Tagline Iklan dan Brosur Kadang Membuat Rider Berlebihan

r15 terlibat kecelakaan lantas

Assalamu’alaikum wR wB

Salam sejahtera buat kita semua, semoga kita semua selamat di perjalanan sampai ke tujuan

Dalam beberapa minggu ini sering terjadi kecelakaan yang melibatkan motor yang lagi hot dalam sorotan media masa, yaitu cb150r, r15 dan r25 (sebenernya motor lainnya juga banyak, hanya saja kurang cetar membahana). Hal ini menjadi menarik dan penting untuk dibahas, karena motor2 tersebut adalah motor kencang dan menjadi incaran banyak kawula muda, yang mana pada masa tersebut masuk dalam masa produktif dan masa pencarian jatidiri. Sayang kan jika kawula muda ini harus berakhir akibat kecelakaan di jalan raya. Rata2 kecelakaan yang melibatkan motor2 ini terjadi pada kecepatan tinggi, sehingga sering menimbulkan korban jiwa. Kira2 apa penyebabnya ya bro ???

Kalau menurut ane, memang untuk ukuran motor harian motor2 yamaha (mungkin jga merek lainnya), khususnya yang ane punya (NVL) memiliki keunggulan di torsi dan akselerasi di rpm bawah sampai menengah, sehingga terkadang memicu rider untuk terus mengeksplore kecepatan yang lebih tinggi lagi. Bagi rider yang berjiwa matang hal ini tidak masalah, karena sudah sadar bahwa yang terpenting adalah “selamat”, sedangkan “cepat/kencang” nomer 2. Tapi tidak bagi rider yang berjiwa agresif, ia akan merajalela di jalan raya, mungkin ini penyebabnya :

  1. Pribadi yang labil, agresif dan kurang perhitungan
  2. Kondisi motor yang menunjang jiwa agresif
  3. Tagline dari iklan motor tersebut, ini yang akan kita bicarakan

Jika nomor 1 tidak ada, maka nomor 2 dan 3 tidak akan berpengaruh. Tapi jika nomor 1 dan 2 ada maka nomor 3 akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap mentalitas rider di jalan raya. Mari kita lihat beberpa tagline yang menjurus pada sifat agresif rider :

agresive tagline

Kira2 kalau diterjemahkan secara kasar, yang bikin rider jadi agresif (mudah2an tidak diterjemahkan demikian oleh para rider)

  1. Tingkatkan terus ego mu, orang lain masa bodoh
  2. Motor mu genre balap, insting mu juga haru kaya pembalap
  3. Kalo nggak bernyali jangan naik motor ini
  4. Kamu harus selalu di depan, jangan mau di belakang

Dan memang dengan cara mengemudi yang agresif ditunjang dengan motor yang torqi dan high acceleration, rider akan terpancing untuk terus memacu tunggangannya. Memang sampai batas tertentu engine brake serta rem depan-belakang cukup mumpuni untuk mengontrol pergerakan motor. Akan tetapi siapa yang mampu mengontrol pengguna jalan lain seperti pengendara mobil/motor, penyeberang jalan, binatang dan lain-lain ? Inilah yang kadang dilupakan oleh rider yang sudah terpancing adrenalinnya untuk ngebut di jalan umum. Jika hal diluar kontrol ini muncul secara tiba2 maka yang terjadi adalah kecelakaan fatal yang kadang menimbulkan korban jiwa/tewas.

Mugkin tagline di iklan ini ini lebih adem dan tidak memicu agresifitas rider

tagline adem

Kurang lebihnya mohon maaf, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wR wB.

 

23 responses to “Tagline Iklan dan Brosur Kadang Membuat Rider Berlebihan

  1. nah
    the power of tagline
    pertamax gan…

  2. termasuk wartawan, blogger atau uploader yang post top speed juga masuk hitungan πŸ˜€

  3. yang penting motornya laku..
    gak peduli ownernya, mau ngebut, mau mati atau mau disita leasing..
    asalkan jualannya laris manis.. πŸ™

  4. Yang dongo ya usernya. Kurang perhitungan dalam berkendara. Tagline sah2 aja tinggal kitanya sendiri yang menentukan. Masa si makan mentah2 Tagline suatu produk. Cpdh

  5. dari tagline itu kebanyakan dari yamaha yang ngajarin kebut2an. hadeh. keliatan kalang kabut nih pabrikan. jurusnya wes gak ada lagi. yaitu ngajarin ngebut. biar produknya laku . gak matic gak bebek plus sportnya juga. iklane pada dibuat ngebut

  6. Motor babak2 seperti ondah ya cocok lah bro pakai iklan ngebut ,,, xixixixixi πŸ˜€

  7. Ini pasti kesalahan pak cakil yg gembar_gembor 32 dk ,,,, makanya kalo posting hati2 !!

  8. Kembali lg ke individu masing2 org yg udah brumur saza byk kok yg kebut-kebutan di jalan gak cm anak muda bpak/ibu” jg byk yg pecicilan alasanya sepele “BURU WEKTU” klo tkut trlmbat kerja knpa gk brangkat lbih pagi

  9. Pendekar Syair Berdarah

    gak ngibul ya gak laku bro gokil…

    πŸ˜€

    apalagi tuh motor sebelah yg bawa dari mulai bocah sampe aki-aki sama koplaknya seruntulan kaya curut sawan…

    πŸ˜€

    dihatinya berkata, kok larinya cuma segini doang?!? tuh motor ampe meleduk gara-gara dibejek terus diajak kenceng selalu gak mau…
    akhirnya dia sadar klo dia kena tepu sales

    πŸ˜€

    lirik yamaho vikong

  10. Blogger jg brpengaruh bsar trhadap prilaku biker kn byk tuh yang tes top speed di jalan umum ada jg yg bkin tabel performa maximal shingga membuat orang tertantang memacu kuda besinya (khusus sport) metik dan bebek gak brlaku

  11. yg paling berbahaya itu jk sblmnya biasa pakai bebek, trus baru pertamakali bawa motor batangan ini sgt brbahaya jk rider brjiwa agresif krn ingin mnguji performa motor ttp blm hafal btul karakter motor batangan shg jrk pengereman, berat kndaraan, sudut kemudi dll diluar perhitungannya, akhirnya gdubrak..

  12. Lebih baik naik pespa…

  13. Jangan salahkan motornya, iklannya, salahkan yang beliin motornya dan di kasih ke anak yang masih labil..?

    berapa umur orang dapat SIM..? itulah batas antara kedewasaan seseorang untuk bisa membedakan mana imajiner dan realita..

    Piss

  14. tergantung usernya lah.,.,,
    yang nyetir motor ya orangnya,,,,,bkan motor yang nyetir orang.

  15. o2 sensor cbr ahm ad di leher knalpot pak…

  16. Setuju dengan isi artikel… Kadang iklan memang bisa mempengaruhi sifat seseorang. Banyak ABG alay yg berkendara seolah jalan raya punya sendiri, dan mereka bangga…!!! Miris…

  17. begini om gokil, sebenarnya oknum orang waras (seperti saya) itu sudah berusaha menasihati mereka-mereka untuk tidak ngalay di jalanan
    tetapi ternyata virus ngalay dijaman sekarang ini sudah sangat sulit untuk diobati (mungkin karena lingkungannya membuat subur virus ngalay dalam diri penderita ngalay)
    jadi para oknum orang waras malah sakit hati, mangkel nyekengkel pengen mati sendiri kalau menasihati orang ngalay
    yang akhirnya membuat oknum orang waras malah mendukung keberadaan ngalay itu, menyediakan vasilitas ngalay, dan mendekatkan para ngalay ke sisi Tuhannya
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€
    akhirnya oknum orang waras menjadi acuh, dan tidak mau bergerak untuk memperbaiki otak para ngalay (males, sakit hati thok)

  18. kecelakaan banyak faktor, contoh: ada pengendara R25 jalan sebelah kanan mau nyalip Mobil, eh dari belakang alay nyalip R25 dan Mobil sambil mainin gas…. brueom brueom brueom…. harus bijimana?

  19. Dan jangan pernah mencela rider yg jalan kenceng di jalan kalo kemampuanmu berkendaramu MINIM. Kita para rider mateng ngebut itu ada teknik yg gak bahayakan diri sendiri dan org lain, gak asal nyali mcm anak alay. LAGIAN KELIHATAN KOK MANA YG NGEBUT NYA ANAK ALAY SM RIDER TOURINGAN, tampang RIDER ma MOTOR nya aja udh beda bos!!

  20. Iklan kurang berpengaruh, yang memegang pengaruh besar itu ridernya…
    Mau naik becak juga kalau ridernya alay ya serampangan dibawanya

Leave a Reply