 150 cc….

  8. Pingback: Bocoran K56 ( CS Reborn) Mengarah Pada Engine CBR150 Versi Stroke-Up | motorgoodness

Semoga tercerahkan dan komen mas bro juga ikut mencerahkan