Gempuran Klan DOHC Overbore 150cc Semakin Dahsyat, Semuanya Harus Waspada


project dohc150cc

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan


Setelah jelas akan kelahiran k45 (cbr150 lokal), semakin menunjukkan niat AHM (honda) untuk menyerbu pasar motor sport 150cc dengan motor2 berbasis engine dohc overbore 150cc. Sangat jelas sekali siapa yang akan dihadapi oleh masing punggawa sport 150cc dari klan ini :

  1. K45 (cbr150 lokal) full fairing akan menggempur pasar r15 sekaligus menahan pasar kawasaki 200ss
  2. K15 (cb150r ) naked akan mencoba mengkudeta tahta nvl sekaligus membungkam suzuki gsx150r dan kawasaki 200ns
  3. K56A (CS1 reborn) akan mencoba merusak pasar satria fu sekaligus memberikan ancaman bagi kemunculan mx king (mx bermesin vixion)

Apa iya akan berhasil ? Bagaimana kans-nya? ….

K45 (cbr150 lokal), meliihat penampakannya jelas sangat menggoda dan membuat calon rider sport 150cc bimbang. Selain iming2 akan terjadi peningkatan power karena adanya penambahan bobot dan penggunaan ban tapak lebar, k45 juga akan dibandrol dekat dengan r15, di bawah 30 juta. Mengenai performa engine-nya nggak usah diragukan lagi, lalu mengapa penjualan cb150r masih kalah dibandingkan nvl, karena penampilan. Sedangkan seretnya penjualan cbr150 karena harga yang jauh dari jangkauan calon pembeli. Ketika 3 hal (perbaikan) ini disatukan :

  1. Penampilan yang apik
  2. Performa dan engine yang mumpuni dan
  3. Harga yang masuk akal

Maka daya gempurnya akan luar biasa, maka rivalnya seperti r15 dan k 200ss harus segera mengabil langkah antisipasi untuk menghadapi gempuran ini.

K15(cb150r), bagi yang cukup dengan performa yang mantab, tanpa harus full fairing, k15-lah jawabannya. Jika basis engine k15 dan k45 sama, maka para owner dapat pula mengadopsi ubahan/upgrade yang serupa dengan k45. Dan hasilnya tentu akan melebihi performa k45, karena k15 lebih ringan dengan lebar ban yang sedikit lebih kecil. Dengan adanya facelift seperti menggati tutup tangki dan striping sudah cukup untuk menambah daya gedor k15 terhadap benteng yang diajaga ketat oleh nvl.

K56A(cs1 reborn), ada yang sudah pernah punya/ngetes cs1 sampai gigi-rpm mentok ? tentunya akan kasih dua jempol buat performa cs1. Sebab dengan mesin yang cuma 125cc performa jauh di atas motor sekelasnya. Apalagi kalau diajak mereng2 (cornering) mantab dah, kalau nggak percaya silahkan mencobanya (kalau berani). Kekurangan dari CS1 adalah modelnya yang nggak umum, harganya yang relatif mahal untuk motor 125cc dan minum bensinnya yang rada boros. Nah begitu cs1 reborn dengan perubahan ini :

  1. Penampilan seperti sonic, ayam jago, manuvernya mantab dan ringan dibawa di kemacetan
  2. Engine dohc overbore 150cc, dah pasti kencengnya, jika tidak dibatasi, saudara2 diatasnya (k45 dan k15) akan dengan mudah dilibas.
  3. PGMFI meskipun overbore dan volume naik jadi 150cc, dengan sistem pengabutan injeksi tentunya dapat lebih irit dari cs1 sekarang
  4. Harga deket2 satria fu, di bawah 20 juta.

Maka akan banyak anak muda, abg bahkan rider senior yang bakal kepincut hatinya, untuk meminangnya.

sonic-blue swapt engine cbr150 left

Ditambah lagi dengan sedang moncernya pasukan HRC di motogp, memberikan momen tambahan bagi daya gempur pasukan sport ahm ini. Sampai saat ini 12 race motogp 2014 dimenangkan oleh honda (hrc) dan ini akan berdampak pada persepsi calon konsumen bahwa motor honda adalah yang terbaik. Dan momentum ini tidak akan disia-siakan oleh ahm, untuk segera menelurkan pasukan motor sportnya guna menumbangkan penguasa motor sport saat ini, yaitu yamaha.

Kalau sudah seperti ini gempuran dari klan motor berbasis engine dohc overbore 150cc, jika tidak diantisipasi dengan baik oleh rival2nya, maka bisa jadi tahta motor sport yang dipegang oleh yamaha saat ini akan segera tumbang. Begitu pula dengan satria fu, jika tidak berbenah dengan menyematkan fuel injection dan merilis fxr150 reborn maka bisa jadi banyak deler suzuki bakalan tutup. Mengenai kawasaki p200ns dan ss jika tidak membenahi ketersediaan sparepart dan sebaran diler untuk menjamin pelayanan after-sales, maka akan layu sebelum berkembang.

Gimana bro semua, sudah menentukan pilihan motor sport 150cc atau masih mau menunggu semua klan dohc150cc lahir ???

Semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

Advertisements

58 responses to “Gempuran Klan DOHC Overbore 150cc Semakin Dahsyat, Semuanya Harus Waspada

  1. 1 mesin rame2 josssssssssssssssssss

  2. petromax

  3. Щâđůùûúůh*•°¿~_´)…kalah cepet dr bung ipan …

  4. pak dosen bahasanya ekstreem bgt…sampe deler suzuki pd mau tutup, wkwkwk..
    suzuki kl ko d motor masih ketolong sm mobil, y jd…ada lahan garapan baru.

  5. ms bro, apa bs k15 di upgrade performanya kyk k45 ?
    soalnya k15 ma k45 beda sistem injeksinya.

  6. untuk cbr150r lokal tinggal lihat harganya saja, honda biasanya klu jualan mahal amir, alias operpret. kelebihannya dg byk model menggunakan mesin sama itu ktersediaan partnya terjamin, spt generasi GL,,tp ingat biasanya Honda overprice nya itu lho dah penyakit kturunan

  7. Harus diakui strategi produk honda sangat luar biasa,,makanya honda bisa jd pabrikan no 1,, Dgn sgala kelebihanny, bagi biker ‘generik’ memilih honda jd keputusan paling masuk akal,, cm satu kelemahan honda yi dari sisi desain yg terlalu ‘kalem’.. buat biker yg ingin value, ego & kepuasan lebih masi bnyk produk lain.. sebagus2ny desain CBR gak bakal bisa jadi ‘head-turner’ di jalan seperti P200SS 🙂

  8. Wah yang terakhir tuh….

  9. cbr lokal basis mesinnya cb150??
    Jadi om cbr lokal bukan plek-plekan cbr thailand yg dilokalkan ya?

  10. Waow… AHM ngamuk

  11. Gak semudah itu brow tanya aja sm orang awam apa itu SOHC DOHC krena 150cc yg di cari desain,…….nyaman dan irit lari 100kpj nyemplak nvl saza jrg bnget bkn karena takut/mtor gk sanggup tp kndisi jalan yg ramai bhkan di desa byk bgt pengendara motor

  12. Pendekar Syair Berdarah

    cuma segelintir sales yamaho yg berpura-pura jadi komentator disetiap warung dan bilang motor ini jelek…

    😀

    padahal fbh permanen di dunia nyata jumlahnya jutaan dan mereka honda lover sejati…

    😀

    gonta ganti nik name disetiap komen dan jelekin honda itu jelas sales yamaho, padahal dagangan mereka jauh lebih buruk kualitasnya…

  13. nunggu K56 j deh, buat nemenin si cisy.

  14. intinya simple,

    ahm ingin menerangken bahwa motor u, balapan idealnya dohc, terlepas dari designnya.

    alay tau fu itu dohc,

    alay sekarang juga doyan ngenet,

    jadi ngak buta-buta amat ama motor

    jadi motor sport dohc ahm, pangsanya adalah anak muda – 35 tn

    tapi u/ produk massalnya, padti di sunat,

    kalu sunatnya mau dilepas, yach kalu dicirkuit

  15. dan ingat ,

    ahm juga khan masuk ke sekolah,

    jelas tuh hesin masuk sekolahan juga.

    otomatis anak sekolah jadi ngerti,

  16. sm2 DOHC, cukup pakai FXR aja. meski umur udh 14 thn,, tp ttp joss..

  17. wew, k56 kalau di produksi bisa-bisa pakai 5 speed biar ga membantai CB 150sf sama k45 sepertinya.

  18. Dohc supercopy ya wajar kalo dijalanan di injek2 ama sohc_ operstruk ,,, 😀 jadi terharu,, xixixixi

  19. Saking dasyatnya ,,, meledakkan diri di dalam gudang ,,, lalu di jual harga grosir 😀 ,,, sadar kalo emang motor operprett dan oper ngibul * lirik speedo 151km/j ,,, xixixixixi

  20. Ya semoga laku walau cuma 98 unit ,,, itu pun harga grosir ,,, 😀 ,,, jadi terharu xixixixixixixii…

  21. lah ini si mbah msh sibuk di marih,

    bukannya dah gantiin pak eko?

  22. Ono rego ono Rupo

    Smoga komen mbah darmo di dengar AHM biar motor nya jangan di sunat, trus kasih tenaga yang stimpal, mosok DOHC kalah ma SOHC Over Stroke (benar gak sih tulan ne?)
    Bisagak sih AHM bikin motor yang power ma Performanya diatas harian ya 1 tingkat tapi dibawah Race…. kan klo tau motor kencang gak perlu digeber2 gasnya kayak ninja gitu…gak klakson juga orang pada minggir…

  23. masih pake 2 tak, yang DOHC mau di lego. kemaren beli RGR masih josss. berdua ama adik ngetest top speed sanggup ngasapi DOHC 150cc bebek n sport. ada lg kebo yang nyombong dikasih jari tengah juga gak nguber.

    hidup 2 tak

  24. astrea prima >grand impresa> legenda
    klan supra ,suprafit,fit x, fit s
    (kabarnya klw yg di revo, dan di blade ada ubahan ya)
    kirana>karisma>supra x 125 karbu series
    GL > tiger >megapro>
    cbr>cbsf>cbr150
    CMIIW lowh ya,

  25. kalo ane amati masyarakat lebih berminat dengan motor matic, yg berminat pada motor sport cc kecil, dan bebek sport hanya orang LEBAY…. krn begitu punya pasti naik motornya yg ngebutlah, zig zaglah, pokokny sruntulan dah…. truus modifnya aneh aneh….

Pemirsa motogokil yang terhormat, jika ingin komentar mohon subscribe ulang, karena baru migrasi self hosting